Thursday, September 24, 2015

Tokoh yang Lahir 23 September, #hariinidalamsejarah

Tokoh yang Lahir 23 September :


63 SM: Gaius Octavius ​​(Oktavianus), kemudian dikenal sebagai Augustus pada 27 SM ketika ia menjadi kaisar pertama Romawi.
The Caisar, via aaronaiken.wordpress.com
Gaius Julius Caesar Augustus (23 September 63 SM–19 Agustus 14), yang bergelar Kaisar Octavianus Augustus atau Kaisar Agustus adalah Kaisar Romawi pertama dan salah satu yang paling berpengaruh. Ia mengakhiri perang saudara berkepanjangan dan menciptakan kedamaian, kesejahteraan, dan kemegahan di Kekaisaran Romawi, yang dikenal dengan sebutan Pax Romana atau kedamaian Romawi. Memerintah sebagai penguasa tunggal mulai tahun 27 SM sampai matinya tahun 14 M. Ia menikah dengan Livia Drusilla dan langgeng hingga lebih dari 51 tahun. Setelah mati, Tiberius menggantikannya sebagai kaisar Romawi. 


1713 - Ferdinand VI, Raja Spanyol 
Ferdinand, via id.wikipedia.org
Dia adalah Raja Spanyol dari 9 Juli 1746 sampai kematiannya. Dia adalah anak keempat dari raja sebelumnya Felipe V dan istrinya pertama Maria Luisa dari Savoy. Fernand0, anggota ketiga dari wangsa Bourbon Spanyol, lahir di Madrid pada 23 September 1713.


1915 - Clifford Shull, fisikawan Amerika Serikat, penerima Penghargaan Nobel dalam Fisika.
Shull, via www.corbisimages.com


1924 - Ali Murtopo, mantan Menteri Penerangan
Letnan Jenderal (Purn.) Ali Moertopo, atau dieja sering pula dieja Ali Murtopo (lahir di Blora, Jawa Tengah, 23 September 1924 – meninggal di Jakarta, 15 Mei 1984 pada umur 59 tahun), adalah pemikir, tokoh intelijen, dan politikus yang berperan penting terutama pada masa Orde Baru di Indonesia. Ia pernah menjabat sebagai Menteri Penerangan Indonesia (1978 – 1983) serta Deputi Kepala (1969 – 1974) dan Wakil Kepala (1974 – 1978) Badan Koordinasi Intelijen Negara. 


1927 - Wijoyo Nitisastro, mantan Menteri Koordinasi bidang Ekonomi dan Industri.
Wijoyo, via nasional.kontan.co.id
Widjojo Nitisastro adalah seorang begawan ekonomi Indonesia yang juga dikenal sebagai arsitek utama perekonomian orde baru. Pria kelahiran 23 September 1927 ini pernah menjabat sebagai Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional dari tahun 1971 sampai 1973. Selain itu, ia juga pernah ditunjuk sebagai Menko Ekuin sekaligus Ketua Bappenas untuk periode 1973-1978 dan 1978-1983.
Widjojo merupakan alumni Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Setelah lulus dengan predikat Cum Laude, ia mendapat beasiswa untuk melanjutkan pendidikan ke University of California at Berkeley bersama sejumlah dosen dan ekonom muda FE-UI. Kemudian, setelah menyelesaikan pendidikannya di sana, Widjojo ditugasi untuk mengajar di Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat (SESKOAD) di tahun 1962. Debut karir Widjojo di bidang politik dimulai ketika ia dan beberapa rekannya yang juga merupakan ekonom-ekonom FE-UI diangkat sebagai Tim Ahli di Bidang Ekonomi dan Keuangan oleh Presiden Soeharto.
sumber : http://profil.merdeka.com/indonesia/w/widjojo-nitisastro/

 
1953 - Sofyan Djalil, Menteri Negara Komunikasi dan Informasi Indonesia, Menteri BUMN Indonesia, Menteri Koordinator Perekonomian pada Kabinet Kerja.
Sofyan, via sidomi.com
Lahir dari keluarga sederhana di Aceh Timur, Sofyan Djalil harus melalui perjalanan panjang untuk mencapai sebuah kesuksesan. Pria yang diangkat sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia ke-16 ini bahkan pernah bekerja sebagai kondektur metromini dan penjaga masjid.
Namun kemudian kegigihannya dalam menggapai asa, membuatnya bisa berkuliah di Universitas Indonesia. Saat itu, dia mengambil studi Hukum Bisnis dan lulus pada tahun 1984. Seiring berjalannya waktu, pria kelahiran 23 September 1953 itu kemudian dipertemukan dengan wanita yang kini menjadi istrinya, Dr. Ir. Ratna Megawangi, MSc. Dari pernikahan tersebut, dia pun telah dikaruniai tiga anak. 
sumber : http://profil.merdeka.com/indonesia/s/sofyan-djalil/


1976 - Halim Haryanto Ho, pemain bulu tangkis ganda pria indonesia  
Ho, via www.snipview.com
Ia memulai debutnya pada tahun 1995 sebagai "spesialis ganda" bersama Tony Gunawan. Enam tahun kemudian, ia bersama dengan Tony Gunawan menjadi juara dunia untuk ganda putra dan juara All England juga untuk ganda putra. Tetapi, pada Desember 2001, Tony Gunawan sudah pindah ke Amerika Serikat. Jadilah, pada 2002, Tony Gunawan digantikan oleh Tikus Haryanto. Pada babak final Perebutan Piala Thomas 2002, mereka berdua dikategorikan sebagai pasangan underdog. Namun, mereka dapat menang melawan pasangan Malaysia, Koo Kien Keat/Tan Boon Heong.


1994 - Hafiz Faisal Pemain bulu tangkis Ganda Putra & Ganda Campuran Indonesia Berpasangan dengan Putra Eka Rhoma Atau Shella Devi Aulia.
Hafiz, via serabi-indonesia.blogspot.com




https://id.wikipedia.org/wiki/23_September
http://www.kembangpete.com/2014/09/22/tokoh-besar-dunia-yang-lahir-pada-23-september/

No comments:

Post a Comment