Friday, May 13, 2016

Selamat Datang (lagi) Satrie Paduke

"Tapak bertahte intan permate, Satrie Paduke sanggam perkase
Tanjak Mahkote jadi mahligai, hati mulie melesak di dade."
 
Hari ini, 4 mei 2016, merupakan hari yang boleh dibilang bersejarah bagi kabupaten Natuna. Pasalnya pada hari ini merupakan hari dilantiknya Bupati dan Wakil Bupati Natuna 2016-2021 terpilih pada pemilu serentak 9 Desember 2015 yang lalu. Mereka merupakan pemimpin baru namun "lama". Lama, muka lama, semua lama.
Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Natuna 2016-2021. Selamat...... via  gemuruhnews.com
Ya, mengapa lama. Beliau merupakan bupati Natuna yg pertama Natuna periode 2002-2004, bapak H. A. Hamid Rizal namanya, pasangan beliau sang Wakil Bupati adalah ibu Hj. Ngesti Yuni Suprapti, merupakan istri dari bapak Daeng Rusnadi, ketua DPRD semasa periode Bupati pak Hamid Rizal, dan juga Bupati kedua Natuna periode 2006-2011. Bu Ngesti sebelumnya juga pernah menjabat sebagai anggota dewan periode 2009-2014.
 
Saya selalu tertarik utk menyebut "satrie paduke" kepada pemimpin Negeri ini. Berawal dari nyanyian dalam album dendang Melayu Natuna yang merupakan album melayu Natuna pertama yang dikeluarkan, judul lagu nya sama, Satrie Paduke yg dinyanyikan oleh Ene, lagu ini memceritakan tentang kepemimpinan, nasehat-nasehat kepada pemimpin untuk mempimpin rakyat dan alam yang diberkahi ini. Lagu dan album dendang melayu Natuna ini dibuat semasa kepemimpinan pak Hamid Rizal, nah di dalam video klip lagu itu adalah pak Hamid Rizal dengan baju putih dinas sang Bupati, gagah bak seorang Ksatria. Album ini dibuat dibawah naungan sanggar laksmana, yg dulu dipimpin oleh ibu Ngesti, sang wakil Bupati sekarang.
Pas? Kebetulan? Hmm, tentu hal ini sudah direncenakan Allah Ta'ala. 
Bercerita tentang duet Bupati dan Wk. Bupati terpilih ini, saya tak begitu paham, hanya membaca berita dimedia internet dan diskusi dengan teman melalui sosial media. Maklum bro, perantau. Pasangan pemimpin ini merupakan pasangan "last minute" saat mendaftar, dikatakan last minute bukan dikarenakan mereka pasangan terakhir yang mendaftar, melainkan karena nama pasangan ini muncul saat detik-detik akhir pencalonan dalam Pemilukada Natuna. Dan saat pemilu, pasangan last minute yang mendapat undian no 4 ini menang dengan torehan suara 16.000 ++ suara dari total 38.000 suara yang terdaftar. Memang luar biasa. Last minute, seperti goal Mario Gotze di final World Cup 2014 saat mengalahkan Argentina, btw saya pendukung Argentina coy. :(.

Dilantiknya Bupati dan Wk. Bupati Natuna ini disertai dengan berjuta harapan rakyat. Berjuta asa dan mimpi semua golongan.
Saya sendiri tidak tahu apa saja programnya saat melakukan kampanye dahulu, namun saya yakin program-program tersebut adalah untuk kemajuan negeri ini. Program-program apik untuk membuat nyata mimpi untuk Natuna yang lebih baik, mimpi untuk mewujudkan visi menuju Natuna MAS Gerbang Utaraku (Masyarakat Adil Sejahtera, Gerakan Membangun Untuk Sejahtera Sampai ke Anak Cucuku) 2020.

Kalo dari saya pribadi : semoga Natuna ada perubahan, apapun perubahan yang jelas menuju Natuna yang lebih baik. Terutama dibidang kuliah saya. Saya ingat, kepemimpinan pak Hamid Rizal saat menjadi Bupati pertama dulu, bukit dan hutan belantara di Arai disulap menjadi bangunan megah pusat perkantoran "Bukit Arai". Sangat megah, nah kita tunggu "sulapan" yang lainnya pak, buk. 
Komplek Perkantoran Bukit Arai.
Selamat atas dilantiknya bupati dan wakil bupati Natuna terpilih 2016-2021. Semoga Natuna tetap terus maju dengan segala kebaikannya, baldatun thayyibatun wa Rabbun ghafur. Terimakasih kepada bapak Ilyas Sabli dan bapak Imalko selaku bupati dan wakil bupati periode 2011-2016.


makan sagu lakse bekuah,
rasenye sedap rase nak tambah.
ape tande negeri betuah,
pemimpin jujur serte amanah.
sara' kitabullah jadikan fatwe,
adat dan budaye jadikan busane jiwe.
anak negeri berbudi bahase,
murke diterpe, petuah dijage.
........

Tuesday, May 10, 2016

Jenis-jenis Penyontek yang Pernah Ada, Kamu yang Mana Bro?


Masih dalam suasana hari Pendidikan Nasional. Hari yang sangat identik dengan pelajar, proses belajar mengajar, dan sekolah. Sebagai pelajar, memperingati hari pendidikan nasional seperti harus dilakukan, entah dengan apa caranya tergantung daerah dan masing-masing sekolah. Tapi bukan itu yang akan saya bahas disini. Yang ingin saya bahas adalah tentang teman-teman (saya juga sih) dan berbagai perilaku curangnya saat ujian (baca " nyontek). 

Nyontek, ya nyontek! Ini merupakan perilaku ilegal yang kerap dilakukan para pelajar. Seringkan kita liat di media sosial itu, apa efeknya dari mencontek ini, jangka panjang broo. Mending jangan dah ya. Namun ya begini lah kita, nilai akhir lebih diutamakan daripada kejujuran, maka terciptalah . . . . . . . . . . (isi sendiri). Maka tak heran jika mencontek sudah menjadi tren bagi para pelajar. 

Tidak munafik, pekerjaan itu saya juga pernah mengalaminya, memang sedikit banyak berefek pada nilai. Namun bagi saya yang udah "sadar" ini. Saya menyesal sudah melakukannya, hiks (irama sedih : mewek). Untuk semua perangkat pendidikan, maafkan saya yang sudah menodai hal ini. Hiks hikss (musik sedih lagi : mewek). Karena sudah merasakan akibatnya, yaudah mau apa dikata. Buk Guru, pak Guru, maafkeun kelakuan kami dahulu. 

Namun dari sini pula kita punya cerita-cerita seru, memang segala hal saat sekolah itu merupakan cerita seru yang harus diceritakan dimasa yang akan datang. Apapun itu, semua telah berlalu, saya ingat kata senior saya saat kuliah. Ikuti yang baik, yang yang jelek jadikan refrensi saja. Assekkk. Nah jadi ini yang akan kita ulas, jenis-jenis penyontek yang pernah ada disekolah yang bikin kalian senyam-senyum sendiri. Mulai dari bikin kerpean di tangan, sampe dengan bahasa isyarat yang hanya kalian dan Tuhan yang tau artinya.


1. Penyontek Pemula / Newbie
Newbie coyy, via en.wikipedia.org
Namanya juga newbie kan ya, jadi pake gaya amatir aja yang khas. Tipe pencontek ini biasanya baru menyadari bahwa tidak ada gunanya dia belajar dan akhirnya dia memutuskan untuk berpindah ke sisi gelap dunia percontekan. Pencontek Newbie biasanya akan mempersiapkan banyak sekali contekan.
Contekan ditaruh dilaci meja atau saku baju/celana. Biasanya sebelumnya dia udah survey dulu mata pelajar dan gurunya, apakah "aman" untuk melancarkan aksi atau tidak. Kalau tidak aman, ya dia akan belajar sebelum ulangan, atau hanya pasrah saja dengan keadaan. Tapi ketika datang saatnya untuk benar-benar mencontek, dia akan gugup sehingga gerak-geriknya menjadi sangat mencurigakan dan gampang ketahuan.Ada juga pencontek pemula yang minta dengan teman sebelahnya dengan malu-malu dan sedikit takut, takut ketahuan. 

2. Penyontek malu-malu
Pemalu... via rofiudin23.wordpress.com
"bro... No 16 donk"
"D bro"

"bro, no 8 lu apa?"
"A bro"
"sip, makasih ya"
Ini type penyontek yang mau tapi segan. Satu tingkat diatas level newbie. Biasanya dia akan minta nomor yang paling susah menurutnya, dan minta maksimal 3 kali aja, karena gak enak hati sama yang diminta. Mintanya juga dengan sopan. Selebihnya dia akan minta sebanyak 3x juga ke temen yang satu lagi, begitu seterusnya. Hha

3. Penyontek Profesional
Prooo, via www.boombastis.com
Pencontek professional adalah orang yang udah pasti nyontek saat ujian dan dia melakukannya dengan sungguh elegan dan kelas yang tinggi. Pencontek professional biasanya adalah orang-orang yang memiliki jam terbang tinggi dan sudah berpengalaman. Pembawaan sangat tenang, penuh akal, dan pandai membaca situasi. Persiapan yang dilakukan oleh para pencontek professional ini juga sangat matang. 
Nah yang ini caranya agak sedikit ekstrim, biasanya kerpean akan ditulis di telapak tangan, bahkan ada di paha (bagi cewek), di meja, kursi, dinding, fotokopi yang dibuat kecil, di foto /dicatat di ponsel yang nanti dibuka dengan alesan kalkulator. Atau menulis disecarik kertas yang diselipkan ditempat yang tak terduga seperti di gesper celana, di dalam kaos kaki, atau sampai ada yang ditempelkan dilaci meja dengan permen karet (niat banget kalo ini). Tidak jarang mereka membuat atau membeli alat-alat khusus yang kepentingannya hanya untuk mencontek semata. 

4. Penyontek tak tau diri
*Ceritanya baru buka lembar soal ujian.
"bro no 1-20 apaan? Cepet ya"

"&^#@%*)(*(()_)__$"
"ebutet, gue baca soal aja belom"
Shocked, via giphy.com
Nah gitu, type pencontek yang ini emang boleh dibilang putus urat malunya, mintanya gak nanggung-nanggung broo. Langsung borongan. Ngadepinnya nyantai, kasih aja sembarangan. :D

5. Pencontek Pelit
Mediiit, via adeliahrr.blogspot.com
Type ini adalah turunan dari no 4, tak tau diri. Adalah orang yang hobi banget nyontek tapi nggak rela bagi bagi. Dia suka tanya jawaban atau buka contekan hanya untuk memuaskan hasrat menconteknya. Tapi giliran ada temen yang tanya, kedekut minta ampun. Atau dia ngasih jawaban yang salah. Nah, waktu dia selese, dia ngumpulin lembar jawab tanpa mikirin teman seperjuangannya. Padahalkan sama-sama nyontek ya, lain cerita kalo emang dia usaha sendiri, wajar kalo dia gak mau bagi. Gak fren banget manusia pencontek type ini. 

6. Penyontek Mata-mata
Spy mode on, via screenrant.com
Type ini adalah mereka yang gak mau dibilang pencontek tapi nyontek, nah lo. Mereka yang berada di type ini emang gak akan minta jawaban ke kita ataupun kita liat mereka buka kerpean. Tapi lirikan matanya ke meja sebelah, dan kelihaian membuka kerpean yang enath dimana dia simpan mungkin bisa memasukkannya jadi agent MARVEL SHIELD yang baru.

7. Penyontek buang waktu
"bro..."
Noleh : "ie.." 
"bagi donk"
Noleh lagi :"ie no berapa?"
"beneran kasih kan?"
"ieee!!!!!!' lempar molotov.
Penyontek kampreeeet, via malesbanget.com
Nah lu tau kan, ujian selain memutar otak saat menjawab kita juga harus berpacu dengan waktu. Kalo nemu teman type ini itu yang ada waktu udah kebuang. Bayangin aja, untuk noleh setiap panggilannya aja kan kita harus perhatiin keadaan sekitar dulu, aman apa gak, mana saat noleh kata-katanya cuma "bagi donk" doank lagi, gak langsung sekalian nomor yang diminta itu lo, biar cepet. Kita mah ya gak pelit-pelit amat lah. Wkwkwk.

8. Penyontek Kepepet
Kepepet, via kompasiana.com
Pencontek kepepet adalah orang-orang yang biasanya gak nyontek. Type pencontek ini biasanya terdiri dari orang-orang rada pinter dan mereka yang memiliki hati yang setengah baik. Tapi karena super kepepet akhirnya memutuskan untuk nyontek. Kepepetnya ini bisa macem-macem, bisa karena kalo nilainya dia kali ini jelek dia gak lulus/gak naik atau bisa juga karena dia gantung aja kalo nilainya gak 10. Pencontek kepepet biasanya gak mempersiapkan apa-apa, karena nyonteknya dadakan dan sebenernya gak ada niatan buat nyontek. Biasanya, trik yang mereka gunakan adalah nyontek temen sebelahnya atau bisa juga berusaha ngambil buku di tas.

9. Penyontek Ngeselin
"bro no 27"
"B bro"
"D??"
"B, bro!!"
"hah D??"
"BEEE" suara yg agak keras.
No cheating, via warkopanime.fajar.co.id
Akhirnya kita ketahuan guru, dimarahin, sedang dia anteng-anteng aja muka tanpa dosa. Biasanya pencontek type ini emang punya kepuasan dalam menjaili orang disaat waktu-waktu genting, entah apa tujuan hidupnya seperti itu ya. Saran saya untuk manusia type ini, lu kasih aja kertas saat dia minta jawaban, dalamnya tulis, "mau pintar, makanya belajar". (Korban Iklan)

10. Pencontek Baik Hati
"Kerjasama", via aboutme-palmahutabarat.blogspot.com
Kalo type ini adalah type yang menebar dosa secara bersama-sama, visioner memang, gak mau disalahkan sendiri. Hahaha, type ini akan membagikan hasil contekannya dengan rekan-rekan kelas yang lain. Bahasa biasanya adalah "kerjasama". Pembagian ini dilakukan dengan beragam cara. Mulai dari bahasa isyarat sarasvati jari, ketukan meja, batuk-batuk kode, sampai membagi masal kerpean baik pake lempar maupun diselpin ke tipe x. Luar biasa kaaan.

11. Pencontek Rajin
Nyontek di toilet, via www.keepo.me
Type ini adalah mereka yang meyimpan bahan contekan di luar kelas. Di toilet contohnya. Penggunaannya juga disaat-saat genting. Dibilang rajin ya karena kalo mau nyontek mereka harus ijin dulu ke toilet, habis waktu kan, mana cape lagi harus jalan ke toilet sono.

12. Pencontek Nekat
Hantam, brooo, via www.burung-net.com
Type ini adalah mereka yang sudah kehilangan asa dan harapan. Biasanya pilihannya adalah gak nyontek dan udah pasti gak lulus atau berusaha nyontek dan dapet kemungkinan lulus, biarpun kemungkinan ketauan gede banget dan bisa jadi dia gak lulus juga. Bingung? Ya pokoknya nekat banget lah. Biasanya pencontek macem ini nyontek dengan cara yang paling terang-terangan, kayak pake buku atau terang-terangan ngeliat jawaban sebelahnya. Pokoknya apa aja bakal dilakuin untuk ndapetin jawaban, walaupun itu bakal ngerepotin temen temennya. Bener-bener nekat.

13. Pencontek Dewa
Mastaaaah, via www.hipwee.com
Pencontek Dewa Pencontek dewa adalah master dari segala pencontek. Lahirnya mereka ke dunia ini adalah untuk mencontek. Mereka adalah orang yang sangat tenang, kreatif dan pandai membaca situasi. Dalam prakteknyapun dilakukan secara hati hati, dan tidak pernah ketahuan pengawas. Pencontek tipe ini mempunyai trik-trik tersendiri dalam mencontek. Persiapan yang dilakukan pencontek ini juga amat sangat matang. 

---------------------------------------------

Nah, kamu type no berapa? Apa kamu memiliki type lain selain yang disebut diatas? Hahaha. Ini dibuat untuk mereka yang sudah "khatam" masa sekolah ye. Kalo kalian masih sekolah jangan nyontek deh. Dosa tau. Usaha sendiri itu lebih baik. Mulailah bersikap jujur dari sendiri. Perbuatan-perbuatan baik sekeceil apapun akan dapat balasannya kelak. Oke.
Trimsss....


Sumber inspirasi :
-malesbanget.com
-http://www.burung-net.com/2014/06/tipe-tipe-pencontek-saat-ulangan-semester.html