Wednesday, September 16, 2015

Tokoh yang Lahir Tanggal 15 September, #hariinidalamsejarah

Tokoh yang Lahir 15 September


1899 - Daud Beureuh, kelak menjadi Gubernur Aceh
Daud, via majlispusat.org
Teungku M. Daud Beureueh dilahirkan pada 15 September 1899 di sebuah kampung bernama "Beureueh", daerah Keumangan, Kabupaten Aceh Pidie. Kampung Beureueh adalah sebuah kampung heroik Islam, sama seperti kampung Tiro. Ayahnya seorang ulama yang berpengaruh di kampungnya dan mendapat gelar dari masyarakat setempat dengan sebutan "Imeuem (imam) Beureueh". Teungku Daud Beureueh tumbuh dan besar di lingkungan religius yang sangat ketat. Ia tumbuh dalam suatu formative age yang sarat dengan nilai-nilai Islam di mana hampir saban magrib Hikayat Perang Sabil dikumandangkan di setiap meunasah (masjid kampung). Ia juga memasuki masa dewasa di bawah bayang-bayang keulamaan ayahnya yang sangat kuat mengilhami langkah hidupnya kemudian.
Sumber : http://luk.staff.ugm.ac.id/kmi/islam/gapai/Beureueh.html 


1903: Roy Acuff, penyanyi, penulis lagu, fiddler, dan pemimpin band yang dikenal sebagai “Raja Musik Country”.
Roy, via www.findagrave.com


1904 - Raja Umberto II dari Italia
Raja Umberto II, via id.wikipedia.org
Dia adalah Raja Italia terakhir yang memerintah selama kurang lebih sebulan dari 9 Mei 1946 hingga 12 Juni 1946. Namun, ia adalah kepala negara de facto dari 1944 sampai 1946.
Umberto adalah satu-satunya putra dari lima anak Raja Vittorio Emanuele III dan Elena dari Montenegro. Dalam upaya untuk memperbaiki citra monarki setelah jatuhnya rezim Benito Mussolini, Vittorio Emanuele menyerahkan kekuasannya kepada Umberto pada tahun 1944, namun sementara ia tetap mempertahankan gelar rajanya. Pada tahun 1946, Vittorio Emanuele turun takhta dan Umberto menggantikannya, namun upaya ini gagal untuk mendapatkan dukungan untuk monarki. Umberto menghabiskan sisa hidupnya di pengasingan di Cascais, Portugal dan tidak diizinkan untuk kembali ke Italia hingga ia meninggal pada tahun 1983.



1929: Murray Gell-Mann, fisikawan teoritis Amerika yang memenangkan Nobel 1969 atas penelitiannya pada partikel dasar; ia mengusulkan teori quark.
Murray, via www.sciencenews.org
Fisikawan ini mempelajari dan menjelaskan fenomena teka-teki unsur subatom dasar, mengklasifikasikannya sebagai “kuark” dalam sistem urutan yang disebutnya Jalan Rangkap Delapan. Prestasi ini membuatnya memenangkan Hadiah Nobel Fisika 1969. Ia juga mengabdi pada fakultas Universitas Chicago, Universitas Princeton dan Institut Teknologi California.


1984 - Pangeran Harry, kerajaan Inggris.
Harry, via kronosnews.com
Pangeran Henry atau Harry adalah putra kedua dari pernikahan pertama Pangeran Charles dengan mendiang Lady Diana. Ia lahir di Paddington, London, 15 September 1984 pukul 16.20. Pada 21 Desember 1984, Pangeran Harry dibaptis oleh Dr. Robert Runcie, Kapel St.George, Windsor. Pangeran Harry merupakan pewaris ketiga tahta Kerajaan Inggris setelah kakaknya, Pangeran William. Lady Diana mendeskripsikan putra keduanya sebagai anak yang artistik dan sporty. Sejak kecil, Harry suka menunggang kuda dan berburu.
Pangeran berambut merah ini bersekolah di tempat yang sama dengan kakaknya, yaitu di Mrs. Mynor's Nursery School. Selanjutnya, ia bersekolah di Wetherby, Ludgrove Schools, dan terakhir Eton College. Semasa kecil, sang ibu selalu mengajak Harry dan William pergi ke taman bermain atau bioskop demi memberikan kehidupan senormal mungkin atau seperti orang biasa pada umumnya pada mereka. Namun tetap saja, setiap langkah mereka selalu diikuti oleh jepretan kamera wartawan.
Pangeran Harry tumbuh dalam lingkungan yang penuh dengan paparazzi dan sorotan kamera. Tentu saja ini karena ia adalah seorang pangeran kecil Kerajaan Inggris. Namun, kamera wartawan semakin sering menyorot dirinya, dan juga William, ketika kedua orangtuanya bercerai. Belum lagi ketika ada rumor bahwa Pangeran Harry bukan anak biologis Pangeran Charles, tetapi anak dari seorang tentara, Mayor James Hewitt yang pernah memiliki hubungan khusus dengan Lady Diana. Beruntung bahwa setelah melakukan tes DNA, terbukti bahwa Pangeran Harry adalah anak biologis Pangeran Charles.
Pada Mei 2005, Pangeran yang memiliki ketertarikan besar di kemiliteran sejak muda menjalankan wajib militernya di Royal Military Academy Sandhurst sebagai perwira Angkatan Darat. 12 April 2006 adalah kali pertama Harry ditugaskan menjadi perwira tentara. Harry sempat bertugas di Afghanistan selam kurang lebih dua bulan. Ia juga mengikuti pelatihan pilot helikopter Angkatan Udara.
sumber : http://profil.merdeka.com/mancanegara/p/prince-harry/





https://id.wikipedia.org/wiki/15_September
http://www.kembangpete.com/2014/09/14/tokoh-besar-dunia-yang-lahir-pada-15-september/

No comments:

Post a Comment