Wednesday, November 4, 2015

Gimana Cara ke Natuna?


Negara Indonesia ini terdiri dari ribuan pulau yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Masing-masing pulau memiliki ciri khas tersendiri, mulai dari letak, bentuk, seni budaya, serta keindahan dan keunikan yang ditawarkan oleh masing-masing pulau tersebut.

Sebut saja Natuna yang sudah banyak dibahas dalam beberapa artikel diblog saya ini. Mulai dari keindahan alamnya, seni dan budayanya, letaknya, dan hampir semua segmen sudah dimasukkan, cuma ada yang kurang yang saya rasakan, setelah fikir-fikir apa kekurangannya, akhirnya ketemu deh: 
"how to go there?"

Yak, gimana cara ke Natuna? Rasanya percuma donk upload foto pemandangan dan segala macamnya yang bagus-bagus tapi tidak ada panduan secara rinci untuk kesananya. Betul tak? Betul betul betul. Nah berikut ini sedikit panduan bagi anda agar bisa ke Negeri Mutiara di Ujung Utara ini.
Transportasi Udara :
Perjalanan ke Natuna bisa ditempuh lewat jalur udara, bandara yang melayani rute ke Natuna saat ini hanya ada satu, yakni Bandara Internasional Hang Nadim di Batam. Penerbangan komersial dari Batam ke Natuna dilayani setiap senin hingga sabtu, dengan dua maskapai pesawat yang bergantian. Nah jika ingin ke Natuna lewat jalur udara dari mana saja anda berada, Batam adalah tempat yang harus anda singgahi, sebelum melanjutkan perjalanan ke Natuna. 
Terminal Sipil Bandar Udara Natuna (via instagram @natuna.tv)
Saat ini hanya ada satu penerbangan langsung, yaitu dari Jakarta - Batam - Natuna. Dari Jakarta anda harus mengambil penerbangan dari paling awal, karena penerbangan dari Batam ke Natuna dijadwalkan sekitaran pukul 10.00 WIB. Jika anda berada di luar Jakarta, Jogja misalnya, mau tidak mau harus menginap di Batam semalam, dan perjalanan ke Natuna dilanjutkan pada esok harinya. Jangan menginap di Batam saat malam minggu, kecuali jika anda ingin menikmati indahnya Batam dalam 2 malam, karena tidak ada penerbangan dari dan ke Natuna pada hari minggu. Perjalanan ke Natuna bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 1 jam dari Batam.
Harga tiketnya, ummmmmmm, mungkin bisa cek sendiri kali ya. Hhe. Banyak agen-agen tiket yang bisa ditanyakan mengenai harga tiket pesawat dari Batam ke Natuna, kisarannya kurang lebih 800 - 1.300ribu rupiah persekali jalan. #harusmerogohsakulebihdalam.
Rute Pesawat dari Batam - Natuna (sumber gambar : archive.kaskus.co.id)


Transportasi Laut :
Karena Natuna merupakan kepulauan. Transportasi Laut merupakan  moda transportasi andalan bagi masyarakat Natuna. Jika anda berada di Jawa, cara untuk ke Natuna adalah naik KM Bukit Raya milik PT Pelni. Ada dua rute yang bisa dipilih, yang pertama dari Tanjung Priok di Jakarta, rutenya Tj Priok - Belinyu (Bangka Belitung) - Kijang (Bintan, Kep. Riau) - Jemaja - Siantan (Anambas, Kep. Riau) - Natuna, waktu yang dibutuhkan adalah 4 hari 3 malam, keberangkatan dari Tj. Priok dijadwalkan pada hari kamis.
KM Bukit Raya
Rute kedua adalah dari Jawa bagian timur, pelabuhan Tanjung Perak di Surabaya, rutenya Tj Perak (Surabaya) - Pontianak (Kalimantan Barat) - Serasan - Midai - Natuna. Waktu yang dibutuhkan kurang lebih sama dengan perjalanan Tj. Priok Natuna (4 hari 4 malam). Keberangkatan dari Tanjung Perak biasanya pada hari minggu malam. Lihat jadwal.
Harga tiket untuk sekali perjalanan dengan KM Bukit Raya berbeda-beda tergantung asal keberangkatan. Jika dari Tj. Priok ke Natuna, harga tiket tidak lebih dari 500.000, hal yang tak jauh berbeda dengan harga tiket dari Tj. Perak - Natuna.
Atau cara lain mengguakan transportasi laut yang agak murah adalah dengan menggunakan kapal perintis dari Pelabuhan Tanjung Pinang dan/atau Pontianak menuju Natuna.
Rute Kapal ke Natuna (sumber gambar : archive.kaskus.co.id)

Nah itu adalah beberapa penjelasan rute menuju Natuna. Anda bisa memilih untuk menggunakan transportasi laut atau udara. Atau, anda bisa mengkombinasikan diantara keduanya. Biasanya beberapa dari kami, mahasiswa dan perantau yang berada di Jawa dan Sumatera menggunakan 2 moda transportasi ini, dari Jawa maupun Sumatera menggunakan pesawat menuju Pulau Batam, kemudian menyebrang ke Pulau Bintan, lalu naik KM Bukit Raya menuju Natuna.
Dan ingat, rute yang saya jelaskan diatas adalah hanya mencapai pulau utama di Kabupaten Natuna, Pulau Bunguran namanya, nah jika ingin mengunjungi tempat-tempat lain seperti Pulau Laut, Pulau Tiga, Sedanau (Kecamatan Bunguran Barat), Midai, Subi dan Serasan, kita harus naik transportasi laut lain untuk mencapai kesana.

Dari Pulau Bunguran ke tempat (pulau) lain di Natuna :
1. ke Sedanau (ibukota Kecamatan Bunguran Barat), kita bisa menaiki kapal veri dari pelabuhan Binjai, atau bisa menggunakan perahu / pompong (masyarakat Natuna menyebutnya mutur), dari pelabuhan Selat Lampa, Binjai dan pelabuhan desa Batubi.
Mutur
2. ke Pulau-pulau di Kecamatan Pulau Tiga, naik pompong / mutur dari Pelabuhan Selat Lampa.

3. ke Pulau-pulau di kecamatan Bunguran Barat, Bunguran Utara dan Pulau Laut bisa menaiki mutur dari pelabuhan Kelarik kecamatan Bunguran Utara.

4. ke Kecamatan Pulau Laut, naik kapal perintis dari Pelabuhan Selat Lampa dan dari pelabuhan Penagi, juga bisa naik mutur dari pelabuhan di Kelarik (Bunguran Utara).
Kapal-kapal Perintis
5. ke Kecamatan Midai, bisa menggunakan kapal Perintis dari Pelabuhan Selat Lampa dan Pelabuhan Penagi dengan waktu tempuh 4 - 7 jam. Bisa juga menggunakan KM Bukit Raya dengan rute Natuna - Midai - Serasan - Pontianak - Tj. Perak. Perjalanan ke Midai dengan KM Bukit Raya memakan waktu 4 jam.

6. ke Kecamatan Serasan dan Serasan Timur, menggunakan KM Bukit Raya dengan rute Natuna - Midai - Serasan - Pontianak - Tj. Perak. Perjalanan Natuna - Serasan dengan KM Bukit Raya memakan waktu 12-14 jam. Bisa juga dengan Kapal perintis dari pelabuhan Penagi dan Selat Lampa.

7. ke Kecamatan Subi bisa menggunakan kapal Perintis dan mutur dari Pelabuhan Penagi dan Selat Lampa.

Harga tiket kapal ini bervariasi, tergantung dari destinasi dan kapal yang digunakan, harga tiket berkisar dari 15.000 hingga 200.000 rupiah.

Nah setelah sampai ke Natuna, rasa letih dalam perjalanan akan hilang seketika dengan suguhan alamnya yang begitu indah. Pantai, bebatuan, gunung, batu karang yang indah akan menyambut serta menemani anda menikmati indahnya paduan ciptaan Yang Maha Kuasa ini.

So, enjoy amazing Natuna.





more info :
instagram : @noornaldo
FB : Ryannaldo Noorhidayat



Semoga bermanfaat. :)

83 comments:

  1. yuk gan silahkan, udah ada panduannya tu.
    hhe...

    ReplyDelete
  2. Mok tanya bos, kalo saya dari pontianak mau ke naguna gi mana..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tunggu kapal dari tanjung perak muter ke pontianak, serasan midai baru pemberhentian terakhir ke natuna..bantu jawab ya..pastikan dulu jadwal kapal( pelni) kapan berlabih ke pontianak...

      Delete
  3. Mok tanya bos, kalo saya dari pontianak mau ke naguna gi mana..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo dari Pontianak bisa naik KM Bukit Raya bang, jadwalnye biase hari sabtu / minggu..

      Delete
  4. ponti-natuna harga tiketnya berapa om? apakah km.bukit raya dari ponti bisa sampai di anambas kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Ade, maaf baru balas.
      Ponti Natuna utk tiket apa mas? Pesawat kah kapal?

      kalo KM Bukit Raya dari Ponti rute nya, Ponti - Serasan - Midai - Ranai (Natuna) - Anambas....

      Delete
    2. Kalo dari ponti k natuna naik bukit raya nyampai nya berapa hari bang.

      Delete
  5. kalau dari batam rute nya dari mana dulu bro?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari Batam bisa naik pesawat kak, saat ini penerbangan dr hang Nadim ke Natuna dilayani oleh maskapai Wings Air dan Sriwijaya Air, setiap pagi kecuali hari minggu..

      kalo yg murah meriah, bisa nyebrang dulu ke Tanjung Pinang, kemudian naik KM. Bukit Raya dr Kijang ke Natuna.

      trims

      Delete
    2. Nah yg maurah uni nyebrang dulu ke tanj pinang. Brp tiket nyebrang? Brp lama dan jam brp aja jadwal penyebrangan? Dari tnj pinang ke natuna pertanyaan yg sama? Tlg ya..tks

      Delete
    3. Nah yg maurah uni nyebrang dulu ke tanj pinang. Brp tiket nyebrang? Brp lama dan jam brp aja jadwal penyebrangan? Dari tnj pinang ke natuna pertanyaan yg sama? Tlg ya..tks

      Delete
    4. Dari Batam ke Tj. Pinang naik motor veri, tiap hari, dari jam pagi sampai sore selalu ada berbagai macam motor veri, harga bervariasi mulai dr 50rban..

      Ketika sampai di Tj. Pinang, silahkan menuju ke Kijang, Pelabuhan Kijang (Kabupaten Bintan) naik KM Bukit Raya (Pelni). Biasanya kapal ke Natuna itu ada di hari jumat/sabtu/minggu.

      Delete
  6. Saya ada niat brangkat dari jakarta ke tanjung pinang naik pesawat .. tapi saya gag tau transportasi darat menuju pelabuhan tanjung pinang naik apa ? Bisa kah bantu jawab ? Niatnya habis dari pelabuhan tanjung pinang mau ke natuna .. soalnya dari jakarta ke natuna tiket pesawat terlalu mahal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari Jakarta ke Tanjung Pinang bisa dengan pesawat.
      kemudian jika hendak ke Pelabuhan Kijang di Bintan bisa dengan taksi.

      Dari Pelabuhan Kijang ke Natuna dengan KM Bukit Raya (Pelni) dengan waktu tempuh kurang lebih 30 jam. jadwal kapal dari Kijang ke Natuna, biasanya diakhir pekan, untuk lebih jelas silahkan buka web atau email ke PT Pelni, soalnya jadwal terkadang berubah-ubah.
      trimss

      Delete
  7. duh impian banget bisa liburan ke sini hehe..semoga soon

    ReplyDelete
  8. masya allah.. postingannya biasa aj.. tpi penyusunan urutan penulisannya.. dn gaya bahasa yg renyah dan mudah d pahami.. yg luaar biasa.. saluut.. jrng2 baca blog atw web yg amatih tpi bagus niaan.. saluut..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ALhamdulillah, terimakasih atas masukannya ya.
      it's motivating me. :)

      Delete
    2. Terimakasih bermanfaat banget karena panduan jelas.. Karena Aku dr surabaya mau keranai tapi berhubung membayangkan ketanjung pinang sudah oke tapi harus naik kapal lagi 30jam kenatuna wowwwlebih baik lewat udara saja deh ya 😅 thanks yaa infonyaaa

      Delete
    3. Alhamdulillah, terimakasih.
      Iah yang lebih praktis dari Surabaya - Batam - Natuna (pesawat),
      Atau bisa dikombinasikan, Surabaya - Batam/Tj.Pinang dg pesawat trus lanjut dari Pinang ke Natuna dg kapal.

      Delete
  9. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  10. salam. Saya sangat teruja mahu explore pulau Natuna dan Anambas. saya mahu tanya gimana angkutan dr Natuna ke Anambas? Terima Kasih.
    Md Hudairi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Kelab Outddor Pontian : Bisa dengan angkutan udara dan laut. kalau boleh tau, hendak berangkat dari mana?

      Delete
  11. gan kalo tiket kapal pontianak ke natuna kisaran brp dan brp lama ya perjalannanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari Pontianak ke Natuna bisa dengan KM Bukit Raya, berangkat dr Pelabuhan Pontianak biasanya di hari jum'at atau Sabtu. waktu tempuh sekitar 30 jam, dengan harga tiket berkisar 100 - 200... namun untuk lebih jelasnya bisa langsung tanya ke PT Pelni, karena harga tiket mungkin sekarang sudah berubah. trim

      Delete
  12. tulisan ini dibuat th 2015. sebenarnya sdh 2th berjalan. tapi saya baru baca. melihat responder banyak yg berminat ingin meng-explore ke natuna & anambas. saya juga tertarik untuk kesana. bagaimana klo yg berminat kesana barengan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah, terimakasih sudah mampir..
      akhir akhir ini memang banyak yang ingin explore Natuna dan Anambas, mungkin agan bisa cek di FB atau instagram, atau mungkin bisa juga membuat grup, sp tau ada banyak yang ingin ke Natuna bareng2.:D

      Delete
  13. Kalau baca2 di atas jadi kesimpulan nya kalau dari jakarta naik kapal 4 harian itu 500rbuan. Kalau naik pesawat harus transit batam itu tiketnya 1,5-2jt sekali jalan. Tapi karna ada bisa dari ponti, bearti bisa coba naik pesawat ke ponti tiket mula dari 500rbuan lalu dari ponti naik kapal mula dari 100-200rbuan. Begitukan gan Ryannaldo...

    ReplyDelete
    Replies
    1. yap gan Iben,
      seperti itu lah kasarannya.
      tertarik ke Natuna kah???

      Delete
  14. Mashaa Allah, klo dri Tg Pinang ke pelabuhan Kijangnya itu nsik apa gan... Sy rencana mau lewat Batam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau saya naik angkot atau taxi aja gan, dari pelabuhan very tujuan pelabuhan Kijang.

      Delete
  15. Suatu saat aku harus ke Natuna.
    Ane dri Kalbar gan.
    Nice artikel, bermanfaat banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih gan.
      ayok ke Natuna..
      dekat jak dari Kalbar kan. hhe

      Delete
  16. Gan..boleh..bs dpt gambaran gx ttg desa kelarik di bunguran natuna spt apa..thx

    ReplyDelete
  17. salam kenal bang ryannaldo. saya numpang nanya selain km bukitraya apa ada kapal regular bolak balik ke ranai dari pontianak? apa km bukitraya 1 1 nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal pak Yum Seng, utk saat ini setau saya selain kapal Bukit Raya, ada kapal2 perintis, dan kapal2 kayu, kalau kapal kayu (kapal dagang) biasa berangkat menuju Kecamatan Serasan / Midai (Kabupaten Natuna) saja. Namun untuk jadwalnya saya kurang begitu tau.

      Demikian informasi yang saya tau pak..

      Delete
  18. Maaf, adakah kapal dari Tanjung Pinang ke Natuna? Kira2 perjalanan brp lama? Dan berapa harga tiket?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari Tanjung Pinang bisa lewat Pelabuhan Kijang di Bintan, seperti yang dijelaskan diatas.
      trims...

      Delete
  19. Mas mau nanya kalo dari anambas ke banka belitung naek apa ya makasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anambas ke belinyu (banka belitung)

      Delete
    2. yang murah meriah bisa naik Kapal2 dari PT Pelni, (biasanya KM. Bukit Raya) mas/mbak. Waktu tempuh hampir 2 hari...

      Delete
  20. beberapa bulan terakhir terbesit keinginan untuk mengunjungi natuna, karena masih sedikit ragu akan kondisi warga lokal disana dengan kedatangan orang asing, jadi mempersiapkan terlebih dahulu. masih harus cari info banyak lagi


    tapi makasih bang sudah berbagi info berharganya dan sangat membantu
    tabik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah,
      makasih masukannya.

      Silahkan datang ke Natuna, jika saya disana insya Allah akan saya guide. hhe.
      jika tidak, temen2 di sana siap membantu.
      Utk warga lokal, mereka sangat welcome dg org asing. jadi insya Allah aman.

      Delete
  21. kalau dari batam mau bawa mobil ke pontianak,
    ada kapal pengangkutnya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa sepertinya dengan kapal kayu tapi, dari Tanjung Pinang.
      Namun untuk informasi yg ini saya kurang tau pasti.

      Delete
  22. As maaf mas saya mau tanya..
    Klau perjlanan dari bengkulu ke natuna' pakai trsportasi apa ya yang pas.. apa saya ke jakrta dulu atau gmana .mas .. saya rencana mau panen cengkeh di sana mass

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung dengan transportasi apa yang dinaiki. Dari Bengkulu bisa lewat Batam / Jakarta, petunjuk selanjutnya bisa lihat ditulisan ya.

      Delete
  23. siapa ni yng mau ngetrip dibulan juni 2018 ke natuna

    ReplyDelete
  24. Yg dr Batam yok buat trip ksna dong

    ReplyDelete
  25. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  26. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  27. Kalau saya dari Medan naik pesawat ke Batam kemudian saya naik kapal ke Pulau Bintan dulu kah untuk kemudian sampai di Natuna ? Kira-kira untuk jadwal berangkat kapal dari Batam sampai dengan ke Natuna itu di hari dan jam apa saja ya bang ? Dan berapa lama waktu serta biaya untuk menyebrang. Mohon di jawab, terima kasih..

    ReplyDelete
  28. Tute menuju Ranai bisa mohon dijelaskan gan ? Terima kasih��

    ReplyDelete
  29. Kalau dari Medan menuju Natuna.. bagaimana y perjalanan nya bg?? Mohon informasi, bisa g dijelaskan kalau naik pesawat atau naik transportasi laut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak rute seperti yang dijelaskan diatas.

      Pertama dengan pesawat, dari Medan menuju Batam,
      Dari Batam ke Natuna bisa langsung dengan pesawat,

      Jika ingin yang agak murah, dari Batam naik speedboat ke Tanjung Pinang, lalu dari Tanjung pinang naik Kapal Pelni ke Natuna...

      Delete
  30. Saya dua bulan disini, betah banget......tepi pantai indah bersih pasir putih semua....mantab lah natuna. Apalagi ke pulau serasan....pasirnya seperti tepung, lembut sangat hahaha

    ReplyDelete
  31. Blog ini sangat bagus dan membantu org yg mw plesiran ke natuna
    Saya dari medan, tujuan mau ke natuna, lebih tepatnya kelarik ...
    Rencana mau bawa mobil dr medan ke kelerik, kira kira rute nya dari mana ya ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau bawa kendaraan dari Medan mungkin bisa naik ferry. Tujuan Batam / Tanjung Pinang, lalu Mobil bisa dinaikkan menggunakan kapal kayu ke Natuna..

      Delete
  32. Bang, kalau dari Natuna itu mau ke luar negeri, misalnya Vietnam naik kapal gitu bisa gak? Maaf pertanyaanku antimainstream. Hehehe makasih banyak.

    ReplyDelete
  33. Keren nih blog nya .Jadi pengen ke natuna .
    Saya dari makassar .Bisa tolong di jelasin gak jalur kesananya gmna dan waktu tempuhnya berapa lama
    Thanks gan😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dari Makassar, sampean bisa ke Surabaya gan, lalu ke Natuna bisa menggunakan kapal laut atau pesawat seperti penjelasan diatas...
      tertarik kesana kah?

      Delete
    2. Gak bisa langsung via Kalimantan ya gan? Harus ke Surabaya dlu ?

      Delete
    3. Bisa gan lewat kalimantan, tepatnya di Kalimantan Barat, Pontianak.
      Lalu dari sana naik kapal PT. Pelni menuju Natuna, sekitar 30 jam.

      Delete
  34. Mudah2an bisa kesana nantinya.
    Thank's gan informasinya .Sangat bermanfaat. Sukses ya .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiiin, kabar2i jika akan berkunjung ke Natuna ya.
      Alhamdulillah terimakasih telah berkunjung ke blog saya..

      Delete
    2. Mudah2an bisa segera kesana gan
      Doain yaa ����
      Trimakasih kembali

      Delete
  35. Kalo dri pontianak ke pulau subi naik apa ya gan mksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari Pontianak ke Pulau SUbi bisa naik KM. Bukit Raya tujuan Serasan, lalu dari Serasan naik kapal lagi menuju Subi

      Delete
  36. Assalamu'alykum Warrahmatullahi Wabarakatuh Bang..
    Nak tanya, kalo dari Tj. Priok gimana ya prosedur perjalanannya ?
    Saya masih kurang paham sama alur nya.. Bisa diperinci lagi nggak ?

    Terima Kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikumsalam,
      Dari Tanjung Priok bisa aik KM Bukit Raya, biasanya jadwal hari kamis -atau bisa cek ke pelni.co(dot)id .

      Perjalanan dari Tj. Priok menuju Natuna sekitar 3 hari 2 malam dengan Rute Tj. Priok - Belinyu - Kijang - Letung - Tarempa - Natuna.

      Delete
  37. Klo dari ponti keselat lampa kapan ada kbramhkatan
    Ada ga yg cuma smalm

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadwal keberangkatan bisa dicek di situs pelni,

      biasanya dari Ponti berangkat sabtu, sampai Natuna hari minggu.

      Delete
  38. Kalau saya dari medan mau ke natuna naik kapal tujuan ke mana dulu bang? Abis tu sambung naik kapal lagi dri mana bang?

    ReplyDelete
  39. Gan mau tanya, kalau dari Makassar ke Natuna rute yg paling recommended lewat mana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya, Makassar - Jakarta - Batam - Natuna, gan

      Delete
  40. Dari Batam ke Natuna naik kapal apa ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari Batam bisa ke Tanjung Pinang dulu, lalu bisa naik Roro dan atau Kapal2 PT. PELNI

      Delete