Thursday, September 17, 2015

Peristiwa Penting 16 September, #hariinidalamsejarah

Deretan Peristiwa Penting 16 September :


1620: Setelah beberapa kali melakukan start palsu, Mayflower akhirnya berlayar dari Plymouth, Inggris, pada pelayaran bersejarah ke Dunia Baru; ia membawa 102 penumpang selain awak.
Mayflower, via jogjareview.net


1810: Miguel Hidalgo y Costilla dan pengikutnya menyatakan pemberontakan mereka melawan penjajahan Spanyol dengan Grito de Dolores (Cry of Dolores); Meksiko merayakan tanggal ini sebagai hari kemerdekaannya.
Miguel, via filosofiamexicana.org
Dia adalah seorang pastur paroki yang mengeluarkan ‘Grito de Delores’, menyerukan diakhirinya kekuasaan Spanyol, pembagian tanah, dan pemberdayaan rakyat. Akhirnya pada tahun 1821, Spanyol menandatangani perjanjian untuk memberikan kemerdekaan kepada Mexico.
sumber  : http://sanjakharis.blogspot.co.id/


1847: Setelah kalah dalam Perang Meksiko, Jenderal Antonio López de Santa Anna mengundurkan diri sebagai presiden Meksiko; kemudian ia dipaksa untuk mengundurkan diri dari komandonya, dan ia meninggalkan negara itu.
Antonio Lopez, via danish56.blogspot.com


1941: Selama Perang Dunia II, Inggris dan Uni Soviet, yang keduanya sudah menduduki Iran pada bulan Agustus, memaksa penguasa pro-Jerman, Reza Shah Pahlavi, untuk melepaskan turun tahta demi anaknya, Muhammad Reza Shah Pahlavi.
Reza Pahlavi, via i-cias.com


1963 - Malaysia, terdiri dari Malaya, Singapura, Borneo Utara Britania dan Sarawak, dibentuk. 
Deklarasi Malaysia 1963, via http://taotauajer.blogspot.co.id
Perjanjian untuk membuat Persekutuan Malaysia ini sudah ditandatangani oleh wakil-wakil British sejak Juli 1963, Persekutuan Tanah Melayu, Sabah, Serawak, dan Singapura. Persetujuan telah disepakati untuk mendeklarasikan Malaysia pada 31 Agustus 1963. Namun rencana deklarasi pada tanggal tersebut ditunda karena beberapa hal hingga 14 September 1963. Akhirnya Malaysia dideklarasikan pada 16 September 1963.
Upacara pendeklarasian Malaysia diadakan di Stadion Merdeka Kuala Lumpur pada 16 September 1963. Upacara meriah tersebut dihadiri oleh SPB Yang di Pertuan Agong, Raja-raja Melayu, Gubernur Pulau Pinang, Melaka, Singapura, Serawak dan Sabah. Juga dihadiri oleh anggota kabinet, diplomat asing di Kuala Lumpur serta peserta undangan khusus.
Upacara ini dihadiri oleh 30.000 rakyat Malaysia, pembacaan oleh Tunku Abdul Rahman Putra, dan ditutup dengan doa Selamat oleh Mufti Negeri Sembilan, Tuan Haji Ahmad bin Mohammad Said.
sumber : http://taotauajer.blogspot.co.id/2013/09/info-sejarah-penubuhan-malaysia-16.html


1975 - Papua Nugini merdeka dari Australia. 
Lambang Papua, via www.clker.com
Pada mulanya, Papua Nugin terdiri atas dua bagian, yaitu :

  1. Daerah Trustee (perwalian), yaitu Irian Timur Laut dengan ibu kota Salamaua.
  2. Daerah Territorium 9bagian suatu negara federasi yang langsung diperintah oleh pemerintah pusat), yaitu Papua dengan ibu kota Port Moresby.

Kemudian pada tahun 1945 kedua daerah itu dipersatukan secara administratif, tetapi kedudukannya masing-masing tidak berubah. Papua memperoleh kemerdekaannya pada tanggal 16 September 1975 dari pemerintah Australia, dan kemudian bernama Papua Nugini. dengan ibu kota Port Moresby.

Negara yang pernah menjajah Papua Nugini adalah Inggris, yang kemudian pada tahun 1906 menyerahkan kepada Australia sampai saat pemberian kemerdekaan tahun 1975. Perdana Menteri pertama adalah Michael Somare. Tahun 1980 diganti oleh Sir Julius Chan, yang kemudian diganti lagi oleh Michael Somare pada pemilihan umum Juni 1982, kemudian Paias Wingti. Sekarang Perdana Menterinya Peter O'Neill. Negara ini termasuk anggota Persemakmuran dan Ratu Elizabeth sebagai kepala negaranya.
sumber : http://www.sejarah-negara.com/2013/08/tentang-negara-papua-nugini.html


1982 - Pembantaian Sabra dan Shatila. 
Pembantaian Sabra Shatila, via www.jurnal3.com
Pembantaian Sabra dan Shatila terjadi pada September 1982, di Beirut, Lebanon, yang saat itu diduduki oleh Israel. Pembantaian ini dilakukan oleh para milisi Kristen Maronit Lebanon atas para pengungsi Palestina di kamp-kamp pengungsi Sabra dan Shatila. Pasukan-pasukan Maronit berada langsung di bawah komando Elie Hobeika yang belakangan menjadi anggota parlemen Lebanon, dan pada tahun 1990-an juga menjadi seorang menteri di kabinet Lebanon.

Sepanjang peristiwa ini, kamp-kamp ini dikepung oleh tentara-tentara Israel, dan para milisi itu dikirim oleh Israel untuk mencari anggota-anggota PLO. Sejauh mana Israel bersalah dalam pembantaian ini banyak diperdebatkan, dan Israel menyangkal bahwa pihaknya bertanggungjawab langsung. Namun temuan-temuan membuktikan bahwa orang-orang Israel, antara lain Ariel Sharon, secara tidak langsung bertanggungjawab.


1987 - Protokol Montreal ditandatangani : Hari Ozon Sedunia
Hari Ozon, via www.gogreenschool.net
Protokol Montreal adalah sebuah protokol atau perjanjian internasional yang dirancang untuk melindungi lapisan Ozon dengan melakukan pengurangan/pelarangan industri yang memproduksi bahan-bahan yang diyakini bertanggung jawab terhadap penipisan lapisan Ozon. Protokol Montreal adalah tindak lanjut dari Konvensi Wina, Austria, pada tahun 1985, yaitu pertemuan internasional pertama yang membahas menipisnya lapisan Ozon.
Meskipun Protokol Montreal ditandatangani pada 16 September 1987, namun protokol ini baru berlaku pada 1 Januari 1989 diikuti dengan pertemuan pertama di Helsinki, Mei 1989. Sejak pertemuan di Helsinki, Protokol Montreal telah mengalami tujuh kali revisi. Yaitu pada tahun 1990 di London, Inggris, tahun 1991 di Nairobi, tahun 1992 di Kopenhagen, tahun 1993 di Bangkok, tahun 1995 di Wienwina, tahun 1997 di Montreal, dan tahun 1999 di Beijing.
Diyakini bahwa jika perjanjian internasional itu dilaksanakan, lapisan Ozon diperkirakan akan pulih pada tahun 2050. Ini karena adopsi yang luas dan pelaksanaannya telah dipuji sebagai contoh luar biasa kerjasama internasional oleh Kofi Annan, Sekjen PBB saat itu. 
"Mungkin satu-satunya perjanjian internasional yang paling sukses hingga saat ini adalah Protokol Montreal," -Kofi Annan-
sumber : http://nomiikurnia.blogspot.co.id/2011/01/protokol-montreal-dan-hari-ozon.html



https://id.wikipedia.org/wiki/16_September
http://www.kembangpete.com/2014/09/15/peristiwa-penting-yang-terjadi-pada-tanggal-16-september/
http://www.muradmaulana.com/2014/08/hari-penting-nasional-dan-internasional.html

No comments:

Post a Comment