Sunday, August 30, 2015

Yang Langka (Terkadang Kita Lupa)

Bismillahirrahmaanirroohiim.

Yang Langka itu....
Istri yang tunduk patuh pada suami. Yang senantiasa berseri-seri saat dipandang. Yang ridha terdiam saat suami marah, tidak merasa lebih apalagi meninggikan suara. Yang tercantik di hadapan suami, terharum saat menemani suami beristirahat. Tak menuntut keduniaan yang tak mampu diberikan suaminya, dan yang sadar bahwa ridha_Nya ada pada ridha suaminya.
istri idaman, via www.ibnusyamil.com
Dan terkadang kita lupa, bahwa orang yang paling utama untuk dipatuhi seorang istri adalah suaminya. Suami adalah yang lebih utama bagi anak perempuan yang sudah menikah, melebihi orang tuanya.


Yang Langka itu.....
Suami yang mengerti bahwa istrinya bukan pembantu. Yang sadar tak melulu ingin dilayani. Malu jika menyuruh ini itu karena tau istrinya sudah repot seharian dengan urusan anak dan rumah. Yang tak berharap keadaan rumah lapang karena sadar itulah resiko hadirnya amanah-amanah yang masih kecil. Yang sadar bahwa pekerjaan rumah juga adalah kewajibannya. Yang rela mengerjakan pekerjaan rumah tangga karena sayangnya terhadap istrinya yang kelelahan.
Suami idaman, via  berbagi-10.blogspot.com
Dan terkadang kita lupa, patuhnya seorang anak lelaki adalah kepada orang tuanya, meskipun dia sudah memiliki istri.


Yang Langka itu.......
Lelaki shalih, via ceritapenyejukhati.blogspot.com
Anak lelaki yang sadar bahwa ibunya yang paling berhak atas dirinya. Yang mengutamakan untuk memperhatikan urusan ibunya. Yang lebih mencintai ibunya dibanding mencintai istri dan anak-anaknya. Yang sadar, bahwa surganya ada pada keridhaan ibunya.


Yang Langka itu.....
Orang tua yang sadar bahwa anak perempuannya jika menikah sudah bukan lagi miliknya. Yang selalu menasehati untuk mentaati suaminya selama suaminya tidak menyuruh kepada perkara yang munkar. Yang sadar bahwa keridhaan Allah bagi anaknya telah berpindah pada ridha suaminya.
Ijab Qabul, via ildahayati.com
Dan terkadang kita lupa, bahwa anak perempuan kita apabila sudah menikah adalah sepenuhnya milik suaminya. 
Makna ijab qabul :
 Maka aku tanggung dosa-dosa nya dari ayah dan ibu nya. Dosa apa saja yang telah dia lakukan, dari mulai tidak menutup aurat hingga dia meninggalkan shalat. Semua yang berhubungan dengan nya, aku tanggung dan bukan lagi orang tuanya yang menanggung. Serta akan aku tanggung semua dosa dari calon anak-anakku kelak. Jika aku gagal? Maka aku adalah suami yang fasik, ingkar, dan aku rela masuk neraka. Aku rela malaikat menyiksaku hinggahancur tubuhku." (HR. Muslim)


Yang Langka itu.....
Seorang ibu yang meskipun tau bahwa surga berada dibawah telapak kakinya tapi tak pernah sekalipun menyinggung hal tersebut kepada anaknya saat mereka lalai terhadapnya. Yang selalu sadar bahwa mungkin segala kekurangan pada anak-anaknya adalah hasil didikannya yang salah selama ini. Yang sadar bahwa jika dirinya salah berucap atau doa keburukan maka malaikat akan mengijabah doanya.


Yang Langka itu.......
Investasi surga, via berbaktikepadaorangtua.com
Anak yang senantiasa mendoakan kebaikan bagi orangtuanya dalam keheningan sepertiga malam terakhir, meskipun sehari-hari berada dalam kesibukan rumah tangganya, dalam kesibukan usahanya, dalam kesibukan pekerjaannya.


Yang Langka itu....
Ukhuwah, via vitraziz.blogspot.com
Orang-orang yang saling memberikan uzur. Yang saling memaklumi jika hal-hal diatas lupa atau lalai dilakukan sehingga saling memaafkan diantara mereka. Maka rahmat Allah dengan kemurahan_Nya memaafkan kesalahan-kesalahan mereka.

sumber : berbagai media.

No comments:

Post a Comment