Sunday, September 6, 2015

Peristiwa Penting 6 September, #hariinidalamsejarah

Deretan Peristiwa penting 6 september :


1522 - Delapan belas orang awak kapal Magelhaens, termasuk Pigafetta, kembali ke Spanyol, menjadi orang-orang pertama yang melakukan perjalanan keliling dunia. 
Magelhaens, via http://kamusarea.blogspot.co.id
sumber : http://kamusarea.blogspot.co.id/2008/12/fernando-de-magelhaens-sang-pengeliling.html



1859: Imam Shamyl, yang selama bertahun-tahun telah memimpin perlawanan masyarakat Muslim Dagestan dan Chechnya terhadap ekspansi kolonial Rusia, "terpakasa" menyerah kepada Rusia.
Imam Shamil, via islam.ru
sumber : http://www.sufiz.com/kisah-mujahid/imam-syamil-mujahid-perkasa-dari-kaukasus.html


1901: Leon Czolgosz, seorang anarkis, menembak William McKinley, presiden Amerika Serikat ke-25 (1897-1901), di Pameran Pan-American di Buffalo, NY; McKinley meninggal delapan hari kemudian.
Leon, via www.shmoop.com


1948 - Juliana menjadi Ratu Belanda.
Ratu Juliana, via pagaralamnese.blogspot.com
Ia menjadi Ratu Belanda menggantikan ibunya hingga 30 April 1980, kemudian posisinya digantikan anaknya. Ratu Juliana pernah mengunjungi Indonesia, dan dia pula yang menyerahkan kedaulatan Hindia Belanda kepada ketua delegasi Indonesia di Istana Dam, Amsterdam.
sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Juliana_dari_Belanda


1961 – Konferensi Tingkat Tinggi pertama Gerakan Non-Blok di Beograd, Yugoslavia, berakhir.
Para pemimpin Negara di KTT Gerakan Non-Blok, via www.merdeka.com
Konferensi yang berlnagsung dari tanggal 1 september 1961 ini menghasilkan beberapa point, yaitu :
  • mengimbau dihentikannya Perang Dingin antara Uni Soviet dan Amerika Serikat bersama sekutunya;
  • mengimbau Uni Soviet dan Amerika Serikat agar hidup berdampingan secara damai dengan menghentikan perlombaan senjata nuklir;
  • menyerukan kepada dunia (PBB) untuk membantu negara yang masih terjajah supaya segera merdeka.
 sumber : http://sejarah-smu.blogspot.com/2014/03/ktt-gerakan-non-blok.html


1962 - Merpati Nusantara Airlines didirikan. 
Logo Merpati, via id.wikipedia.org

Merupakan salah satu maskapai penerbangan nasional yang sahamnya dimiliki sebagian besar oleh pemerintah Indonesia. Berdiri pada tahun 1962, Merpati memiliki pusat operasi di Jakarta, Indonesia. Maskapai ini mengoperasikan jadwal penerbangan domestik dan juga internasional ke daerah Timor Timur dari pusatnya di bandara Internasional Soekarno-Hatta.
sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Merpati_Nusantara_Airlines



1968 - Swaziland merdeka. 
Swaziland, via www.smec.com
Sejarah kerajaan Swaziland telah berlangsung selama 400 tahun dimana dinasti Swaziland merupakan salah satu dari sedikit dinasti-dinasti di Afrika yang masih ada. Pada mulanya penduduk Swaziland adalah suku Bantu yang datang ke Swaziland tahun 1820. Kemudian Inggris memberikan otonomi kepada Swaziland setelah memegang kekuasaan pada tahun 1903.

Pada tahun 1960 Swaziland merdeka setelah berjuang melalui pembentukan partai politik pertama yaitu "The Swaziland Progressive Party" (SPP), dipimpin oleh J.J. Nguku. Pada tahun 1962, partai SPP terpecah kemudian "The Ngawane National Liberatory Congress" (NNLC) pimpinan Dr. Ambrose P. Zware akhirnya menjadi partai yang dominan. NNLC merupakan partai nasional ortodoks Afrika yang pada saat itu sangat dipengaruhi oleh doktrin "Pan Africanism" dari Kwame Nukrumah (Presiden Ghana). Partai INM (Imbokodvo National Movement) sebagai partai tradisional saingan NNLC. Swaziland memperoleh kemerdekaan penuh tanggal 6 September 1968.
sumber : 
http://www.amazine.co/22006/20-informasi-fakta-menarik-tentang-swaziland/
http://www.kemlu.go.id/pretoria/Pages/CountryProfile.aspx?IDP=3&l=id


1991 – Nama kota St. Petersburg dikembalikan setelah sejak tahun 1914 disebut Petrograd dan sejak 1924 disebut Leningrad. 
Kota Petersburg, via id.wikipedia.org

Merupakan nama sebuah kota di Federasi Rusia. Sebelumnya, kota ini bernama Petrograd pada tahun 1914-1924 dan Leningrad pada masa Uni Soviet (1924-1991) untuk mengenang Vladimir Lenin.
St. Peterburg sekarang adalah pusat pemerintahan Oblast Leningrad walaupun memiliki status sebagai kota federal. Kota ini adalah kota pelabuhan yang terletak di tepi Sungai Neva dan Teluk Finskiy. Penduduknya berjumlah 4.848.700 jiwa berdasarkan sensus tahun 2010. Di kota ini mengalir lebih dari 40 sungai dan kira-kira 20 kanal.

St. Peterburg adalah pusat industri, ilmu, dan budaya yang penting serta mempunyai industri mesin, besi, baja, kimia, dan pangan. Kota ini telah mempunyai sistem kereta bawah tanah sejak tahun 1955. Pusat kotanya merupakan salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO.
sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Sankt-Peterburg


1996 - Untuk pertama kalinya, Mandar talaud ditemukan
Mandar Talaud, via www.kutilang.or.id

Setelah diamat-amati dan diteliti secara seksama, burung mandar Talaud tersebut ternyata merupakan jenis burung baru untuk dunia ilmu pengetahuan. Dalam sebuah jurnal ilmiah burung, Forktail, penemuan tersebut lantas disiarkan ke seluruh dunia dan burung MZB 30.271 lantas diberi nama ilmiah Gymnocrex talaudensis.
sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Mandar_talaud


1997 – Putri Diana dimakamkan setelah mengalami sebuah kecelakaan di Paris. 
Pemakaman Sang Putri, via sheta7.wordpress.com

Berita duka ini yang mengejutkan dunia, Putri Diana meninggal dunia setelah mengalami kecelakaan di Paris, Perancis. Dan hari ini pada tahun 1997, Putri Diana dimakamkan.
Upacara penghormatan bagi Diana dimulai pukul 09.00 waktu setempat. Iring-iringan peti mati meninggalkan Istana Kensington menuju ke gereja. Sementara, jutaan orang telah berkumpul di pinggir jalan untuk melepas kepergian Diana. Beberapa di antara mereka ikut menangis, sebagian bertepuk tangan sambil diam dan bahkan ada yang tertegun seolah tak percaya perempuan berusia 36 tahun itu telah tiada.
sumber : http://dunia.news.viva.co.id/news/read/670309-6-9-1997:-25-Miliar-Orang-Saksikan-Pemakaman-Putri-Diana 

2007 - Operasi Kebun Buah: beberapa pesawat tempur Israel memasuki wilayah Suriah dan menjatuhkan bom di sebuah reaktor nuklir rahasia.
Lokasi kejadian, sebelum dan sesudah, via id.wikipedia.org

Adalah sebuah serangan udara Israel terhadap sebuah pusat penelitian pertanian di Deir ez-Zor, utara Suriah, lewat tengah malam 6 September 2007. Menurut berita, serangan ini dilakukan oleh Skuadron 69 AU Israel (IAF), yang terdiri dari F15I, F-16, dan sebuah pesawat ELINT; total ada delapan pesawat. Pesawat-pesawat tempur tersebut dilengkapi rudal AGM-65 Maverick, bom 250kg, dan tangki minyak eksternal. Menurut suatu laporan, sebuah tim pasukan khusus Shaldag dari AU Israel berada di tempat tersebut sehari sebelum operasi ini, sehingga sasaran dapat ditandai dengan sinar laser.
sumber : id.wikipedia.org

No comments:

Post a Comment