Wednesday, March 13, 2013

The Great Masjid (Masjid Agung Natuna)

Masjid Agung Natuna terletak di Pulau Bunguran. Masjid ini merupakan ikon baru kabupaten Natuna. Masjid yang katanya terbesar di Kepulauan Riau ini terletak tak jauh dari pusat kota, berkisar antara 1 sampai 2 km. Terletak di pesisir pantai sebelah timur pulau Bunguran dengan pemandangan depan adalah laut Natuna, dan pemandangan belakang adalah gunung Ranai. MA -seperti itu sebutannya oleh AGR (anak gaul Ranai)- baru diresmikan tahun 2008 silam, yang bertepatan juga pada saat Pembukaan MTQ II Provinsi Kepulauan Riau, Masjid ini telah digunakan meskipun dalam keadaan "setengah jadi". :)

Menurut maket pembangunan yang ditunjukkan oleh Bupati Natuna beberapa tahun lalu, Masjid Agung Natuna merupakan pusat kota, sekelilingnya secara melingkar akan dibangun beberapa banguna penunjang, mulai dari menara, hingga stadion sepakbola, semoga saja terealisasi dengan lancar.

Arsitektur Masjid Agung Natuna mengadopsi beberapa budaya, salah satunya timur tengah dan asia bagian selatan. Terlihat dari jalan utama, Masjid Agung Natuna seperti Taj Mahal yang ada di India.

                                     


Pemandangan MA dari Gunung Ranai


Masjid Agung Natuna


Masjid Agung Natuna dari jalan utama


Masjid Agung dari jalan Raya


Gerbang Masjid Agung Natuna

Salah satu sisi bangunan Masjid Agung


Kampus STAI Natuna
Di bagian depan masjid, beridiri gagah kampus kebanggan masyarakat Natuna, ia adalah STAI (Sekolah Tinggi Agama Islam) Natuna. Sekolah Tinggi pertama dan satu-satunya (saat) ini yang ada di Natuna. Selain kampus STAI, di komplek Masjid AGung Natuna juga dioperasi beberapa kantor pemerintahan, gedung sekretariat dan asrama haji.


Demikian dulu yang bisa saya bagikan, selanjutnya akan ada postingan-postingan lagi tentang masjid megah ini. Okey.



1 comment: