Wednesday, September 16, 2015

Peristiwa Penting Tanggal 15 September, #hariinidalamsejarah

Peristiwa Penting Tanggal 15 September :


1600 - Pertempuran Sekigahara. 
Ilustrasi Perang Sekigahara, via www.kaskus.co.id
Pertempuran ini adalah pertempuran yang terjadi tanggal 15 September 1600 menurut kalender lunar (21 Oktober 1600 menurut kalender Gregorian) di Sekigahara, distrik Fuwa, Provinsi Mino, Jepang.
Pertempuran melibatkan pihak yang dipimpin Tokugawa Ieyasu melawan pihak Ishida Mitsunari sehubungan perebutan kekuasaan sesudah wafatnya Toyotomi Hideyoshi. Pertempuran dimenangkan oleh pihak Tokugawa Ieyasu yang memuluskan jalan menuju terbentuknya Keshogunan Tokugawa.


1821: Provinsi Spanyol Guatemala (Kosta Rika, El Salvador, Guatemala, Honduras, dan Nikaragua) mendeklarasikan kemerdekaan mereka.
Amerika Tengah, via http://internasional.republika.co.id
Secara serentak lima negara di Amerika Tengah, Kosta Rika, Guatemala, Honduras, Nikaragua dan EL Salvador mendapatkan kemerdekaan dari Kerajaan Spanyol. Perubahan politik di Spanyol, membuat beberapa negara taklukan Spanyol memilih menyatakan merdeka. Faktor negara-negara taklukan ini minta kemerdekaan karena kesadaran kaum elite di kawasan ini untuk mengendalikan daerah yang mereka miliki tanpa keterlibatan otoritas Spanyol.
Faktor lainnya saat itu adalah keberhasilan revolusi Prancis dan Amerika di abad ke-18 dan melemahnya kekuatan militer Spanyol karena perang melawan Napoleon dari Perancis. Gerakan kemerdekaan dikonsolidasikan pada tanggal 5 November 1811, saat seorang pendeta El Salvador, Jose Matias Delgado, membunyikan lonceng Iglesia La Merced di San Salvador, menyerukan pemberontakan. Setelah peperangan internal bertahun-tahun, Acta de Independencia (Proklamasi Kemerdekaan) Amerika Tengah ditandatangani di Guatemala pada hari ini di 1821.
sumber : http://internasional.republika.co.id/berita/internasional/global/13/09/15/mt5bwp-hari-ini-di-1821-kosta-rika-guatemala-honduras-nikaragua-dan-el-salvador-merdeka


1935 - Undang-Undang Nurenberg menghapuskan kewarganegaraan bangsa Yahudi di Jerman. Hukum Nuremberg, dua hukum konstitusional yang meletakkan dasar untuk mengesampingkan hukum Yahudi dari kehidupan dan masyarakat Jerman, diberlakukan oleh Reichstag Jerman.
Partai Nazi, via http://www.ushmm.org
Ini adalah undang-undang antisemit di Jerman Nazi yang diperkenalkan dalam Pertemuan Nuremberg tahunan Partai Nazi pada tahun 1935. Setelah Hitler mengambilalih kekuasaan pada tahun 1933, Nazisme menjadi ideologi resmi yang menetapkan antisemitisme sebagai bentuk rasisme ilmiah. Ada pertumbuhan yang cepat dalam legislasi Jerman yang ditujukan khusus pada orang-orang Yahudi dan kelompok-kelompok lainnya, seperti Undang-Undang untuk Pemulihan Layanan Sipil Profesional yang melarang "non-Arya" dan lawan politik Nazi untuk terlibat dalam pelayanan sipil.
Kurangnya metode hukum yang jelas membuat sulit untuk mendefinisikan siapa yang mestinya dianggap sebagai Yahudi. Pemberlakuan undang-undang untuk mengidentifikasi siapa yang diputuskan sebagai Yahudi membuat lebih mudah bagi Nazi untuk menegakkan undang-undang yang membatasi hak-hak dasar bagi orang-orang Yahudi Jerman.
sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Undang-Undang_Nuremberg


1916: Selama Pertempuran Somme, di bagian depan barat Perang Dunia I, Inggris menggunakan tank untuk pertama kalinya dalam pertempuran; meskipun mereka berhasil mengejutkan Jerman, kendaraan lapis baja ini kurang bertenaga, tidak dapat diandalkan, terlalu lambat, dan terlalu sedikit jumlahnya untuk memberikan dampak besar (dari 47 armada, hanya 9 yang dapat menyelesaikan tugasnya dalam pertempuran).
Tank, via anggrekindah.blogspot.com
 


1935 - Jerman Nazi mengadopsi bendera baru yang menampilkan swastika.
Swastika, via www.eitschaim.org


1943 - Benito Mussolini membentuk pemerintah fasis di Italia untuk bersaing dengan pemerintahan Hitler. 
Musolini (kanan), dan ia serta 4 pengikutnya yang dibunuh lalu digantung terbalik (kiri), via dunia.news.viva.co.id
Dia adalah seorang diktator Italia yang menganut Fasis. Ia adalah diktator Italia pada periode 1922-1943. Ia dipaksa mundur dari jabatan Perdana Menteri Italia pada 28 Juli 1943 setelah serangkaian kekalahan Italia di Afrika. Setelah ditangkap, ia diisolasi. Dua tahun kemudian, ia dieksekusi di Como, Italia utara. Mussolini mengakhiri sebuah dekade seperti di Jerman yang dilakukan diktator Adolf Hitler dengan Nazi-nya.


1945 - Sekutu mendaratkan pasukannya di Jakarta untuk melucuti tentara Jepang. 
Mobilisasi Tentara, via m.kaskus.co.id
Pada tanggal 15 September 1945, sekutu mendaratkan tentaranya di Tanjung Priok yang disusul dengan pendaratan tentara sekutu yang dipimpin oleh W.R. Paterrson. Untuk menjalankan tugas di Indonesia, sekutu membentuk AFNEI denagn panglimanya Letjend Sir Philip Christison yang membawahi 3 pasukan divisi, yaitu divisi Jakarata, Surabaya, dan Sumatra. 
Tugas AFNEI: 
  1. Menerima kekuasaan dari Jepang 
  2. Membebaskan tawan perang dan interniran sekutu 
  3. Melucuti dan mengumpulkan tentara Jepang kemudian dipulnagkan ke negaranya 
  4. Menegahkan dan mempertahankan keadaan damai kemudian diseahkan kepada pemerintah sipil 
  5. Menghimpun peperangan dan menuntut pejahat perang 
Kedatangan sekutu di Indonesia awalnya diterima dengan baik oleh pemerintah dan rakyat Indonesia. Ternyata kedatangan sekutu diboncengi NICA, hal ini yang menimbulkan berbagai macam pertempuran di berbagai kota menghadapi tentara jepang dan sekutu bahwa setelah jepang menyerah kepada sekutu pada diduduki sampai kedatangan pasukan sekutu di daerah tersebut termasuk Indonesia. Jepang berusaha menghalangi bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan. Para pemuda Indonesia yang tergabung dalam BKR berusaha melucuti senjata pasukan Jepang dengan alasan: 
  1. Mendapatkan senjata untuk mempertahankan kemerdekaan  
  2. Agar senjata pasukan Jepang tidak jatuh ke tangan Belanda
  3. Agar pasukan Jepang tidak menyerang demi mempertahankan “status quo”
sumber : http://permatasaridwinda.blogspot.co.id/p/konflik-indonesia-belanda.html


1950 - Perang Korea: Angkatan bersenjata Amerika Serikat mendarat di Incheon, Korea. 
Tentara Korea, via www.merdeka.com



1978: Petinju Muhammad Ali mengalahkan Leon Spinks di pertandingan ulang untuk memperoleh gelar tinju dunia kelas berat ketiga yang belum pernah terjadi sebelumnya.
Ali vs Leon, via www.bestsportsphotos.com



2007 : Hari Demokrasi Sedunia
Hari Demokrasi, via www.cipe.org
Berawal pada tanggal 15 September 1997 di Cairo, Inter-Parliamentary Council (IPU) melaksanakan Universal Declaration on Democracy yang kemudian oleh PBB pada rapat pleno Majelis Umum (MU) ke 46 (8/11/07) menghasilkan resolusi A/RES/62/7 yang menetapkan tanggal 15 September sebagai Hari Demokrasi Internasional.
sumber : http://event.indonesiakreatif.net/events/hari-demokrasi-internasional-international-day-of-democracy-2015-09-15/





https://id.wikipedia.org/wiki/15_September
http://www.muradmaulana.com/2014/08/hari-penting-nasional-dan-internasional.html
http://www.kembangpete.com/2014/09/14/peristiwa-penting-yang-terjadi-pada-tanggal-15-september/

No comments:

Post a Comment