Monday, July 13, 2015

Untuk Kamu Para Pemudik : Ini Adab-adab Musafir yang Harus Kamu Ketahui

Sekarang kita sudah memasuki musim mudik, musim dimana jalan-jalan, laut, dan udara dipenuhi oleh kendaraan-kendaraan yang digunakan untuk pulang ke kampung halaman. Mudik merupakan sebuah tradisi kita ketika hendak menyambut Idul Fitri. Nah selama dalam perjalanan mudik ke kampung halaman, secara otomatis kita bertransformasi menjadi seorang musafir.

Kata Rasulullah dalam hadist riwayat imam Bukhari, safar adalah separuh siksa dunia, karena ibadah menjadi kacau, apa lagi shalat. Tetapi, saat safar adalah juga termasuk dalam kriteria do'a yang dikabulkan. :)

Nah, seperti yang sudah dikutip dari akun line Dakwah Islam,  sekarang saya ingin share tentang adab musafir, agar perjalanan kita tidak sebatas capcus aja, tapi juga bernilai pahala di Mata Allah Ta'ala. Apa aja? Yu mareeee...

1. Dirikanlah shalat sunat 2 rakaat sebelum keluar rumah, Semoga Allah permudah segala urusan.
Salat sunnah 2 rakaat, via abuazmashare2014.blogspot.com
"tidaklah seseorang meniggalkan sesuatu bagi keluarganya yang lebih baik dari 2 rakaat yang dilakukan di sisi mereka ketika berniat untuk musafir" (HR. Imam Thabrani)

2. Sunnah memulai perjalanan pada hari kamis, atau selain itu, namun sebisa mungkin hindari berpergian pada hari jumat, agar tidak menggangu waktu shalat jumat.
Kamisssss, via www.canstockphoto.com
"Rasulullah berangkat ke Perang Tabuk pada hari Kamis. Rasulullah menyukai memulai perjalanan pada kamis." (HR. Imam Bukhari) 

3. Meminta izin kepada keluarga
Izin mau mudik, via www.kaskus.co.id

"Apabila seorang dari kamu akan bermusafir, hendaklah meminta izin kepada saudara-saudaranya, sebab sesungguhnya Allah menjadikan kebaikan pada doa mereka" (daiambil dari kitab al-Azkar Imam Nawawi)

4. Hendaknya memulai perjalanan pada malam hari. Karena malam hari tenang dan pendek waktunya, dan sedikit waktu shalat fardu.
Perjalanan di sunnah dimalam hari, via www.szaktudas.com

"Berjalanlah pada waktu malam hari, karena bumi dijadikan pendek pada waktu malam" (HR Imam Abu Daud)

5. Hendaknya membawa teman, jika lebih dari 3 orang, disunnahkan melantik pemimpin diantaranya.
Mudik Bareng, via nasional.news.viva.co.id
"Jika manusia mengetahui bahaya bermusafir sendirian sebagaimana aku mengetahui, tentu mereka enggan bermudafir sendirian" (HR Imam Al-Bukhari)

6. Membaca doa sebelum musafir, baik doa naik kendaraan dan doa ketika memasuki tempat orang.
Doa, via untuk-islam.blogspot.com
Seorang lelaki bertanya : Wahai Rasul, saya akan bermusafir, jadi berikanlah nasihat kepada saya. Nabi berkata : hendaklah engkau bertaqwa kepada Allah dan bertakbir setiap kali melewati tempat tinggi. Selepas lelaki itu pergi, Nabi berkata, "Ya Allah, dekatkanlah jarak perjalanannya dan mudahkanlah perjalanannya" (HR Imam Tirmidzi)

7. Bertakbir ketika melalui tempat tinggi, dan bertasbih ketika menuruni tempat tinggi. Termasuk saat naik pesawat.
Doa di pesawat, via www.merdeka.com
Dari Jabir r.a. dia berkata : "Apabila kami naik kami bertakbir, dan apabila turun kami bertasbih" (HR Imam Bukhari)

8. Membeli buah tangan untuk dibawa pulang.
Ini adalah hal yang sering kita lakukan, tanpa sadar bahwa kita sudah melaksanakan salah satu sunah rasul, tinggal perbaiki niatnya, ya. :)

9. Bersujud syukur sesampainya di tempat tujuan
Sujud Syukur, via kalsel.kemenag.go.id
Sampaikan rasa syukurmu ketika telah sampai ditujuan dengan melakukan sujud syukur. Syukur atas keselamatan yang Allah berikan kepadamu, syukur atas kesempatan yang diberikan kepadamu untuk bertemu orang-orang yang kamu cintai.

10. Meminta musafir untuk mendoakan kita.
Doa yang mustajab adalah ketika sedang berpergian, via arjunapratama.blogspot.com

Doa seorang musafir adalah doa yang mustajab, sesuai dengan hadist nabi :
"Tiga doa orang yang sangat mustajab; yang berpuasa, yang di dholimi, dan yang sedang berpergian" (HR Bukhari, Ahmad, dan Tirmidzi).

Ohya, apabila kita bersafar sejauh lebih dari 89 km (dua marhalah), maka kita dianjurkan untuk shalat qasar dan jamak. Ini merupakan suatu keringanan yang diberi oleh Allah Ta'ala kepada hamba-hamba_Nya.

Selamat mudik... :)

No comments:

Post a Comment