Wednesday, April 15, 2015

Ini Barang-barang yang Harus Kamu Bawa Kalo Kuliah di Jogja

Jogja, ngomongin Jogja lagi dan memang tak pernah bosan-bosannya ngomongin kota yang ngangenin ini. Jogja mendapat julukan sebagai Kota Pendidikan, karena ya emang di sini tempat pendidikan itu berasal. boleh dibilang gitu sih. Tau Ki Hajar Dewantara? itu lo yang mukanya ada di lembar duit yang selalu kalian belanjain. Beliau boleh dibilang sebagai pelopor pendidikan di Indonesia, dan pusatnya di Jogja meeen, Jogja Jogja. Lagipula terdapat ratusan perguruan tinggi dengan berbagai macam jurusan yang siap menampung kamu-kamu semua :D

Nah, ini saya kasih tau sama adik-adik SMA yang mau melanjutkan kuliahnya di Jogja, ada beberapa barang harus kalian bawa dan kalian "standby" kan di Jogja. Sebagian dari barang-barang ini ada juga sih yang bisa dibeli dan diadakan di Jogja, tapikan selagi ada bawa aja dulu yang ada, mubazir duit, lumayan bisa makan di angkringan diakhir bulan. Barang-barang tersebut sebaiknya sudah kalian persiapkan dari sekarang, agar nanti tidak repot jika suatu waktu dalam keadaan mendesak kalian membutuhkannya, tau sendiri kan letak Jogja dan Natuna jauh bingitsss. Dipaketin mau pake Pos, JNE, TIKI atau jasa pengiriman lainnya bakal lama sampenya, dan juga mahaaaal. Eman-eman je orang Jewe lak. :D

Apa aja tu barang?
Song lah ite bahas sutek-sutek.


A. Dokumen-dokumen Penting
Dokumen-dokumen penting via meimeiwulandari.blogspot.com
Dokumen-dokumen penting ini emang penting untuk kamu bawa, dan pasti bakal ada yang berguna ketika dibutuhkan secara mendadak. yakin deh.! Jangan anggap remeh dokumen-dokumen dari sekolah ini, okay. Percayalah, dari kami yang sudah merasakan.


1. Dokumen-dokumen dari Sekolah Asal
Ijazah SMA via m.inilah.com
Seperti Ijazah SMA, surat rekomendasi, surat jalan, dll. dan semuanya harus difotokopi banyak-banyak dan mesti dilegalisir. Ijazah SMA merupakan hal paling urgent untuk dibawa ke Jogja, secara kamu mau daftar kuliah kan ya. Ijazah SMA merupakan syarat administrasi saat kamu mendaftar di kampus pilihanmu.

Berikutnya adalah raport juga gak kalah pentingnya, sebagian kampus di Jogja ada yang lebih menilai kita dari nilai raport SMA dari pada ijazah. Fungsinya juga sama sebagai syarat administrasi pendaftaran kampus. Boleh juga kamu membawa ijazah-ijazah dan raport-raport sekolahmu yang dulu (SMP, SD, TK) untuk jaga-jaga aja.


2. Surat Kesehatan
Surat Kesehatan, via www.4shared.com
Sebenarnya ini bisa sih dibuat di Jogja, stapi ya berhubung kamu orang baru dan akan bingung dengan jalan-jalan yang ada di Jogja, lebih baik kamu siapkan saja dari Natuna. ya kan? Surat kesehatan juga berfungsi pada saat kamu daftar masuk perguruan tinggi di sana. Ada beberapa kampus yang meminta untuk melampirkan surat kesehatan dokter ini. Agar terbukti kalau kamu sehat, tidak sedang sakit, sakit hati karena dia memilih yang lain.


3. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
SKCK ini mempunyai masa berlaku, kalau tidak salah 6 bulan. Dan ada baiknya kalian membuatnya saat-saat waktu keberangkatan sudah dekat, datang saja ke Polres Natuna, lengkapi persyaratannya, bayar administrasinya dan jadi deh tu surat. Ada beberapa kampus yang meminta SKCK ini sebagai syarat administrasinya.

Proses Pembuatan SKCK, via taktiktek.blogdetik.com


4. Surat Izin Mengemudi
Bagi yang sudah cukup umur, ada baiknya membuat SIM terlebih dahulu sebelum ke Jogja, terserah mau SIM A atau SIM C, dua-duanya juga boleh. Ini akan membantumu kelak saat di Jogja, sering ada razia polisi guna menertibkan pengguna jalan raya, nah saat kamu apes tidak bawa kelengkapan kendaraan bermotor kan berabe ntar. Melayang dah tu fulussss..
Bikin SIM doloooo lah


5. Fotokopi dan Legalisir Kartu Tanda Penduduk Kamu, Ayah dan Ibu mu
Cap Cap Cap, via datariau.com
KTP juga sangat penting dibawa. Karena pada saat kuliah dan kamu ingin mengajukan beasiswa, baik itu beasiswa kampus, beasiswa Natuna maupun beasiswa Provinsi, fotokopi dan Legalisir KTP kamu, Ayah dan Ibu mu sering diminta sebagai syaratnya lho. Cukup KTP mu, bapak, ibu. Gak perlu KTP pak RT, pak RW kecuali kamu anaknya mereka. :D, apa lagi KTP bapak mertua yang gak jadi, upss... jangan, jangaaan.


6. Fotokopi Kartu Keluarga dan Akte Kelahiran juga jangan sampe ketinggalan
Kartu Keluarga, via dkcapil.pasuruankota.go.id
Jangan lupakan juga yang ini, Kartu Keluarga dan Akte Kelahiran, di fotokopi dan dilegalisir tu di kantor Dinas Pencatatan Sipil. Penting juga sebagai kelengkapan syarat untuk mengajukan beasiswa. Ingat ya Kartu Keluarga sendiri, jangan Keluarga mantan...

7. Sertifikat dan Piagam Penghargaan
Juara brooooo, via www.sman15smg.sch.id
Ini juga penting untuk dibawa, bagi kamu yang termasuk aktif dan berprestasi saat SMA dulu, tidak ada salahnya untuk membawa dokumen-dokumen ini. Ada beberapa kampus di Jogja yang sangat mempertimbangkan kegiatan dan aktifitasmu selama sekolah, bahkan ada jalur khusus di beberapa kampus yang menilai dari penghargaan-penghargaan yang kamu dapati saat sekolah dulu, buktinya ya dengan sertifikat dan piagam penghargaan ini.

B. Baju Kurung
Identitas kita di negeri orang ya ini, via facebook.com
Nah, ini yang unik. Kenapa Baju Kurung? Karena aku sayang kamu. Ya tau sendirikan Jogja itu miniaturnya Indonesia, dan Jogja sangat terbuka sekali dengan hal yang berbau budaya, karena selain Kota Pendidikan, Jogja juga dikenal sebagai Kota Budaya. Selalu ada event yang menampilkan kebudayaan seluruh Provinsi yang ada di Indonesia. Nah kamu yang bakal jadi Duta Daerah mu, jangan malu untuk mengenakan baju kurung ya. Pakailah dengan bangga. Lagipula, IPMKN Yogyakarta juga kerap menggelar acara bertema budaya, seperti pelantikan pengurus, halal bihalal, baik dengan masyarakat Natuna sendiri, maupun dengan daerah lain, Provinsi Kepri dan Riau contohnya, ketika event-event tersebut, baju kurung adalah baju yang sering digunakan. Untuk yang cowok, tambahan kain songket akan menambah derajat ke-hensem-an mu dan menunjukkan bahwa kamu adalah MELAYU SEJATI. jedi, sah lupak bewek ye.

C. Baju Batik
Oom Beck aja pake batik, bro. kamu? via www.pulsk.com
Namanya aja di Jogja bro. Kental banget sama yang namanya batik. bagi kamu yang udah punya baju batik terlebih dahulu, gak ada salahnya untuk membawanya langsung, daripada beli lagi di sini, ya kan? Akan ada acara-acara yang kamu pasti bakal ngenakan tu batik. Dan batik kan juga menunjukkan khasnya Indonesia. berbanggalah, dek. Kalau ada, bawalah batik dengan corak khas melayu Natuna, sudah ada kan batik Natuna, dan itu juga kamu sudah menunjukkan ciri khas Melayu Natuna dalam berbatik. Jadi, berbanggalah.

D. Passport dan Visa

Kemana luan ni? via jermandes.kelasnusantara.com
Ada baiknya kamu memiliki passport dan/atau visa sebelum merantau ke kota ini, barangkali saat dikampus kamu mengikuti event internasional yang mengharuskan kamu pergi ke luar negeri. Pengurusan passport kan lama, lama ngantrinya. Nah kalau di Natuna kan masih lumayan sedikit tu, jadi selagi punya waktu luang, buatlah passport, sekalian visa juga boleh. Kantor Imigrasi di Natuna, ya itu di jalan DKWM Benteng sebelum Pertamina sebelah kanan jalan kalau kita dari simpang 4 Masjid Raya Al-Jami'.

--------------------------------------
Itu dulu deh yak, nanti bisa ditambah lagi kalau ada yang perlu ditambah. Selamat menjadi mahasiswa ya, baik-baik di kampung orang, dan jangan lupa untuk pulang. ;)

No comments:

Post a Comment