Friday, February 16, 2018

Review Film Black Panther : WAKANDA FOREVER!

Bulan Februari ini menjadi bulan pertama bagi Marvel Studio untuk mulai menunjukkan tajinya dikancah perfilman superhero. Black Panther merupakan film pertama yang dipilih untuk ditayangkan. Disutradarai oleh Ryan Coogler, film yang berdurasi 134 menit ini berhasil memikat hati jutaan penggemar Marvel Cinematic Universe (MCU). Marvel sangat paham bagaimana merayakan hari jadinya yang ke 10 tahun. 😎

Sinopsis :
Black Panther menceritakan tentang Wakanda, sebuah negara (fiksi MCU) berlokasi di Benua Afrika yang merupakan negara maju dengan teknologi paling update. Negara ini "tertutup" dari dunia luar, karena dikhawatirkan akan terjadi konflik parah ketika dunia tau keberadaannya. Adalah vibranium yang membuat Wakanda "menutup" diri. Vibranium merupakan unsur metal terkuat di MCU, kekuatan vibranium ini digunakan pada tameng Captain America.
Black Phanter casts, via qz.com
Wakanda dipimpin oleh seorang Raja yang berjuluk Black Panther. Raja terakhir adalah T'Chaka (John Kani), namun ia menjadi korban serangan bom dan meninggal (film Captain America : Civil War). Tahta kerajaan dilanjutkan oleh sang anak, T'Challa (Chadwick Boseman). Sebagai Raja baru, T'Challa masih belum bisa fokus karena selalu terbawa perasaannya atas meninggal sang ayah. Namun perlahan ia mantap untuk menadi Raja demi membela negaranya tersebut.

Setelah melewati tradisi "pelantikan" sebagai Raja baru, T'Challa langsung mendapat tugas yang belum bisa diselesaikan oleh pendahulunya, yaitu menangkap Ulysses Klaue (Andy Serkis) dan membawanya ke Wakanda. Klaue diketahui telah mencuri dan menjual Vibranium. Debut pertamanya bisa dilihat difilm Avengers : Age of Ultron. Klaue diketahui kembali mencuri artefak Wakanda di museum Britania. Namun T'Challa gagal membawa Klaue karena melarikan diri dibantu oleh Erik "Killmonger" (Michael B. Jordan), seorang mantan tentara Amerika dan alumni MIT. 
Killmonger, via shadowandact.com
Ternyata, Killmonger ini merupakan rahasia besar yang disimpan T'Chaka saat masih muda hingga akhir hayatnya. Killmonger bernama asli N'Jadaka ini menyimpan dendam kesumat dan berambisi menjadi Raja Wakanda. T'Challa yang mengetahui rahasia itu akhirnya memutuskan untuk mengubah Wakanda menjadi negara yang berbeda dari kepemimpinan ayah dan para leluhurnya.

Review :
Black Panther merupakan salah satu masterpiece dari Marvel Studios di HUT ke 10 nya ini. Disutradarai oleh Ryan Coogler, film ini sangat berhasil menaklukan hati para penggemar MCU di seluruh dunia. Visualisasi yang apik serta adegan-adegan epik mewarnai film pertama Marvel ditahun 2018 ini. Settingan film ini di MCU sejauh yang diketahui adalah setelah Captain America : Civil War, dan sebelum Avengers : Infinity War. Jadi ada baiknya untuk melihat kembali CA:CW biar agak sedikit paham tentang Black Panther yang juga memulai debutnya difilm tersebut.
Wakanda, via www.express.co.uk
Cerita Black Panther boleh dibilang simpel, namun pengemasan serta sisipan-sisipan konflik dan sedikit unsur politis yang terjadi didalamnya membuat kita fokus pada cerita. Penggambaran Wakanda yang serba modern namun tidak meninggalkan unsur etnik dan tradisi-tradisi yang kental, serta penggambaran Wakanda sebagai negeri tersembunyi berteknologi paling canggih dijamin bikin mata tersepona, ditambah lagi dengan beberapa adegan humor khas Marvel menjadikan film ini sangat tidak layak untuk tidak ditonton.

Dan untuk pertama kalinya, film ini didominasi oleh artis-artis kulit hitam, hampir 99% film Black Panther dilakoni oleh pemain berkulit hitam. Hanya Agen Ross (Martin Freeman) dan Klaue saja artis dari kalangan kulit putih yang memegang peran penting dalam film, selebihnya hanya figuran-figuran sekali lewat. 
Dora Milaje, via blackpantherdaily.tumblr.com
Keunikan yang lain adalah besarnya peran wanita dalam film ini, sebut saja prajurit Wakanda bernama Dora Milaje yang dikomandani oleh Okoye (Danai Gurira), satuan prajurit pengawal Raja Wakanda yang seluruh anggotanya adalah wanita. Dora Milaje juga merupakan prajurit wanita terkuat di dunia Marvel. Peran perempuan yang lain adalah Nakia (Lupita Nyong'O) yang merupakan kekasih T'Challa, dan juga Shuri (Letitia Wright), sang adik T'Challa yang merupakan seorang jenius, bahkan melebihi Tony Stark dan Dr. Banner (Hulk). 
Women : Nakia, Shuri, Okoye, via www.themarysue.com
Jangan lupakan Erik "Killmonger" aka N'Jadaka, sang villain. Michael B. Jordan berhasil membawakan karakter ini dengan baik, apik nan epik. Sepertinya, ia bakal menjadi villain favorit di MCU, saingan dengan Loki (Thor).

Nilai : 9.5 / 10

Rekomendasi :
Wajib banget ditonton kalau kamu mengaku penggemar Marvel. Black Panther menjadi jembatan mulus menuju Avengers : Infinity War. Jangan lupakan juga 2 post credit setelah film selesai, satu ditengah-tengah, dan satu lagi diakhir. Ohya kategori film untuk usia 17 tahun keatas ya, ada adegan perkelahian dan adegan sedikit romantis deh. 

Rekomendasi yang lain :
Baju Koko nya T'Challa leh uga tu, pas nih mau puasa. 😂
Fokus baju koko, via www.tabloidbintang.com



Film : Black Panther
Durasi : 2 jam 14 menit
Sutradara : Ryan Coogler
Artis :  Chadwick Boseman, Michael B. Jordan, Lupita Nyong’o, Danai Gurira, Letitia Wright, Angela Bassett, Forest Whitaker, Winston Duke, Daniel Kaluuya, Martin Freeman, Andy Serkis.

WAKANDA FOREVER !!!



sumber-sumber :
idntimes.com
jagatreview.com
akun instagram : @heroid

Monday, January 22, 2018

4 Penyakit Ini Sangat Akrab Dengan Mahkluk yang Bernama Mahasiswa

Assalamu'alaikum, semoga selalu sehat dan waras.


Kali ini ane mau share tentang penyakit-penyakit yang kerap kali "menyapa" makhluk yang bernama Mahasiswa, apalagi judulnya Mahasiswa Perantau, yang serba kekurangan dan keterbatasan. Mulai dari keterbatasan finansial, kekurangan makanan karena jauh dari orang tua, hingga kekurangan kasih sayang. upss.
Penyakit-penyakit ini datang karena beberapa faktor, namun kebanyakan karena faktor dari kita sendiri yang kurang jeli memanage sesuatunya dengan baik. Untuk kamu yang bakal jadi Mahasiswa Perantau atau mantan Mahasiswa Perantau, yuk mari bernostalgia dengan tulisan sederhana ini. :D

1. Maag
Taraaaaa, siapa yang tak kenal sakit maag? ini merupakan penyakit paling mainstream yang kerap menyapa mahasiswa. Penyakit maag atau juga yang biasa dikenal dengan nama gastritis merupakan suatu keadaan kesehatan dimana terjadi pembengkakan, peradangan atau iritasi pada lapisan lambung. 
Penyebab umum penyakit ini yang biasa orang bilang adalah pola makan yang tidak teratur. Ya jelas lah ya, secara kita mahasiswa yang selalu bermenukan tugas kuliah yang seabrek banyaknya, belum lagi bagi kamu yang aktif diorganisasi, deadline program kerja dan kesibukan-kesibukan lain membuat kamu kadang lupa mengatur pola makan, bahkan ada yang lupa makan seharian! Bahaya kan, bahaya emang. Banyak orang berpendapat penaykit ini tidak berbahaya, bisa disembuhkan dengan meninggalkan kebiasaan buruk dan mengatur pola makan. Namun juga jangan dianggap remeh ni penyakit, kalau dibiarin terus menerus tanpa pengobatan lama-lama juga akan parah.
Sakit Maag
Penyebab-penyebab Sakit Maag :
  1. Makan tidak teratur, seperti yang sudah dijelaskan tadi.
  2. Makan gorengan, gorengan yang mengandung kadar minyak (yang kadang-kadang juga udah digunakan berkali-kali) dapat menyebabkan penyakit ini datang menghampiri
  3. Kafein, nah ini bagi kamu penikmat kopi, boleh aja minum kopi tapi imbangi juga dengan makan nasi, jika terlalu sering mengkosumsi kafein tanpa makan nasi, maka perut biasanya akan berbunyi seperti kelaparan
  4. Kelelahan juga bisa membuat penyakit ini datang,
  5. Stress
  6. Kurang tidur
  7. Merokok


Cara Mencegah :
Mencegah lebih baik dari pada mengobati, seringkan dengar kata-kata itu dari orang-orang? Oleh karena itu, ane cuma akan membagi tips mencegah datangnya penyakit maag, karena jika ane kasi pengobatannya, ntar kamu bakal berfikiran pendek, "udah lah, kalo sakit kan ntar ada obatnya", ndek buleh kohndok yau.
  1. Atur pola makan, memang tak dapat dipungkiri sebagai seorang mahasiswa, kita selalu ditemani dengan tugas dan kegiatan-kegiatan organisasi kampus lainnya, namun itu jangan sampai membuat kamu lupa makan, atur pola makanmu, bukan alasan untuk bilang tidak ada waktu, bukannya gabung organisasi itu membuatmu lebih lihai dalam mengatur waktu?
  2. Makanlah dengan menu yang sehat, gak harus mahal, nasi sayur di Jogja cuma 4000 perak. :D . Tapi kalau mau yang berkualitas, memang agak sedikit mengerok kocek lebih dalam, tapi masih mending daripada uang yang kamu keluarkan untuk membeli obat dan bahkan membayar rumah sakit kalau kamu udah sakit nanti, ya kan?
  3. Sering-sering berolahraga agar sistem kekebalan tubuhmu meningkat.:D
Sumber: 
http://penyakitmaag.net/
http://kesehatan96.blogspot.com



2. Typus
Yah, penyakit ini menempati tempat nomor dua sebagai penyakit yang sering menyapa mahasiswa. SAKIT TYPUS. Masih berkutat dengan pola makan dan istirahat. Mahasiswa yang baik harus memperhatikan hal ini, okey. Kalau dah kenak penyakit typus ni, badan lemah gemulai tak bisa berbuat apa-apa, bahkan dalam beberapa kasus bisa menyebabkan kematian jika tak segera diobati. Bakteri penyebab penyakit tifus sudah sering menyerang banyak umat manusia, hampir 2,5 juta jiwa yang menderita penyakit tipes dalam setiap tahunnya.
Sakit typus, via obat.in
Penyebabnya :
Penyakit ini disebabkan oleh infeksi bakteri yang biasanya disertai oleh beberapa macam penyakit seperti diare, dan penyakit sistematik lainnya yang disebabkan oleh bakteri yang bernama Salmonella typhi. Penyebab sakit typus dikerenakan bakteri tersebut masuk ke tubuh melalui makanan–makanan atau minuman yang sudah terkontaminasi bakteri ini. Jika kamu makan atau minum ditempat yang sembarangan dan tidak tahu jaminan kebersihannya maka bisa saja terkena bakteri tersebut. Apabila bakteri tersebut sudah masuk dalam tubuh kemudian menuju ke usus, aliran darah, limfa hati, ginjal, paru–paru dan juga bagian tubuh lainnya, maka penyakit ini dengan senang hati mendekati kamu.

Cara Mencegah :
  1. Pola Hidup bersih dan sehat seperti makan teratur, makan dan minum dari piring dan gelas yang sudah dicuci bersih, serta tidur yang cukup.
  2. Olahraga, juga menjadi hal yang sangat penting agar penyakit ini tidak mudah masuk dalam tubuh kamu, karena melalui olahraga anda bisa membuat kekebalan tubuh kamu semakin kuat.
  3. Manusia juga bisa menjadi pembawa penyakit tipes melalui kotoran–kotoran yang bertahun–tahun tidak terbuang.
  4. Makanan–makanan sehat yang mengandung banyak Vitamin, protein, mineral contohnya seperti apel, jeruk, dan yang lainnya.
Sumber :
http://obatpenyakittipes.web.id


3. Demam
Demam menempati urutan ketiga. Selamat ya. :D. Demam merupakan penyakit yang juga kerap menyinggahi mahasiswa, ada berbagai jenis demam, namun yang sering dialami adalah Malaria dan DBD. Demam adalah kondisi ketika suhu tubuh berada di atas 37.5 derajat celsius. Infeksi ringan hingga parah bisa menyebabkan demam. Demam merupakan bagian dari proses kekebalan tubuh yang sedang melawan infeksi akibat virus, bakteri atau parasit. Selain itu, demam juga bisa terjadi ketika seseorang terlalu lama berada di bawah sinar  matahari atau karena penyakit seperti hipertiroidisme dan artritis.
Demieeem, via ngopy.com
Penyebabnya :
Ada beberapa penyebab demam diantaranya adalah :
  1. Sistem imun tubuh yang lemah
  2. Gigitan nyamuk
  3. Tertular dari orang lain
  4. Kelelahan karena terkena panas matahari

Cara Mencegah:
  1. Olahraga selalu menjadi hal utama untuk mencegah berbagai penyakit.
  2. Selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar kost-kosan, ingat 3 M! (ku jek lupak)
  3. Batasi aktifitas dibawah terik matahari untuk kamu yang kira-kira tidak kuat menjalaninya.
Sumber :
http://www.alodokter.com
http://www.tribunnews.com



4. BONUS, Penyakit Kulit : Panu dan Kurap
Ini ni yang bonusnye mantap. :D.  Penyakit kulit yang sering mengampiri mahasiswa yang kurang "peka" terhadap kesehatan tubuh mereka sendiri. Penyakit ini bisa menghilangkan tingkat kePDan seseorang. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja yang tidak memperhatikan kebersihan dirinya.
Panu dan Kurap

Penyebab :
Penyakit panu dan kurap ini disebabkan oleh Infeksi oleh kuman dan jamur yang dapat ditularkan dengan kontak langsung dengan jamurnya. Juga bisa disebabkan oleh lingkungan yang kurang bersih.

Cara Mencegahnya :
  1. Jagalah kebersihan kulit dan tubuh dengan mandi secara teratur minimal 2x sehari
  2. Jagalah kebersihan kuku tangan dan kuku kaki dengan melakukan pemotongan kuku jika sudah panjang.
  3. Jagalah kebersihan pakaian
  4. Gunakan pakain dengan bahan yang dapat menyerap keringat
  5. Gunakan handuk yang bersih, handuk merupakan alat yang sering dipakai dan sering lembab dan biasanya juga kurang diperhatikan.
Sumber :
http://www.klinkstore.com
http://www.penyebab-penyakit.com

Wednesday, January 10, 2018

"Ngandek", tradisi pencarian barang-barang antik di Natuna

Pada postingan terdahulu, telah dibahas bahwa di Laut Natuna tersimpan banyak harta karun peninggalan kerajaan zaman dahulu. Kapal-kapal dagang dari Kerajaan di Sumatera dan di Asia selalu menggunakan Natuna sebagai tempat berlindung ketika badai datang, atau hanya sekedar mengisi logistik untuk perbekalan. Namun jika nasib tidak memihak, maka belum sempat lagi kapal-kapal tersebut berteduh, sudah tenggelam dengan seluruh barang bawaannya seperti keramik, kerajinan, rempah-rempah dan lain-lain.

Namun, ada pula yang singgah di Natuna, khususnya di Pulau Bunguran besar, melakukan perniagaan dengan penduduk bahkan kerajaan setempat, seperti di Mahligai, Sekalong, Kelarik, dan daerah lain. Perniagaan menggunakan sistem barter atau sistem tukar menukar barang karena belum tersedianya alat pembayaran pada masa itu. Pertukaran bisa dilakukan antara bahan makanan, pakaian, logistik-logistik yang lainnya dengan keramik, logam mulia dan benda-benda pusaka.

Oleh karena itu pula lah, barang-barang antik seperti yang ditemukan di laut Natuna, juga bisa ditemukan di darat. Terlebih lagi dulu di tempat tersebut merupakan perkampungan dan kerajaan.

Sebut saja di Sekalong, kecamatan Bunguran Timur Laut kini. Dahulu di Sekalong terdapat istana kerajaan, yang reruntuhan masih bisa dilihat. Disekitar daerah ini, penduduk setempat mempunyai pekerjaan unik, mereka menamainya dengan "NGANDEK", yang dalam bahasa Indonesia berarti mencari barang antik.

Pemacok, alat yang digunakan untuk "ngandek"

Alat yang digunakan disebut dengan pemacok, bentuknya sangat sederhana, besi kira-kira sepanjang satu meter, dengan pegangan yang dibuat dari kayu, caranya juga sangat mudah. Kita hanya tinggal menusuk-nusuk tanah dengan alat tersebut, jika beradu dengan benda keras maka bisa diindikasikan bahwa itu adalah barang-barang antik yang dimaksud. Peraturannya adalah jika seorang alat seorang mencari berhasil "mendeteksi" barang tersebut, maka dalam radius 2x2 meter dari tempat penemuan adalah hak milik sang penemu.
Warga sedang mencari barang-barang antik, via youtube.com
Nadine Chandrawinata mencoba "ngandek", via youtube.com

Tradisi "ngandek" ini dilakukan saat musim utara, yaitu disaat angin sedang bertiup kencang, belum ditemukan alasan mengapa musim ini dipilih sebagai cara untuk "ngandek". Lokasi ngandek dilakukan di pantai-pantai, padang tandus, serta pohon-pohon besar, karena zaman dahulu saat menanam barang-barang, mereka menandai dengan tanaman atau tunas pohon.

Serpihan-serpihan barang antik yang ditemukan, via youtube.com
Jika beruntung, kita akan menemukan barang-barang antik yang bersejarah tersebut, temuan bisa berupa serpihan-serpihan, bisa juga dalam keadaan utuh, tergantung hoki. Barang-barang yang didapat, bisa dijual ke kolektor dengan harga yang sangat tinggi, atau dikoleksi dan dibuat museum seperti yang dilakukan oleh Bang Ding, beliau mendirikan museum Srindit di Ranai Darat, museum ini mengoleksi barang-barang antik dan peninggalan sejarah yang lain.

Koleksi barang-barang antik di Museum Srindit Natuna.

Semoge saje bisa dilestarikan barang-barang berharga ini.
Aamiin

sumber :
www.youtube.com : Hidden Paradise KompasTV
sebagian gambar dan informasi : Soni Hendra