Sunday, September 20, 2015

Peristiwa 20 September, #hariinidalamsejarah

Deretan Peristiwa 20 September :


1187 - Salahuddin Al-Ayyubi mengepung Yerusalem. Satu contoh strategi perang jenius yang dibuat Salahuddin Al-Ayyubi. Pengepungan Yerusalem adalah sebuah pertempuran yang terjadi mulai hari ini sampai 2 Oktober 1187 antara Dinasti Ayyubiyyah dan Pasukan Salib yang menguasai Yerusalem. Pertempuran ini menyebabkan Yerusalem direbut kembali dari tangan tentara Salib oleh Salahuddin al-Ayyubi.
Ilustrasi Perang, via www.republika.co.id


1519: Ferdinand Magellan meninggalkan Seville dengan lima kapal ekspedisi dan menjadi orang pertama yang mengelilingi dunia; Magellan sendiri tidak menyelesaikan perjalanan itu, dia terbunuh di Filipina.
Kapal-kapal Ekspedisi Magellan, via iwansuwandy.wordpress.com


1580: Sir Francis Drake kembali dari perjalanan mengelilingi dunia selama tiga tahun, yang dimulai pada tahun 1577; hanya ekspedisi Magellan yang pernah mencapai ini sebelumnya.
Drake dan Kapalnya via boats.glo-con.com


1946 - Festival Film Cannes pertama diselenggarakan.
Festival Film Cannes, via www.snipview.com
Dalam bahasa Prancis disebut : Le Festival International du Film de Cannes) adalah festival film paling bergengsi di dunia. Dia diadakan pertama kali dari 20 September hingga 5 Oktober 1946 di kota peristirahatan Cannes di Perancis bagian selatan. Sejak itu, festival ini diadakan setiap tahunnya pada bulan Mei kecuali pada beberapa saat.
Oleh karena luasnya pemberitaan media massa, festival nonpublik ini dihadiri oleh banyak bintang film dan menjadi sebuah ajang populer bagi pengusaha film untuk meluncurkan film-film terbarunya dan mencoba menjual karyanya ke para distributor yang datang dari seluruh dunia.

Penghargaan paling bergengsi yang diberikan di Cannes adalah Palem Emas (Palme d'Or) untuk film terbaik; kadang-kadang penghargaan ini dibagi bersama beberapa film pada satu tahun. Namun, juri festival, yang dibentuk dari pilihan internasional dalam jumlah kecil yang terdiri dari para ahli film, memberikan penghargaan lain, termasuk "grand prize" (penghargaan tergengsi kedua).


1960: Negara-negara Afrika yang baru merdeka yakni Benin (kemudian disebut Dahomey), Burkina Faso (Volta Hulu), Kamerun, Republik Afrika Tengah, Chad, Kongo-Brazzaville, Kongo-Kinshasa, Gabon, Pantai Gading, Madagaskar (Republik Malagasi), Mali, Niger, Somalia, dan Togo bergabung dengan PBB; Siprus juga menjadi anggota PBB pada tanggal ini.
Gedung PBB ruang rapat, via en.wikipedia.org


2003 - Sebuah referendum diadakan di Latvia tentang masuknya negara tersebut ke Uni Eropa. 
Latvia, via www.byroncourtschool.co.uk

Para pemilih di Latvia telah menyetujui dengan selisih suara sangat besar masuknya Latvia ke dalam Uni Eropa. Dengan dua-pertiga jumlah kartu suara yang telah dihitung dalam referendum Sabtu kemarin, hampir 70 persen mendukung , sedangkan 30 persen menentang. 70 persen lebih, dari 1,4 juta pemilih yang berhak memberikan suara telah menggunakan hak mereka, dua kali sebanyak yang diperlukan untuk membuat hasil referendum itu resmi. Latvia adalah yang terakhir dari 10 calon negara yang mengadakan referendum untuk masuk Uni Eropa . Mayoritas besar di 8 negara lainnya sudah menyetujui untuk masuk Uni Eropa. Ciprus meratifikasi keanggotaannya dalam Uni Eropa di parlemen. 
sumber : http://www.voaindonesia.com/content/a-32-a-2003-09-21-10-1-85312337/54249.html


2004 - Pemilihan umum Presiden Indonesia 2004 putaran II. Diikuti oleh pasangan capres-cawapres Megawati Soekarnoputri-Hasyim Muzadi dan Susilo Bambang Yudhoyono-Muhammad Jusuf Kalla. 
Pasangan SBY-Kall
Jenderal Susilo Bambang Yudhoyono mengalahkan inkumben Megawati Soekarnoputri dalam pemilihan presiden langsung pertama di negara ini.


2012 - Pemilihan umum Gubernur DKI Jakarta 2012 putaran II. Diikuti oleh pasangan cagub-cawagub Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli dan Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama.
Hasil Pilgub DKI Putaran II, via uinjktglobalnetwork.blogspot.com




https://id.wikipedia.org/wiki/20_September
http://www.kembangpete.com/2014/09/19/peristiwa-penting-yang-terjadi-pada-tanggal-20-september/

No comments:

Post a Comment