Wednesday, September 30, 2015

Tokoh yang Lahir 30 September, #hariinidalamsejarah

Tokoh-tokoh yang lahir 30 September :


1802: Antoine Jérôme Balard, ahli kimia eksperimental dan apoteker Perancis yang paling dikenal karena penemuan elemen bromin (1825).
Antoine Balard, via www.snipview.com


1870: Jean Baptiste Perrin, fisikawan Perancis yang pertama kali mendemonstrasikan secara eksperimental bahwa sinar katoda terdiri atas partikel bermuatan negatif dan bahwa atom memiliki keberadaan nyata, bukan teoritis.
Jean Perrin, via no.wikipedia.org


1882: Hans Wilhelm Geiger, fisikawan Jerman, penemu pencacah Geiger.
Hans Geiger, via www.nndb.com


1905: Nevill Mott, fisikawan Inggris yang mendapat Nobel 1977 atas kontribusinya terhadap penyelidikan teoritis struktur elektronik sistem magnetik dan tak teratur.
Mott, via 2centapologist.wordpress.com


1939: Jean Marie Lehn, kimiawan Prancis yang mendapat Nobel 1987 atas usahanya di wilayah penelitian baru yang dikenal sebagai kimia supramolekul.
Jean Marie Lehn, via www.chem-station.com


1943: Johann Deisenhofer, ahli biokimia Jerman yang mendapat Nobel 1988 setelah berhasil menentukan struktur tiga dimensi dari protein membran yang penting untuk fotosintesis.
Johann, via www.biografiasyvidas.com


1951: Barry J. Marshall, dokter Australia yang mendapat Nobel 2005 dalam Fisiologi atau Kedokteran karena menemukan bahwa bakteri tertentu menyebabkan bisul dan radang lambung.
Barry J., via www.sc.mahidol.ac.th


1975 - Glenn Fredly, penyanyi Indonesia. 
Terlahir dengan nama Glenn Fredly Deviano Latuihamallo, pria ini sering dipanggil Glenn Fredly. Glenn lahir di Jakarta, 30 September 1975. Pria yang berprofesi sebagai penyanyi, penulis lagu, dan produser ini merupakan putra dari pasangan Hengky Latuihamallo (Ayah) dan Linda Latuihamallo (Ibu).
Glenn Fredly mengawali karier dalam dunia musik, dengan menjadi vokalis “Funk Section”. Pada tahun 1995 (setahun setelah ia lulus SMA pada tahun 1994) Funk Section meluncurkan sebuah album eksklusif. Tiga tahun kemudian, Glenn memutuskan untuk bernyanyi solo dan meluncurkan sebuah album yang bertajuk ‘GLENN’ yang berisikan 8 lagu. Dalam album ini terdapat 3 buah lagu yang sering dinyanyikan Glenn yaitu “Kau” dan “Cukup Sudah” serta “MOBIL MAMA” yang menjadi hits di Malaysia.
sumber : http://klikharry.com/2015/04/26/kumpulan-foto-dan-biodata-lengkap-glenn-fredly/


1986 - Olivier Giroud, pemain sepak bola Perancis
Giroud, via www.mirror.co.uk
Olivier Giroud adalah Pesepakbola Profesional berkebangsaan Perancis yang berposisi sebagai penyerang. Saat ini Olivier Giroud bermain untuk raksasa Inggris The Gunners Arsenal. Arsene Wenger, mendatangkan Striker Timnas Perancis ini, dari Montpellier sebagai opsi pengganti Robin van Persie yang hijrah ke Manchester United.
sumber  : http://profilbintang.blogspot.co.id/2012/12/olivier-giroud-profil-lengkap.html


1989 - Maria Febe Kusumastuti, atlit nasional bulutangkis indonesia.
Maria, via www.pbdjarum.org
Maria Febe Kusumastuti adalah salah satu pemain bulu tangkis tunggal putri Indonesia. Sejak berusia tujuh tahun, ia mulai ikut pertandingan dan pada usia 12 tahun ia bergabung dengan PB Djarum.
Pemain bulu tangkis yang akrab disapa Febe ini pernah dipanggil untuk masuk pelatnas, tetapi saat itu ia merasa belum matang secara teknik sehingga memilih untuk lebih menempa dirinya di klub PB Djarum. Setelah itu, pada tahun 2008 ia pernah dipanggil lagi, tetapi ia tidak dapat memenuhi panggilan tersebut karena sakit. Akhirnya Febe dapat bergabung dengan pelatnas ketika dia lolos seleksi untuk tim beregu putri di Piala Uber 2010 meskipun dalam kejuaraan tersebut Febe hanya berhasil menjadi semifinalis.
Peringkat dunia terbaik yang pernah Febe raih adalah di posisi ke-19 di tahun 2010. Namun ia dikenal sebagai pemain bulu tangkis yang belum begitu stabil, sehingga prestasi maksimalnya belum terlalu tampak. Di laganya yang terakhir pun, Korean Open 2011, Febe gagal melanjutkan perjalanannya karena terhenti di babak ke-2 oleh pemain bulu tangkis asal Cina, Li Xuerui.
sumber : http://profil.merdeka.com/indonesia/m/maria-febe-kusumastuti/


    https://id.wikipedia.org/wiki/30_September
    http://www.kembangpete.com/2014/09/29/tokoh-besar-dunia-yang-lahir-pada-30-september/

    30 September : Hari Berkabung Nasional Gestipu : #hariinidalamsejarah

    Clurit dan Palu Arit, lambang khas Komunis, via www.kaskus.co.id
    Kembali sejenak kita mengingat sejarah kelam bangsa ini. Hari ini 50th yang lalu, telah terjadi pemberontakan besar terhadap bangsa yang baru berusia 20 tahun. Peristiwa ini merupakan tragedi yang akan paling dikenang dalam perjalanansejarah bangsa Indonesia atau bukan, terlepas dari itu merupakan propaganda atau bukan. Berikut akan kembali saya ulas secara singkat yang saya ambil dari berbagai sumber untuk kembali mengenang peristiwa yang pahit ini. 

    Sejarah peristiwa G30S/PKI yang juga dikenal dengan nama aslinya, Gerakan 30 September atau singkatan lain berupa Gestapu (Gerakan September Tiga Puluh) dan Gestok (Gerakan Satu Oktober) merupakan salah satu peristiwa yang terjadi ketika Indonesia sudah beberapa tahun merdeka. Sesuai namanya, peristiwa ini terjadi pada tanggal 30 September 1965 malam, hingga esok harinya dimana ada pembunuhan tujuh perwira tinggi militer dalam sebuah kudeta. Usaha yang akhirnya gagal kemudian dijatuhkan kepada anggota dari Partai Komunis Indonesia yang saat itu sedang dalam kondisi kuat karena mereka dinilai amat dekat dengan Presiden Indonesia pertama pada masa itu. Benar atau tidaknya Partai Komunis Indonesia yang bertanggung jawab penuh dalam kejadian ini tetap menjadi bahan perdebatan hingga sekarang.
    PKI, via keepo.me
    Sebelum terjadinya peristiwa G30S/PKI, Partai Komunis Indonesia (PKI) tercatat sebagai Partai Komunis yang paling besar di dunia tanpa menghitung partai komunis yang ada di Uni Soviet maupun Tiongkok. Ketika dilakukan audit pada tahun 1965, tercatat bahwa anggota aktif dari partai ini melebihi angka 3,5 juta, belum termasuk 3 juta jiwa yang menjadi anggota pergerakan pemuda. Selain itu, PKI juga memiliki kontrol penuh akan pergerakan buruh, menambahkan 3,5 juta orang lagi dibawah pengaruhnya. Hal tersebut belum berhenti, karena masih ada 9 juta anggota dari pergerakan petani, serta beberapa gerakan lain seperti pergerakan wanita, organisasi penulis, dan pergerakan sarjana yang membuat total anggota PKI mencapai angka 20 juta anggota termasuk pendukung-pendukungnya.
    Yang membuat masyarakat mencurigai bahwa PKI adalah dalang dibalik terjadinya gerakan 30 September dimulai dengan kejadian di bulan Juli 1959, dimana pada saat itu parlemen dibubarkan, dan Soekarno menetapkan bahwa konstitusi ada di bawah dekrit presiden, dengan PKI berdiri di belakang, memberikan dukungan penuh. PKI juga menyambut gembira sistem baru yang diperkenalkan oleh Soekarno, yaitu Demokrasi Terpimpin yang menurut PKI mampu menciptakan persekutuan konsepsi NASAKOM (Nasionalis, Agama, dan Komunis). Pada masa demokrasi terpimpin ini sayangnya kolaborasi pemimpin PKI dengan kaum-kaum borju yang ada di Indonesia gagal menekan pergerakan independen dari buruh dan petani, menyebabkan banyak masalah yang tidak terselesaikan di bidang politik dan ekonomi.
    Soekarno - Soeharto, via yonasukmalara.wordpress.com
    Peristiwa G30S/PKI baru dimulai pada tanggal 1 Oktober pagi, dimana kelompok pasukan bergerak dari Lapangan Udara Halim Perdana kusuma menuju daerah selatan Jakarta untuk menculik 7 jendral yang semuanya merupakan anggota dari staf tentara. Tiga dari seluruh korban yang direncanakan, mereka bunuh di rumah mereka yaitu Ahmad Yani, M.T. Haryono, dan D.I. Panjaitan. Ketiga target lain yaitu Soeprapto, S. Parman, dan Sutoyo ditangkap hidup-hidup, sementara target utama mereka, Jendral Abdul Harris Nasution berhasil kabur setelah melompati dinding yang berbatasan dengan taman di kedutaan besar Iraq. Meski begitu, Pierre Tendean yang menjadi ajudan pribadinya ditangkap, dan anak gadisnya yang berusia lima tahun, Ade Irma Suryani Nasution, tertembak oleh regu sergap dan tewas pada 6 Oktober. Korban tewas bertambah ketika regu penculik menembak dan membunuh seorang polisi yang menjadi penjaga rumah tetangga Nasution, Karel Satsuit Tubun. Korban tewas terakhir adalah Albert Naiborhu, keponakan dari Pandjaitan, yang tewas saat menyerang rumah jendral tersebut. Mayat dan jenderal yang masih hidup kemudian dibawa ke Lubang Buaya, dan semua dibunuh serta mayatnya dibuang di sumur dekat markas tersebut.
    Ketika matahari mulai terbit, sekitar 2.000 pasukan diturunkan untuk menduduki tempat yang sekarang dikenal sebagai Lapangan Merdeka, sebuah taman yang ada di Monas. Meski begitu, mereka tidak berhasil menundukkan bagian timur dari area ini, karena pada saat itu merupakan daerah markas KOSTRAD yang dipimpin oleh Soeharto. Pada jam 7 pagi, RRI menyiarkan pesan yang berasal dari Untung Syamsuri, komandan Cakrabiwa, regimen penjaga Presiden, bahwa gerakan 30 September telah berhasil mengambil alih beberapa lokasi strategis di Jakarta dengan bantuan anggota militer lainnya. Mereka berkeras bahwa gerakan ini didukung oleh Central Intelligence of America (CIA) yang bertujuan untuk menurunkan Soekarno dari posisinya.
    Yang menuliskan tinta kegagalan dalam sejarah peristiwa G30S/PKI kemungkinan besar adalah karena mereka melewatkan Soeharto yang mereka kira diam dan bukan tokoh politik pada masa itu. Soeharto diberitahu oleh tetangganya tentang hilangnya para jendral dan penembakan yang terjadi pada pukul 5:30 pagi, dan karena ini ia segera bergerak ke markas KOSTRAD dan berusaha menghubungi anggota angkatan laut dan polisi, namun tidak berhasil melakukan kontak dengan angkatan udara. Ia kemudian mengambil alih komando angkatan darat. Kudeta ini juga gagal karena perencanaan yang amat tidak matang dan menyebabkan para tentara yang ada di Lapangan Merdeka menjadi kehausan dibawah impresi bahwa mereka melindungi presiden di Istana. Soeharto juga berhasil membujuk kedua batalion pasukan kudeta untuk menyerah dimulai dari pasukan Brawijaya yang masuk ke area markas KOSTRAD dan kemudian pasukan Diponegoro yang kabur kembali ke Halim.
    G30S/PKI baru berakhir ketika pada pukul 7 malam, pasukan yang dipimpin oleh Soeharto berhasil mengambil kembali kontrol atas semua fasilitas yang sebelumnya direbut oleh Gerakan 30 September. Ketika sudah berkumpul bersama Nasution, pada pukul 9 malam Soeharto mengumumkan bahwa ia sekarang mengambil alih tentara dan akan berusaha menghancurkan pasukan kontra-revolusioner dan menyelamatkan Soekarno. Ia kemudian melayangkan ultimatum lagi yang kali ini ditujukan kepada pasukan yang berada di Halim. Tidak berapa lama, Soekarno meninggalkan Halim dan tiba di istana presiden lainnya yang berada di Bogor. Untuk jasad ke-7 orang yang terbunuh dan dibuang di Lubang Buaya sendiri baru ditemukan pada tanggal 3 Oktober, dan dikuburkan secara layak pada tanggal 5 Oktober.
    Monumen Pancasila Sakti, 7 Pahlawan Revolusi yang gugur dalam peristiwa G30S/PKI, via www.pusakaindonesia.org
    Banyak isu serta faktor yang melatarbelakangi dan menjadi awal dari peristiwa ini. Yang pertama adalah isu sakitnya Bung Karno, isu masalah tanah dan bagi hasil. Faktor Malaysia, Faktor Amerika Serikat dan Faktor Ekonomi juga ikut berperan dalam peristiwa G30S/PKI. 
    Entah yang mana yang benar, saya sendiri tidak bisa memastikan, sejarah kita dari dulu sudah dikaburkan, apakah peristiwa ini termasuk salah satunya atau tidak saya pun tidak berani mengatakan. Semoga saja kita bisa mengambil hikmah atas apa yang terjadi, dan biarlah Tuhan Yang Maha Tahu saja akan segala kebenaran yang terjadi.






    sumber :
    http://www.portalsejarah.com/sejarah-peristiwa-g30spki.html
    https://id.wikipedia.org/wiki/Gerakan_30_September

    Peristiwa Penting yang Terjadi Tangal 30 September, #hariinidalamsejarah

    Deretan Peristiwa Tanggal 30 September :


      1862: Otto von Bismarck, yang baru ditunjuk sebagai menteri-presiden Prussia, menyatakan pada Dewan Perwakilan Prusia: “Pertanyaan besar saat ini tidak ditentukan oleh pidato dan keputusan mayoritas -yang merupakan kesalahan dari tahun 1848 dan 1849- tetapi dengan besi dan darah”; ia kemudian mengatakan bahwa dengan cara ini ia akan menyatukan Jerman. 
      Bismarck (baju putih), via www.ssqq.com


      1949: Berlin Airlift, di mana Inggris dan Amerika Serikat menerbangkan pasokan ke Berlin Barat selama blokade Soviet, dihentikan; sejak Juni 1948, pesawat Sekutu telah memberikan lebih dari 2 juta ton makanan dan bahan bakar kapal melalui 277.264 penerbangan. 
      Berlin Airlift, via prezi.com


      1965 - Gerakan 30 September (G30S PKI): enam jenderal dan perwira menengah TNI-AD serta seorang prajurit Polri diculik, lalu dibunuh dan dibuang di Lubang Buaya, Jakarta, Indonesia.
      Lambang PKI, via ahmadsamantho.wordpress.com
      Bangsa Indonesia tentu tidak akan lupa tentang sejarah kelam diawal-awal kemerderdekaan bangsa ini. Yak, gerakan perlawanan terhadap pemerintah yang selanjutnya kita kenal dengan Gerakan 30 September PKI (G30S/PKI) terjadi dan menewaskan 7 orang yang kita kenal dengan Pahlawan Revolusi. Entah ini hanya propaganda atau bukan, yang jelas G30S/PKI ini berdampak besar hingga saat ini.
       

      1966: Botswana, bekas protektorat Inggris dari Bechuanaland, menjadi negara Afrika merdeka. 
      Bostwana, via www.wikiwand.com
      30 September tahun 1966, negara Botswana berhasil meraih kemerdekaannya dari Inggris, dan hari ini kemudian dijadikan sebagai hari nasional negara itu.
      Botswana sudah dijajah Inggris sejak tahun 1885. Pada tahun 1920, perjuangan untuk meraih kemerdekaan mulai dilakukan rakyat negara itu. Perjuangan mereka mencapai tujuannya pada tahun 1966. Botswana terletak di kawasan selatan Benua Afrika. Negara yang memiliki luas 600.372 kilometer persegi itu berbatasan dengan negara-negara Afrika Selatan, Zimbabwe, dan Namibia.
      sumber : http://indonesian.irib.ir/sejarah/item/85839-botswana-merdeka


      2005 - Surat kabar Denmark Jyllands-Posten memuat karikatur Nabi Muhammad yang mengundang reaksi keras dari umat muslim seluruh dunia. 
      Koran Jyllands-Posten, via harnas.co


      2009 - Gempa bumi berkekuatan 7,6 SR mengguncang Sumatera Barat.
      Efek Gempa, via kadaikopi.com
      Sebuah bencana besar kembali terjadi di bumi pertiwi ini, hari ini 6 tahun yang lalu, gempa bumi dengan kekuatan 7,6 SR mengguncang wilayah barat Indonesia, tepatnya di Sumatera Barat. Banyak kerusakan dan korban jiwa akibat gempa ini.




        https://id.wikipedia.org/wiki/30_September
        http://www.kembangpete.com/2014/09/29/peristiwa-penting-yang-terjadi-pada-tanggal-30-september/
        http://www.muradmaulana.com/2014/08/hari-penting-nasional-dan-internasional.html

        Tuesday, September 29, 2015

        Peristiwa yang Terjadi 29 September, #hariinidalamsejarah

        Deretan Peristiwa 29 September :


        480 SM: Dalam Pertempuran Salamis, selama Perang Persia, armada Yunani yang terdiri atas 350 trireme dan dipimpin oleh Themistocles mengalahkan armada Persia yang jumlahnya dua kali lebih besar.
        Gambaran Pertempuran Salamis, via www.socialstudiesforkids.com


        1941: Pasukan Nazi membantai lebih dari 33.000 orang Yahudi -pria, wanita, dan anak-anak- di Babi Yar, jurang dekat Kiev, Ukraina.
        Pembantaian Yahudi, via www.lingkarmerah.com


        1954 - Konvensi yang menyetujui pembentukan CERN ditandatangani.
        CERN, via id.wikipedia.org
        CERN adalah sebuah kompleks laboratorium percepatan partikel terbesar di dunia yang terletak di perbatasan antara Perancis dan Swiss, persis di sebelah barat Jenewa.
        Konvensi yang menyetujui organsisasi ini ditanda tangani pada 29 September 1954. Dari 12 anggota, pada saat ini mempunyai 21 total negara anggota. Israel adalah negara pertama (dan satu - satunya) negara non-Eropa yang diberikan keanggotaan penuh. Akronim CERN berasal dari Conseil Européene pour la Recherche Nucléaire, sebuah dewan yang didirikan untuk mendiskusikan pembangunan fasilitas penelitian fisika nuklir di Eropa.
        Fungsi utamanya untuk menyediakan percepatan partikel yang dibutuhkan untuk riset dan banyak eksperimen fisika energi tinggi yang telah banyak dilakukan di sini oleh kerja sama internasional untuk memanfaatkannya. Lokasi utama di Meyrin juga memiliki pusat komputer besar yang memiliki fasilitas prosesi data yang kuat, utamanya untuk eksperimen dalam analisis data, dan untuk menyediakan data untuk para peneliti dimanapun mereka berada situs ini telah menjadi penghubung WAN utama.
        Pada 2005 CERN mempekerjakan hampir 3000 orang. 7931 ilmuwan dan insinyur (mewakili 500 universitas dan 80 kewarganegaraan), kira-kira setengahnya adalah komunitas fisika partikel, yang bekerja untuk eksperimen yang dilakukan di CERN ini.


        1955 - Pemilu 1955: NU dan PKI memperoleh kenaikan jumlah pemilih yang besar.
        Pemilu 1955, via zamrudkatulistiwa.com


        1988: Peluncuran Discovery pada misi Shuttle ke-26 menandai dimulainya kembali penerbangan Space Shuttle setelah bencana Challenger pada tahun 1986.
        7 Awak Pesawat Chalenger, via dimasanarky.blogspot.com


        2000 : Hari Jantung Sedunia
        Hari Jantung Sedunia, via www.tanyadok.com
        Pertama kali dicanangkan pada tahun 2000 untuk memberikan informasi pada dunia bahwa penyakit kardiovaskuler (penyakit jantung dan stroke) adalah penyebab kematian no satu di dunia. Penyakit ini telah memakan korban 17,3 juta jiwa tiap tahunnya.
        Hari Jantung Sedunia adalah sebuah peringatan untuk membangun kesadaran bagi umat manusia agar mendapatkan pemahaman yang lebih baik terhadap kesehatan mereka terutama resiko penyakit cardiovaskular termasuk hipertensi. Kegiatan ini didukung lebih dari 100 negara di seluruh dunia. Dengan adanya Hari Jantung sedunia diharapkan terbangun kesadaran publik akan faktor-faktor resiko penyakit jantung dan stroke serta menyebarluaskan cara pencegahannya.
        sumber : 
        http://metrobali.com/2014/09/27/hari-jantung-sedunia-world-heart-day-2014/
        http://www.muradmaulana.com/2014/08/hari-penting-nasional-dan-internasional.html



        Hari Sarjana Indonesia
        Sarjana, via minangkabau.com
        Saya belum bisa menemukan kapan pertama kali Hari Sarjana ini diperingati, dan atas dasar apa tanggal 29 September dipilih sebagai Hari Sarjana. Yang jelas, bagi kita para sarjana amat beruntung karena ada satu hari yang dikhususkan untuk kita, para sarjana. Meskipun saya sendiri tidak tahu apa maksud dari peringatan hari ini.
        Harapan saya di Hari Sarjana ini adalah adanya perhatian khusus yang diberikan pemerintah, (khususnya di daerah saya) untuk memperhatikan para sarjana yang masih bersusah payah dalam mencari kerja. :D






        https://id.wikipedia.org/wiki/29_September
        http://www.kembangpete.com/2014/09/28/peristiwa-penting-yang-terjadi-pada-tanggal-29-september/
        http://www.muradmaulana.com/2014/08/hari-penting-nasional-dan-internasional.html

        Tokoh yang Lahir 29 September, #hariinidalamsejarah

        Tokoh yang Lahir 29 September :


        1735: James Keir, kimiawan industrialis Skotlandia yang menemukan sebuah metode ekstraksi soda kaustik dari sulfat limbah dan merintis industri kimia ilmiah.
        James Keir, via www.snipview.com


        1758: Horatio Nelson, laksamana paling terkenal dalam sejarah Inggris; ahli strategi dan taktik angkatan laut yang brilian, ia terkenal karena kemenangannya atas armada Perancis-Spanyol di Trafalgar (1805), dalam pertempuran di mana ia tewas.
        Horatio Nelson, via www.bbc.co.uk


        1898: Trofim Lysenko, ahli agronomi Soviet yang menetapkan penelitian biologi dan pertanian Soviet melalui ide-ide retrogradenya pada hereditas, yang mendapat dukungan resmi pemerintah.
        Trofim Lysenko, via theconversation.com


        1901: Enrico Fermi, fisikawan Italia, tokoh sentral dalam Proyek Manhattan untuk membangun bom atom pertama.
        Fermi, via www.osti.gov


        1920: Peter Mitchell, ahli biokimia Inggris yang memenangkan Nobel 1978 di bidang kimia atas teorinya tentang bioenergetika.
        Peter Mitchell, via en.wikipedia.org


        1976 - Andriy Shevchenko, pemain sepak bola Ukraina.
        Shevchenko, via blog.profitlangit.com
        Juga akrab dipanggil Sheva adalah seorang pemain sepak bola asal Ukraina yang bermain sebagai striker untuk Dynamo Kyiv dan tim nasional Ukraina.
        Shevchenko pernah bermain untuk Milan dan Chelsea. Ia adalah pencetak gol ketiga terbanyak dengan 67 gol di belakang Filippo Inzaghi dan Raúl dalam kompetisi klub sepak bola Eropa. Shevchenko telah mencetak 175 gol bagi Milan dan merupakan pencetak gol kedua terbanyak dalam sejarah klub tersebut. Ia berhasil meraih gelar juara Liga Champions UEFA bersama Milan dan beberapa gelar domestik bersama Dynamo Kyiv dan Chelsea. Pada bulan Desember 2004, Shevchenko dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Eropa tahun itu. Dia juga disebut oleh Pele sebagai salah satu dari 125 pesepak bola terbaik dunia yang masih hidup pada bulan Maret 2004.

        Shevchenko memperkuat timnas Ukraina sejak tahun 1995. Ia telah mencatat 102 kali penampilan dan 45 gol, termasuk saat Ukraina berlaga di putaran final Piala Dunia FIFA 2006 di Jerman.
        sumber : http://profilbintang.blogspot.co.id/2012/01/profil-lengkap-andriy-shevchenko.html



        http://www.kembangpete.com/2014/09/28/tokoh-besar-dunia-yang-lahir-pada-29-september/
        https://id.wikipedia.org/wiki/29_September

        Monday, September 28, 2015

        Peristiwa yang Terjadi Tanggal 28 September, #hariinidalamsejarah

        Deretan Peristiwa yang Terjadi 28 September :



        1917 - Bendera Thailand merah-putih-biru-putih-merah horizontal, diresmikan. 
        Bendera Thailand, via pandri-16.blogspot.com
        Bendera Thailand, dalam bahasa Thai: Thong Trairong yang bermakna, "bendera tiga warna". Bendera ini menunjukkan lima jalur yang mendatar dengan warna merah, putih, biru, putih dan merah, dengan ukuran jalur biru yang ada di tengah dua kali lebih besar dari jalur-jalur yang lain. Warna merah-putih-biru secara berurutan melambangkan "negara-agama-raja", semboyan tidak resmi negara Thai. Bendera ini diresmikan pada 28 September 1917. Bendera pertama yang digunakan di Siam berwarna merah dan tidak bercorak, digunakan masa pemerintahan Raja Narai (1656-1688). Kemudiannya berbagai jenis simbol dirancang di latar belakang tersebut seperti, chakra putih (roda yang berkaitan dengan agama Buddha), seekor gajah putih di dalam chakra atau cakra putih dengan matahari di dalamnya. Dalam catatan resmi, bendera Thai pertama kali dirancang pada tahun 1855 oleh Raja Mongkut (Rama IV), memaparkan seekor gajah putih (lambang kerajaan) di latar belakang yang merah, kerana bendera merah yang tidak bercorak tidak begitu sesuai digunakan di arena internasional. Pada 1916, bendera Thai diubah menurut bentuk yang digunakan sekarang, namun pada mulanya, jalur yang di tengah berwarna merah seperti jalur yang berada di lingkungan bendera. Pada 1917, warna merah tersebut diganti dengan warna biru, yang merupkan warna hari Jumat bagi orang Thai dan juga hari lahirnya Raja Rama VI.
        sumber : http://kawulala.blogspot.co.id/2013/10/simbol-lambang-dan-bendera-negara.html



        1945 - Djawatan Kereta Api Republik Indonesia (DKARI) didirikan setelah pengambilalihan kekuasaan perkeretaapian di Indonesia dari pihak militer Jepang.
        Logo PJKA, salah satu logo KAI yang lama, via poenjahamas.blogspot.com


        1950 - Indonesia diterima di Perserikatan Bangsa-Bangsa.
        PBB, via pengetahuankerenwow.blogspot.com
        Indonesia resmi menjadi negara anggota Perserikatan Bangsa Bangsa ke-60 pada tanggal 28 September 1950, yang ditetapkan dengan Resolusi Majelis Umum PBB nomor A/RES/491 (V) tentang "penerimaan Republik Indonesia dalam keanggotaan di Perserikatan Bangsa Bangsa", kurang dari satu tahun setelah pengakuan kedaulatan Indonesia oleh Belanda dalam Konferensi Meja Bundar di Den Haag (23 Agustus - 2 November, 1949).
        Pada masa Konfrontasi Indonesia-Malaysia pada 7 Januari tahun 1965, sebagai reaksi atas terpilihnya Malaysia sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB, Soekarno marah, Indonesia memutuskan untuk mundur dari PBB pada tanggal 20 Januari 1965 dan mendirikan CONEFO, didukung Republik Rakyat Tiongkok, Republik Demokratik Rakyat Korea, dan Republik Demokratik Vietnam. Namun, dalam sebuah telegram bertanggal 19 September 1966, Indonesia memberikan pesan kepada Sekretaris Jenderal PBB atas keputusannya "untuk melanjutkan kerjasama penuh dengan Perserikatan Bangsa Bangsa, dan untuk melanjutkan partisipasinya dalam sesi ke-21 sidang Majelis Umum PBB". Pada tanggal 28 September 1966, Majelis Umum PBB menindaklanjuti keputusan pemerintah Indonesia tersebut dan mengundang perwakilan Indonesia untuk menghadiri sidang kembali. 


        1990 - Berdirinya Institut Teknologi Telkom (Sekolah Tinggi Teknologi Telkom). 
        Pendirian IT Telkom adalah atas gagasan Ir. Cacuk Sudarijanto, Direktur Utama PT Telkom 1988-1992. Tujuan awal adalah untuk menyuplai tenaga-tenaga ahli bagi PT Telkom. Pada awal berdirinya, kampus IT Telkom tersebar di 3 lokasi. Kampus 1 berada di jalan Soekarno Hatta, Kampus 2 di jalan Geger Kalong Hilir, dan Kampus 3 berada di jalan Penghulu Hasan Mustafa. Pada tahun 1993 IT Telkom memiliki kampus sendiri di Jalan Telekomunikasi Terusan Buah Batu (Lokasi sekarang), dan setahun kemudian semua kegiatan belajar mengajar terpusat di kampus baru. Pada tahun itu pula Kampus IT Telkom diresmikan Presiden RI Bapak Soeharto pada tanggal 24 Maret 1994. Menempati lahan seluas 48 ha, kampus IT Telkom memiliki fasilitas penunjang pendidikan yang baik dengan penataan lingkungan yang asri, sehingga proses belajar dan mengajar dapat lebih kondusif. Tujuan didirikannya sekolah ini untuk memenuhi kebutuhan akan ahli-ahli di industri telekomunikasi yang tumbuh sangat pesat, maka PT Telkom sangat berkepentingan terhadap institusi ini sehingga PT Telkom memberikan beasiswa penuh dan ikatan dinas kepada mahasiswa angkatan 1991 dan 1992. Adanya perubahan iklim industri telekomunikasi (PT Telkom tidak memonopoli lagi), program beasiswa dan ikatan dinas dari PT Telkom dihentikan. Saat ini IT Telkom menjadi perguruan tinggi yang mandiri, dengan sumber pendanaan yang berasal dari masyarakat, kerjasama penelitian dan proyek dari berbagai instansi dan industri, hibah-hibah dari pemerintah dan lembaga-lembaga internasional, serta beasiswa dari berbagai instansi maupun dari internal kampus.
        Untuk memayungi institusi-institusi pendidikan yang akan didukungnya, PT Telkom membentuk Yayasan Pendidikan Telkom (YPT). Yayasan Pendidikan Telkom (YPT) mendirikan IT Telkom, Politeknik Telkom dan Institut Manajemen Telkom.
        Orang-orang yang mempunyai andil besar dalam merintis STT Telkom adalah Dr. Ir. Bambang Hidayat dan Ir. Darmastoto.
        Pada awal didirikan IT Telkom hanya menerima mahasiswa dari kalangan karyawan PT Telkom. Pada tahun 1991 dan 1992 IT Telkom mulai menerima mahasiswa dari SLTA umum dengan tawaran ikatan dinas dari PT Telkom. Tetapi karena adanya perubahan kebijakan dari pihak manajemen PT Telkom, program beasiswa dan ikatan dinas dihentikan. Saat ini IT Telkom menerima siswa yang berasal dari lulusan SLTA, mahasiswa yang akan melanjutkan jenjang studi S1 maupun S2 dan karyawan perusahaan yang akan meningkatkan penguasaan dan keahlian di bidang teknologi informasi dan telekomunikasi.
        Saat ini kampus IT Telkom berada di daerah Bandung Selatan sekitar 12 km dari pusat kota Bandung (Gedung Sate) dengan lokasi yang mudah dijangkau oleh kendaraan umum. Lokasi kampus IT Telkom dulunya merupakan daerah bersejarah, dimana Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia dikumandangkan ke seluruh nusantara dan dunia melalui pemancar radio yang ada di lokasi ini pada tanggal 17 Agustus 1945. Dulunya terdapat sebanyak 13 tower pemancar radio di lahan ini, dan saat ini tinggal 2 tower yang dijadikan monumen bersejarah dan juga sebagai laboratorium antena.


        1995: Di Washington, D.C., Yitzhak Rabin dan Yasser Arafat menandatangani perjanjian yang merupakan tindak lanjut dari perjanjian Oslo yang sering disebut Oslo II; perjanjian ini mengatur persyaratan untuk mundurnya militer Israel dari kota-kota Palestina dan kota-kota di Tepi Barat dan membuat persyaratan untuk pemilihan Otoritas Nasional Palestina.
        Peta Wilayah Palestina dari masa ke masa, via mengenalsecretsocieties.blogspot.com


        1997 - Grand Prix Sepeda Motor Indonesia 1997 dilaksanakan di Sirkuit Sentul. Ini merupakan seri ke 14 dari Grand Prix Sepeda Motor musim1997, Valentino Rossi menjadi juara dalam kelas motoGP di Sentul ini.
        Sentul, via sentulinternationalcircuit.com


        1999 - Tragedi Lampung, 2 mahasiswa tewas tertembak di depan Koramil Kedaton saat demonstrasi menolak RUU Penanggulangan Keadaan Bahaya.
        Demo Mahasiswa Tuntut Usut Tuntas Tragedi UBL, via www.antaralampung.com
        Hal ini merupakan kelanjutan dari tragedi Semanggi II pada 24 September 1999, dimana aparat menembak mati Yap Yun Hap mahasiswa UI dan 16 orang lainnya di Jakarta. Sontak gerakan mahasiswa di berbagai daerah meresponnya lewat aksi solidaritas dengan tuntutan yang sama. Namun, reaksi pemerintah dan aparatnya justru semakin mengeras hingga meletus aksi represif serupa di Lampung, dimana Ijal aktivis Cakrawala FISIP Unila tewas terkena tembakan peluru tajam di dada dan lehernya, sementara Atul aktivis Teknokra Unila yang sedang meliput tewas setelah kepalanya dipopor senapan, selanjutnya menyusul pada 5 Oktober di Palembang, Meyer Ardiansyah mahasiswa ABI tewas setelah dipukuli dan ditusuk sangkur oleh aparat.
        Demonstrasi mahasiswa di Lampung ini dilakukan setelah ratusan gabungan aliansi mahasiswa melakukan aksi long march dari kampus Unila menuju Makoramil Kedaton, persis di seberang kampus UBL, mereka meminta bendera merah putih dikibarkan setengah tiang dan komandan Koramil menandatangani surat dukungan penolakan RUU PKB dan ditolak. Setelah berunding, disepakati mahasiswa akan menumpang 20 bus menuju  kantor Gubernur dan melanjutkan aksinya, namun mendadak situasi berubah menjadi chaos, dan meski mahasiswa telah berlindung masuk areal kampus UBL, aparat tetap menyerbu masuk dan melakukan penembakan, penangkapan, pemukulan, serta perusakan kendaraan dan gedung hingga setelahnya perkuliahan harus diliburkan.
        sumber : http://www.berdikarionline.com/28-september-1999-malapetaka-ubl-berdarah-yang-dilupakan/


        2007 : Hari Rabies Sedunia 
        Hari Rabies Sedunia, via twitter.com
        Gerakan Hari Rabies Sedunia yang ditetapkan pada tanggal 28 September, pertama kalinya dicanangkan dan diperingati pada tahun 2007. Pada saat itu, berbagai kegiatan dilaksanakan seperti: klinik vaksinasi, lomba lari, parade, seminar pendidikan, festival dan pawai. Kegiatan ini mendapat respon dan partisipasi lebih dari 400.000 orang dari 74 negara. Ini menandakan bahwa adanya pengakuan luas dari masyarakat dunia akan pentingnya tindakan dan pengendalian terhadap penyakit yang dapat mematikan tersebut.
        sumber : https://www.facebook.com/PusatKesehatanHewanKotaPariaman/posts/515022961845012





        http://www.kembangpete.com/2014/09/27/peristiwa-penting-yang-terjadi-pada-tanggal-28-september/
        https://id.wikipedia.org/wiki/28_September
        http://www.muradmaulana.com/2014/08/hari-penting-nasional-dan-internasional.html

        Tokoh yang Lahir Tanggal 28 September, #hariinidalamsejarah

        Daftar Tokoh yang Lahir 28 September :




        1746: Sir William Jones, linguis Inggris yang merevolusi studi bahasa ketika ia berpendapat bahwa bahasa Sansekerta, Yunani, Latin, dan beberapa bahasa lainnya adalah turunan dari bahasa Indo-Eropa yang sudah punah.
        William Jones, via www.bbc.co.uk


        1789: Richard Bright, dokter Inggris yang terkenal dengan penjelasannya tentang penyakit ginjal, yang kemudian dikenal sebagai penyakit Bright.
        Richard Bright, via jsbookreader.blogspot.com


        1856: Edward H. Thompson, arkeolog yang menggali Sacred Well of Chichén Itzá, situs kota kuno Maya di Semenanjung Yucatán, Meksiko.
        Edward Thompson, via newartist1.blogspot.com



        1925: Seymour Cray, insinyur listrik dan arsitek superkomputer Amerika yang merancang serangkaian komputer tercepat di dunia selama beberapa dekade, dan mendirikan Cray Research yang membuat banyak mesin ini.
        Cray, via www.computerhistory.org


        1947 - Luhut Panjaitan, Menteri Perindustrian dan Perdagangan dalam Kabinet Persatuan Nasional, politikus Indonesia
        Luhut, via id.wikipedia.org
        Luhut Panjaitan adalah mantan Menteri Perindustrian dan Perdagangan RI. Pria yang banyak mendapatkan prestasi di bidang akademik ini dikenal sebagai pribadi yang rajin berolahraga. Luhut mendapat promosi pangkat jenderal berbintang tiga saat ia dipercaya sebagai Komandan Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Darat di Bandung. Kemudian ia menjabat menteri dan dianugerahi pangkat jenderal berbintang empat purnawirawan.
        Ia juga menerima penghargaan Adimakayasa. Penghargaan itu merupakan penghargaan terhormat di Akademi Militer selepas pendidikan dari Akademi Militer dengan pangkat letnan dua, langsung bertugas di Kopassus.
        Di Kopassus, Luhut Panjaitan pernah menjabat menjadi Komandan Pusat Pendidikan Kopassus di Batujajar, Bandung. Sebagai asisten Operasi di Markas Kopassus serta Komandan pertama Detasemen 81 yang sekarang disebut Detasemen Penanggulangan Teror atau Gultor 81. Satuan detasemen yang sangat disegani dan secara khusus menangani masalah teroris saat itu. Luhut membangun detasemen ini mulai dari nol, saat Panglima ABRI dijabat oleh Jenderal Benny Moerdani.
        sumber : http://profil.merdeka.com/indonesia/l/luhut-panjaitan/ 


        1961 - Tifatul Sembiring, Menteri Komunikasi dan Informatika dalam Kabinet Indonesia Bersatu II
        Tifatul, via www.posmetro-medan.com
        Tifatul Sembiring merupakan seorang politikus. Dalam Kabinet Bersatu Jilid II, ia menjabat sebagai Menteri Komunikasi dan Informasi. Sebelum menjabat sebagai seorang menteri, ia merupakan Presiden Partai Keadilan Sejahtera. Saat itu, ia menggantikan Hidayat Nur Wahid yang mengundurkan diri karena terpilih menjadi Ketua MPR.
        Tifatul merupakan lulusan dari Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Informatika dan Komputer (STI&K) Jakarta. Ia mempunyai gelar insinyur komputer. Saat masih menjadi mahasiswa, ia dikenal sebagai seorang aktivis. Ia sempat tergabung dan menjadi aktivis di Pelajar Islam Indonesia (PII). Sebelum terjun dalam bidang yang ia geluti saat ini yaitu politik, ia sempat menjadi karyawan di PT PLN. Di sana ia bekerja di bidang telekomunikasi dan pemrosesan data. Tifatul merupakan anak asli dari Sumatra. Orang tuanya berasal dari Suku Karo dan Minangkabau. Ia menikah dengan Sri Rahayu dan memiliki 7 orang anak, yaitu Sabriana, Fathan, Ibrahim, Yusuf, Fatimah, Muhammad, dan Abdurrahman. 
        sumber : http://profil.merdeka.com/indonesia/t/tifatul-sembiring/




        http://www.kembangpete.com/2014/09/27/tokoh-besar-dunia-yang-lahir-pada-28-september/
        https://id.wikipedia.org/wiki/28_September