Thursday, September 10, 2015

Peristiwa Penting 10 September, #hariinidalamsejarah

Peristiwa Penting yang terjadi pada tanggal 10 September :



1912 - Sarekat Dagang Islamiyah, di bawah pimpinan Tjokroaminoto, berganti nama menjadi Sarekat Islam
Hal ini dilakukan agar organisasi tidak hanya bergerak dalam bidang ekonomi, tapi juga dalam bidang lain seperti politik. Jika ditinjau dari anggaran dasarnya, dapat disimpulkan tujuan SI adalah sebagai berikut:
  1. Mengembangkan jiwa dagang.
  2. Membantu anggota-anggota yang mengalami kesulitan dalam bidang usaha.
  3. Memajukan pengajaran dan semua usaha yang mempercepat naiknya derajat rakyat.
  4. Memperbaiki pendapat-pendapat yang keliru mengenai agama Islam.
  5. Hidup menurut perintah agama.
sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Sarekat_Islam#Syarikat_Islam


1919: Dalam Konferensi Perdamaian Paris, perwakilan dari Austria menandatangani Perjanjian Saint-Germain, dimana disintegrasi kekaisaran besar Austria-Hungaria diakui; Austria setuju untuk membayar ganti rugi dan dilarang untuk bersatu dengan Jerman. 
Perjanjian, via en.wikipedia.org


1945 - Badan Keamanan Rakyat Laut, cikal bakal dari TNI Angkatan Laut, didirikan oleh pelaut-pelaut veteran Koninklijke Marine dan Kaigun
TNI AL, via id.wikipedia.org


1945: Pengumuman bala tentara Jepang di Jawa, bahwa pemerintahan akan diserahkan kepada sekutu dan tidak kepada Indonesia.
Tentara Jepang, via herlinaherli.blogspot.com
Melihat keadaan ini, pada tanggal 10 September 1945, Presiden Soekarno mengumumkan bahwa hanya perintah dari Pemerintah Republik Indonesia yang mesti diturut oleh Rakyat Indonesia.
sumber : http://sejarahkita.blogspot.com/2006/09/apa-yang-terjadi-pada-awal-september.html


1974 - Guinea Bissau merdeka dari Portugal
Lambang Negara Guinea Bissau, via id.wikipedia.org
Guinea-Bissau dulu merupakan bagian dari Kerajaan Kaabu, yang merupakan bagian dari Kekaisaran Mali. Bagian dari kerajaan ini bertahan hingga abad ke-18, sementara beberapa bagian lainnya adalah bagian dari Kekaisaran Portugal. Kemudian Guinea-Bissau menjadi bagian dari koloni Portugal, Guinea Portugal pada abad ke-19. Setelah kemerdekaan, dideklarasikan pada 1973 dan diakui pada 1974, nama ibu kotanya, Bissau, ditambahkan ke dalam nama negara untuk menghindari kekeliruan dengan negara Guinea.


1977 - Guillotine terakhir kali digunakan sebagai alat hukuman mati saat Hamida Djandoubi dieksekusi di Marseille
Guillotine, via id.wikipedia.org
Guillotine adalah alat eksekusi yang berfungsi memenggal kepala terhukum yang dinyatakan bersalah. Guillotine memiliki bingkai tinggi dari kayu untuk menggantung mata pisau miring berukuran besar yang digunakan untuk memenggal kepala. Alat ini juga dilengkap dengan semacam “kerah” untuk tempat leher terpidana.
sumber : http://www.amazine.co/25184/apa-itu-guillotine-fakta-sejarah-informasi-lainnya/


2002 - Swiss, yang dikenal sebagai negara netral, bergabung dengan PBB
Swiss dan PBB, via www.swissinfo.ch

2003 - Hari Anti Bunuh Diri Internasional
Hari Anti Bunuh Diri Internasional, via www.dakwatuna.com

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sejak  2003 telah menganggap serius isu bunuh diri, hingga menggandeng International Association of Suicide Prevention (IASP) untuk memperingati Hari Pencegahan Bunuh Diri Sedunia setiap tanggal 10 September. - See more at: http://www.depkes.go.id/article/view/201409170003/10-september-hari-pencegahan-bunuh-diri-sedunia.html#sthash.SNaUEOHf.dpuf
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sejak  2003 telah menganggap serius isu bunuh diri, hingga menggandeng International Association of Suicide Prevention (IASP) untuk memperingati Hari Pencegahan Bunuh Diri Sedunia setiap tanggal 10 September. - See more at: http://www.depkes.go.id/article/view/201409170003/10-september-hari-pencegahan-bunuh-diri-sedunia.html#sthash.SNaUEOHf.dpuf
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menganggap serius kasus bunuh diri, puncaknya WHO menggandeng International Association os Suicide Prevention (Asosiasi Pencegahan Bunuhdiri Internasional) untuk menetapkan 10 September sebagai Hari Pencegahan Bunuh Diri Internasional.
sumber : http://www.depkes.go.id/article/view/201409170003/10-september-hari-pencegahan-bunuh-diri-sedunia.html

rganisasi Kesehatan Dunia (WHO) sejak  2003 telah menganggap serius isu bunuh diri, hingga menggandeng International Association of Suicide Prevention (IASP) untuk memperingati Hari Pencegahan Bunuh Diri Sedunia setiap tanggal 10 September. - See more at: http://www.depkes.go.id/article/view/201409170003/10-september-hari-pencegahan-bunuh-diri-sedunia.html#sthash.SNaUEOHf.dpuf




http://www.cpuik.com/2013/04/tanggal-peristiwa-penting-seputar-hari.html
http://www.kembangpete.com/2014/09/09/peristiwa-penting-yang-terjadi-pada-tanggal-10-september/
https://id.wikipedia.org/wiki/10_September

No comments:

Post a Comment