Friday, September 18, 2015

Tokoh yang Lahir 18 September, #hariinidalamsejarah

Tokoh yang Lahir 18 September :



53 M: Trajan, Kaisar Romawi yang mengejar kebijakan ekspansionis agresif dan mendapatkan reputasi karena kebajikannya.
Trajan, via www.trajans-column.org


1752 - Adrien-Marie Legendre, matematikawan Prancis
Adrien, via www.corbisimages.com
Ia membuat sumbangan penting atas statistik, teori bilangan, aljabar abstrak dan analisis matematika. Kebanyakan karyanya disempurnakan oleh lainnya: karyanya pada akar polinomial mengilhami teori Galois; karya Abel pada fungsi elips dibangun pada Legendre punya; beberapa karya Gauss dalam statistik dan teori bilangan melengkapi teori Legendre.
Pada 1830 ia memberikan bukti pada teorema akhir Fermat untuk eksponen n = 5, yang diberikan hampir secara serentak oleh Dirichlet pada 1828. Dalam teori bilangan, ia mengkonjekturkan hukum timbal balik kuadrat, yang kemudian dibuktikan Gauss. Ia juga melakukan karya pioner pada prima, dan pada penerapan analisis pada teori bilangan. Konjektur 1796nya dari teorema bilangan prima dengan tepat dibuktikan oleh Hadamard dan de la Vallée-Poussin pada 1898. Legendre melakukan sejumlah karya impresif pada fungsi elips, termasuk klasifikasi integral elips, namun mengambil percobaan jenius Abel untuk mempelajari invers fungsi Jacobi dan memecahkan masalah dengan sempurna.
Dalam mekanika teori, ia dikenal untuk transformasi Legendre, yang digunakan untuk berangkat dari formulasi mekanik Lagrangian ke Hamiltonian.


1819 - Léon Foucault, fisikawan berkebangsaan Perancis.
Leon, via micro.magnet.fsu.edu


1904 - Mr. Assaat, pemangku jabatan Presiden Republik Indonesia
Assaat, via id.wikipedia.org
Mr. Assaat (18 September 1904 - 16 Juni 1976) adalah tokoh pejuang Indonesia, pemangku jabatan Presiden Republik Indonesia pada masa pemerintahan Republik Indonesia di Yogyakarta yang merupakan bagian dari Republik Indonesia Serikat (RIS). Mr. Assaat dilahirkan di dusun pincuran landai kanagarian Kubang Putih Banuhampu adalah orang sumando Sungai Pua, menikah dengan Roesiah, wanita Sungai Pua di Rumah Gadang Kapalo Koto, yang telah meninggalkan beliau pada 12 Juni 1949, dengan dua orang putera dan seorang puteri. Assaat adalah salah satu dari dua presiden RI yang tak tercatat di sejarah.
sumber : http://nuramalinayustika.blogspot.co.id/2015/01/mr-assaat-mantan-presiden-ri-yang-tak.html



1908: Viktor Ambartsumian, astronom Armenia yang terkenal karena penelitiannya pada galaksi dan evolusi bintang.
Viktor, via massispost.com


1923: Peter Smithson, arsitek Inggris yang bersama istrinya, Alison, menjadi pemimpin dalam membangun gaya yang dikenal sebagai Brutalisme.
Peter dan Alison, via www.telegraph.co.uk


1971 - Lance Armstrong, pembalap sepeda Amerika Serikat
Lance, via collider.com
Nama lahirnya adalah Lance Edward Gunderson, lahir di Plano, Texas, Amerika Serikat. Ia adalah pembalap sepeda profesional Amerika Serikat yang terkenal karena berhasil menjuarai Tour de France sebanyak tujuh kali berturut-turut (1999 hingga 2005) sejak sembuh dari penyakit kanker. Pengalaman menghadapi penyakit ini memberinya insipirasi untuk mendirikan Yayasan Lance Armstrong, dan kemudian mengembangkan gelang Livestrong pada tahun 2004 sebagai upaya meningkatkan kesadaran terhadap korban-korban kanker. Namun gelar yang didapatkannya dicabut oleh Uni Sepedea Internasional (UCI) pada 22 Oktober 2012 karena ia terbukti menggunakan doping.



http://www.kembangpete.com/2014/09/17/tokoh-besar-dunia-yang-lahir-pada-18-september/
https://id.wikipedia.org/wiki/18_September

No comments:

Post a Comment