Wednesday, September 30, 2015

Peristiwa yang Terjadi 29 September, #hariinidalamsejarah

Deretan Peristiwa 29 September :


480 SM: Dalam Pertempuran Salamis, selama Perang Persia, armada Yunani yang terdiri atas 350 trireme dan dipimpin oleh Themistocles mengalahkan armada Persia yang jumlahnya dua kali lebih besar.
Gambaran Pertempuran Salamis, via www.socialstudiesforkids.com


1941: Pasukan Nazi membantai lebih dari 33.000 orang Yahudi -pria, wanita, dan anak-anak- di Babi Yar, jurang dekat Kiev, Ukraina.
Pembantaian Yahudi, via www.lingkarmerah.com


1954 - Konvensi yang menyetujui pembentukan CERN ditandatangani.
CERN, via id.wikipedia.org
CERN adalah sebuah kompleks laboratorium percepatan partikel terbesar di dunia yang terletak di perbatasan antara Perancis dan Swiss, persis di sebelah barat Jenewa.
Konvensi yang menyetujui organsisasi ini ditanda tangani pada 29 September 1954. Dari 12 anggota, pada saat ini mempunyai 21 total negara anggota. Israel adalah negara pertama (dan satu - satunya) negara non-Eropa yang diberikan keanggotaan penuh. Akronim CERN berasal dari Conseil Européene pour la Recherche Nucléaire, sebuah dewan yang didirikan untuk mendiskusikan pembangunan fasilitas penelitian fisika nuklir di Eropa.
Fungsi utamanya untuk menyediakan percepatan partikel yang dibutuhkan untuk riset dan banyak eksperimen fisika energi tinggi yang telah banyak dilakukan di sini oleh kerja sama internasional untuk memanfaatkannya. Lokasi utama di Meyrin juga memiliki pusat komputer besar yang memiliki fasilitas prosesi data yang kuat, utamanya untuk eksperimen dalam analisis data, dan untuk menyediakan data untuk para peneliti dimanapun mereka berada situs ini telah menjadi penghubung WAN utama.
Pada 2005 CERN mempekerjakan hampir 3000 orang. 7931 ilmuwan dan insinyur (mewakili 500 universitas dan 80 kewarganegaraan), kira-kira setengahnya adalah komunitas fisika partikel, yang bekerja untuk eksperimen yang dilakukan di CERN ini.


1955 - Pemilu 1955: NU dan PKI memperoleh kenaikan jumlah pemilih yang besar.
Pemilu 1955, via zamrudkatulistiwa.com


1988: Peluncuran Discovery pada misi Shuttle ke-26 menandai dimulainya kembali penerbangan Space Shuttle setelah bencana Challenger pada tahun 1986.
7 Awak Pesawat Chalenger, via dimasanarky.blogspot.com


2000 : Hari Jantung Sedunia
Hari Jantung Sedunia, via www.tanyadok.com
Pertama kali dicanangkan pada tahun 2000 untuk memberikan informasi pada dunia bahwa penyakit kardiovaskuler (penyakit jantung dan stroke) adalah penyebab kematian no satu di dunia. Penyakit ini telah memakan korban 17,3 juta jiwa tiap tahunnya.
Hari Jantung Sedunia adalah sebuah peringatan untuk membangun kesadaran bagi umat manusia agar mendapatkan pemahaman yang lebih baik terhadap kesehatan mereka terutama resiko penyakit cardiovaskular termasuk hipertensi. Kegiatan ini didukung lebih dari 100 negara di seluruh dunia. Dengan adanya Hari Jantung sedunia diharapkan terbangun kesadaran publik akan faktor-faktor resiko penyakit jantung dan stroke serta menyebarluaskan cara pencegahannya.
sumber : 
http://metrobali.com/2014/09/27/hari-jantung-sedunia-world-heart-day-2014/
http://www.muradmaulana.com/2014/08/hari-penting-nasional-dan-internasional.html



Hari Sarjana Indonesia
Sarjana, via minangkabau.com
Saya belum bisa menemukan kapan pertama kali Hari Sarjana ini diperingati, dan atas dasar apa tanggal 29 September dipilih sebagai Hari Sarjana. Yang jelas, bagi kita para sarjana amat beruntung karena ada satu hari yang dikhususkan untuk kita, para sarjana. Meskipun saya sendiri tidak tahu apa maksud dari peringatan hari ini.
Harapan saya di Hari Sarjana ini adalah adanya perhatian khusus yang diberikan pemerintah, (khususnya di daerah saya) untuk memperhatikan para sarjana yang masih bersusah payah dalam mencari kerja. :D






https://id.wikipedia.org/wiki/29_September
http://www.kembangpete.com/2014/09/28/peristiwa-penting-yang-terjadi-pada-tanggal-29-september/
http://www.muradmaulana.com/2014/08/hari-penting-nasional-dan-internasional.html

No comments:

Post a Comment