Tuesday, May 14, 2013

Mengenal Makanan Khas yang Ada di Natuna

Biasanya setiap daerah selalu ada yang khas, entah itu pakaian, rumah, budaya, tarian, kesenian, olahraga, hingga makanan. Kekhasan yang dimiliki itu merupakan identitas tersendiri yang menujukkan suatu daerah. Nah sekarang saya nak posting tentang makanan khas daerah tempat saya, Natuna.

Natuna memiliki beragam makanan khas, bahan dasarnya merupakan bahan baku lokal yang banyak terdapat di Natuna seperti hasil laut dan sagu. Ada beberapa makanan yang sudah terkenal hingga keluar daerah. Beberapa diantarannya Tabel Mando, Kernas/Kasam, Mie Sagu, dan lain-lain.

Tabel Mando
Kita mulai dengan tabel mando, bahasa keren yang dipakai kawan-kawan mahasiswa yang kuliah di luar untuk memperkenalkannya adalah PIZZANA, pizza dari Natuna. Resep tabel mando ini ada yang terbuat dari ikan simbek (tongkol), sagu, dan kelapa (maaf kalau salah, koreksi ye). Biasenya dibuat berbentuk lingkaran macam pizza, makanya disebut pizzaNa. Paling enak dimakan dengan "cecah sambel", terus pasangannya "aek kahwe (kopi)".

Nong gembo ni mbe nak nong tukoh e
Makanan ini sangat terkenal disana, biasanya setiap kali ada festival makanan ini pasti ada yang menjual. tapi sekarang ni mudah didapat, datang aje tiap minggu ke pantai Teluk Selahang, and enjoy it.!

Kernas / Kasam
Yang satu ni namanya kasam / kernas, ia merupakan makanan cemilan favorit di Natuna. Mudah dibuatnya, bahan yang digunakan juga sederhana. Makanan ini juga terbuat dari ikan tongkol atau simbek sama seperti Tabel Mando diatas. Jarang lho kalau orang udah mencobanya cuma 1 kali, pasti mau trus deh kalau udah coba. Jadi berhati - hati lah. 😀
Kernas
Bagi para pendatang yang ingin mencicipi makanan ini janganlah khawatir. Tabel Mando dan Kernas sangatlah mudah untuk ditemukan. Cemilan ini banyak dijual di kawasan wisata pantai Teluk Selahang di Kecamatan Bunguran Timur Laut. Ada banyak jenis jajanan yang tersedia yang siap menemani santai sambil menikmati indahnya pantai.
air kelapa + kasam, + gorengan2 = MAKNYOS...!!!!!!
Perpaduan kuliner yang mantap sambil menikmati indahnya pantai. :)



sumber : http://kelvin-pstoph.blogspot.com

2 comments:

  1. hahahaha lemak bahasa anai e wkwkwkw
    mindak alat dan bahan serta caqe buet ee lah bong
    mbehal dek sek,, tulis lah caqek ee yoo uqang tau
    #SalamAnakNatuna

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe,
      masukan yg lawa ndok yau,
      kelak lah kawan carek tau lok care e e, mbe ade waktu kelak kawan posting. hhe.

      #salamperantau
      #SalamAnakNatuna

      Delete