Thursday, July 23, 2015

Belajarlah dari Buah Kelapa : Untuk Menjadi Sukses dan Bermanfaat itu Butuh Proses yang Panjang

Zaman sekarang ini semua orang ingin serba cepat, apa-apa ingin cepat jadi. Instan. Cara apa pun ditempuh untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkan tersebut. Tanpa menyadari bahwa SESUATU YANG DIDAPAT DENGAN CARA INSTAN, AKAN DILEPAS DENGAN CARA YANG INSTAN JUGA. Mengapa? Karena mereka tidak paham akan proses untuk mencapainya. Yakin lah.

"Tidak ada sesuatu yang instan di dunia ini, bahkan untuk membuat mie instan saja kau harus merebusnya terlebih dahulu."

Mari kita belajar dari buah kelapa. Siapa yang tidak tahu buah kelapa? Buah ini dikenal dengan buah sejuta manfaat, semua unsur kelapa bisa digunakan untuk menunjang kehidupan. Pohonnya bisa dimanfaatkan untuk membuat rumah setelah diolah menjadi papan. Airnya bisa diminum dan menyegarkan. Daunnya bisa dijadikan ketupat, serat daunnya bisa dijadikan sapu lidi, buahnya bisa dimakan, sabut kelapa bisa digunakan untuk pembakaran, dan hasil olahannya berupa minyak dan santan bisa digunakan untuk kebutuhan hidup kita. Bahkan kopra yang merupakan olahan dari kelapa ini menyumbang peranan penting dalam sejarah pembentukan Koperasi di Indonesia.
Pohon dan Buah Kelapa, via www.deherba.com
Namun bagi kita yang hanya tinggal menikmati saja olahan-olahan dari kelapa ini, contoh saja SANTAN. pernahkah berfikir bagaimana itu bisa berada di tangan kita, bahkan berada di dalam perut untuk dicerna?

1. Saat Berada di Pohon dan kita ingin mengambilnya,
Mengambil buah kelapa, via archive.kaskus.co.id
Pernah berfikir menjadi sebuah kelapa? ketika kita dibutuhkan orang namun dia memperlakukan kita dengan cara yang tidak pantas. Lihat saja kelapa bagaimana saat dia akan diambil. Orang Ranai bilang di"juluk", atau bagi yang bisa memanjatnya maka ketika sudah sampai di atas si buah akan dipelintir-pelintir hingga lepas. Setelah didapat, apa yang dilakukan? si buah kelapa dijatuhkan saja dari atas hingga ke tanah.

2. Setelah Kelapa Ada di Tanah
Tumpukan kelapa, via bismacenter.ning.com
Lalu apa yang didapat oleh si buah kelapa ketika sudah jatuh di tanah. Ia akan diseret, atau bahkan ditendang untuk dikumpulkan disatu tempat.

3. Setelah itu......
Kelapa diparut, via agrofarmcoconut.blogspot.com
Penderitaan berlanjut, buah kelapa "dieksekusi" : dibelah, diparut untuk diambil hasil parutan dagingnya.

4. Lalu...............................
Santan Kelapa, via dapurherbalku.wordpress.com
Berakhir? belum! Kemudian hasil parutan kelapa yang sudah dicampur air diperassss berulang-ulang untuk menghasil air berwarna putih, dan sederet "penderitaan-penderitaan" lainnya terus berlanjut hingga si Kelapa berubah menjadi santan.


Sebuah proses yang sangat panjang untuk menjadi sesuatu yang bermanfaat bukan? Lah, jadi apa donk manfaat santan kelapa?

Epak, itak ndek tau mende fungsi SANDAN NYOK ni? telalu.

Banyak sekali manfaat yang ada pada santan kelapa ini, bayangkan saja, jika kelapa tidak ada :


  • dari mana kalian akan dapat merasakan lezatnya RENDANG, masakan Indonesia yang telah diakui lezatnya oleh dunia?
  • dari mana kalian bisa merasa lengkap berlebaran tanpa adanya hidangan OPOR ayam yang menghiasi meja makan?
  • dari mana kalian bisa merasakan segarnya aneka minuman es ketika dahaga menyerang ditengah teriknya panas yang menyengat?



Aneka kreasi makanan dan minuman dengan bahan santan kelapa, (dari berbagai sumber)

1 comment: