Wednesday, January 8, 2014

Hewan dalam Perminyakan



Assalamu'alaikum... O:)

Berbicara tentang perminyakan memang tak pernah habis, selalu ada saja topik yang bisa diambil untuk dijadikan bahan disuksi dan pembelajaran, bahan pengamatan, dan jugaaa bahan cacian. mulai dari isu tentang minyak yang akan habis 10 tahun lagi (saya sudah mendengar ini ketika masih SD, dan omongan yang sama masih saya dengar hingga sekarang, -_-), isu yang pasti memicu kemarahan publik : isu kenaikan harga BBM. Banyak lagi isu-isu yang lain tentang bidang yang menjadi salah satu penyumbang terbesar devisa negara ini (apa lagi ditempat saya) B) .

Yah, begitulah perminyakan, jurusan kuliah yang tak banyak orang tau ini (juga hanya sedikit kampus yang memilikinya, hanya kampus-kampus keren aja gitu), selain pelajarannya yang lumayan menguras pemikiran, juga sedikit menguras dompet. :D. tapi kalo udah sukses di industri ini, insya Allah uang kembali *iklan.

Industri perminyakan, selain dikenal dengan HIGH COST, HIGH RISK, and HIGH TECH, kedisplinan kerja yang tinggi ini, juga ternyata menyimpan banyak keunikan. Salah satunya adalah adanya binatang dalam perminyakan. Ya, binatang yang dimaksud adalah penggunaan nama-nama binatang dalam istilah-istilah yang dipakai dalam perminyakan. Terkadang sedikit bisa dicerna, namun ada juga yang memang gak nyambung jika diartikan "mentah-mentah".

ini saya lampirkan beberapa penggunaan nama hewan dalam istilah perminyakan yang saya ketahui, kalo kalian mempunyai refrensi yang lebih lengkap silah kasih komentar untuk sama-sama berbagi. yuppp, joooom.

1. Wild Cat
Wild Cat (sumber : namibian.org)
Yaaaa, kalo diartikan perkata berarti Kucing Liar, KUCING GARONG gitu broo. hha. Tapi wild cat dalam perminyakan mempunyai arti SUMUR TARUHAN, sumur explorasi. Ya jelas yang belum pernah di bor. Orang yang akan mengebor sumur wild cat ini adalah orang yang sudah merencanakan segala hal dengan matang, karena bila ternyata sumur ini kosong (tidak menemukan minyak). Secara otomatis akan rugi besar bro, bisa-bisa bangkrut. HIGH RISK HIGH COST. Tapiiiiii, jika berhasil menemukan minyak, hmmmm Insya Allah uang kembali, *iklan lagi*.
Kegiatan Pemboran Sumur Eksplorasi, (sumber : www.satunews.com)
2. Dog House
Real Dog House (sumber : hippshelp.com)
Rumah anjing. ya bener kalo itu diartikan secara "real english". tapi dalam industri perminyakan, terutama pemboran, dog house yang terletak di atas substructure adalah rumah tempat berisitirahat bagi para pekerja yang berada didekat menara bor seperti operator menara bor, roostabout, juru bor, dan pekerja-pekerja lain. Juga berfungsi sebagai gudang kecil tempat penyimpanan sebagian peralatan.

Petroleum Dog House


3. Cat Walk
Real Cat Walk ( sumber : jerichostageinc.com )
Sebagian orang mengartikan cat walk sebagai tempat seorang model untuk memperagakan sesuatu yang telah dibuat oleh seorang desainer. Hmmm beda hal nya dengan "cat walk" nya perminyakan, meski secara bentuk hampir sama. Cat walk di perminyakan berfungsi sebagai tempat "istirahat" sebentar bagi rangkaian drilstring sebelum dilakukan tripping in dan tripping out.
Petroleum Cat Walk


4. Rat Hole
Real Rat Hole (sumber : cliffkule.com)
Lubang binatang pengerat sejenis tikus. Yo aiii, tapi di industri perminyakan rat hole merupakan suatu lubang dimana kelly ditempatkan saat berlangsung cabut pasang pipa.
Petroleum Rat Hole (sumber : www.osha.gov)

5. Mouse Hole
Mouse Hole (sumber : www.trekearth.com )
Yang pernah nonton tom and jerry, tentu tau mouse hole. Ini adalah lubang atau rumah untuk tikus. Nah kalau di perminyakan, mouse hole adalah tempat dimana drill pipe diletakkan saat dilakukan penyambungan pada kelly dan rangkaian pipa bor.
Petroleum Mouse Hole (sumber : en.wikipedia.org)


6. Monkey Board
Jangan bilang kalo ini adalah tempat monyet. Monkey board dalam industri perminyakan adalah suatu tempat kerja bagi para derrickman pada waktu cabut atau menurunkan rangkaian pipa bor. Serta tempat menyandarkan bagian rangkaian pipa bor yang kebetulan sedang tidak digunakan (pada saat dilakukan cabut pipa). Orang bekerja di monkey board disebut monkey man. :O

Monkey Board


7. Horse Head
Real Horse Head ( sumber : wallpaperswide.com )
Kepala kuda, begitulah arti sebenarnya. Diindustri perminyakan terutama pada bidang produksi, horse head adalah bagian dari sucker rod, yang berfungsi menurunkan gerak dari walking bean ke unit pompa di dalam sumur melalui bridle, polish rod dan sucker string atau merupakan kepala dari walking bean.

Petroleum Horse head

8. Snake Well
Ular yang baik. Yaah, begitu lah ketika secara umum diartikan, namun di Industri Perminyakan, snake well berarti sumur ular, yakni sebuah teknologi baru dalam pemboran untuk mendapatkan minyak. Adalah Shell yang menggunakan teknologi ini, dan diterapkan di Brunei. Snake Well merupakan teknologi yang boleh dikatakan baru, belum banyak oil or service company yang menerapkan ini. dan sampai saat ini kemungkinan masih diadakan pengembangan-pengembangan dalam metode snake well untuk menjadi lebih baik.

Snake Well ( sumber : www.shell.com )


9. Dog Leg
Real Dog Leg (sumber : bluekelpie.me )
Kaki anjing yak, ya bener kalo arti umumnya. tapi diperminyakan dog leg berarti "lubang cengkok", belokan pada pipa, selokan atau sumur yang disebabkan oleh perubahan arah yang tajam. Ini biasanya terjadi pada operasi pemboran berarah / directional drilling. Dog leg bila tidak beres dalam pengerjaannya akan menyebabkab pipe sticking yang akan menghambat operasi pemboran.
Petroleum Dog Leg (sumber : www.drillingahead.com )


ada yang lain???



Sumber : http://diglib.lemigas.esdm.go.id/opac.php

No comments:

Post a Comment