Tuesday, September 8, 2015

Peristiwa Penting 8 September, #hariinidalamsejarah

Beberapa peristiwa penting pada tanggal 8 September:

1522: Ekspedisi pertama untuk mengelilingi dunia, yang telah dimulai di bawah pimpinan Ferdinand Magellan tiga tahun sebelumnya, kembali ke Seville dengan hanya 17 orang Eropa dan 4 orang Hindia Timur yang masih hidup; setelah kematian Magellan, ekspedisi ini dipimpin oleh Juan Sebastián del Cano.
Magelhaen hip, via homeworks-edsci.blogspot.com


1565: Pedro Menendez de Avilés meresmikan pembangunan benteng di Saint Augustine, Florida, yang menjadi pemukiman Eropa permanen pertama di Amerika Utara.
Benteng di Saint Augustine, via hqeemstamps.wordpress.com


1636 - Universitas Harvard didirikan.
Universitas Harvard, via www.populer.web.id
Ini merupakan perguruan tinggi tertua di Amerika Serikat. Awalnya bernama New College, dan dinamakan ulang menjadi Harvard College pada 13 Maret 1639 untuk menghormati penyumbang terbesarnya, John Harvard, seorang mantan mahasiswa Universitas Cambridge. 
sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Universitas_Harvard  


1965: Hari Aksara
Hari Aksara Internasional, via fauziep.com
Berdasarkan hasil Konferensi Tingkat Menteri Negara-Negara Anggota PPB yang diselenggarakan United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) pada tanggal 17 November 1965 di Teheran, Iran, tanggal 8 September ditetapkan sebagai Hari Aksara Internasional (International Literacy Day). 
sumber :
http://www.tempo.co/read/news/2014/09/20/140608288/hari-aksara-internasional-ke-49 
http://duniaperpustakaan.com/hari-aksara-internasional-international-literacy-day/


1991 - Republik Makedonia diproklamasikan.
Bendera Republik Makedonia, via en.wikipedia.org

Makedonia merayakan kemerdekaan pada tanggal 8 September 1991, dinamakan Hari Kemerdekaan setelah diadakannya referendum untuk meraih kemerdekaan atau tetap membentuk federasi Yugoslavia. Perayaan mulanya pemberontakan Ilinden-Preobrazhenie yang bertepatan dengan hari Santo Eliyah pada tanggal 2 Agustus juga dirayakan sebagai hari kemerdekaan secara luas di Makedonia.
Republik Makedonia tetap damai dan aman walaupun pada awal tahun 1990-an terjadi perang Yugoslavia. Masalah sengketa perbatasan dengan Yugoslavia sudah terlebih dahulu diselesaikan dengan menyetuji garis demarkasi antar dua negara. Hubungan antar Yugoslavia dan Makedonia sempat terganggu akibat 300.000 etnik Albania yang memasuki Makedonia pada Perang Kosovo tahun 1999. Walaupun banyak etnik Albania yang kembali ke asalnya setelah Perang Kosovo usai, tapi ada beberapa etnik Albania yang menjadi radikal dan memberontak untuk membuat sebuah Republik untuk etnik Albania di Makedonia.
sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Republik_Makedonia


1994 - Sebuah Boeing 737 milik USAir Penerbangan 427 jatuh saat mendekati Bandara Internasional Pittsburgh. Tidak ada yang selamat dari 132 penumpang dan awak.
Kecelakaan Pesawat, via article.wn.com


2003 - Brianna LaHara, seorang gadis berumur 12 tahun, dituntut oleh RIAA karena mengunduh (download) musik secara ilegal dari Internet.
Brianna LaHara (lahir 1991) adalah seorang anak perempuan dari New York yang dituntut oleh Asosiasi Industri Rekaman Amerika (Recording Industry Association of America atau RIAA) pada 8 September 2003 untuk kasus dugaan menyebarkan musik ilegal melalui Internet. Kasus ini membuat ricuh masyarakat dan mengecam taktik tangan besi RIAA. RIAA akhirnya setuju dengan denda 2000 dolar.
sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Brianna_LaHara


Hari Pamong Praja
Hari Pamong Praja, via gambarbbm.com

Tidak diketahui tahun berapa pertamakali Hari Pamong Praja diperingati, yang jelas wikipedia menyebut demikian, banyak refrensi yang dicari juga sulit untuk mendapatkan tahun ditetapkan 8 September sebagai Hari Pamong Praja.
sumber : http://hoaxcitytravel.blogspot.com/2011/09/apa-beda-pamong-praja-dengan-satpol-pp.html




sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/8_September
http://www.kembangpete.com/2014/09/07/peristiwa-penting-yang-terjadi-pada-tanggal-8-september/

No comments:

Post a Comment