Tuesday, September 1, 2015

Peristiwa Penting 1 September, #hariinidalamsejarah

Berhubung saya dilahirkan dibulan ini, maka akan ada edisi khusus dari blog naldoleum.blogspot.com untuk tiap harinya (insha Allah kalau gak sibuk) selama september akan memposting peristiwa dan tokoh-tokoh berpengaruh yang lahir di bulan keren ini. :D

Kita awali dengan hari ini, 1 September. Dimana banyak terjadi peristiwa-peristiwa penting baik di Indonesia maupun di belahan dunia. Oke. Siip. Yuklah kita mulai dengan beberapa peristiwa penting pada tanggal 1 September ini :


1715 - meninggalnya Louis XIV dari Perancis, yang memiliki pemerintahan terpanjang dalam sejarah Eropa (1643-1715).
Raja Louis XIV, via kids.britannica.com
Ia disebut Raja Matahari dan membawa monarki absolut ke puncaknya, membentuk pengadilan megah di Versailles, dan bertempur dengan sebagian besar negara-negara Eropa lainnya dalam empat perang.
sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Louis_XIV_dari_Perancis


1804 - Karl Ludwig Harding menemukan Asteroid 3 Juno. 
Karl Ludwig, via cseligman.com
Harding merupakan siswa Universitas Georg August Göttingen jurusan teologi, di mana pada tahun 1796 dia bekerja untuk Johann Hieronymus Schröter, seorang astronom yang antusias, menjadi tutor anak dari Schröter. Kemudian Harding ditunjuk menjadi pengamat dan inspektur di obersevatorium milik Schröter. Pada tahun 1804, Harding menemukan Juno di observatorium tersebut. Dia kemudian kembali ke Göttingen untuk membantu Carl Friedrich Gauss sebagai profesor astronomi.
sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Karl_Ludwig_Harding


1923 - Gempa bumi melanda Tokyo dan Yokohama, Jepang, menewaskan lebih dari 200.000 orang.

Gempa Jepang dan Penampakan Masjid Kobe, via koetaradja.wordpress.com
Yang uniknya dari peristiwa ini adalah masjid Kobe yang tetap berdiri kokoh, tidak mendapatkan kerusakan yang berarti saat gempa dahsyat tersebut terjadi. Padahal ruang disekitarnya luluh lantak.


1939 - Nazi Jerman menyerang Polandia pada pukul 04:40 AM, menandai dimulainya Perang Dunia II.
Invasi Tentara Jerman ke Polandia, via q33nya.blogspot.com
Dengan terjadinya Insiden Gleiwitz pada tanggal 31 Agustus 1939, pada 1 September, pasukan Jerman menyerang Polandia dari utara, selatan, dan barat. Pasukan Polandia terpencar untuk melindungi perbatasan panjang mereka, dan segera mundur ke timur. Setelah kekalahan Polandia pada pertengahan September dalam Pertempuran Bzura, tentara Polandia mulai mundur ke tenggara untuk melindungi przedmoście rumuńskie, tempat pasukan Polandia menunggu bantuan Sekutu.
sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Invasi_Polandia_%281939%29 


1945 - Surakarta menggabungkan diri ke dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia
Keraton Surakarta, via id.wikipedia.org

SISKS Pakubuwana XII dan KGPAA Mangkunagara VIII, secara terpisah mengeluarkan dekrit resmi kerajaan mengenai masuknya wilayah Surakarta kedalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. Empat hari setelahnya, Yogyakarta melakukan hal yang sama.


1948 - Polwan didirikan
Lambang Polwan, via 999-logo.blogspot.com
Korps Polisi Wanita ini didirikan di Bukit Tinggi atas perintah Pemerintah Indonesia dari Yogyakarta. Dengan terpilihnya 6 gadis dari ranah minang serta dimulai pendidikan di Sekolah Polisi Negara maka hal itu menandakan beridirinya Polisi Wanita Republik Indonesia.


1961 - World Wildlife Fund didirikan
via www.bard.edu
World Wide Fund for Nature (WWF) adalah sebuah organisasi non-pemerintah internasional yang menangani masalah-masalah tentang konservasi, penelitian dan restorasi lingkungan, dulunya bernama World Wildlife Fund dan masih menjadi nama resmi di Kanada dan Amerika Serikat. WWF adalah organisasi konservasi independen terbesar di dunia dengan lebih dari 5 juta pendukung di seluruh dunia yang bekerja di lebih dari 100 negara, mendukung sekitar 1.300 proyek konservasi dan lingkungan. WWF adalah sebuah yayasan yang pada tahun 2010 mendapatkan 57% pendanaannya dari pihak perorangan dan warisan, 17% dari sumber-sumber internasional (seperti Bank Dunia, DFID, USAID) dan 11% dari berbagai perusahaan.
sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/World_Wide_Fund_for_Nature


1961 - Konferensi pertama Gerakan Non-Blok, diadakan di Belgrad, Yugoslavia.  
Pemimpin Gerakan Non-Blok, via thpardede.wordpress.com
Gerakan ini dicanangkan dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) yang dihadiri 25 negara dari Asia, Afrika, Eropa, dan Latin Amerika diselenggarakan di Biograd (Belgrade), Yugoslavia pada tahun 1961. Pemimpin kharismatik dari Yugoslavia, Presiden Broz Tito, menjadi Pimpinan pertama dalam Gerakan Non-Blok. Sejak pertemuan Belgrade tahun 1961, serangkaian Konferensi Tingkat Tinggi Gerakan Non Blok telah diselenggarakan di Kairo, Mesir (1964) diikuti oleh 46 negara dengan anggota yang hadir kebanyakan dari negara-negara Afrika yang baru meraih kemerdekaan, kemudian Lusaka, Zambia (1969), Alzier, Aljazair (1973) saat terjadinya krisis minyak dunia, Srilangka (1977), Cuba (1981), India (1985), Zimbabwe (1989), Indonesia, Kolombia, Afrika Selatan, dan terakhir di Malaysia pada tahun 2003. Dengan didasari oleh semangat Dasa Sila Bandung, maka pada tahun 1961 Gerakan Non Blok dibentuk oleh Josep Broz Tito, Presiden Yugoslavia saat itu.
sumber : http://seputarpengertian.blogspot.com/2015/04/pengertian-dan-sejarah-gerakan-non-blok.html


1963 - Institut Pertanian Bogor didirikan. Insitut yang menjadi Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia ini berada di Bogor yang sebelumnya merupakan bagian dari Universitas Indonesia.  

IPB, via salmafadhilah.blogspot.com



1969 - Sebuah kudeta tak berdarah menggulingkan Raja Idris dari Libya, dan Muammar al-Qaddafi menjadi kepala negara.
Sempat pernah di puja saat memimpin revolusi pada 1969, namun kisah sang Pemimpin berakhir tragis dan dibunuh oleh rakyatnya sendiri.  

Qaddafi, via 75persen.blog.com



1979 - Pesawat antariksa AS, Pioneer 11, mencapai Saturnus.
Pioneer 11, via sdrc.lib.uiowa.edu
Pioneer 11 adalah sebuah pesawat luar angkasa yang membawa misi meneliti Jupiter (misi Jupiter kedua setelah Pioneer 10) dan sistem tata surya luar serta misi pertama yang meneliti Saturnus serta cincin-cincin yang mengelilinginya.
Diluncurkan dari Cape Canaveral pada 6 April 1973, Pioneer 11 melintasi Jupiter dari jarak 34.000 km pada 4 Desember 1974 dan berhasil mengambil foto-foto Bintik Merah Raksasa. Pioneer 11 melintasi Saturnus dari jarak 21.000 km pada 1 September 1979 dan menemukan dua bulan baru serta mengirimkan foto-foto cincin planet tersebut ke Bumi. Misi Pioneer 11 diakhiri pada November 1995. Saat itu pesawat ini berada pada jarak 44,7 AU dari Matahari.



Baca juga :
Tokoh yang lahir tanggal 1 September
Peristiwa Penting 2 September
Tokoh yang lahir tanggal 2 September

1 comment: