Friday, September 11, 2015

Peristiwa Penting 11 September, #hariinidalamsejarah

Peristiwa Penting 11 September :



1941 - Gedung The Pentagon di Amerika Serikat mulai dibangun.
Pentagon, via archhistdaily.wordpress.com
Pentagon merupakan gedung Departemen Pertahanan Amerika Serikat di Arlington, Virginia, dekat Washington DC, dan dibuat dalam bentuk segilima (atau dalam bahasa Yunani disebut pentagon). Pentagon ialah kantor utama Angkatan Laut, Angkatan Darat, dan Angkatan Udara Amerika Serikat yang dilihat banyak pihak sebagai salah satu gedung yang dirancang secara efisien.
Sistem gang di dalam gedung tersebut panjangnya sekitar 28 kilometer dengan luas 11 hektare. Namun setiap tempat di dalam gedung bisa dicapai dalam waktu 7 menit dengan berjalan kaki.
Pada saat Serangan 11 September 2001, tepat 60 tahun setelah gedung tersebut pertama kali dibangun, sebuah pesawat American Airlines penerbangan 77 ditabrakkan ke gedung itu. Namun, tempat yang ditabrak tersebut sebenarnya tempat yang sedang direnovasi.
sumber : http://indonesian.irib.ir/sejarah/item/69241-Gedung_Pentagon_Dibangun


1942 - SMP Negeri 1 Yogyakarta didirikan.
SMP 1 Yk, via smpn1yk.tripod.com


1973 - Kudeta di Chili. Salvador Allende terbunuh dan kepemimpinan Chili diambilalih oleh Augusto Pinochet.
Situasi Kudeta Chili 1973, via wiki.eanswers.com

Kudeta Chili 1973 adalah suatu peristiwa yang berhubungan dengan sejarah Chili dan situasi Perang Dingin. Kudeta ini terjadi mengikuti kerusuhan sosial dan politik yang telah terjadi berlarut-larut, yaitu antara golongan konservatif yang mendominasi Kongres Chile melawan Presiden Salvador Allende yang terpilih secara demokratis. Jenderal Augusto Pinochet, Komandan Angkatan Laut Chili, dengan dukungan AS melakukan kudeta terhadap pemerintah Salvador Allende. Allende adalah pemimpin Partai Sosialis Chili dan terpilih sebagai presiden pada 1970. Ia kemudian menjalankan program nasionalisasi perbankan, pertambangan, dan industri Chili. Hal ini membuat kepentingan perusahaan-perusahaan AS menjadi terganggu. AS kemudian mendalangi kudeta untuk menjatuhkan Allande dengan menggandeng beberapa perwira Chili. Pada 1990, atas tekanan dari dalam dan luar negeri Pinochet terpaksa menyelenggarakan pemilu presiden secara bebas. Dalam pemilu ini terbentuk sebuah pemerintahan sipil.

2001 - Serangan 11 September 2001 di New York dan Washington, DC, Amerika Serikat menghancurkan gedung World Trade Center, sebagian Pentagon dan menghancurkan sebuah pesawat penumpang di Shanksville, Pennsylvania menewaskan sekitar 3.000 jiwa.
Peristiwa 11 September AS, via www.patriotdude.com


2012 - Kedutaan Besar Amerika Serikat di Benghazi, Libya diserang, Duta besar Amerika Serikat, J. Christopher Stevens ikut menjadi korban tewas.
Penyerangan Dubes As (kanan) dan kiri J. Christopher Stevens, via zahraya.blogspot.com




http://www.kembangpete.com/2014/09/10/peristiwa-penting-yang-terjadi-pada-tanggal-11-september/
https://id.wikipedia.org/wiki/11_September

No comments:

Post a Comment