Thursday, June 11, 2015

Untuk Kamu yang Suka Menjelajah Alam yang KATANYA "Mensyukuri Nikmat Allah"

ZZ : woi bro, suka banget jalan-jalan, gak capek ya?
YY : Capek si bro, tapi ya mau gimana lagi, udah hobby.

ZZ : gak sayang duit, bro?
YY : duit bisa dicari, bisa nabung bro. Tapi pengalaman baru sulit ditemui. :D

ZZ : apa sih yang kamu dapat dari jalan-jalan sampai ngabisin waktu, tenaga dan uang?
YY : banyak lah bro, coba aja deh ntar aku ajak kamu ya kalo aku mau ngetrip, kamu  bisa nemuin tempat baru, pengalaman baru, kamu bisa nikmati alam sambil mensyukuri nikmat Tuhan yang udah diberikan sama kamu. Makanya jangan di kost doank. :D
Ya yang namanya hobby ya, mau gimana juga tetap aja  digeluti, biarpun bakal ngorbanin waktu, tenaga dan uang, namanya juga hobby. Akan ada kepuasan tersendiri bila hobby itu sudah dilampiaskan. :D
Pendaki, via www.tumblr.com
Nah ini untuk kamu yang hobbynya menjelajah tempat-tempat baru, yang udah bela-belain makan di angkringan untuk hemat duit biar bisa ngetrip bareng temen-temen, yang udah bela-belain olaharga tambahan biar badan tetap fit, agar bisa menjelalah dan menikmati alam ini yang kamu sering bilang dengan "mensyukuri nikmat Tuhan".
Sebelum ngelakuin itu semua, pastikan kamu lakuin hal-hal ini dulu :

1. Sebelum rela-rela jauh jalan kaki untuk nemuin taklukin tempat tujuanmu, pastikan masjid disekitar tempat tinggalmu udah kamu samperin untuk shalat wajib 5 waktu.

Khusus yang cowok ni, shalat 5 waktu wajib di masjid (kalau yang cewek itu pilihan, mau di masjid atau di rumah). Jadi ya jangan bangga dulu foto di puncak gunung dengan caption tentang "mensyukuri nikmat Tuhan" tapi masjid jarang kamu datangi. Malu ma sejadah.

2. Sebelum meresapi indahnya ayat-ayat alam ciptaan Allah, pastikan ayat-ayat suci Al-quran nya kamu baca, tidak hanya rapi tersimpan di lemari saja.
Baca ayat Allah, baik quran maupun alam, via www.angkisland.com
ya kan? kamu sibuk mengagumi ciptaan Allah dengan alamnya, tapi ciptaan Allah dalam surat Al-quran tak pernah disentuh, padahal disitulah dasar kamu bagaimana cara menikmati alam yang sesungguhnya.

3. Sebelum menjelajah, pastikan dulu sejadah dikost sudah ada "cap" kening mu, jangan jadikan alas untuk setrikaan aja.
Shalat Sunnah, via www.konsultasisyariah.com

Kalau jalan-jalan yang kamu bilang sebagai bentuk syukur atas nikmat nikmat Allah, shalat sunnah juga bentuk dari syukur itu sendiri. Bukankah Nabi yang sudah pasti masuk surga saja shalat sunnah hingga kaki nya bengkak, ketika ditanya, beliau menjawab "apakah tidak boleh jika aku termasuk hamba yang selalu bersyukur?"

Memang, bentuk syukur orang itu beda-beda, namun alangkah baiknya jika diawali dengan kegiatan yang "nyata" menjadi prioritas utama perintah_Nya terlebih dahulu. Sebelum kamu menjelajah alamnya yang super luas ini, sambil mengagumi dan menghayati betapa kecilnya kita sebagai insan yang hanya "numpang" singgah di dunia ini.
Masjid, via ink361.com


mohon maaf bila ada kata yang salah. :)



No comments:

Post a Comment