Thursday, September 3, 2015

Peristiwa Penting 2 September, #hariinidalamsejarah

Persitiwa penting yang terjadi pada tanggal 2 September ini antara lain :


31 SM: Dalam pertempuran laut Actium, armada Oktavianus (kemudian menjadi Kaisar Romawi Augustus) mengalahkan pasukan Mark Antony dan Cleopatra untuk menguasai dunia Romawi.
Pertempuran Actium, via https://id.wikipedia.org
Pertempuran Actium adalah pertempuran menentukan di Perang saudara Romawi antara pihak Octavianus dan pihak Marc Antony yang bersekutu dengan ratu Cleopatra VII dari dinasti Ptolemy Mesir. Pertempuran ini terjadi pada 2 September 31 SM di Laut Ionia dekat koloni Romawi di Yunani, Actium. Armada Octavianus dipimpin oleh Marcus Vipsanius Agrippa, dan armada Antony dipimpinnya sendiri, dibantu kekasihnya Cleopatra. Dalam pertempuran ini armada Antony dihancurkan, dan kemenangan Octavianus mengijinkannya mengkonsolidasikan kekuasaannya pada wilayah Romawi ditambah dengan bunuh dirinya Antony dan Cleopatra. Pertempuran ini merupakan salah satu peristiwa yang menandai berakhirnya Republik Romawi dan lahirnya Kekaisaran Romawi.
https://id.wikipedia.org/wiki/Pertempuran_Actium



1666: Kebakaran Besar London dimulai di rumah tukang roti raja di Pudding Lane dan selama lima hari ke depan kebakaran hebat itu menghancurkan kota berdinding London, ibukota Inggris.
Kebakaran London, via https://id.wikipedia.org
Kebakaran Besar London adalah suatu peristiwa kebakaran hebat yang melanda kota London, Inggris pada hari Minggu, 2 September hingga hari Rabu, 5 September 1666. Kebakaran ini memusnahkan sebagian besar wilayah kota, namun tidak berhasil mencapai distrik aristokrat di Westminster, Istana Raja Charles II di Whitehall, dan sebagian besar kawasan kumuh di pinggiran kota. Kebakaran Besar London menghanguskan sekitar 13.200 rumah, 87 gereja paroki, 6 kapel, termasuk Katedral Santo Paulus dan sebagian besar bangunan-bangunan penting lainnya di London. Sekitar 100.000 orang, atau seperenam penduduk London saat itu, kehilangan tempat tinggal karena peristiwa ini. Jumlah korban yang tewas akibat kebakaran ini tidak diketahui dan umumnya dianggap kecil, tercatat hanya enam kematian yang diverifikasi. Namun baru-baru ini muncul teori yang menyatakan bahwa kemungkinan ribuan kematian penduduk miskin dan kelas menengah tidak tercatat karena sebagian besar dari mereka telah hangus tanpa bisa dikenali.
Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Kebakaran_Besar_London


1945: Perang Dunia II berakhir ketika perwakilan Jepang menandatangani dokumen penyerahan kapal perang AS Missouri di Tokyo Bay dan diterima oleh Jenderal Douglas MacArthur; hari ini ditandai sebagai V-J Day.
V-J Day, via www.legionscotland.org.uk
Hari Kemenangan atas Jepang atau V-J Day (singkatan untuk Victory over Japan Day) adalah sebutan untuk hari kapitulasi Jepang yang secara resmi mengakhiri Perang Dunia II. Istilah Hari Kemenangan atas Jepang dapat mengacu pada tanggal 15 Agustus (14 Agustus di benua Amerika) yang merupakan hari pertama kali diumumkannya penyerahan Jepang, atau tanggal 2 September 1945 (upacara resmi kapitulasi Jepang di atas kapal tempur USS Missouri).
sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Hari_Kemenangan_atas_Jepang


1945: Ho Chi Minh memproklamasikan kemerdekaan Vietnam. Ia sendiri meninggal dunia di hari yang sama pada tahun 1969.
Ho Chi Minh, via asiatenggarasean.blogspot.com
Pada tahun 1940 Jepang menduduki kawasan Indo-China yang dijajah oleh Perancis. Indo-China yang kita kenal saat ini merupakan wilayah yang terdiri dari negara Vietnam, Laos dan Kamboja. Indo-China merupakan daerah penting bagi perkembangan imperialisme di Asia Tenggara karena menjadi basis penyerbuan Jepang ke wilayah Malaka dan sekitarnya.
Di negara Vietnam, rakyat memberontak melawan Jepang dan bergabung di dalam satu gerakan yang disebut Vietminh atau Vietnam Doc Lap Dong Minh Hoa (Persatuan Kemerdekaan Vietnam). Gerakan tersebut dipimpin oleh Nguyen Ai Quoc atau lebih dikenal dengan nama Jenderal Ho Chi Minh. Berkat perjuangan tersebut, pasukan Vietnam berhasil menguasai Indo-China bagian Utara. Meski demikian, Jepang mengangkat Raja Bao Dai sebagai pemimpin kawasan Indo-China. Raja Bao Dai adalah pemimpin Vietnam yang dianggap rakyat sebagai pro-Jepang.

Setelah Jepang kalah, Raja Bao Dai tidak mendapat dukungan lagi sehingga harus turun tahta. Selanjutnya, Ho Chi Minh memproklamasikan kemerdekaan negara Vietnam pada tanggal 22 Agustus 1945 sehingga ia menjadi presiden pertama di Republik Vietnam. Sementara itu, pasukan Sekutu yang diwakili oleh Cina menduduki kawasan Indo-China bagian utara, sedangkan bagian selatan dikuasi oleh Inggris. Perancis kemudian masuk kembali ke Vietnam untuk menjajah karena tidak setuju dengan Pemerintahan Ho Chi Minh.
sumber : http://ridwanaz.com/umum/sejarah/sejarah-perjuangan-jenderal-ho-chi-minh-untuk-kemerdekaan-vietnam/



1945: Kabinet Pertama RI dibentuk
Kabinet Pertama RI, id.wikipedia.org
Kabinet Republik Indonesia pertama menganut sistem pemerintahan presidensil dengan Ir.Soekarno sebagai presiden dan Drs.Mohammad Hatta sebagai wakil presiden. Kabinet ini terdiri dari 12 menteri pemimpin departemen dan 4 menteri negara, kemudian diangkat pula Ketua Mahkamah Agung, Jaksa Agung, Sekretaris Negara, dan Juru Bicara Negara. Selain itu diangkat pula gubernur pada 8 propinsi.
sumber : https://24bit.wordpress.com/2010/04/22/pembentukan-kabinet-ri-pertama/


1969: ATM pertama kali digunakan
ATM jadul, via http://news.liputan6.com

Bisa dibayangkan kehidupan kita saat ini betapa repotnya jika mesin pengambil uang ini tidak ada. ATM (automatic teller machine) atau dengan bahasa Indonesia kita sebut dengan Anjungan Tunai Mandiri ini pertama kali digunakan pada tanggal 2 September 1969 di Chemical Bank di Rockville Center, New York, AS.
sumber : http://news.liputan6.com/read/2306866/2-9-1969-debut-mesin-atm-pertama-di-as

1998: Sebuah pesawat jet penumpang, Swissair, jatuh ke laut lepas Nova Scotia, menewaskan seluruh 229 penumpang di atas pesawat.
Sisa kokpit Swissair, via id.wikipedia.or
Pada tanggal 2 September 1998, pesawat MD-11 yang digunakan dalam penerbangan ini jatuh di Samudera Atlantik, sebelah baratdaya Bandara Internasional Halifax, Nova Scotia, Kanada. Pesawat hancur berkeping-keping ketika menghantam air dan menewaskan semua orang di dalamnya yang berjumlah 229 orang (215 penumpang dan 14 awak). Kecelakaan ini adalah kecelakaan terburuk yang melibatkan pesawat MD-11.
sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Swissair_Penerbangan_111


No comments:

Post a Comment