Friday, September 18, 2015

Tokoh yang Lahir 19 September, #hariinidalamsejarah

Tokoh yang Lahir 19 September :


1551 - Raja Henry III dari Perancis, anggota Dinasti Valois yang juga Raja Polandia.
Henry III, via en.wikipedia.org


1819: Jean Foucault, fisikawan Perancis yang mengambil foto pertama matahari dan memberi bukti tentang rotasi bumi memalui pendulum yang dinamai sesuai namanya, pendulum Foucault.
Foucault, via fineartamerica.com


1922: Emil Zatopek, pelari Ceko yang mencatat salah satu prestasi terbesar dalam sejarah Olimpiade ketika ia mengumpulkan medali emas untuk balap 5,000- dan 10.000 m serta maraton dalam Helsinki Games 1952.
Emil Zapotek, via www.classicfm.com
"A runner must run with dreams in his heart, not money in his pocket" -Emil Zapotek-


1926: Koshiba Masatoshi, astrofisikawan Jepang yang mendapat Nobel 2002 untuk studi rintisannya tentang neutrino surya.
Masatoshi, via www.nobelprize.org


1928 - Prof. Dr. Subroto, Sekjen OPEC. 
Prof. Dr. Subroto, via http://id.rodovid.org
".....bagaimana anak-anak dan remaja belajar, berpikir, bertindak dalam kehidupan sehari-hari. Ke depan bangsa ini harus bangkit mengejar ketertinggalan dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan teknologi dan sosial ekonomi, dengan fokus perubahan di desa-desa di seluruh pelosok Tanah Air......" -Subroto-
sumber : http://id.rodovid.org/wk/Orang:668586


1938 - Cosmas Batubara, Menpera.
Cosmas, via id.wikipedia.org

Drs. Cosmas Batubara (lahir di Purbasaribu, Simalungun, Sumatera Utara) adalah seorang politikus Indonesia. Ia pernah menjabat Menteri Muda Urusan Perumahan Rakyat Kabinet Pembangunan III, Menteri Negara Perumahan Rakyat Kabinet Pembangunan IV, dan Menteri Tenaga Kerja Kabinet Pembangunan V, ketiganya dalam masa pemerintahan presiden Soeharto. 

sumber : http://kepustakaan-presiden.perpusnas.go.id/cabinet_personnel/popup_profil_pejabat.php?id=308&presiden_id=2&presiden=suharto  

 

1956 - Suryadharma Ali, politikus Indonesia. 

Suryadharma Ali, via www.luwuraya.net

Suryadharma adalah Alumni dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syarief Hidayatullah dan mendapat gelar Sarjananya pada tahun 1984. Setelah lulus dari pendidikannya, Suryadharma mengawali karirnya dengan bekerja di PT. Hero Supermarket dengan posisi Deputi Direktur yang dimulai pada tahun 1985 hingga tahun 1999. Suryadharma mulai menerjuni di dunia politik sejak tahun 2001 dan menduduki posisi sebagai Ketua Komisi V DPR RI hingga tahun 2004. Di samping itu beliau juga menjabat sebagai Bendahara Fraksi PPP MPR RI. Setelah menduduki kedua posisi tersebut, Suryadharma berkesempatan untuk menjabat sebagai Ketua Umum PPP yang sebelumnya diduduki oleh Hamzah Haz. Pria dengan 4 orang anak ini juga berpengalaman di berbagai organisasi, di antaranya pernah menjadi pengurus di berbagai organisasi ritel di Indonesia dan menjadi Aktifis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII).

sumber : http://profil.merdeka.com/indonesia/s/suryadharma-ali/





https://id.wikipedia.org/wiki/19_September
http://www.kembangpete.com/2014/09/18/tokoh-besar-dunia-yang-lahir-pada-19-september/

Peristiwa 19 September, #hariinidalamsejarah

Deretan Peristiwa 19 September :


1926 - Peresmian Stadion San Siro di Milan. 
San Siro daat malam, via www.incomingpartners.it
San Siro didesain berdasarkan stadion model Inggris, hanya untuk sepakbola dengan empat tribun yang berkapasitas 35.000 penonton. Stadion itu dibuka 89 tahun yang lalu, saat Inter mengalahkan Milan 6-3. Pertandingan liga pertama di stadion ini dimainkan pada 19 September 1926 saat Milan kalah 1-2 dari Sampierdarenese sementara laga internasional pertama dimainkan pada 20 Februari 1927 di mana Italia imbang 2-2 dengan Cekoslowakia. Hingga akhir tahun 1945, San Siro hanya menjadi properti eksklusif Milan sementara Inter memainkan laga kandang mereka di Arena di pusat kota. Sejak saat itu “Teater Sepakbola” ini telah mengalami banyak renovasi hingga terciptanya monumen sepakbola seperti sekarang. 
sumber : https://www.facebook.com/notes/internazionale-milan-fc/sejarah-stadion-san-sirogiuseppe-meazza/281152761930145


1945 - Penyelenggaraan Rapat Raksasa di Lapangan IKADA (Gambir).
Suasana Rapat Akbar di lapangan IKADA, via www.pusakaindonesia.org
Para pemuda Jakarta yang dipelopori oleh Komite Aksi Menteng 31 merencanakan menggerakan aksi massa pada suatu rapat raksasa di Lapangan Ikada ( Ikatan Atletik Djakarta ) dengan tujuan agar para pemimpin bangsa Indonesia dapat berbicara langsung di hadapan rakyat Indonesia.
Para pemuda sudah siap menerima perintah dari para pemimpin Republik Indonesia, tetapi perintah yang ditunggu itu tidak juga kunjung datang hingga tanggal 19 Agustus 1945. Oleh karena itu, pada tanggal 19 Agustus 1945 diperkirakan sekitar 200 – 300 ribu rakyat berkumpul di Lapangan Ikada. Kebanyakan rakyat yang datang berasal dari Jakarta, Tangerang, Bekasi dan sekitarnya. Selain mereka juga ada para pemuda yang berasal dari Seinendan, Keibodan, Barisa Pelopor dan BKR.  
Sumber :
http://www.sejarawan.com/91-rapat-raksasa-di-lapangan-ikada.html
http://www.astalog.com/1526/makna-penting-diselenggarakannya-rapat-raksasa-di-lapangan-ikada.htm


1945 - Insiden Hotel Yamato: Rakyat Surabaya menurunkan dan merobek Bendera Belanda (merah-putih-biru) yang berkibar di atap Hotel Yamato, Surabaya, Jawa Timur, kemudian mengibarkannya kembali sebagai Bendera Indonesia (merah-putih), setelah membuang bagian berwarna birunya. 
Insiden Hotel Yamato, via www.kompasiana.com
Adalah Sudirman, pejuang dan diplomat yang merupakan wakil pemerintahan Indonesia, masuk ke hotel dengan dikawal Sidik dan Hariyono. Mereka mencoba berunding untuk meminta Ploegman menurunkan bendera Belanda. Namun, Ploegman menolak, dan tidak mengakui kedaulatan Indonesia.

Perundingan semakin memanas, sampai akhirnya Ploegman mengeluarkan pistol. Hal tersebut memicu perkelahian dalam ruang perundingan. Ploegman tewas dicekik Sidik, yang kemudian juga terbunuh oleh tentara Belanda yang bersiaga. Sementara itu, Sudirman dan Hariyono melarikan diri ke luar Hotel Yamato.
Di luar hotel, para pemuda, yang mengetahui bahwa perundingan tidak berjalan lancar, langsung mendobrak masuk, dan terjadilah perkelahian di lobi hotel. Sebagian pemuda berebut naik ke atas hotel untuk menurunkan bendera Belanda.
Hariyono, yang semula bersama Sudirman, kembali ke dalam hotel dan ikut memanjat tiang bendera bersama Kusno Wibowo. Mereka kemudian berhasil menurunkan bendera Belanda, merobek bagian birunya, dan mengereknya kembali ke puncak tiang.
sumber : http://lipsus.kompas.com/avanzanation/read/2014/02/25/1218478/kisah.heroik.insiden.hotel.yamato


1973 - Raja Carl XVI Gustaf naik takhta di Swedia.
Raja Carl XVI Gustaf, via saripedia.wordpress.com
Carl XVI Gustaf (Carl Gustaf Folke Hubertus, lahir di Solna, 30 April 1946; umur 64 tahun) bergelar Yang Mulia Sang Raja adalah Raja Swedia saat ini. Ia adalah putra satu-satunya Pangeran Gustaf Adolf (1906-1947) dan Putri Sibylla dari Sachsen-Coburg-Gotha (1908-1972). Ia naik takhta pada 19 September 1973 setelah kakeknya, Gustaf VI Adolf meninggal dunia.
Carl Gustaf ialah anak bungsu dari 5 bersaudara dan satu-satunya putranda Pangeran Gustaf Adolf dan Putri Sibylla. Kematian ayahandanya dalam kecelakaan pesawat di luar Kopenhagen, Denmark pada 26 Januari 1947 meninggalkan Carl Gustaf yang berusia 9 bulan kedua dalam garis pewaris tahta, di belakang kakendanya, Putra Mahkota Gustaf Adolf. Saat buyutnya Raja Gustaf V meninggal pada 1950, Carl Gustaf yang berusia 4 tahun menjadi pewaris tahta Swedia.
Dalam sebuah pidato pada 2005, Carl Gustaf menunjukkan perasaannya tentang pertumbuhannya tanpa tau ayahandanya. Saudarinya Putri Birgitta menguraikan perasaan itu dalam sebuah wawancara di saat yang sama, berkomentar bahwa ibundanya dan pengadilan kerajaan Swedia yang keras saat itu tidak mempertimbangkan kebutuhan emosional Pangeran Gustaf sebagai seorang anak. Saat itu, ia berkata, tragedi itu tak pernah dibicarakan dengan anak-anak.
sumber : https://saripedia.wordpress.com/tag/carl-xvi-gustaf/


1983 - Saint Kitts dan Nevis merdeka dari Britania Raya.
Kitts dan Nevis, via www.30caribbeanislands.com
Federasi Saint Kitts, dan Nevis adalah sebuah negara federasi dua pulau yang terletak di Kepulauan Leeward, Karibia. Negara ini merupakan negara yang terkecil di Amerika, dalam luasnya, dan jumlah penduduknya. Ibu kota, dan kursi pemerintahan federal bertempat di Pulau Saint Kitts. Pulau Nevis yang lebih kecil wilayahnya berjarak sekitar 3 km sebelah tenggara Saint Kitts.
Saint Kitts, dan Nevis merupakan pulau-pulau pertama di Karibia yang disinggahi orang Eropa. Saint Kitts dahulu adalah rumah bagi perkampungan Inggris, dan Perancis pertama di Karibia.
sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Saint_Kitts_dan_Nevis


1985 - Gempa dan Tsunami mengguncang Mexico City yang menghancurkan 405 bangunan, seluruh surat kabar membuka dana kemanusiaan di Mexico City.
Efek Gempa Meksiko, via whereverlifetakesus.travellerspoint.com



https://id.wikipedia.org/wiki/19_September

Tokoh yang Lahir 18 September, #hariinidalamsejarah

Tokoh yang Lahir 18 September :



53 M: Trajan, Kaisar Romawi yang mengejar kebijakan ekspansionis agresif dan mendapatkan reputasi karena kebajikannya.
Trajan, via www.trajans-column.org


1752 - Adrien-Marie Legendre, matematikawan Prancis
Adrien, via www.corbisimages.com
Ia membuat sumbangan penting atas statistik, teori bilangan, aljabar abstrak dan analisis matematika. Kebanyakan karyanya disempurnakan oleh lainnya: karyanya pada akar polinomial mengilhami teori Galois; karya Abel pada fungsi elips dibangun pada Legendre punya; beberapa karya Gauss dalam statistik dan teori bilangan melengkapi teori Legendre.
Pada 1830 ia memberikan bukti pada teorema akhir Fermat untuk eksponen n = 5, yang diberikan hampir secara serentak oleh Dirichlet pada 1828. Dalam teori bilangan, ia mengkonjekturkan hukum timbal balik kuadrat, yang kemudian dibuktikan Gauss. Ia juga melakukan karya pioner pada prima, dan pada penerapan analisis pada teori bilangan. Konjektur 1796nya dari teorema bilangan prima dengan tepat dibuktikan oleh Hadamard dan de la Vallée-Poussin pada 1898. Legendre melakukan sejumlah karya impresif pada fungsi elips, termasuk klasifikasi integral elips, namun mengambil percobaan jenius Abel untuk mempelajari invers fungsi Jacobi dan memecahkan masalah dengan sempurna.
Dalam mekanika teori, ia dikenal untuk transformasi Legendre, yang digunakan untuk berangkat dari formulasi mekanik Lagrangian ke Hamiltonian.


1819 - Léon Foucault, fisikawan berkebangsaan Perancis.
Leon, via micro.magnet.fsu.edu


1904 - Mr. Assaat, pemangku jabatan Presiden Republik Indonesia
Assaat, via id.wikipedia.org
Mr. Assaat (18 September 1904 - 16 Juni 1976) adalah tokoh pejuang Indonesia, pemangku jabatan Presiden Republik Indonesia pada masa pemerintahan Republik Indonesia di Yogyakarta yang merupakan bagian dari Republik Indonesia Serikat (RIS). Mr. Assaat dilahirkan di dusun pincuran landai kanagarian Kubang Putih Banuhampu adalah orang sumando Sungai Pua, menikah dengan Roesiah, wanita Sungai Pua di Rumah Gadang Kapalo Koto, yang telah meninggalkan beliau pada 12 Juni 1949, dengan dua orang putera dan seorang puteri. Assaat adalah salah satu dari dua presiden RI yang tak tercatat di sejarah.
sumber : http://nuramalinayustika.blogspot.co.id/2015/01/mr-assaat-mantan-presiden-ri-yang-tak.html



1908: Viktor Ambartsumian, astronom Armenia yang terkenal karena penelitiannya pada galaksi dan evolusi bintang.
Viktor, via massispost.com


1923: Peter Smithson, arsitek Inggris yang bersama istrinya, Alison, menjadi pemimpin dalam membangun gaya yang dikenal sebagai Brutalisme.
Peter dan Alison, via www.telegraph.co.uk


1971 - Lance Armstrong, pembalap sepeda Amerika Serikat
Lance, via collider.com
Nama lahirnya adalah Lance Edward Gunderson, lahir di Plano, Texas, Amerika Serikat. Ia adalah pembalap sepeda profesional Amerika Serikat yang terkenal karena berhasil menjuarai Tour de France sebanyak tujuh kali berturut-turut (1999 hingga 2005) sejak sembuh dari penyakit kanker. Pengalaman menghadapi penyakit ini memberinya insipirasi untuk mendirikan Yayasan Lance Armstrong, dan kemudian mengembangkan gelang Livestrong pada tahun 2004 sebagai upaya meningkatkan kesadaran terhadap korban-korban kanker. Namun gelar yang didapatkannya dicabut oleh Uni Sepedea Internasional (UCI) pada 22 Oktober 2012 karena ia terbukti menggunakan doping.



http://www.kembangpete.com/2014/09/17/tokoh-besar-dunia-yang-lahir-pada-18-september/
https://id.wikipedia.org/wiki/18_September

Peristiwa 18 September, #hariinidalamsejarah

Peristiwa Penting 18 September :


1810 - Chili memproklamasikan kemerdekaannya dari penjajahan Spanyol.
Bendera Chile, via sebelasipadualabsky.blogspot.com
Chili pada tahun 1536 dijajah oleh Spanyol dan dijadikan bagian dari wilayah Peru yang juga dijajah oleh Spanyol. Pada tahun 1788, Raja Spanyol Charlos III memisahkan Chili dari Peru. Perjuangan kebebasan pertama rakyat Chili dimulai pada tahun 1814. Namun, pejuang Chili kalah dalam melawan tentara pemerintah Spanyol.
Pada tahun 1817, Jose San Martin, komandan Argentina bersama beberapa ribu pasukannya menyerbu beberapa sejumlah wilayah jajahan Spanyol, di antaranya Peru dan Chili. Dengan dukungan rakyat Chili, Jose San Martin berhasil mengusir tentara Spanyol dan pada tahun 1818, Chili berhasil menjadi negara merdeka.
Chili memiliki luas wilayah 756.626 kilometer persegi dan terletak di bagian barat Amerika selatan. Negara Chili berbatasan dengan Argentina, Bolivia, dan Peru.
sumber : http://indonesian.irib.ir/iran/item/85365-chili-merdeka


1851: New York Times mulai diterbitkan di New York City sebagai New York Daily Times; namanya berubah pada tahun 1857.
New York Times edisi pertama, via english.stackexchange.com
The New York Times adalah koran harian yang diterbitkan di New York oleh Arthur Ochs Sulzberger Jr. dan didistribusikan secara internasional. Koran ini dimiliki oleh perusahaan The New York Times Company, yang juga menerbitkan 15 koran lainnya, antara lain International Herald Tribune dan Boston Globe. Koran ini dijuluki "Gray Lady" karena gaya dan penampilannya, dan dianggap sebagai koran yang bisa diandalkan sebagai sumber referensi resmi untuk kejadian-kejadian terkin. Anggota stafnya telah berhasil memenangi lebih dari 100 Penghargaan Pulitzer, terbanyak dibandingkan dengan organisasi berita lainnya.


1898: Sebuah konfrontasi antara pasukan Prancis dan Inggris di Sudan membawa dua kekuatan kolonial itu ke dalam peperangan yang disebut sebagai Insiden Fashoda. 
Fashoda, via www.granger.com


1947: U.S. Air Force menjadi cabang yang sepenuhnya independen dari militer; Jenderal Carl Spaatz menjadi kepala pertamanya. USAF adalah angkatan udara termodern di dunia dengan lebih dari 9.000 armada dan 352.000 tentara.
USAF, via www.bizpacreview.com


1948 - Peristiwa Madiun terjadi di Indonesia.
Amir Sjarifudin dan  Suriono yang ditangkap TNI dan dibawa ke Jogja, via sejarahkita.blogspot.com
PERISTIWA Madiun (Madiun Affairs) adalah sebuah konflik kekerasan atau situasi chaos yang terjadi di Jawa Timur bulan September – Desember 1948. Peristiwa ini diawali dengan diproklamasikannya negara Soviet Republik Indonesia pada tanggal 18 September 1948 di Madiun oleh Muso, seorang tokoh Partai Komunis Indonesia dengan didukung pula oleh Menteri Pertahanan saat itu, Amir Sjarifuddin.
Pada saat itu hingga era Orde Lama peristiwa ini dinamakan Peristiwa Madiun (Madiun Affairs), dan tidak pernah disebut sebagai pemberontakan Partai Komunis Indonesia (PKI). Baru di era Orde Baru peristiwa ini mulai dinamakan pemberontakan PKI.
Bersamaan dengan itu terjadi penculikan tokoh-tokoh masyarakat yang ada di Madiun, baik itu tokoh sipil maupun militer di pemerintahan ataupun tokoh-tokoh masyarakat dan agama.
Masih ada kontroversi mengenai peristiwa ini. Sejumlah pihak merasa tuduhan bahwa PKI yang mendalangi peristiwa ini sebetulnya adalah rekayasa pemerintah Orde Baru (dan sebagian pelaku Orde Lama). 
 
sumber : http://www.asal-usul.com/2009/03/peristiwa-dulu-pemberontakan-pki-madiun.html


1977 - Voyager I mengambil foto angkasa pertama Bumi dan Bulan pada jarak 7,25 juta mil dari Bumi. Bumi terlihat beberapa kali lebih terang dari Bulan.
Bumi Bulan, via neyagoodguy.wordpress.com


1998 - ICANN dibentuk.
Logo ICANN, via https://www.icann.org/
ICANN, singkatan dari Internet Corporation for Assigned Names and Numbers, adalah organisasi nirlaba yang didirikan pada 18 September 1998 dan resmi berbadan hukum pada 30 September 1998. Organisasi yang berkantor pusat di Marina Del Rey, California ini ditujukan untuk mengawasi beberapa tugas yang terkait dengan Internet yang sebelumnya dilakukan langsung atas nama pemerintah Amerika Serikat oleh beberapa organisasi lain, terutama Internet Assigned Numbers Authority (IANA).

2014 - Rakyat Skotlandia melakukan referendum bersejarah, untuk menentukan apakah Skotlandia akan menjadi negara terpisah, atau tetap di bawah Inggris Raya.
Skotlandia dan Inggris Raya, via news.detik.com
Setelah 307 tahun di bawah Inggris raya, Skotlandia mendatangi tempat-tempat pemungutan suara untuk referendum yang akan menentukan apakah Skotlandia akan menjadi negara terpisah, atau tetap di bawah Inggris Raya.
Hasil referendum itu membuat Inggris Raya dapat bernapas lega. Karena sebagian warga Skotlandia memilih untuk melanjutkan kebersamaan dengan Inggris. Dengan begitu, Skotlandia resmi tetap menjadi bagian dari Negeri Ratu Elizabeth. Hal tersebut terjadi setelah 54 persen warga Skotlandia dalam referendum memilih tidak untuk merdeka. Kepastian itu didapat setelah dua daerah besar selesai melakukan penghitungan. Wilayah tersebut adalah Aberdeen dan Aberdeenshire.
Karena sebelumnya ada harapan yang membumbung tinggi bagi kelompok pro-kemerdekaan, ini terjadi di wilayah penting Skotlandia yaitu Glasgow, kelompok pro-kemerdekaan menang. Namun, hal tersebut seakan tidak berarti setelah mayoritas warga Aberdeen dan Aberdeenshire memilih tetap bersama Inggris. 
sumber : http://lipsus.kompas.com/topikpilihanlist/3254/1/referendum.skotlandia
http://news.okezone.com/read/2014/09/19/414/1041472/hasil-referendum-skotlandia-tetap-bersama-inggris














https://id.wikipedia.org/wiki/18_September
http://hingga.com/15179/aneka-peristiwa-yang-terjadi-tanggal-18-september/
http://www.kembangpete.com/2014/09/17/peristiwa-penting-yang-terjadi-pada-tanggal-18-september/

Thursday, September 17, 2015

Tokoh yang Lahir 17 September, #hariinidalamsejarah

Tokoh yang Lahir 17 September :


879 - Raja Charles III dari Perancis
Charles III, via id.wikipedia.org
Dia memiliki gelar Charles yang Sederhana (Charles le Simple) merupakan seorang Raja Perancis yang tak dipersoalkan dari tahun 898 s/d tahun 922 dan Raja Lotharingia dari tahun 911 s/d tahun 919/23. Ia adalah anggota keluarga Wangsa Karolingia, yang ketiga dan putra anumerta Louis II dari Perancis dan istri keduanya, Adelaide dari Paris.

Sebagai seorang anak, Charles dihalangi untuk mewarisi tahta pada saat kematian saudara tirinya Carloman pada tahun 884. Para nobel kerajaan sebaliknya meminta sepupunya, Charles III dari Perancis, untuk memerintah. Ia juga dihalangi untuk menjadi ahli waris Charles yang tidak populer, yang digulingkan pada bulan November 887 dan meninggal pada bulan Januari 888, meskipun tidak diketahui jika penurunan tahtanya diterima atau pernah diakui di Frankia Barat sebelum kematiannya. Nobel yang ditunjuk Eudes, pahlawan Pengepungan Paris, raja, meskipun terdapat fraksi yang mendukung Guido III dari Spoleto. Charles diletakkan di bawah perlindungan Ramnulf II dari Poitiers, Daftar Penguasa Aquitaine, yang mencoba menuntut takhta untuknya dan pada akhirnya menggunakan gelar kerajaan itu sendiri sampai ia berdamai dengan Eudes. Akhirnya, pada tahun 893 Charles dimahkotai oleh sebuah fraksi yang menentang Eudes di Katedral Reims. Ia efektif menjadi penguasa hanya dengan kematian Eudes pada tahun 898.


1271 - Wenceslas II dari Bohemia dan Polandia 
Wenceslas II, via en.wikipedia.org
Dia merupakan seorang Raja Bohemia (1278–1305), Adipati Kraków (1291–1305) dan Raja Polandia (1300–1305). Ia merupakan anak tunggal Raja Ottokar II dari Bohemia "yang Agung" dan istri kedua Ottokar Kunhuta Uherská. Ia dilahirkan pada tahun 1271, sepuluh tahun setelah pernikahan orangtuanya. Kunhuta adalah putri Rostislav Mikhailovich, maharaja Slavonia, putra Pangeran Agung Kiev, dan Anna dari Hongaria, putri Béla IV dari Hongaria. Nenek moyangnya adalah Raja Jerman Philipp dari Swabia. Ia adalah anggota keluarga Wangsa Přemyslid.


1552 - Paus Paulus V
Paus Paulus V, via id.wikipedia.org

Lahir dengan nama Camillo Borghese di Roma, Italia, -meninggal di Roma, Italia, 28 Januari 1621- pada umur 68 tahun) adalah Paus yang menjabat sejak 16 Mei 1605 sampai 28 Januari 1621.


1677: Stephen Hales, ahli botani Inggris yang sering dianggap sebagai pendiri fisiologi tanaman.
Hales, via www.npg.org.uk

Salah satu karya yang ditulis oleh Stephen Hales adalah Vegetable Staticks yang berbicara tentang psikologi tumbuh-tumbuhan. Gagasan yang dinyatakan oleh Hales adalah persamaan antara tumbuhan dan hewan yang memiliki sistem sirkulasi darah. Dia menyelidiki bagian-bagian tumbuh-tumbuhan dan menemukan sistem kehidupan di dalamnya terkait seluruh bagian mulai dari akar, daun, batang, bunga, buah dsb.


1857: Konstantin Tsiolkovsky, teoritikus dan penulis visioner Rusia yang menulis tentang perjalanan ruang angkasa yang dalam beberapa dekade kemudian meramalkan banyak fitur astronautika modern. Ia adalah orang pertama yang memikirkan lift luar angkasa, terinspirasi dari Menara Eiffel di Paris.
Tsiolkovsky, via www.thelivingmoon.com


1913: Eugene P. Odum, ahli ekologi Amerika yang mengembangkan konsep ekosistem.
Eugene, via en.wikipedia.org


1927 - Njoo Kiem Bie, pemain legendaris bulu tangkis Indonesia
Bie, via 108jakarta.com
Prestasi terbesarnya adalah saat membawa tim Indonesia merebut Piala Thomas untuk pertama kalinya pada tahun 1958 di Singapura dan kemudian mempertahankannya pada 1961 di Jakarta.


1930: Thomas P. Stafford, astronot yang memimpin misi tes terakhir (Apollo 10, 1969) sebelum pendaratan berawak pertama di bulan dan mewakili AS dalam Uji Proyek Apollo-Soyuz (1975). 
Thomas, via history.nasa.gov


1974 - Andre Taulany, penyanyi, pemain film dan komedian Indonesia
Andre, via billionairedetik.blogspot.com
Aktor ganteng ini sering disebut dengan Andre Stinky / Andre OVJ. Dia lahir dari ibu bernama Rasidah Hanum Hasibuan dan ayah bernama Robby Haumahu, dia berprofesi sebagai pemain sinetron, film, sekaligus sebagai Komedian. Andre merupakan artis indonesia yang sudah bermain di beberapa sinetron diantaranya Cerita Cinta, Terang Milikku Juga selain itu Andre Stinky juga pernah membintangi film layar lebar seperti Kiamat Sudah Dekat, Kunfayakun, dan Susuk Pocong. Andre lebih dikenal sebagai Andre OVJ sejak perannya di acara Komedi Opera Van Java TRANS 7.
Setelah bergabung dengan grup band Stinky, nama Andre lebih terkenal dengan Andre Stinky. Bersama Irwan (bass), Nanno (gitar), dan Edy (drum) serta Ndang (telah keluar); Stinky telah merilis 8 album di luar The Best Of Stinky dan Love Song Of Stinky. Album teranyar mereka bertajuk Pecinta Sejati dirilis tanggal 19 Mei 2007. Seperti album terdahulu grup band yang pernah meraih penjualan 1 juta kopi lewat hits mereka "Mungkinkah" dan "Jangan Tutup Dirimu", dalam album tersebut mereka juga masih mengusung tema cinta.
Andre akhirnya keluar dari grup band Stinky yang sudah membesarkannya, dan mencoba untuk bersolo karier, hits yang pernah dikeluarkan adalah lagu Cintailah Istanaku yang juga menjadi OST. Sinetron Akulah Arjunaku.
sumber : http://www.biografiku.com/2011/09/biografi-andre-taulany-ovj.html  


1975 - Jimmie Johnson, pembalap NASCAR, juara lima musim beruntun (2006-2010)
JJ, via www.theautochannel.com
Nama lengkapnya adalah Jimmie Kenneth Johnson, kerap juga disapa JJ, lahir di El Cajon, California adalah seorang pembalap profesional dari Amerika Serikat. Ia merupakan pembalap yang turun dalam ajang NASCAR Seri Piala Sprint, dengan mengendarai mobil bernomor 48 yang disponsori oleh Lowe's/Kobalt Tools dan dijalankan oleh tim Hendrick Motorsports asuhan Rick Hendrick dan Jeff Gordon, dengan jenis mobil Chevrolet SS. Ia meraih gelar juara NASCAR pertama kali pada tahun 2006 setelah mengalahkan rekan setimnya sendiri, Jeff Gordon. Sampai akhir musim 2010, Johnson menjadi satu-satunya pembalap yang mampu meraih lima gelar juara NASCAR dalam lima musim beruntun.







https://id.wikipedia.org/wiki/17_September
http://www.kembangpete.com/2014/09/16/tokoh-besar-dunia-yang-lahir-pada-17-september/

Peristiwa Penting 17 September, #hariinidalamsejarah

Deretan Peristiwa Pentiong 17 September :


1789 - William Herschel menemukan Mimas, satelit Saturnus.
Mimas, "bulan"nya Saturnus,via www.celestiamotherlode.net


1811 - Perang Jawa : Britania-Belanda. Rombongan penjelajah Britania memaksa Belanda menyerah di Semarang.
Gambaran Perang Jawa, via sejarah-dun14.blogspot.com
Perang ini terjadi dalam kurun 1810-1811 yang terjadi seluruhnya di pulau Jawa di Indonesia. Gubernur-Jendral Hindia-Belanda, Herman Willem Daendels (1762-1818), memperkuat pulau Jawa terhadap kemungkinan adanya serangan Inggris. Pada 1810 sebuah ekspedisi Perusahaan Hindia Timur Britania yang kuat di bawah Gilbert Elliot, gubernur-jendral India, merebut pulau Bourbon (Réunion) dan Mauritius milik Perancis di Samudra Hindia dan pulau Ambon dan Maluku milik Hindia-Belanda.
Setelah itu rombongannya menuju Jawa dan kemudian merebut kota pelabuhan Batavia (Jakarta) pada Agustus 1811, dan memaksa pihak Belanda menyerah di Semarang pada 17 September 1811. Jawa, Palembang, Makassar dan Timor diserahkan kepada pihak Britania.
Letnan Gubernur Jawa yang dilantik, Thomas Stamford Raffles (1781-1826) mengakhiri metode pemerintahan Belanda, membebaskan sistem kepemilikan tanah, dan memperluas perdagangan. Pada Kongres Wina 1815, diputuskan bahwa Britania harus mengembalikan Jawa dan kekuasaan Hindia-Belanda lainnya kepada Belanda sebagai bagian dari persetujuan yang mengakhiri Perang Napoleon.
sumber : http://warofweekly.blogspot.co.id/2010/09/perang-jawa-britania-belanda.html 


1862: Pasukan Union dan Konfederasi sama-sama kehilangan lebih dari 22.000 nyawa pada Pertempuran Antietam dalam Perang Saudara AS; setidaknya 4.000 orang tewas di medan perang.
Situasi Perang Antietam, via forum.tribunnews.com


1894 - Pertempuran Sungai Yalu, pertempuran laut terbesar dalam Perang Tiongkok-Jepang Pertama.
Lokasi Sungai Yalu, via http://archive.kaskus.co.id

Sungai Yalu (Bahasa Manchu dan Tionghoa) atau Sungai Amnok atau Amnok-gang (Korea) adalah sebuah sungai yang mengalir dan membatasi wilayah Cina (propinsi Jilin dan Liaoning) dan Korea Utara. Arti namanya adalah "perbatasan antara dua negara". Sungai ini berhulu dari Gunung Baekdu di rangkaian Gunung Changbai dan mengalir ke selatan dan bermuara ke Teluk Korea antara kota Dandong (Republik Rakyat Cina) dan Sinuiju (Korea Utara). Sungai Yalu memiliki panjang 790 km (491 mi). Anak-anak sungai Yalu yang terpenting adalah Sungai Changjin, Heochun dan Tokro. Walau mempunyai lebar yang cukup luas (bagian terlebar mencapai 5 km), kedalaman rata-ratanya adalah 3 m dan mengalami pendangkalan sehingga hanya sedikit bagian yang dapat dilayari kapal..... di sungai ini pada Zaman dulu banyak di jadikan tempat peperangan dan perebutan kekuasaan baik itu antar Jepang - Tiongkok, ataupun perang terdahsyatnya anatara Jepang - Rusia.
sumber : http://archive.kaskus.co.id/thread/16487115/0/flashback-tanggal-17-september-di-dunia----masuk-gan


1945 - PMI (Palang Merah Indonesia) didirikan dengan ketua Drs. M. Hatta.
Logo PMI, via ksrpmi.student.uny.ac.id

Proses pembentukan PMI dimulai 3 September 1945 saat itu Presiden Soekarno memerintahkan Dr Boentaran (Menkes RI Kabinet I) agar membentuk suatu badan Palang Merah Nasional.
Dibantu Panitia lima orang terdiri atas dr R Mochtar sebagai Ketua, dr Bahder Djohan sebagai Penulis dan tiga anggota panitia yaitu dr Djoehana Wiradikarta, dr Marzuki, dr Sitanala, mempersiapkan terbentuknya Perhimpunan Palang Merah Indonesia. Tepat sebulan setelah kemerdekaan RI, 17 September 1945, PMI terbentuk. Peristiwa bersejarah tersebut hingga saat ini dikenal sebagai Hari PMI.
Peran PMI adalah membantu pemerintah di bidang sosial kemanusiaan, terutama tugas kepalangmerahan sebagaimana dipersyaratkan dalam ketentuan Konvensi-Konvensi Jenewa 1949 yang telah diratifikasi oleh pemerintah Republik Indonesia pada tahun 1958 melalui UU No. 59.


1971 : Hari Perhubungan Nasional
Hari Perhubungan Nasional, via www.kochiefrog.com
Penetapan 17 September sebagai Hari Perhubungan Nasional adalah berdasarkan pada penetapan Menteri Perhubungan yang dituangkan dalam Keputusan Menteri Perhubungan Nomor SK.274/G/1971 tanggal 26 Agustus 1971 tentang Hari Perhubungan (Transportasi dari Komunikasi) Nasional. Hal ini didasari ole banyaknya hari jadi BUMN dibawah naungan Kementrian Perhubungan, untuk menyatukan hal tersebut, maka dibuatlah suatu hari khusus yang disebut dengan HARI PERHUBUNGAN NASIONAL.
sumber : http://hubkominfo.belitungkab.go.id/hari-perhubungan-nasional-tahun-2014/ 


1978 - Persetujuan Camp David ditandatangani Israel dan Mesir.
Perjanjian Camp David, via indokliping.wordpress.com

Perjanjian Perdamaian Camp David merupakan perjanjian yang diselenggarakan untuk menciptakan perdamaian di Timur Tengah yang ditandatangani tanggal 17 September 1978 di Gedung Putih Amerika Serikat antara Presiden Mesir Anwar Sadat dan Perdana Menteri Israel Menachem Begin. Perjanjian damai Camp David ini merupakan perundingan rahasia selama 13 hari yang diprakarsai oleh Presiden Amerika Serikat pada saat itu, Jimmy Carter. Perjanjian ini memiliki tiga komponen penting yaitu pengakuan Arab terhadap Israel dalam perdamaian, penarikan pasukan Israel dari wilayah-wilayah pendudukan yang diperoleh selama perang serta negara-negara Arab tidak akan mengamcam keamanan Israel dan tidak akan membagi-bagi Yerusalem kepada siapapun.
sumber : https://putrinuril.wordpress.com/2012/10/30/perjanjian-perdamaian-camp-david/


 
2009 - Tewasnya gembong teroris indonesia yang paling dicari Noordin Muhammad Top
Noordin M Top, via racheedus.wordpress.com
Noordin bin Mohammad Top terlahir di Kluang, Johor, Malaysia, 11 Agustus 1968. Ia tewas tertembak oleh Tim Densus 88 pada 17 September 2009 dalam usia 41 tahun. Setelah tewas, diketahui kondisi kepalanya bagian belakang hancur. Dikenal sebagai orang yang suka berganti-ganti penampilan, saat tewas pun Noordin berganti penampilan dengan wajah yang berjambang lebat. Sebagai seorang tokoh dalam jaringan teroris dan masuk dalam daftar teroris paling dicari oleh FBI, tentu saja Noordin bukan orang sembarangan. Ia mengenyam kuliah akuntansi di Universiti Teknologi Malaysia (UTM), sebuah universitas bonafide di negeri jiran itu. UTM juga dikenal sebagai salah satu universitas tertua di negeri itu yang fokus di bidang enginering dan technology.  
sumber : https://racheedus.wordpress.com/2009/09/19/profil-noordin-m-top-sang-gembong-teroris/





https://id.wikipedia.org/wiki/17_September
http://www.kembangpete.com/2014/09/16/peristiwa-penting-yang-terjadi-pada-tanggal-17-september/
http://www.muradmaulana.com/2014/08/hari-penting-nasional-dan-internasional.html

17 September : HARI PALANG MERAH INDONESIA

Lambang PMI, via id.wikipedia.org
Hari ini, 17 September, merupakan hari yang bersejarah dan yang ditunggu-tunggu oleh seluruh relawan di Indonesia. Karena pada hari ini 70 tahun yang lalu Organisasi Perhimpunan yang bergerak dalam bidang sosial kemanusiaan ini resmi dibentuk. Sebenarnya proses "Palang Merah" di Indonesia sudah ada sejak kependudukan Belanda sekitar tahun 1800an. Namun nama Palang Merah Indonesia itu sendiri secara resmi dibentuk pada tanggal 17 September 1945.

Peran PMI dalam masa Perjuangan bangsa Indonesia mempertahankan Kemerdekaan sangat besar. Oleh karena itu, PMi tidak bisa dilepaskan dari sejarah bangsa yang besar ini, berikut saya akan mencoba mengulas sejarah PMI dari masa ke masa yang saya himpun dari berbagai sumber.
yuk.

Organisasi Kepalangmerahan sebenarnya sudah ada sejak tahun 27 Oktober 1873, saat itu pemerintah Kolonial Belanda mendirikan organisasi Palang Merah di Indonesia dengan nama Het Nederland-Indiche Rode Kruis (NIRK) yang kemudian namannya menjadi Nederlands Rode Kruiz Afdelinbg Indie (NERKAI) yang kemudian dibubarkan pada saat pendudukan Jepang. Perjuangan mendirikan Palang Merah Indonesia (PMI) diawali pada tahun 1932 yang dipelopori oleh Dr. R.C.L. Senduk dan Dr. Bahder Djohan dengan membuat rancangan pembentukan PMI. 

Rancangan tersebut mendapat dukungan luas terutama dari kalangan terpelajar Indonesia, dan diajukan ke dalam Sidang Konferensi Narkai pada 1940, akan tetapi ditolak mentah-mentah. Rancangan tersebut disimpan menunggu saat yang tepat. Seperti tak kenal menyerah pada saat pendudukan Jepang mereka kembali mencoba untuk membentuk Badan Palang Merah Nasional, namun sekali lagi upaya itu mendapat halangan dari Pemerintah Tentara Jepang sehingga untuk yang kedua kalinya rancangan tersebut kembali disimpan.

Proses pembentukan PMI mendapat titik terang pada tanggal 3 September 1945 (17 hari setelah Kemerdekaan), saat itu Presiden Soekarno memerintahkan kepada Menteri Kesehatan dr. Buntaran Martoatmodjo untuk membentuk suatu Badan Palang Merah Nasional untuk menunjukan kepada dunia internasional bahwa keberadaan Negara Indonesia adalah suatu fakta nyata setelah proklamasi kemerdekaan pada 17 Agustus 1945. Pada tanggal 5 September 1945 Menteri Kesehatan dr. Buntaran Martoatmodjo membentuk Panitia Lima yang terdiri dari dr. R. Mochtar, dr. Bahder Johan, dr. Joehana, Dr. Marjuki dan dr. Sitanala, untuk mempersiapkan pembentukan Palang merah di Indonesia.

Akhirnya pada tanggal 17 September, tepat satu bulan setelah Kemerdekaan RI, Palang Merah Indonesia secara resmi terbentuk dengan Drs. Mohammad Hatta sebagai Ketuanya. Tanggal ini juga yang kemudian ditetapkan sebagai HARI PALANG MERAH INDONESIA
Markas Besar PMI, via pmibatam.org
Perjalanan PMI berlanjut. Berhubung hanya boleh ada satu perhimpunan nasional, maka pada tanggal 16 Januari 1950 Pemerintah Belanda membubarkan NERKAI dan menyerahkan asetnya kepada PMI. Pihak NERKAI diwakili oleh dr. B. Van Trich sedangkan dari PMI diwakili oleh dr. Bahder Djohan. Maka makin kuatlah organisasi ini di Indonesia. PMI terus bekerja melakukan pemberian bantuan hingga akhirnya Pemerintah Republik Indonesia Serikat mengeluarkan Keppres No. 25 tanggal 16 Januari 1950 dan kelak makin dikuatkan dengan Keppres No. 246 tanggal 29 November 1963. Pemerintah Indonesia mengakui keberadaan PMI.  

Juga pada tahun yang sama (1950), tepatnya pada tanggal 15 Juni 1950, keberadaan PMI diakui oleh Komite Palang Merah Internasional (International Comitte of Red Cross : ICRC). Setelah itu, PMI diterima menjadi anggota Perhimpunan Nasional ke-68 oleh Liga Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah (Liga) yang sekarang disebut Federasi Internasional Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah (International Federation of Red Cross : IFRC) pada Oktober 1950.
Seragam PMI di Museum Perjuangan Bogor, (dok pribadi)
Perkembangan PMI dari masa ke masa sangat signifikan. Peran PMI sejak dibentuk pada tahun 1945 sangat berpengaruh bagi bangsa Indonesia ini. Dan kini, PMI telah berdiri di masing-masing Provinsi, ada lebih dari 300 PMI tingkat Kabupaten, dan lebih dari 2600 PMI tingkat kecamatan di seluruh Indonesia, serta lebih dari 1,5 juta relawan yang siap memberikan pelayanan.

Layaknya sebuah organisasi pelayanan, Sumber Daya Manusia (SDM) adalah aset penting yang dimiliki oleh PMI. PMI juga mempunyai "satuan-satuan khusus" mengenai SDM ini guna mendukung jalannya pergerakan PMI. Kita mengenal adanya PMR, KSR, dan TSR.

PMR adalah singkatan dari Palang Merah Remaja yang anggotanya sebagian besar adalah siswa siswi tingkat SMP dan SMA sederajat. KSR adalah singkatan dari Korps Sukarela yang sebagian anggotanya adalah mahasiswa-mahasiswi Perguruan Tinggi. Sedangkan TSR adalah seingkatan dari Tenaga Sukarela yang keanggotaannya bersifat umum. Kesemuanya memiliki tugas masing-masing yang telah ditetapkan.



HUT PMI 70, via www.ksrundip.org


SELAMAT HARI ULANG TAHUN PMI YANG KE 70
"MENGABDI UNTUK KEMANUSIAAN DAN KEMERDEKAAN"







http://www.pmi.or.id/index.php/tentang-kami/sejarah-pmi.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Palang_Merah_Indonesia
http://pmrsmanla.blogspot.co.id/2010/05/ksr-tsr-pmr.html