Wednesday, March 8, 2017

Bakso Degan, Kuliner Unik di Kota Istimewa

Gak tau kenapa jadi suka bikin review tentang kuliner gini ya, spontan aja. Tapi ternyata asyik, leh uga. Lanjut deh. Aslinya sih ane gak terlalu suka kuliner-an. Kalau ketempat-tempat baru, yang pertama dicari mah ya suasana dan pemandangannya, urusan perut nanti-nanti aja gitu.

Okeh skip aja pendahuluannya ya.

Nih, beberapa waktu lalu saya lihat di akun instagram tentang kuliner unik yang ada di Jogja, bakso kelapa katanya. Penasaran donk gimana. Ane sendiri tidak terlalu suka makan bakso, tapi paling suka banget dengan kelapa, jadi ya pengen coba ni makanan.

Lalu beberapa waktu lalu ane pulang ke Jogja, dan meluncur ke tempat ini, sesuai dengan yang ada di alamat setelah sebelumnya gugling dulu. Namanya Warung Berkah, terletak di jalan Sugeng Jeroni No 62 Wirobrajan, Patangpuluhan. Searching aja di gugel mep, bakal nemu deh, tidak susah untuk menemukan tempat ini karena lokasinya berada dipinggir jalan raya. 
Warung Berkah, Bakso "Degan"
Setelah sampai, jelas langsung memesan menu andalannya, bakso degan dan minuman es biar seger. Tampilan bakso degan memang unik. Biasa bakso disajikan dalam mangkuk, namun bakso degan disajikan dalam batok kelapa, bahkan kalau mau bisa juga disajikan dengan kelapa utuh sebagai wadah pengganti mangkuknya. Bakso nya juga bukan dari daging sapi, melainkan daging ikan kakap, lalu kuahnya ya dari kelapa, oleh karena itu namanya bakso degan.

Air kelapa yang biasanya manis, gurih dan sangat nikmat jika diminum dingin, sekarang disajikan hangat ditambah bumbu-bumbu rahasia. Ditambah dengan bakso ikan ini menciptakan rasa yang istimewa dan sensasi berbeda dilidah para penikmat bakso. Nah, udah kebayang belum rasanya seperti apa? 
Bakso Degan, maknyossss
Tidak hanya kuah ternyata, mie nya juga berasal dari daging kelapa. Mie bakso yang biasanya dari tepung, kini berganti dengan serutan lembut daging-daging kelapa pilihan. Kombinasi antara kenyalnya daging kelapa muda dan air kelapa berbumbu yang disajikan hangat membuat bakso ini memiliki rasa yang unik, dan enak dilidah. Daging-daging kelapa yang masih ada didinding batok kelapa juga bisa dimakan untuk menambah nikmatnya makan bakso degan ini. Kelapa yang menjadi kuah dan mie pada bakso degan ini adalah kelapa yang sudah “memenuhi kualifikasi” bakso degan, tidak muda, dan juga tidak tua. Kelapa dewasa mungkin ya, yang siap nikah.

Urusan harga mah aman, Jogja gitu, yang apa-apa terjangkau. Harga bakso degan ini 13.000 rupiah untuk bakso degan batok kelapa, dan 18.000 rupiah untuk bakso degan utuh. Warung Berkah ini ternyata baru dibuka pada bulan desember 2016 kemarin. Namun untuk seukuran warung makan yang baru, tempat ini boleh dikatakan ramai pengunjung. Terlebih lagi Warung Berkah yang menyajikan bakso degan ini merupakan satu-satu nya di Jogja. 
Daftar Harga
Salah satu pemiliknya bernama Wiwik. Ia bersama ketiga rekan yang sama-sama satu alumnus SMP itu membuka Warung Berkah setelah mendapat “ilham” ketika berlibur ke Jawa Barat, lalu menemukan menu serupa dihotel. Lalu mereka mencoba membuatnya ketika pulang di Jogja, dengan melakukan beberapa modifikasi seperti bakso daging diganti dengan bakso ikan, dan kuah-kuahnya menggunakan bumbu-bumbu pilihan dan rahasia, ssttt. Lalu mereka mengundang seorang teman yang menjadi koki hotel untuk memberikan saran-saran.

Warung Berkah ini buka dari jam 11 pagi sampai pukul 7 malam Waktu Jogja Istimewa. Yuk monggo melipir mampir, kapan lagi coba makan bakso ikan yang kaya akan vitamin dengan kuah dan mie kelapa yang mengandung banyak khasiat ini. Mantep lurrr..

Sumber : http://jogja.tribunnews.com

1 comment:

  1. Terima kasih yang amat dalam kami ucapkan kepada MBAH SELONG yang
    telah memberikan kebahagian bagi keluarga kami…berkat Beliau saya
    sekarang udah hidup tenang karena orang tuaku udah buka usaha dan
    punya modal untuk buka bengkel skrang pun orang tuaku tidak di
    kejar-kejar hutang lagi…dan keluarga Kami di berikan Angka
    Ritual/Goib Dari mbah yg sangat Jitu 100%dijamin
    tembus…hingga keluarga kami sekarang merasa tenang
    lagi…terima kasih mbah…Jika Anda ada yg merasa kesulitan
    masalah Nomer ToGEL silahkan hbg Aja MBAH SELONG
    dinmr hp beliau (081-322-565-355) ATAU KLIK SITUS KAMI
    dan saya sudah membuktikan 3kali berturut2 tembus terimah kasih

    ReplyDelete