Friday, September 25, 2015

Tokoh yang Lahir Tanggal 25 September, #hariinidalamsejarah

Deretan Tokoh yang Lahir 25 September :


1644 - Ole Christensen Roemer, ahli astronomi dari Denmark yang membuat penentuan pertama tentang kecepatan cahaya dan merupakan penemu siklus transit astronomi.
Roemer, via micro.magnet.fsu.edu


1711 - Kaisar Qianlong dari Tiongkok
Kaisar Qianlong, via www.radioaustralia.net.au
Qianlong, kaisar keempat dinasti China Ch’ing (Qing), yang mencapai puncak kejayaannya selama pemerintahannya yang panjang (1735-1796). Telahir dengan nama Hongli adalah kaisar bangsa Manchu, Dinasti Qing yang keenam dan merupakan kaisar Qing keempat yang memerintah Tiongkok. Qianlong adalah putra keempat dari Kaisar Yongzheng, dia memerintah secara resmi dari 11 Oktober 1736 sampai dengan 7 Februari 1795. Pada tanggal 8 Februari Qianlong pensiunkan diri dan digantikan oleh anaknya, Kaisar Jiaqing dengan alasan bahwa tidak etis bagi dirinya untuk memerintah lebih lama dari kakeknya, Kaisar Kangxi. Walaupun Qianlong sudah pensiun, akan tetapi dia masih memerintah di balik layar sampai kematiannya pada tahun 1799. Walaupun kesejahteraan menyertai Tiongkok pada awal pemerintahannya, hal tersebut tidak bertahan lama dan Tiongkok begitu halnya Dinasti Qing mengalami kemunduran pada masa akhir pemerintahannya.


1749: Abraham Gottlob Werner, ahli mineral dan ahli geologi Jerman yang pertama kali mengembangkan dan mengajarkan teori geologi atau sistem yang secara universal dan historis berlaku untuk bumi dan didasarkan pada pengalaman lapangan.
Werner, via www.alexandrite.net


1846: Wladimir Peter Köppen, ahli iklim dan meteorologi Jerman yang dikenal untuk klasifikasi dan pemetaannya pada daerah iklim dunia.
Koppen, via en.wikipedia.org


1866: Thomas Hunt Morgan, ahli zoologi Amerika yang memenangkan Nobel 1933 atas kepeloporannya dalam bidang genetika.
Morgan, via fineartamerica.com


https://id.wikipedia.org/wiki/25_September
http://www.kembangpete.com/2014/09/24/tokoh-besar-dunia-yang-lahir-pada-25-september/

No comments:

Post a Comment