Friday, September 18, 2015

Peristiwa Penting 17 September, #hariinidalamsejarah

Deretan Peristiwa Pentiong 17 September :


1789 - William Herschel menemukan Mimas, satelit Saturnus.
Mimas, "bulan"nya Saturnus,via www.celestiamotherlode.net


1811 - Perang Jawa : Britania-Belanda. Rombongan penjelajah Britania memaksa Belanda menyerah di Semarang.
Gambaran Perang Jawa, via sejarah-dun14.blogspot.com
Perang ini terjadi dalam kurun 1810-1811 yang terjadi seluruhnya di pulau Jawa di Indonesia. Gubernur-Jendral Hindia-Belanda, Herman Willem Daendels (1762-1818), memperkuat pulau Jawa terhadap kemungkinan adanya serangan Inggris. Pada 1810 sebuah ekspedisi Perusahaan Hindia Timur Britania yang kuat di bawah Gilbert Elliot, gubernur-jendral India, merebut pulau Bourbon (RĂ©union) dan Mauritius milik Perancis di Samudra Hindia dan pulau Ambon dan Maluku milik Hindia-Belanda.
Setelah itu rombongannya menuju Jawa dan kemudian merebut kota pelabuhan Batavia (Jakarta) pada Agustus 1811, dan memaksa pihak Belanda menyerah di Semarang pada 17 September 1811. Jawa, Palembang, Makassar dan Timor diserahkan kepada pihak Britania.
Letnan Gubernur Jawa yang dilantik, Thomas Stamford Raffles (1781-1826) mengakhiri metode pemerintahan Belanda, membebaskan sistem kepemilikan tanah, dan memperluas perdagangan. Pada Kongres Wina 1815, diputuskan bahwa Britania harus mengembalikan Jawa dan kekuasaan Hindia-Belanda lainnya kepada Belanda sebagai bagian dari persetujuan yang mengakhiri Perang Napoleon.
sumber : http://warofweekly.blogspot.co.id/2010/09/perang-jawa-britania-belanda.html 


1862: Pasukan Union dan Konfederasi sama-sama kehilangan lebih dari 22.000 nyawa pada Pertempuran Antietam dalam Perang Saudara AS; setidaknya 4.000 orang tewas di medan perang.
Situasi Perang Antietam, via forum.tribunnews.com


1894 - Pertempuran Sungai Yalu, pertempuran laut terbesar dalam Perang Tiongkok-Jepang Pertama.
Lokasi Sungai Yalu, via http://archive.kaskus.co.id

Sungai Yalu (Bahasa Manchu dan Tionghoa) atau Sungai Amnok atau Amnok-gang (Korea) adalah sebuah sungai yang mengalir dan membatasi wilayah Cina (propinsi Jilin dan Liaoning) dan Korea Utara. Arti namanya adalah "perbatasan antara dua negara". Sungai ini berhulu dari Gunung Baekdu di rangkaian Gunung Changbai dan mengalir ke selatan dan bermuara ke Teluk Korea antara kota Dandong (Republik Rakyat Cina) dan Sinuiju (Korea Utara). Sungai Yalu memiliki panjang 790 km (491 mi). Anak-anak sungai Yalu yang terpenting adalah Sungai Changjin, Heochun dan Tokro. Walau mempunyai lebar yang cukup luas (bagian terlebar mencapai 5 km), kedalaman rata-ratanya adalah 3 m dan mengalami pendangkalan sehingga hanya sedikit bagian yang dapat dilayari kapal..... di sungai ini pada Zaman dulu banyak di jadikan tempat peperangan dan perebutan kekuasaan baik itu antar Jepang - Tiongkok, ataupun perang terdahsyatnya anatara Jepang - Rusia.
sumber : http://archive.kaskus.co.id/thread/16487115/0/flashback-tanggal-17-september-di-dunia----masuk-gan


1945 - PMI (Palang Merah Indonesia) didirikan dengan ketua Drs. M. Hatta.
Logo PMI, via ksrpmi.student.uny.ac.id

Proses pembentukan PMI dimulai 3 September 1945 saat itu Presiden Soekarno memerintahkan Dr Boentaran (Menkes RI Kabinet I) agar membentuk suatu badan Palang Merah Nasional.
Dibantu Panitia lima orang terdiri atas dr R Mochtar sebagai Ketua, dr Bahder Djohan sebagai Penulis dan tiga anggota panitia yaitu dr Djoehana Wiradikarta, dr Marzuki, dr Sitanala, mempersiapkan terbentuknya Perhimpunan Palang Merah Indonesia. Tepat sebulan setelah kemerdekaan RI, 17 September 1945, PMI terbentuk. Peristiwa bersejarah tersebut hingga saat ini dikenal sebagai Hari PMI.
Peran PMI adalah membantu pemerintah di bidang sosial kemanusiaan, terutama tugas kepalangmerahan sebagaimana dipersyaratkan dalam ketentuan Konvensi-Konvensi Jenewa 1949 yang telah diratifikasi oleh pemerintah Republik Indonesia pada tahun 1958 melalui UU No. 59.


1971 : Hari Perhubungan Nasional
Hari Perhubungan Nasional, via www.kochiefrog.com
Penetapan 17 September sebagai Hari Perhubungan Nasional adalah berdasarkan pada penetapan Menteri Perhubungan yang dituangkan dalam Keputusan Menteri Perhubungan Nomor SK.274/G/1971 tanggal 26 Agustus 1971 tentang Hari Perhubungan (Transportasi dari Komunikasi) Nasional. Hal ini didasari ole banyaknya hari jadi BUMN dibawah naungan Kementrian Perhubungan, untuk menyatukan hal tersebut, maka dibuatlah suatu hari khusus yang disebut dengan HARI PERHUBUNGAN NASIONAL.
sumber : http://hubkominfo.belitungkab.go.id/hari-perhubungan-nasional-tahun-2014/ 


1978 - Persetujuan Camp David ditandatangani Israel dan Mesir.
Perjanjian Camp David, via indokliping.wordpress.com

Perjanjian Perdamaian Camp David merupakan perjanjian yang diselenggarakan untuk menciptakan perdamaian di Timur Tengah yang ditandatangani tanggal 17 September 1978 di Gedung Putih Amerika Serikat antara Presiden Mesir Anwar Sadat dan Perdana Menteri Israel Menachem Begin. Perjanjian damai Camp David ini merupakan perundingan rahasia selama 13 hari yang diprakarsai oleh Presiden Amerika Serikat pada saat itu, Jimmy Carter. Perjanjian ini memiliki tiga komponen penting yaitu pengakuan Arab terhadap Israel dalam perdamaian, penarikan pasukan Israel dari wilayah-wilayah pendudukan yang diperoleh selama perang serta negara-negara Arab tidak akan mengamcam keamanan Israel dan tidak akan membagi-bagi Yerusalem kepada siapapun.
sumber : https://putrinuril.wordpress.com/2012/10/30/perjanjian-perdamaian-camp-david/


 
2009 - Tewasnya gembong teroris indonesia yang paling dicari Noordin Muhammad Top
Noordin M Top, via racheedus.wordpress.com
Noordin bin Mohammad Top terlahir di Kluang, Johor, Malaysia, 11 Agustus 1968. Ia tewas tertembak oleh Tim Densus 88 pada 17 September 2009 dalam usia 41 tahun. Setelah tewas, diketahui kondisi kepalanya bagian belakang hancur. Dikenal sebagai orang yang suka berganti-ganti penampilan, saat tewas pun Noordin berganti penampilan dengan wajah yang berjambang lebat. Sebagai seorang tokoh dalam jaringan teroris dan masuk dalam daftar teroris paling dicari oleh FBI, tentu saja Noordin bukan orang sembarangan. Ia mengenyam kuliah akuntansi di Universiti Teknologi Malaysia (UTM), sebuah universitas bonafide di negeri jiran itu. UTM juga dikenal sebagai salah satu universitas tertua di negeri itu yang fokus di bidang enginering dan technology.  
sumber : https://racheedus.wordpress.com/2009/09/19/profil-noordin-m-top-sang-gembong-teroris/





https://id.wikipedia.org/wiki/17_September
http://www.kembangpete.com/2014/09/16/peristiwa-penting-yang-terjadi-pada-tanggal-17-september/
http://www.muradmaulana.com/2014/08/hari-penting-nasional-dan-internasional.html

No comments:

Post a Comment