Wednesday, September 2, 2015

1 September : HUT IPB #hariinidalamsejarah

Tanggal 1 September juga diperingati sebagai Hari Ulang Tahun Institut Pertanian Bogor (IPB). Salah satu Perguruan Tinggi terbaik yang ada di Indonesia. Banyak cendekiwan-cendekiawan dan tokoh Indonesia yang merupakan alumni dari Institut yang ada di kota Bogor ini. Bapak Presiden ke 6 kita, bapak Susilo Bambang Yudhoyono merupakan salah satunya.

Nah, artikel kali ini akan saya sampaikan sejarah singkat mengenai kampus terbaik di Indonesia ini.
IPB, via fisika.ipb.ac.id

Siapa yang tau, bahwa dulunya IPB merupakan bagian dari Universitas Indonesia? ada yang tau? Nah ayo kita jelaskan disini. :D

Cikal bakal IPB bermula dari Sekolah Pertanian Bogor (Landbouwhogeschool) yang didirikan oleh pemerintah Hindia Belanda diabad ke-20. Pada saat itu kota Bogor dianggap tempat paling tepat sebagai lokasi berdirinya sekolah tinggi pertanian. Mengingat Bogor terdapat banyak laboratorium, lembaga pertanian dan ahli - ahli atau peneliti ilmiah. Kondisi ini diyakini akan menjaga kesinambungan penelitian dan pendidikan. 

IPB dan UI, via www.kompasiana.com

Seiring berjalannya waktu, sekolah ini kemudian berganti nama menjadi Fakultas Pertanian UI. Peletakan batu pertama Fakultas Pertanian ini dilakukan oleh Presiden pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno pada tanggal 27 April 1952. Beliau menginginkan pertanian agar ditangani secara khusus, hal ini karena Indonesia merupakan negara agraris. Peresmian ini juga ditandai dengan pidato beliau pada saat itu yang mengatakan “...pertanian adalah soal hidup atau mati...”. Mengapa? Karena pertanian adalah nyawa bangsa, jika sektor pertanian di Indonesia telah terganggu maka negara Indonesia sudah berada diambang kehancuran. 

Tahap selanjutnya beberapa fakultas yang ada di UI memutuskan untuk membentuk lembaga pendidikan mandiri. Diawali pada tanggal 2 Maret 1959, Fakultas Teknik dan Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam di Bandung melepaskan diri menjadi Institut Teknologi Bandung (ITB). Pada 1 September 1963, Fakultas Pertanian dan Fakultas Kedokteran Hewan memisahkan diri pula menjadi Institut Pertanian Bogor (IPB). Fakultas di Surabaya menjadi Universitas Airlangga dan di Makassar menjadi Universitas Hasanuddin. Tahun 1964 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UI menjadi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Jakarta yang kini kembali menjadi Universitas Negeri Jakarta (UNJ).  
Pada 1 September 1963 melalui keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan No.92/1963 yang kemudian disahkan Presiden RI pertama, Ir. Soekarno, Fakultas pertanian yang tadinya bernaung di bawah Universitas Indonesia, kemudian berpisah dan berdiri sendiri menjadi Institut Pertanian Bogor (IPB). Tidak berapa lama setelah IPB berdiri, di era tahun 1963-1965, IPB membidani lahirnya Bimbingan Massal (Bimas). Bimas berhasil mengantarkan Indonesia mencapai Swasembada pangan pada tahun 1968. Di era tahun 70-an, Kampus IPB melahirkan BAPPEDA (Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah) untuk semua kabupaten di Indonesia.


sumber dan terimakasih kepada :

No comments:

Post a Comment