Saturday, June 13, 2015

Mengenal Kecamatan Bunguran Timur, Kecamatan dengan Penduduk Terpadat di Natuna

Kecamatan Bunguran Timur meruapakan salah satu Kecamatan di Kabupaten Natuna dengan jumlah penduduk terbanyak, yaitu sekitar 24.000 jiwa. Di Kecamatan ini pula tempat pusat pemerintahan Kabupaten Natuna. Ibukota Kecamatan Bunguran Timur adalah Ranai, yang juga merupakan ibukota Kabupaten Natuna. Wilayah ini terletak di pinggiran pantai dan mempunyai 5 pulau kecil yang belum berpenghuni, diantaranya adalah pulau Senoa, Selahab, Simbok, Sebala, dan Selanglang.

Batas-batas Kecamatan.
Utara    : Bunguran Timur Laut
Selatan : Bunguran Selatan
Timur   : Laut Cina Selatan
Barat    : Bunguran Tengah dan Bunguran Barat

Kelurahan/Desa di Kecamatan Bunguran Timur :
1. Kelurahan Ranai, beribukota di Ranai
2. Kelurahan Ranai Darat, beribukota di Ranai Darat
3. Kelurahan Bandarsyah, beribukota di Bandarsyah
4. Desa Sungai Ulu, beribukota di Lemang
5. Desa Sepempang, beribukota di Sepempang
6. Desa Batu Gajah, beribukota di Sebakung

Kecamatan Bunguran Timur yang merupakan pusat kota dan tempat berputarnya roda pemerintahan kabupaten ini didukung dengan adanya fasilitas-fasilitas yang lebih lengkap diantara kecamatan-kecamatan lain yang ada di Kabupaten Natuna. Diantaranya adalah Bandar Udara yang merupakan satu-satunya yang beroperasi terdapat di kecamatan ini, pelabuhan-pelabuhan rakyat dan pelabuhan kapal dagang dan penumpang, supermarket, pasar tradisional, cafe, bank, ATM, sekolah-sekolah hingga perguruan tinggi. Ikon Kabupaten Natuna yaitu Masjid Agung juga berdiri megah disini.

Wisata andalan Kecamatan Bunguran Timur adalah Batu Sindu dan Pulau Senua, beberapa tempat lainnya yang berpotensi juga sedang dalam proses pengembangan. Titik tertinggi di Kecamatan Bunguran Timur adalah Gunung Ranai, yang juga menjadi titik tertinggi di Kabupaten Natuna. Gunung ini memiliki tiga puncak dengan tinggi 1.035 mdpl. Bagi para wisatawan yang ingin mengunjungi Natuna, jangan khawatir akan tempat menginap, hotel-hotel dan beberapa penginapan juga banyak tersedia di sini, jasa penyewaan kendaraan juga ada guna mendukung pemeirintah menjalankan roda pariwisata daerah.

sumber : http://www.academia.edu/5123880/Bunguran_Timur_2011

Kecamatan Bunguran Timur


next : Peta Wisata Kecamatan Bunguran Timur

No comments:

Post a Comment