Sunday, September 27, 2015

Tokoh yang Lahir Tanggal 27 September, #hariinidalamsejarah

Tokoh yang Lahir 27 September :




1389: Cosimo de’ Medici, yang menjadikan dirinya penguasa Florence pada tahun 1434, mengubah pemerintahan negara-kota menjadi otokrasi terselubung; dinasti Medici, salah satu patron besar dari Renaissance Italia, memerintah Florence selama empat abad berikutnya.
Medici, via www.mrdowling.com


1601: Louis XIII, putra Henry IV dari Perancis; ia menduduki tahta pada usia 10 tahun dan kemudian menyerahkan tampuk kekuasaan kepada menterinya, Kardinal Richelieu.
Louis XIII, via id.wikipedia.org


1840: Alfred Thayer Mahan, sejarawan angkatan laut Amerika yang bukunya The Influence of Sea Power upon History (1890-1892) sangat mempengaruhi strategi angkatan laut AS; ia berpendapat bahwa negara bisa menjadi besar jika mempertahankan angkatan laut yang cukup kuat untuk mengontrol laut dalam menghadapi musuh apapun.
Alfred, via c250.columbia.edu


1925: Robert G. Edwards, ahli biologi Inggris yang dianugerahi Nobel 2010 dalam fisiologi atau kedokteran; ia dihormati karena mengembangkan In Vitro Fertilization (IVF). 
Roberts Edward, via www.politicsdaily.com


1931 - Jakob Oetama, pendiri harian KOMPAS
Jakob Oetama, via www.maxmanroe.com
Jakob Oetama adalah seorang pria kelahiran Magelang Jawa tengah yang merupakan salah satu pendiri surat kabar Kompas. Putra dari seorang pensiunan guru ini tumbuh besar di daerah Yogyakarta. Begitu lulus dari SMA Seminari di Yogyakarta, Jakob sempat berprofesi sebagai guru SMP di dua sekolah yaitu SMP Mardiyuwana (Cipanas, Jawa Barat) dan SMP Van Lith di Jakarta. Pada tahun 1955, sebelum ia mengambil pendidikan Ilmu Sejarah di sekolah Guru, Jakarta, Jakob sempat bekerja sebagai redaktur Mingguan Penabur Jakarta.
Ia melanjutkan studinya dalam bidang jurnalisme dengan mengambil pendidikan di Perguruan Publisistik Jakarta dan Jurusan Publisistik di universitas Gajah Mada Yogyakarta. Pada tahun 1963, bersama P.K. Ojong terilhami oleh majalah Reader’s Digest asal Amerika dan mendirikan majalah yang bernama Intisari yang bertemakan ilmu pengetahuan dan perkembangan teknologi. Majalah yang terbit setiap satu bulan sekali itu pertama kali secara resmi diterbitkan pada bulan Agustus 1963. Dua tahun setelah majalah intisari terbit, tepatnya pada tanggal 28 Juni 1965, Jakob dengan Ojong kembali bekerja sama dalam mendirikan sebuah surat kabar harian yang diberi nama Kompas.
sumber : http://profil.merdeka.com/indonesia/j/jakob-oetama/


1954 - Larry Wall, pencipta Perl
Laerry Wall, via www.spidereyeballs.com
Perl adalah nama dari salah satu bahasa pemrograman yang ada di dunia ini. Bahasa Pemrograman Perl dibuat dan dikembangkan pertama kali Di Akhir tahun 1987, yaitu lebih tepatnya di Bulan Desember. Bahasa Perl ini dibuat oleh seorang Ahli Komputer Sekaligus Programmer kewarganegaraan Amerika Serikat, Dia adalah Larry Wall. Larry Wall lah yang menjadi awal mula adanya Bahasa Pemrograman Perl ini. Larry Wall membuat Bahasa Perl ini di Sistem Operasi Unix. Si Ahli Komputer Larry Wall ini menyatakan bahwasannya Nama Perl ini adalah sebuah singkatan / kepanjangan dari Practical Extreaction and Reporting Language. Bahasa Pemrograman Perl ini sejak pertama kali dibuat Versi pertamanya sampai sekarang sudah berkembang dan sudah menjadi Versi 6. Perl Versi 6 Ialah Bahasa Perl yang terbaru yang dikembangkan oleh para programmer serta ahli-ahli komputer di pertengahan tahun 2000.
sumber : https://rahman371.wordpress.com/2014/09/27/pengertian-perl/
 
1961 - Andy Lau, aktor dan penyanyi Hong Kong
Andy Lau, via www.hollywoodreporter.com
Andy Lau dikenal sebagai penyanyi dan aktor film Asia asal China. Debut aktingnya sejak 1980-an, saat berperan dalam film serial TV yang disiarkan stasiun TVB, HUNTING (1982). Menyusul kemudian di tahun yang sama, ia membintangi BOAT PEOPLE.
Pada 1983, Lau juga terkenal dengan perannya sebagai Yang Guo (Yoko) dalam serial THE RETURN OF THE CONDOR HEROES. Lewat film itu juga akhirnya ia dipercaya membintangi film produksi Shaw Brothers, ON THE WRONG TRACK.
Lau dalam sejarahnya telah membintangi ratusan film yang diedarkan ke Asia. Peran besarnya juga ditunjukkan saat membintangi KING OF GAMBLERS. Menyusul kemudian film A FIGHTER'S BLUE (2000) dan RUNNING OUT OF TIME (2000).
Sementara karirnya di dunia musik, diawali pada 1985, saat mendapat kontrak menyanyi musik daerah Hongkong. Ia tergolong sukses, sejajar dengan Jacky Cheung, Aaron Kwok, dan Leon Lai. Sehingga mereka juga disebut sebagai The Cantopop Four Heavenly Kings.
sumber : http://selebriti.kapanlagi.com/chinese/a/andy_lau/




https://id.wikipedia.org/wiki/27_September
http://www.kembangpete.com/2014/09/26/tokoh-besar-dunia-yang-lahir-pada-27-september/

No comments:

Post a Comment