Tuesday, September 8, 2015

Tokoh yang Lahir Tanggal 7 September, #hariinidalamsejarah

Tokoh yang lahir 7 September :


1533: Elizabeth I, Ratu Inggris 1558-1603 dan terkenal karena pengadilan, keberhasilan kebijakan, dan keperawanan yang lama ia jaga; ia adalah putri Henry VIII dari istri keduanya, Anne Boleyn.
Elizabeth I, via en.wikipedia.org
Dia adalah ratu Kerajaan Inggris dan Irlandia dari 17 November 1558 hingga kematiannya. Ia kadang-kadang dijuluki "The Virgin Queen" (Ratu Perawan), "Gloriana", atau "Good Queen Bess". Elizabeth adalah monark kelima dan terakhir dari Dinasti Tudor. Ia merupakan putri dari Henry VIII dan Anne Boleyn, namun ibunya dihukum mati dua setengah tahun setelah kelahirannya, dan pernikahan Anne dengan Henry VIII dibatalkan, sehingga Elizabeth dianggap sebagai anak yang tidak sah. Saudara tirinya, Edward VI, menjadi raja hingga kematiannya pada tahun 1553, dan sebelum meninggal ia menyerahkan tahta kepada Lady Jane Grey, yang bertentangan dengan undang-undang yang berlaku saat itu dan menyingkirkan Elizabeth dan Mary. Namun, keinginan Edward diabaikan; Mary menjadi ratu dan Lady Jane Grey dihukum mati. Pada tahun 1558, Elizabeth menggantikan saudara tirinya, walaupun sebelumnya Elizabeth dipenjara hampir selama setahun karena diduga mendukung pemberontak Protestan.
sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Elizabeth_I_dari_Inggris


1829: Friedrich August Kekulé von Stradonitz, seorang kimiawan Jerman terkemuka yang terkenal karena karyanya dalam struktur molekul benzena.
Friedrich, via topyaps.com


1855: William Friese-Greene, fotografer Inggris yang membantu merancang dan mematenkan “alat yang lebih baik untuk mengambil foto dalam seri yang cepat,” (1890) yang oleh beberapa pihak dianggap sebagai kamera gambar-bergerak pertama.
William, via moviemorlocks.com


1860: Grandma Moses, pelukis primitif Amerika yang paling terkenal, yang mulai melukis dengan serius ketika ia berada di usia 70 tahunan dan telah memenangkan pujian universal pada saat kematiannya, di usia 101 tahun.
Grandma, via artwifeneedsalife.blogspot.com


1908: Michael DeBakey, ahli bedah yang membuat kontribusi besar dalam bidang bedah kardiovaskular.
DeBakey, via www.fnlm.org


1930 - Raja Baudouin I dari Belgia
Baudouin, via id.wikipedia.org
Baudouin merupakan Raja Belgia yang kelima. Ia memerintah menyusul pengunduran diri ayahnya, Leopold III, pada tahun 1951 hingga kematiannya sendiri pada tahun 1993. Baudouin merupakan anak kedua dan putra tertua Leopold III (1901–1983) dari istri pertamanya, Putri Astrid dari Swedia (1905–1935). Karena Baudouin tidak berketurunan, maka takhta beralih kepada adik kandungnya, Albert, yang kemudian menjadi Albert II dari Belgia setelah kematiannya. Baudouin masih memiliki pertalian darah dengan Raja Harald V dari Norwegia, Putri Astrid dari Norwegia, dan Putri Ragnhild of Norwegia. Baudouin merupakan versi Perancis namanya, yang paling umum digunakan di Belgia; di Belanda dikenal sebagai Boudewijn. Inggris menyebut namanya, meskipun sangat jarang, sebagai Baldwin.
sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Baudouin_dari_Belgia


1940 - Abdurrahman Wahid, Presiden Indonesia ke-4
Gus Dur, via www.biografiku.com
Kyai Haji Abdurrahman Wahid atau yang akrab dipanggil Gus Dur lahir di Jombang, Jawa Timur pada tanggal 7 September 1940. Ia lahir dengan nama Abdurrahman Adakhil yang berarti sang penakluk. Karena kata “Adakhil” tidak cukup dikenal, maka diganti dengan nama “Wahid” yang kemudian lebih dikenal dengan Gus Dur. Gus adalah panggilan kehormatan khas Pesantren kepada seorang anak kiai yang berarti “abang atau mas”.

Gus Dur adalah anak pertama dari enam bersaudara. Ia lahir dari keluarga yang cukup terhormat. Kakek dari ayahnya, K.H. Hasyim Asyari, merupakan pendiri Nahdlatul Ulama (NU). Sementara itu kakek dari pihak ibu, K.H. Bisri Syansuri, adalah pengajar pesantren pertama yang mengajarkan kelas pada perempuan. Ayahnya K.H. Wahid Hasyim merupakan sosok yang terlibat dalam Gerakan Nasionalis dan menjadi Menteri Agama tahun 1949, sedangkan ibunya Ny. Hj. Sholehah adalah putri pendiri Pondok Pesantren Denayar Jombang.
sumber : http://profil.merdeka.com/indonesia/a/abdurrahman-wahid/





http://namafb.com/2011/08/26/ultah-seleb-7-september-famous-birthday/
http://www.kembangpete.com/2014/09/06/tokoh-besar-dunia-yang-lahir-pada-7-september/

No comments:

Post a Comment