Saturday, April 2, 2016

Review Film Armageddon (1998)


Hmmm, sepertinya ini bakal jadi rubrik baru di blog saya. Padatnya pekerjaan dan sedikitnya waktu yang didapat membuat saya jarang bisa menulis dan mendapatkan inspirasi. Harus putar otak dan berfikir keras. Hhhe. Akhirnya dapat ide untuk meulis review tentang film, tapi ya ini film-film yang telah lama diputar dan ditambah dengan quotes mantap sepanjang film yang akan saya kutip. Ide ini juga sinkron dengan hobby saya yang suka menonton kembali film-film lama dari leptop, itung-itung ngilangin suntuk lah ye. Yuk ah.

 

Armageddon merupakan film pertama yang akan saya review, siapa coba yang gak tau film ini? Soundtrack nya adalah lagu Aerosmith dengan judul I dont wanna miss a thing yang legend itu. Film ini merupakan film fiksi ilmiah yang dirilis pada 1 juli 1998, di sutradarai oleh Michael Bay dan dibintangi oleh artis-artis keren, ada Bruce Willis, Ben Affleck, Billy Thornton, Liv Tyler, dan lain-lain.

Ceritanya adalah mengenai asteroid raksasa seukuran Texas yang akan menghantam bumi dalam waktu kurang dari 3 minggu yang akan mengakibatkan kepunahan semua mahkluk hidup yang ada di bumi. Petinggi-petinggi NASA dan pemerintah AS harus memutar otak untuk mencari solusi bagaimana asteroid ini tidak menghantam bumi. Berbagai ide dan metode diberikan untuk memecahkan masalah ini, hingga tercetus ide tentang meledakkan inti asteroid dengan nuklir dengan cara di bor terlebih dahulu.

Maka dipanggillah Harry Stamper (Bruce Willis). Harry dikenal sebagai ahli pengeboran yang handal, ia merupakan generasi ketiga dari keluarga Stamper pemilik Stamper Oil, perusahaan pengeboran minyak dunia. Awalnya Ia sendiri sempat ragu untuk mengiyakan, namun akhirnya ia menerima dengan syarat ia harus pergi ke angkasa bersama kru nya sendiri. Maka dikumpulkanlah kru nya yang sempat berpencar setelah tragedi blow out di lokasi pemboran mereka. Kru Harry merupakan kru yang konyol, namun mereka merupakan yang teraik dibidangnya masing-masing. 

Harry dan kru nya, via ftpmirror.your.org

Pemerintah AS awalnya sama sekali tidak yakin kepada kru Harry, selain bertindak konyol, rata2 mereka juga merupakan pengoleksi catatan kriminal. Namun tidak bagi Trump (Billy Thornton), kepala NASA ini yakin kepada Harry dan kru nya, dan mereka melakukan serangkaian test dan mereka dilatih secara kilat mengenai angkasa sebelum diluncurkan kesana.

Persiapan take off, via www.dailymail.co.uk

Terjadi beberapa adegan epic untuk menambah ke dramatisan film ini. Konflik ayah yang tidak setuju dengan anak gadis yang mencintai salah satu kru Harry, konflik keluarga Chick (Will Patton), sikap sok pahlawan, pergulatan pendapat dengan pemerintah pusat, dan lain-lain. Namun banyak juga pesan moral yang bisa dipelajari yakni cinta tulus sang Ayah, kepercayaan pada tim, rasa kekeluargaan dan persahabatan yang kuat.

Hal yang paling greget menurut saya adalah ketika Harry memutuskan untuk tinggal di asteroid guna meledakkannya secara manual karena pemicu bom otomatis telah rusak di hantam badai yang datang tiba-tiba. Awalnya A.J. Frost (Ben Affleck) lah yang mendapat tugas setelah mereka melakukan pengundian, namun ketika A.J hendak keluar dari lift pesawat tiba-tiba tabung oksigen A.J ditarik oleh Harry, dan ia mendorong A.J masuk ke dalam lift sementara ia yang keluar.

"Harry, ini tugasku, ini tugasku!" teriak AJ. 


"tugasmu adalah menjaga putriku sekarang"
"aku selalu menganggapmu sebagai putraku, namun aku lebih bangga jika kau menikahi putriku". 
Harry

Kemudian ia berbicara kepada putrinya untuk yang terakhir kali lewat "video call" (gak tau dulu namanya apa yak).

"aku berharap bisa disana mengantarkanmu ke panggung pernikahan".
"Aku akan menjagamu sepanjang waktu, sayang"
-Harry

Bagaimanapun juga, sikap seorang ayah adalah selalu ingin bersama dan melindungi anaknya. :') 

Tim yang tersisa ketika kembali pulang, via animatedviews.com

Meski pun termasuk film lama (tahun 1998), namun film ini tetap saja enak ditonton, selain banyak juga berisi pesan moral, film ini memiliki desain grafis yang boleh dibilang terbaik dizamannya. Menurut saya film ini merupakan film terbaik sepanjang masa yang pernah ada. Film yang berdurasi sekitar 2,5 jam ini berhasil mengobrak-abrik emosi penonton dalam setiap adegannya. So, kembali penasaran? Atau memang belum pernah menonton? Yuk cuss, tidak ada salahnya kembali memutar film ini untuk menontonnya kembali. :)

Saya pribadi mempunyai cerita unik tentang film ini, pertama kali menontonnya ketika masih SD, belum mengerti apa-apa hanya mengambil keseruannya saja. Kemudian setelah kuliah di Perminyakan, saya mendapat tugas dari senior saya untuk menganalisa mengapa blow out terjadi di rig Stamper ketika diawal-awal film ini. Ini membuat saya dan kelompok harus menonton lagi, dan menganalisa ulang menurut pemikiran masing-masing. :D
Menurut lo kenapa tu hayo?



Beberapa quotes mantap yang saya dapati dari film ini adalah :

"Drilling isn't a science, it is an art."
Mengebor bukan hanya ilmu sains, itu adalah seni. (Harry)




"I am only the best, because I work with the best, You dont trust the men you're working with, you are as good as dead."
Aku menjadi yang terbaik karena aku bekerja dengan orang2 terbaik, kau tidak percaya dengan partnermu bekerja, kau sama saja sudah mati. (Harry)


"I think we are close enough (to God), He might have heard ya."
Ku rasa kita cukup dekat (dengan Tuhan), ku rasa dia pasti mendengarmu. (Max)

"I've been drilling holes in the earth for thirty years. And I have never, never missed a deep that I have aimed for. And by God, i am not gonna miss this one."
Aku sudah mengebor lubang di Bumi selama 30 tahun, dan aku tak pernah, sama sekali tak pernah tidak berhasil mencapai kedalaman yang ku inginkan. Dan demi Tuhan aku takkan gagal mengebor lubang yang satu ini. (Harry)


"I promised my little girl that I'd be comin' home. Now I dont know what you people are doing down there, but we've got the hole to dig up here."
Aku janji pada gadis kecilku, bahwa aku akan pulang. Sekarang aku tak tau apa yang kaian lakukan di bawah sana, tapi ada lubang yang harus kami gali di sini. (Harry)

"Everything good that I have inside of me. I have from you. I love you so much, and I'm so proud of you."
Segala hal baik yang ada dalam diriku, kudapatkan darimu, ku sangat mencintaimu ayah. Aku sangat bangga padamu. (Grace)

"Harry will do it, he doesn't know how to fail."
Harry akan melakukannya, dia tak tahu cara untuk gagal.
(A.J)

2 comments:

  1. Udh nonton berkali2, tetep sedih liat'y... satu lg, bibir'y liv tyler sekseh abis wkwk

    ReplyDelete