Friday, October 16, 2015

Museum Zoologi, Bogor

Tinggal di Jakarta tapi belum pernah ke Bogor, rasanya gimana gitu yak. Letaknya yang dekat dan memiliki banyak tempat wisata, ditambah lagi dengan alamnya yang sejuk, Bogor merupakan tujuan destinasi sebagian warga Jakarta untuk menghabiskan akhir pekan. Ini juga yang saya lakukan, setelah stress dengan pekerjaan selama weekdays, ini saatnya untuk melepas segala fikiran, hati dan urat yang tegang. Hahaha. Saya memilih Bogor sebagai tempatnya.
Stasiun Bogor
Alhamdulillah sekarang tranportasi sudah mudah dan terjangkau. Perjalanan saya bermula dengan berangkat dari stasiun KRL Sudirman menuju stasiun Bogor, perjalanan menempuh waktu sekitar satu jam dengan biaya 5000an aja. Setelah sampai di Bogor, saya berjalan kaki menuju Kebun Raya, dengan museum Zoologi sebagai tujuan utama, saya termasuk orang yang suka mengunjungi museum-museum. Perjalanan dari stasiun menuju Kerbun Raya Bogor memakan waktu 30 menit, dengan berjalanan kaki, agak jauh memang, namun saya memilih jalan kaki karena bisa sambil menikmati alam dan keadaan sekitar.
Setelah membeli tiket masuk seharga 15000 ribu rupiah, saya langsung menuju Museum Zoologi Bogor, museum tentang hewan-hewan yang sudah ada dari zaman Belanda dulu. Dahulu museum ini bernama Museum Zoologicum Bogoriense (MZB) yang didirikan di Bogor pada tahun 1894, merupakan bagian dari Land's Plantentuin (sekarang kebun raya Bogor). Pada awal didirikannya MZB berfungsi sebagai laboratorium zoologi yang memberi wadah penelitian yang berkaitan dengan pertanian dan zoologi, meliputi kegiatan inventarisasi fauna Indonesia. Kemudian berkembang menjadi unit tersendiri yang khusus bertugas menginventarisasi jenis-jenis fauna yang terdapat di wilayah Indonesia, yang pada saat ini menjadi Museum Zoologi Bogor yang dibangun pada 1901 sampai sekarang tidak mengalami perubahan dan menjadi salah satu gedung cagar budaya Kota Bogor. Museum ini dikelola oleh Pusat Penelitian Biologi-LIPI Bidang Zoologi. Koleksi utama museum ini yakni keanekaragaman fauna Indonesia yang terdiri dari jenis-jenis serangga, molusca, ikan, reptil, amibia, burung dan mamalia. Jumlah keseluruhan koleksi di Museum Zoologi bogor yakni 1372 contoh fauna.
Museum Zoologi Bogor

KOLEKSI FAUNA INDONESIA
Bidang Zoologi telah mengembangkan koleksi binatang awetan dan binatang hidup untuk penelitian ilmiah. Koleksi ilmiah untuk kepentingan penelitian meliputi beberapa kelompok sebagai berikut:

1. Mamalia
Terdiri dari berbagai jenis binatang menyusui yang dikumpulkan dari berbagai kepulauan di Indonesia. Jumlah koleksi 650 jenis, terdiri dari 30.000 contoh binatang (spesimen).

2. Ikan
Koleksi Berbagai Jenis Ikan
Berbagai jenis ikan yang menjadi kekayaan koleksi terdiri dari 12.000 jenis yang diwakili oleh 140.000 contoh binatang.

3. Burung
Dikumpulkan dari wilayah Indonesia Timur dan Barat. Jumlah seluruhnya 1000 jenis, meliputi 30.762 contoh binatang.

4. Reptil dan Amfibi
Di daerah tropis, terutama di Indonesia jumlahnya tidak banyak. Koleksi yang tersimpan tercatat 763 jenis, diwakili oleh 19.937 contoh.

5. Moluska
Kekayaan koleksi moluska di Indonesia tercatat 959 jenis yang diwakili oleh 13.146 contoh.

6. Serangga
Adalah kelompok binatang yang paling banyak jumlahnya. Koleksi serangga tercatat 12.000 jenis, diwakili 2.580.000 contoh spesimen.

7. Invertebrata lain
Terdiri dari jenis-jenis invertebrata bukan moluska dan serangga. Koleksi yang terkumpul ada 700 jenis diwakili oleh 1.5558 contoh.


Rangkuman :
Alamat :  
MUSEUM ZOOLOGI BOGOR (KEBUN RAYA BOGOR)
Jl. Ir. H.Juanda no 9, Bogor

Tiket Masuk : 
Satu paket dengan harga tiket masuk Kebun Raya Bogor

Jam Kunjungan:
Senin-Kamis 08.00-16.00
Jumat 08.00-11.30  13.00-16.00
Libur 08.00-17.00

Cara Kesana :
Dari Jakarta naik KRL dengan biaya 5000 rupiah. Kemudian bisa dengan berjalan kaki selama 20 - 30 menit, atau naik angkot dengan biaya 3000 rupiah.

Peta : 
Peta menuju Kebun Raya Bogor (kanan), Peta menuju Museum Zoologi (kanan)


sumber : 
http://www.museumindonesia.com/museum/42/1/Museum_Zoologi_Bogor_Bogor
http://asosiasimuseumindonesia.org/anggota/9-profil-museum/80-museum-zoologi-bogor.html

2 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete