Monday, October 13, 2014

15 Tahun Kabupaten Natuna


Bismillahirrahmaani rrohiim.

Kabupaten Natuna dibentuk berdasarkan Undang-undang Nomor 53 Tahun 1999. Dan pada tanggal 12 Oktober 1999 secara resmi lahirlah Kabupaten yang memiliki Sumber Daya Alama terbesar di Asia Tenggara ini, mungkin itu merupakan salah satu alasan sebuah kecamatan kecil diujung Utara Indonesia ini bertransformasi menjadi Kabupaten. Yak, tepat pada tanggal 12 Oktober 2014 (kemarin) merupakan hari jadi Kabupaten Natuna yang ke 15. 15 tahun. 

15 Tahun, bagi manusia merupakan usia dimana seseorang sedang "panas-panas" nya mencari tahu "SIAPA AKU?" berbagai macam tindak tanduk kelakuan dibuat hingga akhirnya menemukan suatu yang pas pada dirinya yang ia "tetapkan" sendiri sebagai dirinya. Usia remaja, remaja labil kata orang sekarang. namun bagi suatu Kabupaten, 15 tahun adalah waktu yang cukup matang untuk membuktikan mengapa ia layak menjadi kabupaten. Melalui pencapaian-pencapaian yang dilandaskan dengan Tujuan dan Cita-cita asal mula kabupaten ini terbentuk.

namun sayang, hal ini belum aku lihat di kabupaten dimana aku dilahirkan. miris, sedih memang. Kabupaten yang terletak di Ujung Utara Indonesia dan memiliki 154 gugusan pulau dan tak sampai 20% saja pulau yang dihuni oleh manusia. terlalu jauh jika melihat ke pelosok-pelosok kecamatan. mari kita "menilik" ke pulau terbesar sekaligus memiliki penduduk terbanyak di Kabupaten ini. tidak ada pembangunan yang berarti. Tidak seperti pembangunan yang seharusnya dimiliki oleh sebuah Kabupaten yang berusia 15 tahun. sangat tidak sinkron dengan nilai APBD Kabupaten ini yang katanya sekianan TRILIUN. kenapa? siapa yang salah?
Jika dibandingkan dengan "saudara kembarnya", Kabupaten Karimun. aaah, terlalu banyak malu yang dikeluarkan jika Natuna dibandingkan dengan Karimun. 

15 tahun Natuna :
Lapangan Kerja belum tersedia dengan layak, membuat paradigma rakyat Natuna tertuju pada satu profesi pekerjaan : PNS.
Pengangguran masih tinggi.
Pelayanan publik : hhhmmmmm coba saja pergi ke kantor-kantor pemerintahan disana, dan rasakan "pelayanannya"

Sumber Daya Alam : seperti yang sudah saya nyatakan sebelumnya, bahwa Natuna memiliki cadangan sumber daya alam (hidrokarbon) terbesar se Asia Tenggara. Tapi apa, sampai saat ini belum ada kelihatan hasil.

Saya bercerita, saat saya pertama kali menginjakkan kaki di tanah Jawa, dan memperkenalkan diri saya. ketika saya bilang Natuna, memang sebagian orang tidak mengerti. Namun bagi mereka yang mengerti jelas sekali tampak raut muka terkejut dan terkagum-kagum, hampir sama semua kata-kata pertama yang kekluar dari mulut mereka "WAH, ITU DAERAH KAYA.!!", aku hanya tersenyum dan menjawab dalam hati, "MEMANG, KAYA ALAMNYA, TIDAK BAGI PENDUDUKNYA".
Begitulah, orang-orang luar selalu menganggap Natuna beserta penduduknya makmur. memang begitu harapannya, namun harapan hanya harapan, dan belum menjadi kenyataan.

Tapi yang jelas, Natuna tetaplah kampung halaman yang aku juga mempunyai tanggung jawab untuk mengembangkannya, semoga 15 tahun Natuna ini bisa menjadi renungan bagi kita semua untuk membuat Kabupaten Natuna menjadi seperti yang diinginkan. minimal NATUNA MAS 2020.

SELAMAT ULANG TAHUN KE 15 KABUPATEN NATUNA, 
TETAPLAH SAKTI,
TERUSLAH BERTUAH,
NATUNA LAWA.!!!!!!!!!!!!!




No comments:

Post a Comment