Tuesday, April 14, 2015

ini Ikatan Pelajar Mahasiswa Natuna yang ada di Indonesia


Bangsa yang kaya raya tak lepas dari sumber daya manusianya yang mumpuni. Sumber daya manusia yang bersifat terus maju, berfikir kritis dan futuristik menjadi cermin akan majunya suatubangsa. Biasanya hal-hal seperti itu terdapat dalam dari para mahasiswa. Natuna memiliki ribuan mahasiswa baik di wilayah Natuna sendiri, maupun mereka yang merantau di seluruh Indonesia, bahkan ada yang mencapai daratan Eropa, namun untuk tetap bersatu dalam satu fikiran guna menyatukan visi dan misi, sebagian dari mereka yang peduli akan daerah yang lebih baik membentuk suatu wadah multifungsi, mulai dari wadah silaturahim, wadah pemersatu fikiran, wadah diskusi, dan lain-lain. Wadah tersebut biasanya disebut dengan Ikatan Pelajar Mahasiswa Natuna se Indonesia, yang berikutnya diindukkan dalam sebuah nama FKMNI (Forum Komunikasi Mahasiswa Natuna se Indonesia).

 
FKMNI, via fkmni.com

FKMNI sendiri berdiri pada tahun 2010, dengan musyawarah besar pertama diadakan di Yogyakarta, FKMNI adalah forum yang mewadahi seluruh ikatan pelajar mahasiswa Natuna se Indonesia, awal mula forum ini terbentuk adalah untuk mengawasi kinerja pemerintah daerah Natuna yang dinilai melenceng, maka pada saat itu, Aliansi Mahasiswa Natuna se Indonesia yang terdiri dari seluruh mahasiswa yang berasal dari Natuna melakukan semacam "penggeledahan" dikantor dinas Pendidikan Kabupaten Natuna, ini dikarenakan terkendalanya pencairan beasiswa untuk para mahasiswa Natuna pada saat itu. Setelah itu, dengan diskusi yang panjang oleh para "sesepuh-sesepuh" maka disepakatilah berdirinya Forum Komunikasi ini.

Berikut akan saya tampilkan beberapa ikatan atau himpunan mahasiswa Natuna yang ada di Indonesia, barangkali bisa menjadi refrensi adik-adik SMA untuk melanjutkan kuliahnya di salah satu tempat ini.

1. Himpunan Mahasiswa Kabupaten Natuna (HMKN) Ranai
Logo HMKN Ranai, via fkmni.com

Nah ini Himpunan yang ada ditempat kita sendiri. HMKN Ranai baru berdiri sekitar tahun 2014. Belum banyak informasi tentang HMKN ini.

2. Himpunan Keluarga Mahasiswa Kabupaten Natuna (HKMN) Tanjung Pinang
Logo HMKN Tanjung Pinang, via fkmni.com

Ini merupakan Himpunan dengan jumlah anggota (baik aktif maupun tidak) terbanyak dari IPMKN-
IPMKN yang lain. Faktor letak geografisnya yang berdekatan dengan Natuna serta faktor "gampang pulang" merupakan alasan mahasiswa-mahasiswi dari Natuna memilih Tanjung Pinang sebagai tempat untuk meneruskan kuliah.

linknya di : http://hmkn-tanjungpinang.blogspot.com/


3. Ikatan Pelajar Mahasiswa Kabupaten Natuna (IPMKN) Batam
Logo IPMKN Batam, via fkmni.com
Ikatan ini terletak di Pulau Batam, juga memiliki anggota yang banyak. 
Mahasiswa Natuna banyak memilih UNIBA (Universitas Batam) sebagai tempat kuliahnya disini. 
Minat gabung? 


4. Himpunan Pelajar Mahasiswa Natuna (HPMN) Kalimantan Barat
Logo HMPN Kalimantan Barat, via fkmni.com
Satu-satunya Himpunan yang ada di Pulau Borneo, mahasiswa Natuna banyak memilih 
kuliah kuliah disini adalah mereka yang yang kebanyakan berasal dari kecamatan Midai, 
Subi, Serasan dan Serasan Timur, karena letak geografisnya yang memang berdekatan.

linknya di : http://hpmnkalbar.blogspot.com/


5. Ikatan Pelajar Mahasiswa Kabupaten Natuna (IPMKN) Pekanbaru
logo IPMKN Pekanbaru, via fkmni.com
 Mahasiswa Natuna banyak yang melanjutkan kuliah di UNRI, UIR dan UIN Suska, kuliah di Pekanbaru, meskipun jauh dari kampung, akan tetap terasa seperti dikampung sendiri, karena bahasa melayu banyak digunakan di tempat ini.

linknya ada di : http://ipmkn-pku.blogspot.com/


6. Ikatan Pelajar Mahasiswa Kabupaten Natuna (IPMKN) Bandung
Logo IPMKN Bandung, via fkmni.com
Kuliah di Bandung mempunyai kesenangan tersendiri bagi mahasiswa Natuna, selain tempatnya yang dingin, surganya fashion, bagiyang senang dengan kegiatan yang berbau alam juga ya disini tempatnya.


7. Ikatan Pemuda Pelajar Mahasiswa Natuna (IP2MN) Jakarta
Logo IP2MN Jakarta, via fkmni.com
 Mengadu nasib di Ibukota juga punya cerita asyik di hari tua bagi mahasiswa Natuna yang mengambil kuliah di Jakarta ini, asrama IP2MN terletak di Tebet Timur dalam, dekat dengan Stasiun KRL Cawang. jadi jangan takut tersesat atau tak punya tempat berteduh kalau lagi di Jakarta. 


8. Ikatan Pelajara Mahasiswa Natuna (IPEMAN) Malang
Logo IPEMAN Malang, via fkmni.com
 Ikatan ini beridiri pada tahun 2010. pendirinya adalah Hairul, alumni SMA N 1 Ranai yang juga menjadi ketua IPEMA N-M yang pertama.

selengkapnya di : http://ipemanatunamalang.blogspot.com/


9. Ikatan Pelajar Mahasiswa Kabupaten Natuna (IPMKN) Bogor
Logo IPMKN Bogor, via fkmni.com
Ini termasuk IPMKN muda di Indonesia, Ikatan Pelajar Mahasiswa Kabupaten Natuna - Bogor 
berdiri pada tanggal 25 Februari 2013 di Bogor. Mendapat legalitas akta notaris pada bulan Juni 2013 
dengan no 44 dan legal di Institut Pertanian Bogor pada 17 September 2013 dengan nama yang sama. 
Nah bagi yang nak kuliah di Bogor Jawa Barat, disinilah tempat berkumpul mahasiswa-mahasiswa Natuna di Kota Bogor ini, yuuk monggo...

linknya di : http://ipmknbogor.blogspot.com/


10. Perhimpunan Mahasiswa Kabupaten Natuna (PERMANA) Purwokerto
Logo PERMANA, via fkmni.com
Perhimpunan Mahasiswa Natuna termuda yang termasuk di dalam naungan FKMNI, belum banyak informasi tentang Perhimpunan ini.


11. Ikatan Pelajar Mahasiswa Kabupaten Natuna (IPMKN) Yogyakarta
Logo IPMKN Yogyakarta, via fkmni.com
Haa, Jogja. Ini merupakan IPMKN paling kompak dari IPMKN yang ada, juga merupakan IPMKN teraktif di Natuna. setiap tahunnya, IPMKN Natuna mempunyai "KKN" tersendiri yang kegiatannya di sebut dengan "BULAN BHAKTI IPMKNY". Kemudian juga sering mengikuti kegiatan-kegiatan sosial masyarakat, dan berpartisipasi dalam turnamen olahraga di Natuna. tim IPMKN Yogyakarta adalah tim olahraga yang patut diperhitungkan. di Jogja, tim olahraga IPMKNY adalah tim yang paling disegani oleh ikatan pelajar mahasiswa yang lain, baik dilingkup Kepri maupunseluruh Indonesia, beragam prestasi telah diukir, begitu pula dengan tim kesenian dan budayanya. 

niat gabung? cek blognya di http://ipmkny.blogspot.com/


No comments:

Post a Comment