Wednesday, November 4, 2015

Gimana Cara ke Natuna?


Negara Indonesia ini terdiri dari ribuan pulau yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Masing-masing pulau memiliki ciri khas tersendiri, mulai dari letak, bentuk, seni budaya, serta keindahan dan keunikan yang ditawarkan oleh masing-masing pulau tersebut.

Sebut saja Natuna yang sudah banyak dibahas dalam beberapa artikel diblog saya ini. Mulai dari keindahan alamnya, seni dan budayanya, letaknya, dan hampir semua segmen sudah dimasukkan, cuma ada yang kurang yang saya rasakan, setelah fikir-fikir apa kekurangannya, akhirnya ketemu deh: 
"how to go there?"

Yak, gimana cara ke Natuna? Rasanya percuma donk upload foto pemandangan dan segala macamnya yang bagus-bagus tapi tidak ada panduan secara rinci untuk kesananya. Betul tak? Betul betul betul. Nah berikut ini sedikit panduan bagi anda agar bisa ke Negeri Mutiara di Ujung Utara ini.
Transportasi Udara :
Perjalanan ke Natuna bisa ditempuh lewat jalur udara, bandara yang melayani rute ke Natuna saat ini hanya ada satu, yakni Bandara Internasional Hang Nadim di Batam. Penerbangan komersial dari Batam ke Natuna dilayani setiap senin hingga sabtu, dengan dua maskapai pesawat yang bergantian. Nah jika ingin ke Natuna lewat jalur udara dari mana saja anda berada, Batam adalah tempat yang harus anda singgahi, sebelum melanjutkan perjalanan ke Natuna. 
Terminal Sipil Bandar Udara Natuna (via instagram @natuna.tv)
Saat ini hanya ada satu penerbangan langsung, yaitu dari Jakarta - Batam - Natuna. Dari Jakarta anda harus mengambil penerbangan dari paling awal, karena penerbangan dari Batam ke Natuna dijadwalkan sekitaran pukul 10.00 WIB. Jika anda berada di luar Jakarta, Jogja misalnya, mau tidak mau harus menginap di Batam semalam, dan perjalanan ke Natuna dilanjutkan pada esok harinya. Jangan menginap di Batam saat malam minggu, kecuali jika anda ingin menikmati indahnya Batam dalam 2 malam, karena tidak ada penerbangan dari dan ke Natuna pada hari minggu. Perjalanan ke Natuna bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 1 jam dari Batam.
Harga tiketnya, ummmmmmm, mungkin bisa cek sendiri kali ya. Hhe. Banyak agen-agen tiket yang bisa ditanyakan mengenai harga tiket pesawat dari Batam ke Natuna, kisarannya kurang lebih 800 - 1.300ribu rupiah persekali jalan. #harusmerogohsakulebihdalam.
Rute Pesawat dari Batam - Natuna (sumber gambar : archive.kaskus.co.id)


Transportasi Laut :
Karena Natuna merupakan kepulauan. Transportasi Laut merupakan  moda transportasi andalan bagi masyarakat Natuna. Jika anda berada di Jawa, cara untuk ke Natuna adalah naik KM Bukit Raya milik PT Pelni. Ada dua rute yang bisa dipilih, yang pertama dari Tanjung Priok di Jakarta, rutenya Tj Priok - Belinyu (Bangka Belitung) - Kijang (Bintan, Kep. Riau) - Jemaja - Siantan (Anambas, Kep. Riau) - Natuna, waktu yang dibutuhkan adalah 4 hari 3 malam, keberangkatan dari Tj. Priok dijadwalkan pada hari kamis.
KM Bukit Raya
Rute kedua adalah dari Jawa bagian timur, pelabuhan Tanjung Perak di Surabaya, rutenya Tj Perak (Surabaya) - Pontianak (Kalimantan Barat) - Serasan - Midai - Natuna. Waktu yang dibutuhkan kurang lebih sama dengan perjalanan Tj. Priok Natuna (4 hari 4 malam). Keberangkatan dari Tanjung Perak biasanya pada hari minggu malam. Lihat jadwal.
Harga tiket untuk sekali perjalanan dengan KM Bukit Raya berbeda-beda tergantung asal keberangkatan. Jika dari Tj. Priok ke Natuna, harga tiket tidak lebih dari 500.000, hal yang tak jauh berbeda dengan harga tiket dari Tj. Perak - Natuna.
Atau cara lain mengguakan transportasi laut yang agak murah adalah dengan menggunakan kapal perintis dari Pelabuhan Tanjung Pinang dan/atau Pontianak menuju Natuna.
Rute Kapal ke Natuna (sumber gambar : archive.kaskus.co.id)

Nah itu adalah beberapa penjelasan rute menuju Natuna. Anda bisa memilih untuk menggunakan transportasi laut atau udara. Atau, anda bisa mengkombinasikan diantara keduanya. Biasanya beberapa dari kami, mahasiswa dan perantau yang berada di Jawa dan Sumatera menggunakan 2 moda transportasi ini, dari Jawa maupun Sumatera menggunakan pesawat menuju Pulau Batam, kemudian menyebrang ke Pulau Bintan, lalu naik KM Bukit Raya menuju Natuna.
Dan ingat, rute yang saya jelaskan diatas adalah hanya mencapai pulau utama di Kabupaten Natuna, Pulau Bunguran namanya, nah jika ingin mengunjungi tempat-tempat lain seperti Pulau Laut, Pulau Tiga, Sedanau (Kecamatan Bunguran Barat), Midai, Subi dan Serasan, kita harus naik transportasi laut lain untuk mencapai kesana.

Dari Pulau Bunguran ke tempat (pulau) lain di Natuna :
1. ke Sedanau (ibukota Kecamatan Bunguran Barat), kita bisa menaiki kapal veri dari pelabuhan Binjai, atau bisa menggunakan perahu / pompong (masyarakat Natuna menyebutnya mutur), dari pelabuhan Selat Lampa, Binjai dan pelabuhan desa Batubi.
Mutur
2. ke Pulau-pulau di Kecamatan Pulau Tiga, naik pompong / mutur dari Pelabuhan Selat Lampa.

3. ke Pulau-pulau di kecamatan Bunguran Barat, Bunguran Utara dan Pulau Laut bisa menaiki mutur dari pelabuhan Kelarik kecamatan Bunguran Utara.

4. ke Kecamatan Pulau Laut, naik kapal perintis dari Pelabuhan Selat Lampa dan dari pelabuhan Penagi, juga bisa naik mutur dari pelabuhan di Kelarik (Bunguran Utara).
Kapal-kapal Perintis
5. ke Kecamatan Midai, bisa menggunakan kapal Perintis dari Pelabuhan Selat Lampa dan Pelabuhan Penagi dengan waktu tempuh 4 - 7 jam. Bisa juga menggunakan KM Bukit Raya dengan rute Natuna - Midai - Serasan - Pontianak - Tj. Perak. Perjalanan ke Midai dengan KM Bukit Raya memakan waktu 4 jam.

6. ke Kecamatan Serasan dan Serasan Timur, menggunakan KM Bukit Raya dengan rute Natuna - Midai - Serasan - Pontianak - Tj. Perak. Perjalanan Natuna - Serasan dengan KM Bukit Raya memakan waktu 12-14 jam. Bisa juga dengan Kapal perintis dari pelabuhan Penagi dan Selat Lampa.

7. ke Kecamatan Subi bisa menggunakan kapal Perintis dan mutur dari Pelabuhan Penagi dan Selat Lampa.

Harga tiket kapal ini bervariasi, tergantung dari destinasi dan kapal yang digunakan, harga tiket berkisar dari 15.000 hingga 200.000 rupiah.

Nah setelah sampai ke Natuna, rasa letih dalam perjalanan akan hilang seketikan dengan suguhan alamnya yang begitu indah. Pantai, bebatuan, gunung, batu karang yang indah akan menyambut serta menemani anda menikmati indahnya paduan ciptaan Yang Maha Kuasa ini.

So, enjoy amazing Natuna.

Semoga bermanfaat. :)

40 comments:

  1. yuk gan silahkan, udah ada panduannya tu.
    hhe...

    ReplyDelete
  2. Mok tanya bos, kalo saya dari pontianak mau ke naguna gi mana..?

    ReplyDelete
  3. Mok tanya bos, kalo saya dari pontianak mau ke naguna gi mana..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo dari Pontianak bisa naik KM Bukit Raya bang, jadwalnye biase hari sabtu / minggu..

      Delete
  4. ponti-natuna harga tiketnya berapa om? apakah km.bukit raya dari ponti bisa sampai di anambas kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Ade, maaf baru balas.
      Ponti Natuna utk tiket apa mas? Pesawat kah kapal?

      kalo KM Bukit Raya dari Ponti rute nya, Ponti - Serasan - Midai - Ranai (Natuna) - Anambas....

      Delete
  5. kalau dari batam rute nya dari mana dulu bro?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari Batam bisa naik pesawat kak, saat ini penerbangan dr hang Nadim ke Natuna dilayani oleh maskapai Wings Air dan Sriwijaya Air, setiap pagi kecuali hari minggu..

      kalo yg murah meriah, bisa nyebrang dulu ke Tanjung Pinang, kemudian naik KM. Bukit Raya dr Kijang ke Natuna.

      trims

      Delete
    2. Nah yg maurah uni nyebrang dulu ke tanj pinang. Brp tiket nyebrang? Brp lama dan jam brp aja jadwal penyebrangan? Dari tnj pinang ke natuna pertanyaan yg sama? Tlg ya..tks

      Delete
    3. Nah yg maurah uni nyebrang dulu ke tanj pinang. Brp tiket nyebrang? Brp lama dan jam brp aja jadwal penyebrangan? Dari tnj pinang ke natuna pertanyaan yg sama? Tlg ya..tks

      Delete
    4. Dari Batam ke Tj. Pinang naik motor veri, tiap hari, dari jam pagi sampai sore selalu ada berbagai macam motor veri, harga bervariasi mulai dr 50rban..

      Ketika sampai di Tj. Pinang, silahkan menuju ke Kijang, Pelabuhan Kijang (Kabupaten Bintan) naik KM Bukit Raya (Pelni). Biasanya kapal ke Natuna itu ada di hari jumat/sabtu/minggu.

      Delete
  6. Saya ada niat brangkat dari jakarta ke tanjung pinang naik pesawat .. tapi saya gag tau transportasi darat menuju pelabuhan tanjung pinang naik apa ? Bisa kah bantu jawab ? Niatnya habis dari pelabuhan tanjung pinang mau ke natuna .. soalnya dari jakarta ke natuna tiket pesawat terlalu mahal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari Jakarta ke Tanjung Pinang bisa dengan pesawat.
      kemudian jika hendak ke Pelabuhan Kijang di Bintan bisa dengan taksi.

      Dari Pelabuhan Kijang ke Natuna dengan KM Bukit Raya (Pelni) dengan waktu tempuh kurang lebih 30 jam. jadwal kapal dari Kijang ke Natuna, biasanya diakhir pekan, untuk lebih jelas silahkan buka web atau email ke PT Pelni, soalnya jadwal terkadang berubah-ubah.
      trimss

      Delete
  7. duh impian banget bisa liburan ke sini hehe..semoga soon

    ReplyDelete
  8. masya allah.. postingannya biasa aj.. tpi penyusunan urutan penulisannya.. dn gaya bahasa yg renyah dan mudah d pahami.. yg luaar biasa.. saluut.. jrng2 baca blog atw web yg amatih tpi bagus niaan.. saluut..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ALhamdulillah, terimakasih atas masukannya ya.
      it's motivating me. :)

      Delete
  9. salam. Saya sangat teruja mahu explore pulau Natuna dan Anambas. saya mahu tanya gimana angkutan dr Natuna ke Anambas? Terima Kasih.
    Md Hudairi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Kelab Outddor Pontian : Bisa dengan angkutan udara dan laut. kalau boleh tau, hendak berangkat dari mana?

      Delete
  10. gan kalo tiket kapal pontianak ke natuna kisaran brp dan brp lama ya perjalannanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari Pontianak ke Natuna bisa dengan KM Bukit Raya, berangkat dr Pelabuhan Pontianak biasanya di hari jum'at atau Sabtu. waktu tempuh sekitar 30 jam, dengan harga tiket berkisar 100 - 200... namun untuk lebih jelasnya bisa langsung tanya ke PT Pelni, karena harga tiket mungkin sekarang sudah berubah. trim

      Delete
  11. tulisan ini dibuat th 2015. sebenarnya sdh 2th berjalan. tapi saya baru baca. melihat responder banyak yg berminat ingin meng-explore ke natuna & anambas. saya juga tertarik untuk kesana. bagaimana klo yg berminat kesana barengan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah, terimakasih sudah mampir..
      akhir akhir ini memang banyak yang ingin explore Natuna dan Anambas, mungkin agan bisa cek di FB atau instagram, atau mungkin bisa juga membuat grup, sp tau ada banyak yang ingin ke Natuna bareng2.:D

      Delete
  12. Kalau baca2 di atas jadi kesimpulan nya kalau dari jakarta naik kapal 4 harian itu 500rbuan. Kalau naik pesawat harus transit batam itu tiketnya 1,5-2jt sekali jalan. Tapi karna ada bisa dari ponti, bearti bisa coba naik pesawat ke ponti tiket mula dari 500rbuan lalu dari ponti naik kapal mula dari 100-200rbuan. Begitukan gan Ryannaldo...

    ReplyDelete
    Replies
    1. yap gan Iben,
      seperti itu lah kasarannya.
      tertarik ke Natuna kah???

      Delete
  13. Mashaa Allah, klo dri Tg Pinang ke pelabuhan Kijangnya itu nsik apa gan... Sy rencana mau lewat Batam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau saya naik angkot atau taxi aja gan, dari pelabuhan very tujuan pelabuhan Kijang.

      Delete
  14. Suatu saat aku harus ke Natuna.
    Ane dri Kalbar gan.
    Nice artikel, bermanfaat banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih gan.
      ayok ke Natuna..
      dekat jak dari Kalbar kan. hhe

      Delete
  15. Gan..boleh..bs dpt gambaran gx ttg desa kelarik di bunguran natuna spt apa..thx

    ReplyDelete
  16. salam kenal bang ryannaldo. saya numpang nanya selain km bukitraya apa ada kapal regular bolak balik ke ranai dari pontianak? apa km bukitraya 1 1 nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal pak Yum Seng, utk saat ini setau saya selain kapal Bukit Raya, ada kapal2 perintis, dan kapal2 kayu, kalau kapal kayu (kapal dagang) biasa berangkat menuju Kecamatan Serasan / Midai (Kabupaten Natuna) saja. Namun untuk jadwalnya saya kurang begitu tau.

      Demikian informasi yang saya tau pak..

      Delete
  17. Maaf, adakah kapal dari Tanjung Pinang ke Natuna? Kira2 perjalanan brp lama? Dan berapa harga tiket?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari Tanjung Pinang bisa lewat Pelabuhan Kijang di Bintan, seperti yang dijelaskan diatas.
      trims...

      Delete
  18. Mas mau nanya kalo dari anambas ke banka belitung naek apa ya makasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anambas ke belinyu (banka belitung)

      Delete
    2. yang murah meriah bisa naik Kapal2 dari PT Pelni, (biasanya KM. Bukit Raya) mas/mbak. Waktu tempuh hampir 2 hari...

      Delete