Friday, September 4, 2015

Persitiwa Penting 3 September, #hariinidalamsejarah


Deretan peristiwa penting yang terjadi tanggal 3 September :



301: San Marino, republik tertua di dunia dan salah satu negara terkecil di dunia, didirikan oleh Santo Marinus.
Bendera San Marino, via id.wikipedia.org
Republik San Marino merupakan negara terkecil ke lima di dunia dan dikelilingi oleh Italia tepatnya di sebelah utara berbatasan dengan provinsi Rimini, daerah Emilia-Romagna dan di sebelah selatan provinsi Pesaro dan Urbino, daerah Marche.
San Marino adalah negara republik konstitusional tertua di dunia, dibentuk pada 3 September 301 oleh Santo Marinus dari Rab, seorang tukang batu Kristiani yang kabur pada saat persekusi agama oleh Kaisar Romawi Diocletian. Konstitusi San Marino diberlakukan pada 1600, adalah konstitusi tertua di dunia yang masih berlaku.
sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/San_Marino


1260: Tentara Bani Mamluk Mesir berhasil mengalahkan tentara Mongol dalam Pertempuran Ain Jalut di Palestina, menandai batas maksimum penaklukan oleh Kekaisaran Mongolia
Tentara Mongol dalam ilustrasi Pertempuran Ain Jalut, via fyqry77comicsans.blogspot.com
Pasukan Mongol yang dikenal kuat dan beringas ketika menaklukan daerah jajahannya harus mengakui kekuatan Tentara Mamluk. Pasukan Mongol kalah telah dalam pertempuran Ain Jalut ini, kemenangan pihak Mamluk berhasil mematahkan mitos tentara Mongol yang tak terkalahkan.
sumber :
http://wol.jw.org/id/wol/d/r25/lp-in/102012085
https://id.wikipedia.org/wiki/Pertempuran_Ain_Jalut



1783: Perang Revolusi A.S. berakhir.
Gambaran Perang, via id.wikipedia.org/
Pertempuran berlangsung selama lebih dari 8 tahun, dimulai pada tahun 1775, wilayah perang mencakup Amerika Utara Timur, Gibraltar, Kepulauan Balearik, Amerika Tengah,Jajahan kolonial Perancis, Belanda, dan Britania di anak benua India dan kawasan lain,  Perairan Eropa, Laut Karibia, Samudera Atlantik dan Hindia. Hasil dari perang tersebut adalah Perdamaian Prancis dengan perubahan wilayah antara lain Britania kehilangan wilayahnya di sebelah timur Sungai Mississippi dan selatan Danau-Danau Besar & Sungai St. Lawrence kepada Amerika Serikat yang sudah merdeka & Spanyol; Spanyol mendapatkan Florida Timur, Florida Barat, dan Minorca; Britania menyerahkan Tobago dan Senegal kepada Perancis. Republik Belanda menyerahkan Negapatnam kepada Britania.
sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Perang_Revolusi_Amerika_Serikat


1971: Qatar memperoleh kemerdekaan dari Britania Raya.
Qatar Merdeka, via dohanews.co
Negara kaya minyak ini sebelumnya didominasi oleh Inggris dan Kesultanan Utsmaniyah. Dahulu, Inggris menguasai Qatar sebagai tempat transito kapal dagang sebelum menuju India. Qatar kemudian memperoleh status sebagai dependen dari Inggris, kemudian status protektorat Inggris yang dihentikan pada tahun 1916.
Setelah Perang Dunia Kedua, Qatar berusaha memperoleh kemerdekaannya, terutama setelah India mencapai kemerdekaannya pada tahun 1950-an. Qatar makin gencar setelah Inggris memberikan kemerdekaan kepada Kuwait pada tahun 1961. Pemerintah Inggris menyatakan akan menghentikan penguasaan politik tapi tetap meneruskan penguasaan ekonomi di Qatar. Hal ini tidak dibiarkan oleh Qatar dengan membentuk Federasi Arab Teluk bersama dengan Bahrain.
sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Qatar



1976: Viking 2 mendarat di planet Mars.
Viking 2, via en.wikipedia.org
Misi Viking 2 merupakan bagian dari program Viking yang bertujuan untuk menjelajahi planet Mars. Seperti Viking 1, misi ini terdiri dari wahana pengorbit dan pendarat. Viking 2 diluncurkan pada tanggal 9 September 1975 dengan roket Titan IIIE.
Pada tanggal 7 Agustus 1976, Viking 2 berhasil mencapai Mars. Pada 3 September 1976, wahana pendarat mendarat di permukaan planet. Tempat pendaratan Viking 2 disebut Utopia Planitia. Pengorbit Viking 2 terbang hingga sejauh 22 kilometer di atas bulan Deimos dan mengabadikan citra bulan tersebut.
sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Viking_2


sumber :
http://www.kembangpete.com
id.wikipedia.org

No comments:

Post a Comment