Friday, September 18, 2015

Tokoh yang Lahir 17 September, #hariinidalamsejarah

Tokoh yang Lahir 17 September :


879 - Raja Charles III dari Perancis
Charles III, via id.wikipedia.org
Dia memiliki gelar Charles yang Sederhana (Charles le Simple) merupakan seorang Raja Perancis yang tak dipersoalkan dari tahun 898 s/d tahun 922 dan Raja Lotharingia dari tahun 911 s/d tahun 919/23. Ia adalah anggota keluarga Wangsa Karolingia, yang ketiga dan putra anumerta Louis II dari Perancis dan istri keduanya, Adelaide dari Paris.

Sebagai seorang anak, Charles dihalangi untuk mewarisi tahta pada saat kematian saudara tirinya Carloman pada tahun 884. Para nobel kerajaan sebaliknya meminta sepupunya, Charles III dari Perancis, untuk memerintah. Ia juga dihalangi untuk menjadi ahli waris Charles yang tidak populer, yang digulingkan pada bulan November 887 dan meninggal pada bulan Januari 888, meskipun tidak diketahui jika penurunan tahtanya diterima atau pernah diakui di Frankia Barat sebelum kematiannya. Nobel yang ditunjuk Eudes, pahlawan Pengepungan Paris, raja, meskipun terdapat fraksi yang mendukung Guido III dari Spoleto. Charles diletakkan di bawah perlindungan Ramnulf II dari Poitiers, Daftar Penguasa Aquitaine, yang mencoba menuntut takhta untuknya dan pada akhirnya menggunakan gelar kerajaan itu sendiri sampai ia berdamai dengan Eudes. Akhirnya, pada tahun 893 Charles dimahkotai oleh sebuah fraksi yang menentang Eudes di Katedral Reims. Ia efektif menjadi penguasa hanya dengan kematian Eudes pada tahun 898.


1271 - Wenceslas II dari Bohemia dan Polandia 
Wenceslas II, via en.wikipedia.org
Dia merupakan seorang Raja Bohemia (1278–1305), Adipati Kraków (1291–1305) dan Raja Polandia (1300–1305). Ia merupakan anak tunggal Raja Ottokar II dari Bohemia "yang Agung" dan istri kedua Ottokar Kunhuta Uherská. Ia dilahirkan pada tahun 1271, sepuluh tahun setelah pernikahan orangtuanya. Kunhuta adalah putri Rostislav Mikhailovich, maharaja Slavonia, putra Pangeran Agung Kiev, dan Anna dari Hongaria, putri Béla IV dari Hongaria. Nenek moyangnya adalah Raja Jerman Philipp dari Swabia. Ia adalah anggota keluarga Wangsa Přemyslid.


1552 - Paus Paulus V
Paus Paulus V, via id.wikipedia.org

Lahir dengan nama Camillo Borghese di Roma, Italia, -meninggal di Roma, Italia, 28 Januari 1621- pada umur 68 tahun) adalah Paus yang menjabat sejak 16 Mei 1605 sampai 28 Januari 1621.


1677: Stephen Hales, ahli botani Inggris yang sering dianggap sebagai pendiri fisiologi tanaman.
Hales, via www.npg.org.uk

Salah satu karya yang ditulis oleh Stephen Hales adalah Vegetable Staticks yang berbicara tentang psikologi tumbuh-tumbuhan. Gagasan yang dinyatakan oleh Hales adalah persamaan antara tumbuhan dan hewan yang memiliki sistem sirkulasi darah. Dia menyelidiki bagian-bagian tumbuh-tumbuhan dan menemukan sistem kehidupan di dalamnya terkait seluruh bagian mulai dari akar, daun, batang, bunga, buah dsb.


1857: Konstantin Tsiolkovsky, teoritikus dan penulis visioner Rusia yang menulis tentang perjalanan ruang angkasa yang dalam beberapa dekade kemudian meramalkan banyak fitur astronautika modern. Ia adalah orang pertama yang memikirkan lift luar angkasa, terinspirasi dari Menara Eiffel di Paris.
Tsiolkovsky, via www.thelivingmoon.com


1913: Eugene P. Odum, ahli ekologi Amerika yang mengembangkan konsep ekosistem.
Eugene, via en.wikipedia.org


1927 - Njoo Kiem Bie, pemain legendaris bulu tangkis Indonesia
Bie, via 108jakarta.com
Prestasi terbesarnya adalah saat membawa tim Indonesia merebut Piala Thomas untuk pertama kalinya pada tahun 1958 di Singapura dan kemudian mempertahankannya pada 1961 di Jakarta.


1930: Thomas P. Stafford, astronot yang memimpin misi tes terakhir (Apollo 10, 1969) sebelum pendaratan berawak pertama di bulan dan mewakili AS dalam Uji Proyek Apollo-Soyuz (1975). 
Thomas, via history.nasa.gov


1974 - Andre Taulany, penyanyi, pemain film dan komedian Indonesia
Andre, via billionairedetik.blogspot.com
Aktor ganteng ini sering disebut dengan Andre Stinky / Andre OVJ. Dia lahir dari ibu bernama Rasidah Hanum Hasibuan dan ayah bernama Robby Haumahu, dia berprofesi sebagai pemain sinetron, film, sekaligus sebagai Komedian. Andre merupakan artis indonesia yang sudah bermain di beberapa sinetron diantaranya Cerita Cinta, Terang Milikku Juga selain itu Andre Stinky juga pernah membintangi film layar lebar seperti Kiamat Sudah Dekat, Kunfayakun, dan Susuk Pocong. Andre lebih dikenal sebagai Andre OVJ sejak perannya di acara Komedi Opera Van Java TRANS 7.
Setelah bergabung dengan grup band Stinky, nama Andre lebih terkenal dengan Andre Stinky. Bersama Irwan (bass), Nanno (gitar), dan Edy (drum) serta Ndang (telah keluar); Stinky telah merilis 8 album di luar The Best Of Stinky dan Love Song Of Stinky. Album teranyar mereka bertajuk Pecinta Sejati dirilis tanggal 19 Mei 2007. Seperti album terdahulu grup band yang pernah meraih penjualan 1 juta kopi lewat hits mereka "Mungkinkah" dan "Jangan Tutup Dirimu", dalam album tersebut mereka juga masih mengusung tema cinta.
Andre akhirnya keluar dari grup band Stinky yang sudah membesarkannya, dan mencoba untuk bersolo karier, hits yang pernah dikeluarkan adalah lagu Cintailah Istanaku yang juga menjadi OST. Sinetron Akulah Arjunaku.
sumber : http://www.biografiku.com/2011/09/biografi-andre-taulany-ovj.html  


1975 - Jimmie Johnson, pembalap NASCAR, juara lima musim beruntun (2006-2010)
JJ, via www.theautochannel.com
Nama lengkapnya adalah Jimmie Kenneth Johnson, kerap juga disapa JJ, lahir di El Cajon, California adalah seorang pembalap profesional dari Amerika Serikat. Ia merupakan pembalap yang turun dalam ajang NASCAR Seri Piala Sprint, dengan mengendarai mobil bernomor 48 yang disponsori oleh Lowe's/Kobalt Tools dan dijalankan oleh tim Hendrick Motorsports asuhan Rick Hendrick dan Jeff Gordon, dengan jenis mobil Chevrolet SS. Ia meraih gelar juara NASCAR pertama kali pada tahun 2006 setelah mengalahkan rekan setimnya sendiri, Jeff Gordon. Sampai akhir musim 2010, Johnson menjadi satu-satunya pembalap yang mampu meraih lima gelar juara NASCAR dalam lima musim beruntun.







https://id.wikipedia.org/wiki/17_September
http://www.kembangpete.com/2014/09/16/tokoh-besar-dunia-yang-lahir-pada-17-september/

No comments:

Post a Comment