Monday, September 21, 2015

Tokoh yang Lahir 21 September, #hariinidalamsejarah

Tokoh yang Lahir 21 September :


1853: Heike Kamerlingh Onnes, fisikawan Belanda yang menerima Nobel 1913 atas kepeloporannya dalam kriogenik dan penemuan superkonduktivitas.
Heike Onnes, via en.wikipedia.org


1866: H.G. Wells, penulis Inggris, salah satu tokoh sastra dunia yang paling menonjol di era antara 1895 dan 1920, dikenal dengan roman The Invisible Man, The Time Machine, dan The War of the Worlds.
H.G. Wells, via eagleeyededitor.wordpress.com


1866: C.J.H. Nicolle, dokter dan ahli mikrobiologi Prancis yang memenangkan Nobel 1928 atas penemuannya mengenai transmisi tifus.
C.J.H. Nicole, via en.wikipedia.org


1895: Juan de la Cierva, insinyur Spanyol yang menemukan Autogiro.
Juan Cierva, via afflictor.com


1909: Kwame Nkrumah, presiden pertama Ghana (1960-1966) dan pendukung anti-kolonialisme dan persatuan Afrika terkemuka.
Kwame Nkrumah, via anti-imperialism.com
Nkrumah adalah seorang tokoh pan-Africanist, berhaluan Marxis yang membuatnya menjadi seorang tokoh revolusioner, melancarkan aksi-aksi pemberontakan dan berpengaruh besar terhadap perjuangan kemerdekaan Ghana. Sampai akhirnya ia didaulat menjadi presiden pertama Ghana yang merdeka pada 6 Maret 1957.
Kwame Nkrumah lulus dari Achimata School di Accra pada 1930. Lalu, ia memperoleh beasiswa untuk kuliah di Amerika. Akhirnya ia meninggalkan Ghana menuju United States untuk kuliiah di Lincoln University, Pennsylvania pada 1939 dan lulus pada 1942. Semasa ia hidup di Amerika ia sangat sering berada di Gereja-gereja kulit hitam. Ia mulai belajar tentang politik, dan filsafat dari sana.
Kwame Nkrumah menikahi seorang guru bernama Fathia Nkrumah dan dikaruniai 3 orang anak. Akan tetapi, ia mati lebih dahulu meninggalkan Kwame beserta ketiga anaknya yang masih kecil pada 31 Mei 2007 karena serangan stroke.
Pada 24 Februari 1966, saat Nkrumah bertandang ke Vietnam Utara dan RRT, ketika militer memberontak dan menggulingkan pemerintahan tanpa pertumpahan darah. Bekas orang kuat itu melewati tahun-tahun sisa hidupnya di pengasingan di Guinea, menjadi tamu presiden Sekou Toure di Guinea. 
Di Guinea, ia tetap dihormati sebagai seorang pemimpin besar Afrika pada masanya dan bahkan dijadikan salah satu wakil presiden kehormatan. Bulan Agustus 1971, ia berangkat ke Bukares, Rumania untuk menjalani pengobatan. Ia meninggal di sana pada 27 April 1972 karena kanker kulit.
sumber : http://profil.merdeka.com/mancanegara/k/kwame-nkrumah/


1912: Chuck Jones, animator terkemuka yang menghidupkan karakter kartun klasik Warner Bros seperti Bugs Bunny, Daffy Duck, Porky Pig, Road Runner, Wile E. Coyote, dan Pepe Le Pew.
Chuck Jones dan karakter-karakter ciptaannya, via www.cartoongallery.com


http://www.kembangpete.com/2014/09/20/tokoh-besar-dunia-yang-lahir-pada-21-september/
https://id.wikipedia.org/wiki/21_September

No comments:

Post a Comment