Saturday, May 11, 2013

KEKAH, selamatkan..!!!

siape yang tak tau binatang ni? ni namenye Kekah, bahasa latinnye Presbytis natunae, Kekah ni HANYA ade di pulau Natuna, terutame di Pulau Bunguran Besar. namun sayang, binatang langka ni terancam punah, joom kite liat artikel tentang Kekah ye.
CEKIDOT...!!!!

Kekah adalah hewan primata langka yang hanya ada di daerah Kabupaten Natuna yakni pulau Bunguran Besar. Nama latin primata ini adalah Presbytis Natunae. Kekah tersebar dalam beberapa tipe habitat dan ketinggian (gunung tertinggi adalah Gunung Ranai 1.035 m dpl). Habitat yang dihuni Kekah Natuna antara lain, hutan primer pegunungan, hutan sekunder, kebun karet tua, daerah riparian, dan juga ditemui beririsan dengan hutan mangrove dan kebun campuran.

Kekah Natuna (Presbytis Natunae), merupakan fauna yang mengalami ancaman paling besar dan serius. Salah satu ancaman terbesarnya adalah kehilangan habitat akibat konversi lahan dan perburuan. Selain itu, jenis primata endemik ini sangat dikenal oleh masyarakat Natuna, karena memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Kekah Natuna dijual dengan harga antara Rp. 300.000,- hingga Rp. 800.000,- per ekor. Kekah yang masih muda memiliki nilai jual lebih tinggi, begitu juga kekah dewasa yang sudah terlatih atau jinak.

Banyaknya orang yang ingin memelihara Kekah Natuna ini, karena secara morfologi bentuknya sangat lucu dan unik, tubuhnya di baluti oleh bulu-bulu berwarna hitam tebal dan di selingi warna putih dengan ciri khas wajah seperti memakai kacamata. Selain itu hewan ini juga mudah jinak, dan dianggap memiliki nilai prestisius bila memeliharanya. Beberapa orang yang memelihara kekah mengaku sangat mudah merawatnya, karena kekah mau diberi makan apa saja, seperti makanan yang biasa dimakan manusia (nasi, roti, susu, pisang, dan sayur-sayuran). Tentu saja banyak kasus kekah yang mati dalam pemeliharaan akibat konsumsi pakan yang tidak sesuai.

Selain itu primata ini di anggap menjadi musuh petani karena hewan sejenis kera ini suka memakan buah-buahan, dedaunan, dan umbi-umbian. Dengan banyaknya penebangan hutan dan di bukanya perkebunaan karet hewan ini semakin terancam habitatnya Karena ketiadaan kawasan konservasi di Kepulauan Natuna. Oleh karena itu, aksi perlindungan terhadap Kekah Natuna sangat mendesak untuk segera dilakukan. Bila tidak, dalam waktu dekat Kekah Natuna akan mengalami kepunahan, dan bumi ini akan kehilangan salah satu jenis primata endemiknya di Indonesia.

Kampanye Melindungi Kekah
belum ade aksi nyata tentang perlindungan binatang langka ini, namun baru2 ini, organisasi mahasiswa Natuna di Yogyakarta (IPMKN-Y) mengkampanyekan perlindungan Kekah lewat kaos yang dikenakannya bekerja sama dengan LSM yg bersangkutan. baju ini digunakan pada saat acara Bulan Bakti IPMKNY di Natuna bulan Juli-September 2012. semoga saja hewan langka yang menjadi ciri khas Natuna ini bisa terlindungi dan tidak punah. dukungan PEMERINTAH sangat diharapkan dalam aksi ini.

No comments:

Post a Comment