Wednesday, September 9, 2015

Peristiwa Penting 9 September, #hariinidalamsejarah

Deretan Peristiwa tanggal 9 September :


1499: Navigator Portugis Vasco da Gama kembali ke Lisbon pada akhir ekspedisi bersejarahnya yang membuka rute laut ke India melalui Tanjung Harapan.
Vasco da Gama, via www.livescience.com
1543 - Mary Stuart dimahkotai sebagai Ratu Skotlandia pada usia sembilan bulan. 
Maria, via en.wikipedia.org
Pada abad ke-14 masa pemerintahan Robert II Skotlandia, telah dipastikan bahwa Mahkota Skotlandia harus diberikan kepada pria dalam gari keturunan Robert. Wanita dapat dinobatkan hanya bila tidak ada keturunan pria. Maria naik takhta karena, dengan kematian James V, tidak ada lagi keturunan pria dari Robert II.
sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Maria,_Ratu_Skotlandia


1886 - Konvensi Bern tentang Perlindungan Karya Seni dan Sastra ditandatangani oleh sepuluh negara Eropa di Bern, Swiss.
Hak Cipta, via ikhsan-blogs.blogspot.com
Konvensi Bern tentang Perlindungan Karya Seni dan Sastra, biasa disebut Konvensi Bern atau Konvensi Berne, merupakan persetujuan internasional mengenai hak cipta, pertama kali disetujui di Bern, Swiss pada tahun 1886.
Sebelum penerapan Konvensi Bern, undang-undang hak cipta biasanya berlaku hanya bagi karya yang diciptakan di dalam negara bersangkutan. Akibatnya, misalnya ciptaan yang diterbitkan di London oleh seorang warga negara Inggris dilindungi hak ciptanya di Britania Raya, namun dapat disalin dan dijual oleh siapapun di Swiss; demikian pula sebaliknya.
sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Konvensi_Bern_tentang_Perlindungan_Karya_Seni_dan_Sastra


1922: Tentara Turki mulai memasuki daerah kantong Yunani di Smyrna (sekarang Izmir) dan pada 14 September mengusir orang-orang Yunani dan menghancurkan sebagian besar kota; Keberhasilan Turki ini mengakhiri Perang Yunani-Turki yang diikuti Perang Dunia I dan menyebabkan penentuan ulang atas penyelesaian politik pascaperang di Perjanjian Lausanne (1923).
Perang Turki Yunani (Perang Asia Kecil), via id.wikipedia.org


1945: Pada akhir Perang Dunia II, Jepang secara resmi menyerah kepada China di Nanjing.
Bom Atom Jepang, via slowbutsure2nd.wordpress.com


1948: Pemerintahan yang dikuasai Komunis di Korea Utara memproklamirkan kemerdekaan Republik Demokratik Rakyat Korea di bawah Kim Il Sung.
Pertemuan Sidang Rakyat Tertinggi, via http://world.kbs.co.kr
Korea mendapat kemerdekaan setelah Perang Dunia II pada tahun 1945 usai. Tetapi , pasukan sekutu, A.S. dan Uni Soviet yang memainkan peranan penting dalam mengusir imperialis Jepang di Korea menempatkan pasukan masing-masing di bagian Selatan dan bagian Utara dengan garis perbatasan 38 derajat garis lintang utara, hingga fondasi untuk pembagian Semenanjung Korea telah terbentuk.
Atas dukungan penuh Uni Soviet, Kil Il-sung memegang kekuatan politik dan memperkokoh posisinya sebagai pemimpin partai komunis Chosun yang baru dibentuk di bagian Utara.
Pada tahun 1946, organisasi itu dibentuk kembali sebagai Partai Buruh Korea Utara. Badan politik itu memperkokoh landasan sebagai negara komunis, lewat pelaksanaan nasionalisasi tanah pertanian. Pada 9 September, 1948, Republik Rakyat Demokrasi Korea, DPRK secara resmi dideklarasikan.
sumber : http://world.kbs.co.kr/indonesian/event/nkorea_nuclear/general_02a.htm


1948 - Pekan Olahraga Nasional pertama dibuka di Surakarta.
PON Pertama Solo, via www.pon-peparnas2016jabar.go.id
PON I adalah PON pertama Indonesia yang diadakan di Surakarta pada 9–12 September 1948. Tanggal pembukaannya, 9 September, kemudian diperingati setiap tahunnya sebagai Hari Olahraga Nasional.
Pembukaan PON pertama ini diresmikan oleh Presiden Pertama Republik Indonesia Soekarno dan acara penutupannya dilakukan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono IX Selaku Ketua Komite Olimpiade Republik Indonesia (KORI) (sebelum bergabung dengan KONI dan sejak 2007 menjadi Komite Olimpiade Indonesia).
Pekan Olahraga Nasional I ini diikuti oleh sekitar 600 atlet yang bertanding pada 9 cabang olahraga yakni Atletik, Lempar Cakram, bulu tangkis, sepak bola, tennis, renang, Pencak silat, Panahan dan Bola Basket dengan jumlah total medali (emas, perak, perunggu) yang diperebutkan sebanyak 108 medali. Pesertanya bukan pada tingkat provinsi melainkan pada tingkat Kota dan Karesidenan. Ada 13 partisipan yakni Surakarta, Yogyakarta, Bandung, Madiun, Magelang, Malang, Semarang, Pati, Jakarta, Kedu, Banyuwangi dan Surabaya. Juaranya adalah kota Solo atau Surakarta dengan total medali sebanyak 36 medali
sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Pekan_Olahraga_Nasional_I

1969 - Pertamina Trans Kontinental didirikan
Pertamina Trans Kontinental, via www.karirzone.com
Pertamina Trans Kontinental (PTK) merupakan anak perusahaan Pertamina yang bergerak dibidang kemaritiman untuk mendukung segala aktifitas PT Pertamina. PTK dulu bernama Pertamina Tongkang didirikan pada tanggal 9 September 1969. Baru pada tanggal 29 Nopember 2011, nama PT Pertamina Tongkang berubah menjadi PT Pertamina Trans Kontinental.
sumber  : http://www.ptk-shipping.com 

1970 - Peluncuran Indomie.
Iklan Jadul Indomie, via id.wikipedia.org

Siapa yang tak kenal Indomie? Mahasiswa, anak kost, anak perantau tentu tau produk instan yang satu ini. Hahaha. Yap, Indomie sudah menemani kita selama 45 tahun sejak pembuatan pertamanya pada 9 September 1970. :)
sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Indomie 
https://www.youtube.com/watch?v=bjC1NGFeRMQ 


2001 - Pendirian Partai Demokrat
Partai Demokrat, via asal-usul-motivasi.blogspot.com
Partai Demokrat berdiri tepat bersamaan dengan hari ulang tahun pendirinya, yaitu SBY. Partai bari ini langsung menggebrak Pemilu 2004 dengan hasil sang pendiri menjadi Presiden ke 6 RI sekaligus menjadi presiden pertama yang dipilih secara langsung.


2004 - Sebuah bom mobil meledak di depan Kedubes Australia di Jakarta, Indonesia dan menewaskan 9 orang.
Detik-detik ledakan bom Kuningan dari CCTV, via chirpstory.com
Sebuah bom mobil meledak di depan Kedutaan Besar Australia pada pukul 10.30 WIB di kawasan Kuningan, Jakarta. Jumlah korban jiwa tidak begitu jelas - pihak Indonesia berhasil mengidentifikasi 9 orang namun pihak Australia menyebut angka 11. Di antara korban yang meninggal adalah satpam-satpam Kedubes, pemohon visa, staf Kedubes serta warga yang berada di sekitar tempat kejadian saat bom tersebut meledak. Tidak ada warga Australia yang meninggal dalam kejadian ini. Beberapa bangunan-bangunan di sekitar tempat kejadian juga mengalami kerusakan.
sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Bom_Kedubes_Australia_2004

2011 - Stasiun televisi Kompas TV resmi mengudara pertama kali secara nasional.
Logo Kompas TV, via www.postel.go.id

Kompas TV mulai mengudara secara luas pada tanggal 9 September 2011 melalui jaringan televisi lokal di daerah. Siaran stasiun televisi lokal tersebut terdiri dari 70% siaran yang direlai dari Kompas TV dan sisa 30%-nya merupakan siaran yang dikelola sendiri.
sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Kompas_TV




http://www.kembangpete.com/2014/09/08/peristiwa-penting-yang-terjadi-pada-tanggal-9-september/
https://id.wikipedia.org/wiki/9_September

No comments:

Post a Comment