Thursday, March 31, 2016

Review Film : Jurassic Park (1993)

Film yang dibuat berdasarkan sebuah novel karya Michael Crichton ini dirilis pada tahun 1993 dengan sutradaranya Steven Spielberg. Bintangnya adalah Sam Neil, Laura Dern, Jeff Goldblum, Richard Attenborough , dll.
Jurassic Park, via youtube.com
Cerita bermula ketika John Hammond (Richard Attenborough), seorang pengusaha kaya raya yang merupakan kepala BioTeknik dari perusahaan InGen, terobsesi dengan dinosaurus dan ingin membuka taman di sebuah pulau Isla Nublar yang ia sewa dan berisikan makhluk langka itu. Maka diadakan rekayasa genetika dengan memadukan DNA Dinosurus yang diambil dari fosil nyamuk yang terperangkap pada getah pohon jutaan tahun lalu, kemudian dilengkapi dengan DNA katak. Maka terciptalah dinosaurus-dinosaurus tersebut.

Untuk merealisasikan keinginannya, John Hammond memerlukan persetujuan dari para ahli dan pengacara. Oleh karena itu ia menemui Dr. Alan Grant (Sam Neil) ahli dinosaurus, Dr. Ellie Sattler (Laura Dern) paleobotanis, dan Dr. Ian Malcolm (Jeff Goldblum) ahli matematika. Ketiga ahli ini tidak menyetujui usulan Hammond dengan berbagai pertimbangan mereka. Namun karena tekad dan ambisis Hammond yang sudah membulat, ia tak hiraukan pendapat para ahli tersebut. Malah ia mengundang dua cucunya, Lex (Ariana Richards) dan Tim (Joseph Mazzelo) untuk mengadakan pre-tour melihat langsung dinosaurus seperti di kebun binatang.

T-rex, via blogs.wsj.com
Bencana terjadi ketika karyawannya sang ahli otomatisasi, Nedry (Wayne Knight) mematikan seluruh sistem di taman, Nedry sebelumnya sudah melakukan jual-beli ilegal embrio dinosaurus kepada orang lain. Ketika sistem taman dimatikan, dinosaurus yang berada di kandang keluar dengan leluasa, dan mengeluarkan insting aslinya. Yaitu memburu.
Raptors, via hereandnow.wbur.org
Dr. Grant yang ikut tour dengan para cucu John tersebut harus menyelamatkan mereka dari T-rex yang buas, sehingga akhirnya mereka bertemu kembali di kantor pusat dengan Hammond, Ian dan Ellie, berbagai usaha yang mereka lakukan, mulai dari menyalakan kembali sistem secara manual, kemudian menyelamatkan diri dari velociraptor (Raptor) yang cerdas, hingga akhirnya mereka bisa keluar dari pulau tersebut karena "bantuan" T-rex.
Ending, via jurassicpark.wikia.com


________________________________

Film yang dirilis taun 1993 ini sangat layak ditonton bersama keluarga, meski kalau ditampilkan sekarang bakal banyak sensornya oleh LSI )Lembaga Sensor Indonesia) dan KPI (Komisi Penyiaran Indonesia) :D

Film menggunakan efek yang boleh dibilang canggih dimasanya. Seakan-akan dinosaurus tersebut nyata. Di film ini dikenalkan beberapa jenis dinosaurus, dan t-rex serta raptor yang merupakan dino pemangsa yang mendapatkan waktu tampil lebih banyak.

Saya pertama kali menonton saat masih SD, dan ketika itu saya sangat menyukai dinosaurus, namun disisi lain saya juga takut jika makhluk tersebut masih ada. Film ini seperti mengajarkan kita tentang rekayasa genetika makhluk hidup, dan bisa jadi juga beberapa tahun yang akan datang -dari film ini dibuat- dinosaurus bisa "dihidupkan" kembali.


Berikut beberapa quotes dari film ini :
Sejarah pada Evolusi telah mengajarkan kita kehidupan tak boleh dikendalikan. Mereka bebas menemukan hidupnya. Melalui halangan, penderitaan bahkan bahaya. (Ian Malcolm)

Kekuatan Genetika adalah yang paling mengagumkan di planet ini, tapi kau permainkan bagai anak kecil yang temukan pistol ayahnya. (Ian Malcom)

Dinosaurus pernah ada. Alam memilih mereka untuk punah. (Ian Malcolm)

Yang kau sebut penemuan, bagiku pemerkosaan dunia yang alami. (Ian Malcom)

T-rex hanya melakukan yang harus dilakukannya. (Dr. Alan Grant)

Aku membuat kesalahan, kita tak menaruh hormat pada kekuatan alam. (Dr. Ellie)

Kehidupan akan menemukan jalannya. (Dr. Ian Malcolm)


4 comments:

  1. Film ini mengajarkan klo raptor lebih ganas dr pd t-rex..

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Film ini mengajarkan klo raptor lebih ganas dr pd t-rex..

    ReplyDelete