Saturday, September 5, 2015

5 September : Yogyakarta Masuk ke Republik Indonesia, #hariinidalamsejarah

Hari ini 70 tahun yang lalu merupakan hari yang sangat bersejarah untuk Indonesia, terutama warga Yogyakarta, karena pada tanggal 5 September 1945 dahulu, Sultan Hamengkubuwono IX mendeklarasikan bahwa Kesultanan Yogyakarta Hadiningrat masuk dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kesultanan Yogyakarta juga merupakan wilayah pertama Negara Republik Indonesia pasca Kemerdekaan 17 Agustus 1945. 

Pada tanggal 19 Agustus 1945 Sri Sultan dan Sri Paku Alam mendapat piagam dari Presiden Soekarno. Menyikapi hal itu, Sri Sultan Hamengku Buwono IX  dan Sri Paku Alam VIII yang berkuasa di wilayah Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat dan Kadipaten Pakualaman menyatakan bergabung dengan NKRI pada tanggal 5 September 1945 melalui sebuah maklumat. Isi maklumat tersebut ialah;
Kesultanan Yogyakarta Hadiningrat, via id.wikipedia.org

MAKLUMAT
Kami, Hamengkubowono IX, Sultan Negeri Ngayogyakarto Hadiningrat, menyatakan:
  1. Bahwa Negeri Ngayogyakarto Hadiningrat yang bersifat kerajaan adalah Daerah Istimewa dari Negara Republik Indonesia
  2. Bahwa kami sebagai Kepala Daerah memegang segala kekuasaan dalam Negeri Ngayogyakarto hadiningrat, dan oleh karena itu berhubung dengan keadaan pada dewasa ini segala urusan pemerintahan dalam Negeri Ngayogyakarto Hadiningrat mulai saat ini berada di tangan kami dan kekuasaan – kekuasaan lainnya kami pegang seluruhnya
  3. Bahwa perhubungan atara Negeri Ngayogyakarto Hadiningrat dengan Pemerintah Pusat Negara Republik Indonesia bersifat langsung dan kami bertanggung jawab atas Negeri kami langsung kepada Presiden Republik Indonesia.
Kami memerintahkan supaya segenap penduduk dalam Negeri Ngayogyakarto Hadiningrat mengindahkan amanat kami ini.


Ngayogyakarto Hadiningrat, 28 Puasa, Ehe, 1876
(Yogyakarta, 5 September 1945)

Berdasarkan Amanat 5 September 1945 ini, maka Sri Sultan Hamengku Buwono IX dan KGPAA Paku Alam VIII menerima penetapan dari Presiden Sukarno sebagai kepala daerah dari Daerah Istimewa Yogyakarta, dimana segala kekuasaan atas DIY dipegang langsung oleh pemerintahan dwitunggal ini. Oleh karena fakta sejarah inilah, pemerintahan Yogyakarta tidak dapat diganggugugat, pemerintahan dipegang penuh oleh Sri Sultan Hamengku Buwono dan KGPAA Paku Alam.

Daerah Istimewa Yogyakarta bukanlah daerah yang tidak mengikuti sistem pemerintahan demokrasi yang diterapkan di Indonesia, melainkan sebuah daerah yang memiliki keistimewaan yang ditetapkan sendiri oleh pemerintah Indonesia untuk beroperasi dalam bentuk pemerintahan yang dipegang langsung oleh Sri Sultan Hamengku Buwono dan KGPAA Paku Alam.

Kadipaten Pakualaman, via puropakualaman9.blogspot.com

Mengapa demikian? Kembali kepada apa arti keistimewaan Yogyakarta, karena Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki kapasitas untuk berdiri sendiri yaitu dengan memenuhi 3 syarat dasar untuk menjadi sebuah negara yang berdaulat, yaitu dengan memiliki wilayah, rakyat yang mengakui dan mendukung atas sistem pemerintahan yang telah ada. Jika ada campur tangan dalam pemerintahan tersebut, justru akan menimbulkan kekacauan, seperti yang telah dipertimbangkan oleh Belanda pada masa penjajahannya.


sumber :
https://keistimewaanyogyakarta.wordpress.com/2012/09/15/amanat-5-september-1945/

4 September : Hari Solidaritas Hijab Internasional, #hariinidalamsejarah

Hari ini, 4 September merupakan hari yang sangat bersejarah bagi umat muslim seluruh dunia, terutama bagi para muslimah. Karena pada tanggal 4 september tiap tahunnya, diperingati sebagai HARI SOLIDARITAS HIJAB INTERNASIONAL. Penetapan hari ini sebagai hari solidaritas hijab internasional guna mengenang seorang wanita bernama Marwa Al-Sharbini, seorang muslimah asal Mesir yang dibunuh oleh seorang pemuda Jerman keturunan Rusia di ruang sidang kota Dresden, Jerman.
Marwa al-Sharbini, via superblacksampler.wordpress.com
Marwa Al-Sharbini adalah seorang martir bagi perjuangan muslimah yang mempertahankan jilbabnya. Ia menjadi korban Islamofobia, yang masih dialami banyak Muslim di Eropa. Kematian Marwa layak untuk diperingati dan dijadikan sebagai Hari Hijab Sedunia. 

Sejarah penetapan hari ini bermula dibulan Juli tahun 2004, dimana tokoh-tokoh Muslim di seluruh Eropa berkumpul di kota London, Inggris. Mereka menggelar konferensi mendukung jilbab, sebagai reaksi atas keputusan pemerintah Prancis yang menyatakan melarang jilbab di institusi-institusi pendidikan dan institusi publik.

Konferensi dibuka oleh walikota London, Ken Livingstone dan dihadiri oleh 300 delegasi, mewakili 102 organisasi-organisasi Inggris dan internasional. Hadir pula dalam konferensi itu tokoh cendekiawan Muslim Sheikh Yusuf Al-Qaradawi dan Profesor Tariq Ramadan.

Dari hasil konferensi itu terbentuklah Assembly for the Protection of Hijab (Majelis untuk Perlindungan Jilbab) dan seluruh peserta mendeklarasikan tanggal 4 September sebagai International Hijab Solidarity Day (Hari Solidaritas Jilbab Internasional). Dalam konferensi itu, para peserta merancang berbagai rencana aksi untuk membela hak kaum perempuan Muslim untuk mempertahankan busana muslim mereka.
“Kampanye ini bukan hanya untuk wanita Muslim semata. Aksi ini ditujukan bagi siapa saja yang percaya bahwa merupakan hak seorang wanita Muslim untuk bisa mengenakan jilbabnya tanpa perlakuan diskriminatif dari masyarakat maupun pemerintahnya,”
Abeer Pharaon - Koordinator Pro-Hijab,

“Jika kami membiarkan serangan terhadap Islam terjadi, saya tahu siapa yang akan menjadi sasaran tembak dan korban berikutnya,”
Livingstone - Walikota London

Sejak itulah, setiap tanggal 4 September, organisasi-organisasi dan umat Islam, terutama muslimah yang tinggal di negara-negara non-Muslim menggelar Hari Solidaritas Jilbab Internasional. Meski gaungnya tidak terlalu menggema  sampai ke negeri-negeri Muslim lainnya, termasuk Indonesia.
we are not terrorist!, via www.lintas.me

Padahal setelah kasus Marwa Al-Sharbini, kasus-kasus larangan jilbab masih terjadi di mana-mana. Beberapa negara bagian di Jerman sudah memberlakukan larang jilbab bagi para siswa sekolah, Mahkamah Agung di negara bagian Michigan AS, baru-baru ini mengabulkan permohonan pengadilan-pengadilan dibawahnya yang melarang muslimah berjilbab masuk ke ruang sidang, belum lama ini, seorang muslimah Selandia baru menggugat seorang hakim di Negeri Kiwi itu yang melarangnya masuk ke ruang sidang hanya karena ia berjilbab, bahkan di negara Turki yang pernah menjadi pusat kekhalifahan Islam, jilbab juga dilarang di institusi-institusi pendidikan terutama di universitas.

Tak ada alasan yang masuk akal atas semua larangan jilbab, kecuali karena fobia terhadap Islam dan arogansi budaya. Tapi dalam Islam, jilbab bukan semata-mata simbol agama tapi perintah yang diturunkan Allah Swt terhadap para muslimah untuk memuliakan kaum perempuan.



Sumber :
http://www.eramuslim.com
http://bppiuns.blogspot.com
http://newsjid.com/sepenggal-sejarah-hari-jilbab-sedunia/

4 September : Perusahaan Raksasa Google Didirikan. #hariinidalamsejarah

Siapa yang tak kenal Google, rata-rata para peselancar dunia maya sangat mengenal sang mesin pencari serba bisa ini. "Mbah Gugel" banyak berperan dalam mengantarkan sukses untuk ribuan pelajar dan mahasiswa. Bagaimana tidak, kita hanya tinggal membuka google.com kemudian mengetik kata kunci maka apa yang kita cari bakal tertera dilayar PC, Laptop maupun smartphone kita.

Namun, pernahkah kita berfikir tentang sejarah pembentukan Perusahaan Raksasa ini? Yuk baca sejenak. 
Logo Google, via aeror2m.blogspot.com
Google dengan dua “o” pun unik, sebab jika data hasil pencarian ditemukan, jumlah “o” akan muncul sebanyak Web yang didapat oleh mesin pencari.
 
Kata Google berasal dari kata Googlo. Kata itu diciptakan oleh Milton Sirotta, Ponakan Edward Kasner seorang ahli Matematika dari AS. Sirotta membuat istilah Googlo untuk menyebutkan angka 1 (satu) yang diikuti 100 angka 0 (nol), Oleh karena itu penggunaan kata Google merupakan Refleksi dari kata Googlo.


Sejarah kelahiran Google bermula dari sebuah pertemuan dua pemuda yang terjadi secara tidak sengaja pada tahun 1995 lalu. Larry Page, alumnus Universitas Michigan (24), yang sedang menikmati kunjungan akhir pekan, tanpa sengaja dipertemukan dengan Sergey Brin, salah seorang murid (23) yang mendapat tugas mengantar keliling Lary.
Pendiri Google, via kaskus.co.id

Pada Januari 1996, Larry dan Sergey mulai melakukan kolaborasi dalam pembuatan search engine yang diberi nama BackRub. Setahun kemudian pendekatan unik mereka tentang analisis jaringan mengangkat reputasi BackRub. Kabar mengenai teknik baru mesin pencari langsung menyebar ke penjuru kampus.

Larry dan Sergey terus menyempurnakan teknologi Google sepanjang awal 1998. Keduanya juga mulai mencari investor untuk mengembangkan kecanggihan teknologi Google.


Gayung pun bersambut. Mereka mendapat suntikan dana dari teman kampus, Andy Bechtolsheim, yang merupakan pendiri Sun Microsystems. Pertemuan mereka terjadi pada pagi buta di serambi asrama mahasiswa fakultas Stanford, di Palo Alto. Larry dan Sergey memberikan demo secara singkat karena Andy tak memiliki waktu yang cukup lama.


Melalui demo itu Andy setuju untuk memberikan bantuan dana berupa sebuah cek senilai 100 ribu dolar AS. Sayangnya, cek itu tertulis atas nama perusahaan Google. Padahal saat itu perusahaan bernama Google belum didirikan oleh Sergey dan Larry.


Investasi dari Andy menjadi sebuah dilema. Larry dan Sergey tak mungkin menyairkan cek selama belum ada lembaga legal yang bernama perusahaan Google. Karena itu, dua pendiri Google ini kembali bekerja keras dalam mencari investasi. Mereka mencari pendana dari kalangan keluarga, teman, dan sejawat hingga akhirnya terkumpul dana sekitar 1 juta dolar. Dan akhirnya, perusahaan Google pun dapat didirikan dan dibuka secara resmi di Menlo Park, California.


Misi Google adalah, “untuk mengumpulkan informasi dunia dan menjadikannya dapat diakses secara universal dan berguna.” Filosofi Google meliputi slogan seperti “Don`t be evil”, dan “Kerja harusnya menatang dan tantangan itu harusnya menyenangkan”, menggambarkan budaya perusahaan yang santai.


Saat ini Google merupakan sebuah perusahaan berpredikat nomor satu dalam top 100 perusahaan yang paling diminati di Amerika, dengan jumlah pegawai sekitar 10 ribu orang.



sumber :
https://canacantya.wordpress.com/sejarah/sejarah-berdirinya-google/
http://pandri-16.blogspot.co.id/2010/01/sejarah-awal-mula-berdirinya-google.html

Tokoh yang Lahir 4 September, #hariinidalamsejarah

Para tokoh yang lahir pada tanggal 4 September :


973 - Al-Biruni, matematikawan Persia
Al-Biruni, via irgmn.org
”Dia adalah salah satu ilmuwan terbesar dalam seluruh sejarah manusia.” Begitulah AI Sabra menjuluki Al-Biruni — ilmuwan Muslim serba bisa dari abad ke-10 M. Bapak Sejarah Sains Barat, George Sarton pun begitu mengagumi kiprah dan pencapaian Al-Biruni dalam beragam disiplin ilmu. ”Semua pasti sepakat bahwa Al-Biruni adalah salah seorang ilmuwan yang sangat hebat sepanjang zaman,” cetus Sarton.
Bukan tanpa alasan bila Sarton dan Sabra mendapuknya sebagai seorang ilmuwan yang agung. Sejatinya, Al-Biruni memang seorang saintis yang sangat fenomenal. Sejarah mencatat, Al-Biruni sebagai sarjana Muslim pertama yang mengkaji dan mempelajari tentang seluk beluk India dan tradisi Brahminical. Dia sangat intens mempelajari bahasa, teks, sejarah, dan kebudayaan India.
Kerja keras dan keseriusannya dalam mengkaji dan mengeksplorasi beragam aspek tentang India, Al-Biruni pun dinobatkan sebagai ‘Bapak Indologi’ — studi tentang India. Tak cuma itu, ilmuwan dari Khawarizm, Persia itu juga dinobatkan sebagai ‘Bapak Geodesi’. Di era keemasan Islam, Al-Biruni ternyata telah meletakkan dasar-dasar satu cabang keilmuan tertua yang berhubungan dengan lingkungan fisik bumi.
Selain itu, Al-Biruni juga dinobatkan sebagai ‘antropolog pertama’ di seantero jagad. Sebagai ilmuwan yang menguasai beragam ilmu, Al-Biruni juga menjadi pelopor dalam berbagai metode pengembangan sains. Sejarah sains mencatat, ilmuwan yang hidup di era kekuasaan Dinasti Samanid itu merupakan salah satu pelopor merote saintifik eksperimental.
Dialah ilmuwan yang bertanggung jawab untuk memperkenalkan metode eksperimental dalam ilmu mekanik. Al-Biruni juga tercatat sebagai seorang perintis psikologi eksperimental. Dia juga merupakan saintis pertama yang mengelaborasi eksperimen yang berhubungan dengan fenomena astronomi. Sumbangan yang dicurahkannya untuk pengembangan ilmu pengetahuan sungguh tak ternilai.
Al-Biruni pun tak hanya menguasai beragam ilmu seperti; fisika, antropologi, psikologi, kimia, astrologi, sejarah, geografi, geodesi, matematika, farmasi, kedokteran, serta filsafat. Dia juga turun memberikan kontrbusi yang begitu besar bagi setiap ilmu yang dikuasainya itu. Dia juga mengamalkan ilmu yang dikuasainya dengan menjadi seorang guru yang sangat dikagumi para muridnya.
Sumber :
http://info-biografi.blogspot.co.id/2010/04/biografi-al-biruni.html
http://www.gaulislam.com/al-biruni-ilmuwan-pendiri-tiga-ilmu 


1563: Wanli, Kaisar Tiongkok
Wanli, via id.wikipedia.org
Beliau adalah kaisar ke-13 dari Dinasti Ming yang memerintah dari tahun 1572 hingga 1620, pemerintahannya adalah yang terpanjang di antara keenambelas kaisar Ming. Pada masa pemerintahannya Dinasti Ming mengalami penurunan drastis. Dia terlahir dengan nama Zhu Yijun, putra ke-3 Kaisar Longqing.
sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Kaisar_Wanli


1869: Karl Seitz, politikus dan Presiden Federal Austria yang pertama
Karl, via www.gdw-berlin.de
Karl Seitz melewati masa kecil di panti asuhan dan setelah dewasa menjadi guru. Ia menyatakan diri sebagai salah satu anggota ahli Sosial Demokrat dan pada 1901 dipilih ke parlemen kekaisaran sebagai anggota Sosial Demokrat yang pertama. Ia merupakan salah satu dari 3 pimpinan untuk parlemen provisional Jerman-Austria. Dari 5 Maret 1919 hingga 16 Desember 1920 ia menjadi Presiden Austria, merupakan presiden pertama di Republik Pertama.

Pada 1923 ia diangkat sebagai Walikota Wina, di mana ia menjadi ikon untuk Wina merah. Setelah Perang Saudara Austria pada 1934 ia dipenjara dalam masa yang singkat. Setelah jatuhnya Austria ke tangan Jerman pada 1938 ia kembali masuk tahanan, dan pada 1944 setelah Plot 20 Juli ia diinternir oleh Hitler, ditempatkan di kamp konsentrasi Ravensbrück. Setelah Perang Dunia II ia aktif kembali sebagai anggota parlemen hingga kematiannya pada 1950.
sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Karl_Seitz



1906: Max Delbrück, fisikawan dan ahli biologi Amerika yang mendapat Nobel 1969 dalam bidang Fisiologi atau Kedokteran atas kepeloporannya dalam genetika bakteri.
Max, via www.nndb.com


1913: Kenzo Tange, arsitek Jepang yang merancang bangunan di seluruh Jepang dan di banyak negara lain di dunia dan menerima Pritzker Architecture Prize pada tahun 1987.
Kenzo, via http://www.buzzquotes.com


1917: Henry Ford II, yang menjadi presiden Ford Motor Company pada tahun 1945 dan melakukan reorganisasi yang menempatkan perusahaan ini di posisi kedua dalam industri otomotif AS; di hari ulang tahunnya yang ke-40 pada tahun 1957, perusahaan mulai menjual Edsel, dinamai sesuai nama ayahnya, yang menjadi salah satu produk gagal paling terkenal dalam sejarah manufaktur dan pemasaran.
Henry Ford II, via www.nndb.com


1927: John McCarthy, ilmuwan komputer Amerika yang menciptakan istilah kecerdasan buatan (AI) dan dianggap sebagai Bapak Penelitian AI.
John, via engineering.stanford.edu


1938: Roekmini Koesoemo Astoeti, wanita kedua yang mendapat gelar Jenderal Polisi di Indonesia
Roekmini K. A, via tempo.co.id
Brigjen Polisi Roekmini dilahirkan sebagai anak keenam dari delapan bersaudara dari pasangan R. Soedarso dan Raden Ayu Soemina. Masa kecilnya dilaluinya dengan berat setelah ayahnya, Kepala Kehutanan Saradan, Madiun, meninggal dunia saat Roekmini baru berusia 7 tahun dan masih duduk di Sekolah Dasar. Kemudian setelah SMA, ia melanjutkan kuliahnya di Fakultas Psikologi UGM Jogja. Setelah menamatkan pendidikannya, ia mendaftar di kepolisian. Kariernya dikepolisian berjalan mulus, hingga ia diangkat menjadi Jenderal Polisi.
sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Roekmini_Koesoemo_Astoeti
 

1964: Gadis Arivia, aktivis gerakan perempuan dan pendiri Yayasan Jurnal Perempuan
Gadis Arivia, via srijabar.wordpress.com
Gadis Arivia mulai dikenal sejak peristiwa penangkapannya saat berdemonstrasi bersama puluhan ibu lainnya yang tergabung dalam Suara Ibu Peduli, menyuarakan isu kelangkaan susu bayi di bundaran Hotel Indonesia Jakarta, Februari 1998. Saat itu Gadis bersama dua ibu lainnya Wilasih Noviana dan Karlina Leksono ditangkap polisi.

Ketertarikan Gadis soal studi feminisme sudah sejak masa kuliah filsafat. Saat itu, di Indonesia, feminisme masih menjadi teori atau wacana yang dianggap baru.

Salah satu pemikir feminisme yang dikaguminya adalah Barbara Smith. Barbara dalam bukunya All the Women are White, All the Blacks are Men, But Some of Us are Brave, yang bersumber dari pidatonya pada 1979 menyebut feminisme adalah teori dan praktik politik yang berjuang untuk membebaskan (pembebasan total) semua perempuan. Di dalam negeri, dia mengagumi seorang dosennya Toeti Herati Nurhadi yang banyak meminjamkan buku-buku feminisme kepada Gadis.
sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Gadis_Arivia


1985: Raúl Albiol, pemain sepakbola Spanyol
Raul Albiol, via www.zimbio.com

Raul Albiol lahir pada 4 September 1985. Dia adalah pemain sepakbola profesional Spanyol yang bermain di posisi bek tengah untuk SSC Napoli dan tim nasional Spanyol.
Kekuatan utamanya adalah fleksibilitas dalam posisi, karena ia bisa bermain sebagai bek tengah, bek kanan atau gelandang bertahan. Dia menghabiskan sebagian besar karirnya dengan Valencia dan Real Madrid, memenangi lima gelar utama dengan kedua tim jika digabungkan. Selama sepuluh musim ia mengumpulkan total tujuh gol dari 229 pertandingan La Liga. Dan saat ini dia bermain di liga Italia bersama Napoli.
sumber : http://www.bola.net/profile/raul_albiol/



sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/4_September
http://www.kembangpete.com/2014/09/03/tokoh-besar-dunia-yang-lahir-pada-4-september/

Peristiwa Penting 4 September, #hariinidalamsejarah

Deretan Peristiwa Penting 4 September :


626 - Li Shimin, yang dikenal dengan nama Kaisar Taizong dari Tang, mengumumkan pendirian Dinasti Tang di Cina.
Kaisar Taizong, via id.wikipedia.org


1635 - Kontrak dagang pertama diadakan Kesultanan Banjar dengan Kompeni Belanda yang diwakili oleh Hendrik Brouwer, Antonio van Diemen, Jan van der Burgh, dan Steven Barentszoon.
Kesultanan Banjar, via kesultananbanjar.com


1781 - Los Angeles didirikan dengan nama El Pueblo de Nuestra Senora La Reina de Los Angeles de Porciuncula oleh sekelompok pemukim Spanyol berjumlah 44 orang.
Los Angeles, via id.wikipedia.org


1888 - George Eastman mendaftarkan merek dagang Kodak dan menerima paten untuk kameranya yang menggunakan film gulung.
Eastman Company, via  www.rochester.edu
Eastman Kodak Company didirikan oleh penemu George Eastman di Rochester dan Jamestown, New York. Perusahaan Jenderal Aristo dibentuk pada tahun 1899 di Jamestown New York, dengan George Eastman sebagai bendahara, dan perusahaan ini membeli saham Perusahaan Aristotype Amerika. George Eastman mendaftarkan merek dagang Kodak pada tanggal 4 September 1888. Eastman Kodak Company didirikan oleh Eastman pada 1892. Ia juga menciptakan slogan iklan, "Anda menekan tombol, kita melakukan sisanya." 
Model pertama dari kamera Kodak muncul di tahun 1888. Butuh putaran gambar 2 ½ inci diameter, adalah dari jenis fokus tetap dan membawa rol film cukup untuk 100 eksposur. Penemuan yang praktis menandai munculnya fotografi amatir, seperti sebelumnya waktu itu baik aparat dan proses terlalu memberatkan untuk memungkinkan klasifikasi di bidang rekreasi. Para rol film yang digunakan dalam model pertama dari kamera Kodak memiliki basis kertas tapi segera digantikan oleh sebuah film dengan dasar selulosa, praktis transparan, film fleksibel.
sumber : http://keylikey.blogspot.co.id/2011/09/kodak.html


1998 - Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin, dua mahasiswa Universitas Stanford.
Google, via en.wikipedia.org
Siapa yang tak kenal google? seluruh mahasiswa terutama pasti tau nama mahkluk yang satu ini. Pernah terfikir bagaimana sejarah perusahaan yang satu ini? Mungkin sedikit artikel ini akan membantu anda memahami sang "dukun" bagi para pelajar dan mahasiswa ini. "Mbah Gugel" kami menyebutnya.


2003 - Dicetuskannya Hari Pelanggan Nasional
Logo Hari Pelanggan, via haripelanggan.com
Hari Pelanggan Nasiona dicetuskan oleh Handi Irawan dan langsung mendapat dukungan dari banyak  pihak. Melayani pelanggan barangkali sudah menjadi kewajiban di panya kperusahaan. Namun mencoba memahami pelanggan sebagai jiwa bagi perusahaan mungkin belum berhasil diwujudkan. Boleh jadi karena kedudukan perusahaan selalu ada di atas pelanggan. Bisa juga karena mereka tidak pernah bisa memahami pelanggan.
dicetuskan oleh Handi Irawan di tahun 2003, banyak pihak yang langsung mendukung ide ini. Melayani pelanggan barangkali sudah menjadi kewajiban di banyak perusahaan. Namun mencoba memahami pelanggan sebagai jiwa bagi perusahaan mungkin belum berhasil diwujudkan. Boleh jadi karena kedudukan perusahaan selalu ada di atas pelanggan. Bisa juga karena mereka tidak pernah bisa memahami pelanggan.
Memahami pelanggan bukanlah pekerjaan semusim. Harapan pelanggan yang selalu meningkat membuat semua pelanggan tidak pernah sepakat untuk mengatakan bahwa mereka benar-benar terpuaskan. Oleh karena itu Hari Pelanggan Nasional dapat menjadi momen yang tepat untuk memompa semangat perusahaan dalam memuaskan pelanggan.
- See more at: http://www.haripelanggan.com/about_us/#sthash.HO65nZ45.dpuf
sumber : haripelanggan.com
dicetuskan oleh Handi Irawan di tahun 2003, banyak pihak yang langsung mendukung ide ini. Melayani pelanggan barangkali sudah menjadi kewajiban di banyak perusahaan. Namun mencoba memahami pelanggan sebagai jiwa bagi perusahaan mungkin belum berhasil diwujudkan. Boleh jadi karena kedudukan perusahaan selalu ada di atas pelanggan. Bisa juga karena mereka tidak pernah bisa memahami pelanggan.
Memahami pelanggan bukanlah pekerjaan semusim. Harapan pelanggan yang selalu meningkat membuat semua pelanggan tidak pernah sepakat untuk mengatakan bahwa mereka benar-benar terpuaskan. Oleh karena itu Hari Pelanggan Nasional dapat menjadi momen yang tepat untuk memompa semangat perusahaan dalam memuaskan pelanggan.
- See more at: http://www.haripelanggan.com/about_us/#sthash.HO65nZ45.dpuf

dicetuskan oleh Handi Irawan di tahun 2003, banyak pihak yang langsung mendukung ide ini. Melayani pelanggan barangkali sudah menjadi kewajiban di banyak perusahaan. Namun mencoba memahami pelanggan sebagai jiwa bagi perusahaan mungkin belum berhasil diwujudkan. Boleh jadi karena kedudukan perusahaan selalu ada di atas pelanggan. Bisa juga karena mereka tidak pernah bisa memahami pelanggan.
Memahami pelanggan bukanlah pekerjaan semusim. Harapan pelanggan yang selalu meningkat membuat semua pelanggan tidak pernah sepakat untuk mengatakan bahwa mereka benar-benar terpuaskan. Oleh karena itu Hari Pelanggan Nasional dapat menjadi momen yang tepat untuk memompa semangat perusahaan dalam memuaskan pelanggan.
- See more at: http://www.haripelanggan.com/about_us/#sthash.HO65nZ45.dpuf


2004 - Hari Jilbab Internasional
Hijab Day, via vustudents.ning.com
Penetapan hari ini sebagai hari solidaritas hijab internasional guna mengenang seorang wanita bernama Marwa Al-Sharbini, seorang muslimah asal Mesir yang dibunuh oleh seorang pemuda Jerman keturunan Rusia di ruang sidang kota Dresden, Jerman.
sumber : eramuslim.com




Friday, September 4, 2015

Persitiwa Penting 3 September, #hariinidalamsejarah


Deretan peristiwa penting yang terjadi tanggal 3 September :



301: San Marino, republik tertua di dunia dan salah satu negara terkecil di dunia, didirikan oleh Santo Marinus.
Bendera San Marino, via id.wikipedia.org
Republik San Marino merupakan negara terkecil ke lima di dunia dan dikelilingi oleh Italia tepatnya di sebelah utara berbatasan dengan provinsi Rimini, daerah Emilia-Romagna dan di sebelah selatan provinsi Pesaro dan Urbino, daerah Marche.
San Marino adalah negara republik konstitusional tertua di dunia, dibentuk pada 3 September 301 oleh Santo Marinus dari Rab, seorang tukang batu Kristiani yang kabur pada saat persekusi agama oleh Kaisar Romawi Diocletian. Konstitusi San Marino diberlakukan pada 1600, adalah konstitusi tertua di dunia yang masih berlaku.
sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/San_Marino


1260: Tentara Bani Mamluk Mesir berhasil mengalahkan tentara Mongol dalam Pertempuran Ain Jalut di Palestina, menandai batas maksimum penaklukan oleh Kekaisaran Mongolia
Tentara Mongol dalam ilustrasi Pertempuran Ain Jalut, via fyqry77comicsans.blogspot.com
Pasukan Mongol yang dikenal kuat dan beringas ketika menaklukan daerah jajahannya harus mengakui kekuatan Tentara Mamluk. Pasukan Mongol kalah telah dalam pertempuran Ain Jalut ini, kemenangan pihak Mamluk berhasil mematahkan mitos tentara Mongol yang tak terkalahkan.
sumber :
http://wol.jw.org/id/wol/d/r25/lp-in/102012085
https://id.wikipedia.org/wiki/Pertempuran_Ain_Jalut



1783: Perang Revolusi A.S. berakhir.
Gambaran Perang, via id.wikipedia.org/
Pertempuran berlangsung selama lebih dari 8 tahun, dimulai pada tahun 1775, wilayah perang mencakup Amerika Utara Timur, Gibraltar, Kepulauan Balearik, Amerika Tengah,Jajahan kolonial Perancis, Belanda, dan Britania di anak benua India dan kawasan lain,  Perairan Eropa, Laut Karibia, Samudera Atlantik dan Hindia. Hasil dari perang tersebut adalah Perdamaian Prancis dengan perubahan wilayah antara lain Britania kehilangan wilayahnya di sebelah timur Sungai Mississippi dan selatan Danau-Danau Besar & Sungai St. Lawrence kepada Amerika Serikat yang sudah merdeka & Spanyol; Spanyol mendapatkan Florida Timur, Florida Barat, dan Minorca; Britania menyerahkan Tobago dan Senegal kepada Perancis. Republik Belanda menyerahkan Negapatnam kepada Britania.
sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Perang_Revolusi_Amerika_Serikat


1971: Qatar memperoleh kemerdekaan dari Britania Raya.
Qatar Merdeka, via dohanews.co
Negara kaya minyak ini sebelumnya didominasi oleh Inggris dan Kesultanan Utsmaniyah. Dahulu, Inggris menguasai Qatar sebagai tempat transito kapal dagang sebelum menuju India. Qatar kemudian memperoleh status sebagai dependen dari Inggris, kemudian status protektorat Inggris yang dihentikan pada tahun 1916.
Setelah Perang Dunia Kedua, Qatar berusaha memperoleh kemerdekaannya, terutama setelah India mencapai kemerdekaannya pada tahun 1950-an. Qatar makin gencar setelah Inggris memberikan kemerdekaan kepada Kuwait pada tahun 1961. Pemerintah Inggris menyatakan akan menghentikan penguasaan politik tapi tetap meneruskan penguasaan ekonomi di Qatar. Hal ini tidak dibiarkan oleh Qatar dengan membentuk Federasi Arab Teluk bersama dengan Bahrain.
sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Qatar



1976: Viking 2 mendarat di planet Mars.
Viking 2, via en.wikipedia.org
Misi Viking 2 merupakan bagian dari program Viking yang bertujuan untuk menjelajahi planet Mars. Seperti Viking 1, misi ini terdiri dari wahana pengorbit dan pendarat. Viking 2 diluncurkan pada tanggal 9 September 1975 dengan roket Titan IIIE.
Pada tanggal 7 Agustus 1976, Viking 2 berhasil mencapai Mars. Pada 3 September 1976, wahana pendarat mendarat di permukaan planet. Tempat pendaratan Viking 2 disebut Utopia Planitia. Pengorbit Viking 2 terbang hingga sejauh 22 kilometer di atas bulan Deimos dan mengabadikan citra bulan tersebut.
sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Viking_2


sumber :
http://www.kembangpete.com
id.wikipedia.org

Tokoh yang Lahir tanggal 3 September, #hariinidalamsejarah

Daftar tokoh yang lahir tanggal 3 September :


1738: Matthew Boulton, industrialis Inggris yang menjadi mitra James Watt dalam pengembangan dan pembuatan mesin uap.
Matthew Boukton, via www.britannica.com


1899: Sir Frank Macfarlane Burnet, ahli virus Australia yang mendapat Nobel 1960 atas teorinya bahwa embrio hewan dapat memperoleh toleransi imunologis terhadap antigen yang diberikan.
F.M. Burnet, via www.nndb.com
Beliau ialah seorang dokter dari Australia, mengkhususkan diri di bidang imunologi. Profesor kedokteran eksperimental di Universitas Melbourne, ia adalah tokoh ilmuwan utama di kampus itu dan juga di bidang virologi. Teori Burnet telah dirumuskan olehnya.

Pada tahun 1960, ia dianugerahi Penghargaan Nobel dalam Fisiologi atau Kedokteran bersama dengan Peter Medawar untuk penemuan bahwa sistem kekebalan janin dapat membedakan kekebalan dari dirinya dan yang bukan dari dirinya.
sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Frank_Macfarlane_Burnet


1936: Zine El Abidine Ben Ali, Presiden Tunisia 
Ali Baba, via en.tunisientunisie.com
Jenderal ini lahir di Hammam-Sousse, adalah Presiden Republik Tunisia sejak 7 November 1987 dan presiden yang kedua sejak kemerdekaannya dari Perancis pada 20 Maret 1956. Di Tunisia, media massa sering menyebutnya Ali Baba.
Di masa rezimnya, gerakan-gerakan Islam yang ada di Tunisia mengalami nasib lebih tragis dari sebelumnya. Tatkala partainya menyapu bersih perolehan kursi yang ada di parlemen, ia memenjarakan lebih dari 30.000 aktivis gerakan Islam yang merupakan tulang punggung partai yang olehnya dianggap sebagai "pembangkang". Sesungguhnya Ben Ali telah menjadikan Tunisia sebagai penjara terbuka dan pusat kebejatan moral. Walhasil, dengan salah kaprahnya pemikiran dan pemahaman rezim yang ada, Islam dan para pengembannya mengalami deraan, siksaan, dan hambatan berat.
sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Zainal_Abidin_bin_Ali


1938: Dr. Mubyarto, pakar ekonomi kerakyatan
Mubyarto, via putramalaka.0fees.ne
Beliau adalah pakar ekonomi kerakyatan Indonesia yang mengajar di Universitas Gadjah Mada dan dikenal sebagai penggagas konsep Ekonomi Pancasila. Mubyarto lahir di Sleman, Yogyakarta. Masa kecilnya hingga sarjana muda dihabiskan di Yogyakarta. Selepas dari UGM, Mubyarto melanjutkan pendidikan dan memperoleh gelar Master of Arts dari Vanderbilt University, Tennessee di tahun 1962 dan gelar Doctor of Philosophy dari Iowa State University, Iowa di tahun 1965, keduanya di Amerika Serikat. Gelar Doktor diraihnya dalam usia 27 tahun dengan mempertahankan disertasi berjudul Elastisitas Surplus Beras yang Dapat Dipasarkan di Jawa-Madura.
sumber : http://mubyarto.org/?page_id=677


1951: Kadir, pemeran dan pelawak
Kadir, via poskotanews.com
Kadir (lahir di Lumajang, Jawa Timur) adalah pemeran dan pelawak Indonesia. Terlahir dengan nama Mubarak dari ibu keturunan Jawa dan ayah keturunan Arab. Setamat SMP memutuskan untuk tidak melanjutkan pendidikannya dan menjadi tukang tarik layar pada tahun 1967, pada saat itu umurnya 16 tahun. Mengawali karier melawaknya dengan bergabung dengan grup lawak Srimulat. Pada tahun 1986, Kadir meninggalkan Srimulat dan membentuk Grup Merdeka bersama Basuki, Timbul, Nurbuat dan Rohana namun tidak bertahan lama. Selepas itu, bersama Basuki dan Timbul, Kadir membentuk Grup Lawak Batik (yang merupakan akronim dari Basuki, Timbul dan Kadir) namun hanya bertahan 3 tahun grup ini pun Bubar.

Logat Madura merupakan ciri khas nya, meskipun bukan orang Madura tetapi pada masa kecilnya di Bondowoso, Kadir pernah hidup di antara orang-orang Madura. Ciri logat ini mulai dilakukan pada tahun 1987 saat ia membintangi film Cintaku di Rumah Susun. Sutradara film tersebut, Nya Abbas Akup mengerti Logat Madura dan beberapa kali mengkoreksi Kadir apabila terdapat kesalahan pada logat nya. Film ini lah yang mempertemukannya dengan rekan melawaknya Doyok. Bersama Doyok, Ia membintangi beberapa judul film layar lebar nasional meskipun sebagai pemeran pembantu. Duet ini akhirnya mendapatkan peran utama untuk pertama kalinya pada film Ikut-Ikutan (1990). Setelah film nasional meredup, Ia beralih ke dunia sinetron.
sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Kadir


1961: Iwan Fals, penyanyi Indonesia
Iwan Fals, dedysn.tumblr.com
LEGENDA, begitu saya dan beberapa orang lain menyebut sang maestro musik Indonesia ini. kata Legenda memang pantas disemat kepada pemilik nama asli Virgiawan Listanto ini. Lahir di Jakarta dari ayah Kolonel Anumerta Sutopo dan Ibu Lies Suudijah ini menhabiskan masa kecilnya di Bandung, kemudian di Jedaah selama 8 bulan. Bakat musiknya mulai terasah diusianya 13 tahun, saat ia banyak menghabiskan waktunya dengan mengamen di Bandung. Iwan berhenti mengamen saat anak keduanya lahir di tahun 1985, dan selama itu, sudah banyak lagu dan album yang ia ciptakan.
Iwan Fals memiliki suara emas yang khas bahkan sudah terkenal hingga manca negara. Lagu-lagu yang sering dibawakan adalah bertema politik yang terkadang membawa emosi tersendiri bagi mereka yang menyanyikan lagunya.
sumber : 
http://idolanesia.com/iwan-fals/
http://www.wowkeren.com/seleb/iwan_fals/profil.html


1962: Rahmat Gobel, Menteri Perdagangan Kabinet Kerja (Jokowi-JK)
Rachmat Gobel, via pojoksatu.id
Dia berangkat dari seorang pengusaha. Generasi kedua dari keluarga Gobel ini sekarang menjadi Menteri Perdagangan di era Presiden Joko Widodo.
Masa kecil Rahmat pernah diminta oleh ayahnya untuk mengikuti latihan di pabrik sehari penuh. Dari situlah Rahmat mengerti dunia usaha. Hingga pada tahun 1981 dia lulus SMA di Jakarta dan melanjutkan kuliahnya di Chuo University - Jepang. Berawal dari situlah kemudian Kelompok Usaha Gobel memiliki rekan utama bisnis dengan Panasonic Group.
Tahun 1989 Rahmat kembali ke Indonesia dan menduduki posisi Asisten Presiden Direktur PT National Gobel (sekarang menjadi PT. Panasonic manafacturing Indonesia). Dua tahun berikutnya dia diangkat sebagai anggota Dewan Direksi yang memiliki kewenangan penuh atas perencanaan manajemen perusahaan.
Pada 2002, Ketua Umum Kadin Indonesia yang ketika itu dipegang oleh Aburizal Bakrie mempercayai Rachmat Gobel untuk duduk sebagai Ketua Kadin Indonesia Bidang Industri Logam, Mesin, Kimia dan Elektronika. Sejak saat itu dia banyak melakukan kunjungan ke sentra industri di berbagai daerah. Kunjungan tersebut dilakukan untuk mencari permasalahan yang terjadi dan berusaha mencari solusi. Berkat kepeduliannya ini, Rahmat memiliki track record apik di bidangnya.
sumber : http://profil.merdeka.com/indonesia/r/rahmat-gobel/



Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/3_September
http://www.kembangpete.com/2014/09/01/tokoh-besar-dunia-yang-lahir-pada-3-september/
http://namafb.com/2011/08/26/ultah-seleb-3-september-famous-birthday/

Thursday, September 3, 2015

Tokoh yang lahir pada tanggal 2 September, #hariinidalamsejarah

Berikut beberapa tokoh yang lahir pada Tanggal 2 September :


1768: Sri Susuhunan Pakubuwana IV (lahir di Surakarta, 2 September 1768 – meninggal di Surakarta, 2 Oktober 1820 pada umur 52 tahun) adalah seorang raja
Pakubuwana IV, via sr.rodovid.org
Nama aslinya adalah Raden Mas Subadya (Bahasa Jawa: Raden Mas Subadyo), putra Pakubuwana III yang lahir dari permaisuri GKR. Kencana, keturunan Sultan Demak. Ia dilahirkan tanggal 2 September 1768 dan naik tahta tanggal 29 September 1788, dalam usia 20 tahun. Ia dijuluki sebagai Sunan Bagus, karena naik tahta dalam usia muda dan berwajah tampan.
Pakubuwana IV adalah raja Surakarta yang penuh cita-cita dan keberanian, berbeda dengan ayahnya yang kurang cakap. Ia adalah pemeluk Islam yang taat dan mengangkat para ulama dalam pemerintahan. Hal ini tentu saja ditentang para pejabat berkecenderungan mistik yang sudah mapan di istana. Para ulama tersebut mendukung Pakubuwana IV untuk bebas dari VOC dan menjadikan Surakarta sebagai negeri paling utama di Jawa, mengalahkan Yogyakarta.
sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Pakubuwana_IV


1814: Ernst Robert Curtius, arkeolog Jerman yang menggali situs Yunani, Olympia.
Curtius, via www.snipview.com


1838: Liliuokalani, Ratu terakhir Hawaii, yang naik tahta pada tahun 1891 dan kehilangan tahtanya pada tahun 1895, tiga tahun sebelum aneksasi AS.
Ratu Hawaii, via mirahrahayu.blogspot.com


1850: Albert Goodwill Spalding, tokoh penting dalam sejarah bisbol.
Spalding, via coffeyvillewhirlwind.wordpress.com




1853: Wilhelm Ostwald, salah seorang pendiri disiplin kimia fisik yang menerima Nobel 1909 di bidang kimia.
Ostwald, via id.wikipedia.org
Friedrich Wilhelm Ostwald (bahasa Latvia: Vilhelms Ostvalds; lahir 2 September 1853 – meninggal 4 April 1932 pada umur 78 tahun) adalah seorang kimiawan Jerman. Ia menerima penghargaan Nobel untuk Kimia pada tahun 1909 untuk pekerjaannya di bidang katalisis, ekuililbria kimia dan kecepatan reaksi. Ostwald, Jacobus Henricus van 't Hoff, dan Svante Arrhenius biasanya disebut sebagai pendiri kimia fisik modern.
sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Wilhelm_Ostwald



1877: Frederick Soddy, fisikawan Inggris yang menerima Nobel 1921 dalam bidang kimia karena konsepsi isotop dan hukum perpindahan perubahan radioaktif.
F. Soddy, via www.nndb.com
Frederick Soddy lahir di kota Eastbourne, Sussex, Inggris. Ayahnya bernama Benjamin Soddy, seorang pemilik toko di London. Frederick Soddy adalah seorang ilmuwan yang telah mempopulerkan tentang radioaktif. Ia menyelesaikan pendidikannya di Eastbourne dan Universitas Wales, Aberystwyth. Pada tahun 1895, ia mendapatkan beasiswa dari Merton, Oxford dan lulus dengan predikat cumlaude dalam bidang ilmu kimia pada tahun 1898.
sumber : http://galerigaakaa.blogspot.com/2013/06/frederick-soddy-1877-1956.html

1923: René Thom, matematikawan dan ahli topologi Perancis yang dikenal karena pengembangan teori bencana.
Rene Thom via owpdb.mfo.de


1967: Andreas Möller, – pemain sepakbola (Jerman)
Andreas Möller merupakan mantan pemain sepak bola berkebangsaan Jerman yang kini menjabat sebagai direktur olahraga Kickers Offenbach. Dia pernah membela klub utamanya seperti Eintracht Frankfurt, Borussia Dortmund, Eintracht Frankfurt, Juventus, Borussia Dortmund, Schalke 04, dan Eintracht Frankfurt. Di timnas Jerman, dia bermain 85 kali dan mencetak 29 gol.
sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Andreas_M%C3%B6ller


1989: Alexandre Pato, pemain sepakbola Brazil
Pato, via gilabola.com
Alexandre Rodrigues da Silva atau yang lebih dikenal dengan panggilan Alexandre Pato, merupakan seorang pesepakbola Brasil yang saat ini bermain untuk klub Corinthians dan tim nasional Brasil. Posisi bermainnya sebagai pemain penyerang. 

Pato memulai karier sepakbola juniornya pada tahun 2000, dengan bergabung di Internacional. Pada tahun 2006, ia bergabung di klub senior Internacional. Pada tahun 2007, ia pindah ke Milan.
Pada tahun 2013, ia bergabung di klub Corinthians. Tepatnya pada 3 Januari 2013, ia menandatangani kontrak empat tahun. Pada 27 Februari 2013 di Copa Libertadores ia mencetak gol melawan tim Millonarios Kolombia dengan tendangan voli dari salib. Karier Internasional Pato dimulai saat ia dipanggil untuk tim muda Brasil dan membantu Brasil memenangkan 2007 Youth Championship Amerika Selatan, negara yang memenuhi syarat untuk Piala U-20 Piala Dunia 2007. Ia juga dipilih oleh pelatih Brasil Dunga untuk Olimpiade musim panas 2008.
Ia mengambil bagian di Piala Konfederasi 2009 di Afrika Selatan. Namun ia tidak dipanggil untuk bermain di Piala Dunia 2010. Pato sejauh ini telah berpartisipasi dalam Copa América 2011 dan telah mencetak gol penting di babak penyisihan grup melawan Ekuador.
Pato dipilih untuk tim Brasil untuk Olimpiade Sepakbola Olimpiade London 2012. Pada 15 Agustus 2012, ia mencetak dua gol saat Brasil mengalahkan Swedia 3-0 dalam pertandingan internasional akhir di Stadion Rasunda di Stockholm.
Sumber : http://gilabola.com/berita-bola/liga-internasional/profil-pemain/profil-pemain-bola-alexandre-pato/