Thursday, July 23, 2015

Objek Wisata Baru : Batu Madu

Natuna, Kabupaten "penjaga" gerbang utara daulat maritim NKRI ini memang tiada habis-habisnya menawarkan pesona sejuta keindahan alam, terus mencari dan kau akan mendapatkan lebih. Liburan kesini tak akan puas bila hanya dalam waktu seminggu, terlalu singkat untuk menikmati alam Natuna. 

Kali ini saya akan memposting satu destinasi wisata baru yang ada di Natuna, lebih tepatnya di Kecamatan Bunguran Selatan, lebih tepatnya lagi di Batu Bayan, Cemaga Tengah. Objek wisata baru ini namanya adalah Batu Madu, catat ya, BATU MADU.



Kawasan Batu Madu terletak di sisi timur Pulau Bunguran, untuk pergi kesana bisa dengan sepeda motor atau kendaraan roda empat, hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit perjalanan dengan kecepatan rata-rata dari pusat kota Ranai. Batu Madu merupakan susunan bebatuan granit yang terletak tak jauh dari pinggir pantai. 


Kita bisa ke sana dengan menggunakan perahu kecil atau dengan berenang, jika laut sedang surut kita bisa kesana dengan berjalan kaki. Sejarah batu ini disebut Batu Madu adalah sangat sederhana dan singkat, diantara tumpukan-tumpukan Batu Granit ini pernah ditemukan sarang lebah madu, oleh karena itu masyarakat menamainya dengan sebutan Batu Madu. Simpel jek, pade susah2 mike name. :D

Berkeliling menjelajahi komplek bebatuan dengan "sampan kulek".

Tempat ini sangat pas untuk melepas penat sembari bercanda bersama orang-orang tersayang, duduk di tepian pantai, ditemani dengan es kelapa serta makanan-makanan khas Natuna lainnya akan membuat santai aja lebih lengkap dan bermakna. 

Dan juga, deretan pantai Batu Madu ini juga memiliki objek wisata lainnya, seperti Batu Kuowun (Batu Korun) yang terletak tak jauh dari Batu Madu, kemudian Batu Serapong, dan juga Pantai Batu Kasah yang terletak sekitar 2 km arah selatan dari Batu Madu.
Selamat bersantai. :D

Subhanallaah, Kitab Hindu Menerangkan Tentang Kedatangan Nabi Muhammad

Subhanallah,
Benar sekali jika Islam adalah agama yang diturunkan untuk rahmat seluruh alam. Agama yang dibawa oleh manusia terbaik sepajang masa, Nabi Muhammad Shalallaahu 'Alaihi Wassalam ini berisi tentang berbagai macam cerita, perintah, larangan, serta hikmah yang bisa diambil untuk selamat dalam kehidupan di dunia, begitu juga dalam kehidupan sesudah kematian. Islam, sungguh sangat sempurna.

Di akhir zaman ini, kita selaku umat islam sedang diuji dengan berbagai macam ujian, banyak sekali cobaan yang diberikan kepada kita selaku umat muslim di seluruh dunia. Cobaan ini diberikan untuk menguji seberapa besar keimanan kita terhadap agama ini. Hampir seluruh umat muslim di dunia dewasa ini sedang diuji dengan berbagai macam cobaan. Semoga kita bisa melewati segala macam bentuk cobaan ini. Aamiin.

Dibalik kerasnya cobaan yang sedang dialami umat muslim saat ini, ada secercah harapan, ada setitik cahaya yang membuat saya pribadi semakin meyakini bahwa ini adalah jalan yang benar. Beberapa waktu lalu saya membuka youtube.com dan melihat isi ceramah dari Dr. Zakir Naik. Beliau adalah orang India, murid dari alm Ahmad Deedad, seorang pendakwah. Dr. Zakir Naik dianugerahi ingatan yang kuat, tak hanya Al-quran dan Hadist saja yang beliau hafal, namun kitab-kitab agama lainnya pun sudah beliau "khatam"kan. Seperti kitab ajaran Nasrani, Yahudi, Hindu, Buddha dan yang lainnya. Beliau orang yang suka menggelar kajian dalam skala besar, dan jemaahnya juga tak sebatas umat muslim saja, namun seluruh umat dengan agama yang berbeda boleh mengikuti kajian beliau, dan bahkan boleh mengajukan pertanyaan.
sumber gaulfresh.com

Ada hal menarik saat seorang penanya wanita beragama Hindu menanyakan tentang Kitab mana saja yang menerangkan tentang kedatangan Nabi Muhammad Shalallaahu 'Alaihi Wassalam, dan dengan detailnya beliau menjawab yang menimbulkan decak kagum bagi yang mendengarkannya.

Kajian Kitab Suci Hindu yang Mengabarkan Kedatangan Nabi Muhammad Shalallaahu 'Alaihi Wassalam.
 
Kitab Hindu, via religiku.wordpress.com
Kitab Hindu ada 2 macam, yakni Smriti dan Sruti. Smriti adalah firman Tuhan yang terbagi lagi menjadi Weda dan Upanishad. Sedangkan Sruti bermakna perkataan manusia yang didalamnya termasuk Manusmriti, Ramayane, Epics, Mahabarath dan Purana.

Kisah tentang Nabi Muhammad disebutkan dalam Purana Parv 3 Khand 3 Adhyay 3 Shloka 10-27 nabi Muhammad disebut dengan sebutan Maleca, juga dalam Atharvaveda Book 20 Hym 21 V. 6, Atharvaveda Book 20 Hym 21 V. 7.

Disebut juga dalam Atharvaveda Book 20 Hym127 V. 1. Beliau disebut juga Kuntap Sukta yang berarti tersembunyi, beliau juga disebut dengan "orang yang terpuji", orang yang menghadapi 60.090 musuh, dan lain-lain.

Rigveda Book 1 ch. 53 V. 9 juga menyebut Beliau Shalallaahu 'Alaihi Wassalam dengan sebutan "Ahm at" yang berarti "seorang yang terpuji".

Uttarchick Mantra 1500, Indra Ch. 2 V. 152, Yajurveda ch. 31 V. 18. Disebutkan juga dalam Atharvaveda Book 20 Hymn 126 V. 1-14. Beliau disebut Narasangsa, Nar berarti manusia, sedangkan Sangsa berasal dari Prasangsa yang berarti terpuji, dalam bahasa Arab disebut dengan Muhammad Shalallaahu 'Alaihi Wassalam.

Rigveda Book 10 Hym 64 V. 3, Rigveda Book 2 Hym 3 V. 5, Rigveda Book 5 Hym 5 V. 2. Dia juga disebut dalam Yajurveda Ch. 20 V. 37, Yajurveda Ch. 21 V. 31, dan masih banyak lagi.

Berikut keterangan lebih detail yang dijelaskan oleh Dr. Zakir Naik. Nabi Muhammad juga disebut dengan Kalki Auvthar dalam Kalki Purana Ch. 2 V. 5, Kalki Purana Ch. 2 V. 7, Kalki Purana Ch. 2 V. 9, Kalki Purana Ch. 2 V. 11, Kalki Purana Ch. 2 V. 14. Juga disebutkan bahwa beliau merupakan anak dari Vishnu Yash, Vishnu berarti Tuhan, Yash berarti hamba, Vishnu Yash berarti Hamba Tuhan, didalam bahasa Arab disebut dengan Abdullah, dan nama ayah Nabi Muhammad adalah Abdullah.

Disebutkan pula nama ibunya adalah Summati, yang berarti ketenangan atau ketentraman, yang dalam bahasa arab disebut dengan Aminaa. Sedangkan nama ibu Nabi Muhammad adalah Aminaa.

Disebut juga beliau lahir di kota Sambala. Sambala adalah kota yang aman dan tentram. Itu adalah Mekkah, Mekkah mendapat julukan Darul Aman, yaitu tempat yang aman dan damai.

Beliau dalam kitab Hindu tersebut dikabarkan lahir dirumah kepala Suku Sambala, dan Nabi Muhammad lahir dirumah suku Quraisy. Beliau lahir ditanggal 12 bulan pertama Madhop. Nabi Muhammad lahir pada tanggal 12 Rabiul Awal.

Dikabarkan juga bahwa ajaran beliau adalah untuk seluruh umat, seperti yang kita ketahui bahwa Nabi Muhammad diutus untuk seluruh umat. Disebutkan juga beliau menerima wahyu pertama di gua, yakn gua hira. Dalam kitab tersebut juga menceritakan tentang peristiwa Hijrah, dari Mekkah ke Madinah, kemudian kembali lagi ke Mekkah. Juga mengabarkan tentang 4 sahabat beliau yang kita kenal dengan Khulafaur Rasyidin. Kitab itu juga menerangkan tentang pertolongan dari malaikat saat perang, seperti yang kita tahu bahwa Nabi Muhammad ditolong oleh malaikat ketika perang Badr.

Dan masih banyak lagi, jika diterangkan secara detail saya yakin akan sangat panjang membahasnya disini. Jadi sudah terbukti kan? :)

sumber :
https://www.youtube.com/watch?v=UfH1LUwkxnw
http://www.syahida.com/2015/01/24/1546/kitab-hindu-kabarkan-kedatangan-nabi-muhammad-wanita-hindu-masuk-islam/

Belajarlah dari Buah Kelapa : Untuk Menjadi Sukses dan Bermanfaat itu Butuh Proses yang Panjang

Zaman sekarang ini semua orang ingin serba cepat, apa-apa ingin cepat jadi. Instan. Cara apa pun ditempuh untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkan tersebut. Tanpa menyadari bahwa SESUATU YANG DIDAPAT DENGAN CARA INSTAN, AKAN DILEPAS DENGAN CARA YANG INSTAN JUGA. Mengapa? Karena mereka tidak paham akan proses untuk mencapainya. Yakin lah.

"Tidak ada sesuatu yang instan di dunia ini, bahkan untuk membuat mie instan saja kau harus merebusnya terlebih dahulu."

Mari kita belajar dari buah kelapa. Siapa yang tidak tahu buah kelapa? Buah ini dikenal dengan buah sejuta manfaat, semua unsur kelapa bisa digunakan untuk menunjang kehidupan. Pohonnya bisa dimanfaatkan untuk membuat rumah setelah diolah menjadi papan. Airnya bisa diminum dan menyegarkan. Daunnya bisa dijadikan ketupat, serat daunnya bisa dijadikan sapu lidi, buahnya bisa dimakan, sabut kelapa bisa digunakan untuk pembakaran, dan hasil olahannya berupa minyak dan santan bisa digunakan untuk kebutuhan hidup kita. Bahkan kopra yang merupakan olahan dari kelapa ini menyumbang peranan penting dalam sejarah pembentukan Koperasi di Indonesia.
Pohon dan Buah Kelapa, via www.deherba.com
Namun bagi kita yang hanya tinggal menikmati saja olahan-olahan dari kelapa ini, contoh saja SANTAN. pernahkah berfikir bagaimana itu bisa berada di tangan kita, bahkan berada di dalam perut untuk dicerna?

1. Saat Berada di Pohon dan kita ingin mengambilnya,
Mengambil buah kelapa, via archive.kaskus.co.id
Pernah berfikir menjadi sebuah kelapa? ketika kita dibutuhkan orang namun dia memperlakukan kita dengan cara yang tidak pantas. Lihat saja kelapa bagaimana saat dia akan diambil. Orang Ranai bilang di"juluk", atau bagi yang bisa memanjatnya maka ketika sudah sampai di atas si buah akan dipelintir-pelintir hingga lepas. Setelah didapat, apa yang dilakukan? si buah kelapa dijatuhkan saja dari atas hingga ke tanah.

2. Setelah Kelapa Ada di Tanah
Tumpukan kelapa, via bismacenter.ning.com
Lalu apa yang didapat oleh si buah kelapa ketika sudah jatuh di tanah. Ia akan diseret, atau bahkan ditendang untuk dikumpulkan disatu tempat.

3. Setelah itu......
Kelapa diparut, via agrofarmcoconut.blogspot.com
Penderitaan berlanjut, buah kelapa "dieksekusi" : dibelah, diparut untuk diambil hasil parutan dagingnya.

4. Lalu...............................
Santan Kelapa, via dapurherbalku.wordpress.com
Berakhir? belum! Kemudian hasil parutan kelapa yang sudah dicampur air diperassss berulang-ulang untuk menghasil air berwarna putih, dan sederet "penderitaan-penderitaan" lainnya terus berlanjut hingga si Kelapa berubah menjadi santan.


Sebuah proses yang sangat panjang untuk menjadi sesuatu yang bermanfaat bukan? Lah, jadi apa donk manfaat santan kelapa?

Epak, itak ndek tau mende fungsi SANDAN NYOK ni? telalu.

Banyak sekali manfaat yang ada pada santan kelapa ini, bayangkan saja, jika kelapa tidak ada :


  • dari mana kalian akan dapat merasakan lezatnya RENDANG, masakan Indonesia yang telah diakui lezatnya oleh dunia?
  • dari mana kalian bisa merasa lengkap berlebaran tanpa adanya hidangan OPOR ayam yang menghiasi meja makan?
  • dari mana kalian bisa merasakan segarnya aneka minuman es ketika dahaga menyerang ditengah teriknya panas yang menyengat?



Aneka kreasi makanan dan minuman dengan bahan santan kelapa, (dari berbagai sumber)