Tuesday, September 15, 2015

Peristiwa Penting 14 September, #hariinidalamsejarah

 Deretan Peristiwa Penting 14 September.


786: Harun al-Rashid, tokoh yang menjadi legendaris karena kisah tentangnya dalam Dongeng 1001 Malam, dilantik menjadi khalifah kelima Dinasti Abbasiyah. Harun al-Rashid menjadi kalifah Abbasiyah setelah kematian saudaranya al-Hadi.
Harun Ar-Rasyid, via catatanhaydarali.blogspot.com
Meski berasal dari dinasti Abbasiyah, Harun Ar-Rasyid dikenal dekat dengan keluarga Barmaki dari Persia (Iran). Di masa mudanya, Harun banyak belajar dari Yahya ibn Khalid Al-Barmak.
Era pemerintahan Harun, yang dilanjutkan oleh Ma’mun Ar-Rasyid, dikenal sebagai masa keemasan Islam (The Golden Age of Islam), di mana saat itu Baghdad menjadi salah satu pusat ilmu pengetahuan dunia.
Di masa pemerintahannya beliau :
  • Mewujudkan keamanan, kedamaian serta kesejahteraan rakyat 
  • Membangun kota Baghdad dengan bangunan-bangunan megah.  
  • Membangun tempat-tempat peribadatan. 
  • Membangun sarana pendidikan, kesehatan, dan perdagangan. 
  • Mendirikan Baitul Hikmah, sebagai lembaga penerjemah yang berfungsi sebagai perguruan tinggi, perpustakaan, dan penelitian. 
  • Membangun majelis Al-Muzakarah, yakni lembaga pengkajian masalah-masalah keagamaan yang diselenggarakan di rumah-rumah, mesjid-mesjid, dan istana.
Harun Ar-Rasyid wafat pada tanggal 24 Maret 809 di Thus Khurasan.
sumber : http://achmadibri.blogspot.co.id/2013/03/tokoh-harun-ar-rasyid.html


1812 - Tentara Rusia membakar Moskwa agar tidak direbut Napoleon.
Mokow Lautan Api, via id.wikipedia.org
Tentara Napoleon menduduki Moskow, tapi pembakar Rusia membakar kota, dan 80 persen darinya terbakar habis.


1829: Perjanjian Adrianople mengakhiri Perang Rusia-Turki dari tahun 1828 sampai 1829; menurut persyaratannya, Rusia menguasai mulut Sungai Danube dan hak navigasi melalui Dardanella dan Bosporus, sementara Kekaisaran Ottoman diminta untuk memberikan otonomi kepada Yunani dan menegaskan otonomi Moldavia, Walachia, dan Serbia.
Gambaran Perang Rusia Turki, via id.wikipedia.org


1960 - OPEC didirikan.
Lambang OPEC, via www.offshoreenergytoday.com
Organisasi Negara Pengekspor Minyak / Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC) didirikan di Baghdad oleh Iran, Irak, Kuwait, Arab Saudi, dan Venezuela.
Negara yang masuk dalam keanggotaan OPEC antara lain :
  • Afrika : Aljazair (1969), Angola (1 Januari 2007), Libya (Desember 1962), Nigeria (Juli 1971), Gabon (keanggotaan penuh dari 1975–1995)
  • Asia : Arab Saudi (negara pendiri, September 1960), Iran (negara pendiri, September 1969), Irak (negara pendiri, September 1960), Kuwait (negara pendiri, September 1960), Qatar (Desember 1961), Uni Emirat Arab (November 1967), Indonesia (anggota dari Desember 1962–Mei 2008)
  • Amerika Selatan : Ekuador (1973–1993, kembali menjadi anggota sejak tahun 2007), Venezuela (negara pendiri, September 1960)
Pada Mei 2008, Indonesia mengumumkan bahwa mereka telah mengajukan surat untuk keluar dari OPEC pada akhir 2008 mengingat Indonesia kini telah menjadi importir minyak (sejak 2003) atau net importer dan tidak mampu memenuhi kuota produksi yang telah ditetapkan. Tetapi setelah dilakukan rapat, Indonesia hanya di suspen dari keanggotaan OPEC.


1995: Penetapan Hari Gemar Membaca dan Kunjung Perpustakaan
Buku Adalah Gudang Ilmu, Membaca Adalah Kuncinya, via kpadd.bengkayangkab.go.id
Pencanangan ini dimulai oleh Presiden Soeharto. Tujuannya, tak lain untuk meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia yang tergolong masih rendah. 
sumber : 
http://www.kompasiana.com/kemenkeulib/hari-kunjung-perpustakaan-dan-bulan-gemar-membaca-2014_54f5d4f7a333114a4f8b4647 
http://kpadd.bengkayangkab.go.id/index.php/2015-01-11-17-31-14/umum/4-sejarah-kunjungan-hari-pustaka 


1999 - Kiribati, Nauru dan Tonga bergabung dengan PBB.
Negara-Negara Pasifik, via www.spbea.org.fj
Negara-negara Pasifik Nauru, Kiribati, dan Tonga menjadi anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa.


2003 - Melalui referendum, Swedia menolak untuk mengadopsi mata uang Euro.
Swedia, via http://indonesian.irib.ir
Pada tahun 1995 Swedia bergabung dengan Uni Eropa, tetapi sampai saat ini masih belum bergabung dengan Persatuan Moneter Eropa. Pada 14 September 2003, melalui referendum, negara tersebut bahkan menolak untuk mengadopsi mata uang euro. Swedia merupakan salah satu negara termiskin di Eropa pada abad ke-19 karena tingginya konsumsi alkohol. Namun kini, negara itu didefinisikan bertendensi liberal dan keinginan penyamaan yang kuat. Mereka biasanya berada di urutan atas dalam indeks pembangunan manusia PBB. Jumlah penduduk yang sebesar sembilan juta jiwa mendiami wilayah lebih dari 440 ribu km2 sehingga negara itu berada di urutan ke-155 dalam kepadatan penduduk di dunia. 
(IRIB Indonesia)
http://indonesian.irib.ir/artikel/item/85165-swedia-menolak-euro


2003 - Referendum di Estonia menyetujui untuk bergabung dengan Uni Eropa.
Estonia, flag and map, via www.datadiggers.ro
Estonia merupakan negara terakhir namun pertama yang mengadakan referendum untuk bergabung dengan UE dari delapan negara Eropa timur yang diundang untuk bergabung.
sumber : http://www.suaramerdeka.com/harian/0309/16/int2.htm  


2007 - Jepang meluncurkan Kaguya, pesawat luar angkasa pertamanya dalam misi ke bulan
Peluncuran Kaguya, via en.wikipedia.org
SELENE atau Kaguya adalah nama dari wahana antariksa Jepang yang pertama. SELENE adalah singkatan dari Selenological and Engineering Explorer. Dalam mitologi Yunani, Selene adalah dewi bulan. Wahana ini adalah wahana antariksa pertama negara Jepang yang dikirim untuk misi penjelajahan bulan. SELENE ini juga mendapat julukan nama Kaguya. Dalam dongeng Jepang, Kaguya adalah nama seorang putri yang berasal dari bulan.

Kaguya diluncurkan dari Pusat Antariksa Tanegashima yang terletak di Tanegashima, sebuah pulau sekitar 1000 km selatan Tokyo pada pukul 10.31 waktu setempat pada tanggal 14 September 2007. SELENE terdiri dari atas orbiter dan dua satelit. Misi ini dlengkapi dengan 14 alat pengamatan untuk meneliti permukaan bulan, gravitasi dan hal lain untuk menguak asal muasal dan evolusi bulan. Misi ini merupakan salah satu misi negara Jepang sebelum rencana misi pengiriman astronot ke bulan pada tahun 2025 nanti.




https://id.wikipedia.org/wiki/14_September
http://www.kembangpete.com/2014/09/13/peristiwa-penting-yang-terjadi-pada-tanggal-14-september/
http://www.muradmaulana.com/2014/08/hari-penting-nasional-dan-internasional.html

No comments:

Post a Comment