Wednesday, September 30, 2015

Peristiwa Penting yang Terjadi Tangal 30 September, #hariinidalamsejarah

Deretan Peristiwa Tanggal 30 September :


    1862: Otto von Bismarck, yang baru ditunjuk sebagai menteri-presiden Prussia, menyatakan pada Dewan Perwakilan Prusia: “Pertanyaan besar saat ini tidak ditentukan oleh pidato dan keputusan mayoritas -yang merupakan kesalahan dari tahun 1848 dan 1849- tetapi dengan besi dan darah”; ia kemudian mengatakan bahwa dengan cara ini ia akan menyatukan Jerman. 
    Bismarck (baju putih), via www.ssqq.com


    1949: Berlin Airlift, di mana Inggris dan Amerika Serikat menerbangkan pasokan ke Berlin Barat selama blokade Soviet, dihentikan; sejak Juni 1948, pesawat Sekutu telah memberikan lebih dari 2 juta ton makanan dan bahan bakar kapal melalui 277.264 penerbangan. 
    Berlin Airlift, via prezi.com


    1965 - Gerakan 30 September (G30S PKI): enam jenderal dan perwira menengah TNI-AD serta seorang prajurit Polri diculik, lalu dibunuh dan dibuang di Lubang Buaya, Jakarta, Indonesia.
    Lambang PKI, via ahmadsamantho.wordpress.com
    Bangsa Indonesia tentu tidak akan lupa tentang sejarah kelam diawal-awal kemerderdekaan bangsa ini. Yak, gerakan perlawanan terhadap pemerintah yang selanjutnya kita kenal dengan Gerakan 30 September PKI (G30S/PKI) terjadi dan menewaskan 7 orang yang kita kenal dengan Pahlawan Revolusi. Entah ini hanya propaganda atau bukan, yang jelas G30S/PKI ini berdampak besar hingga saat ini.
     

    1966: Botswana, bekas protektorat Inggris dari Bechuanaland, menjadi negara Afrika merdeka. 
    Bostwana, via www.wikiwand.com
    30 September tahun 1966, negara Botswana berhasil meraih kemerdekaannya dari Inggris, dan hari ini kemudian dijadikan sebagai hari nasional negara itu.
    Botswana sudah dijajah Inggris sejak tahun 1885. Pada tahun 1920, perjuangan untuk meraih kemerdekaan mulai dilakukan rakyat negara itu. Perjuangan mereka mencapai tujuannya pada tahun 1966. Botswana terletak di kawasan selatan Benua Afrika. Negara yang memiliki luas 600.372 kilometer persegi itu berbatasan dengan negara-negara Afrika Selatan, Zimbabwe, dan Namibia.
    sumber : http://indonesian.irib.ir/sejarah/item/85839-botswana-merdeka


    2005 - Surat kabar Denmark Jyllands-Posten memuat karikatur Nabi Muhammad yang mengundang reaksi keras dari umat muslim seluruh dunia. 
    Koran Jyllands-Posten, via harnas.co


    2009 - Gempa bumi berkekuatan 7,6 SR mengguncang Sumatera Barat.
    Efek Gempa, via kadaikopi.com
    Sebuah bencana besar kembali terjadi di bumi pertiwi ini, hari ini 6 tahun yang lalu, gempa bumi dengan kekuatan 7,6 SR mengguncang wilayah barat Indonesia, tepatnya di Sumatera Barat. Banyak kerusakan dan korban jiwa akibat gempa ini.




      https://id.wikipedia.org/wiki/30_September
      http://www.kembangpete.com/2014/09/29/peristiwa-penting-yang-terjadi-pada-tanggal-30-september/
      http://www.muradmaulana.com/2014/08/hari-penting-nasional-dan-internasional.html

      No comments:

      Post a Comment