Sunday, September 6, 2015

Peristiwa Penting 5 September, #hariinidalamsejarah

Deretan Peristiwa yang terjadi pada tanggal 5 September :


1882: Hari Buruh pertama dirayakan di New York City di bawah naungan Serikat Pekerja Tengah.
Gambaran Hari Buruh, via zona-1000.blogspot.com
Parade Hari Buruh pertama diadakan di kota New York dengan peserta 20.000 orang yang membawa spanduk bertulisan 8 jam kerja, 8 jam istirahat, 8 jam rekreasi. Maguire dan McGuire memainkan peran penting dalam menyelenggarakan parade ini. Dalam tahun-tahun berikutnya, gagasan ini menyebar dan semua negara bagian merayakannya.
sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Hari_Buruh


1945: Sultan Hamengkubuwono IX dari Yogyakarta dan Pakualam VIII menyatakan di Yogyakarta bahwa kesultanan mereka adalah bagian dari Republik Indonesia.
Kesultanan Yogyakarta, via id.wikipedia.org


1972: Pembantaian Munich: Kelompok teroris Palestina bernama "September Hitam" menyandera dan membunuh atlet Israel saat Olimpiade Muenchen 1972. 
Para Korban, via www.republika.co.id
Olimpiade Munich terganggu dengan kekerasan ketika kelompok bersenjata Palestina dari kelompok Black September menyerbu markas tim Israel, menewaskan dua orang dan menyandera sembilan orang Isreal; kemudian, selama usaha penyelamatana yang gagal, mereka membunuh para sandera yang tersisa dan seorang polisi Jerman.


1977 - Pesawat Voyager 1 diluncurkan ke angkasa.
Voyager 1, via news.liputan6.com
Voyager 1 adalah sebuah pesawat antariksa nirawak yang diluncurkan pada 5 September 1977 dan sampai sekarang masih beroperasi di luar tata surya. Voyager 1 juga merupakan benda buatan manusia yang terjauh dari bumi pada 19,7 miliar kilometer dari bumi (131 Astronomical Unit atau 19,7 miliar km, per 1 Agustus 2015) dan memasuki heliosheath setelah melewati termination shock yang membatasi tata surya. Pada jarak tersebut, sinyal dari Voyager 1 perlu lebih dari 36 jam untuk sampai ke pusat kontrolnya, Jet Propulsion Laboratory di dekat Pasadena, California yang merupakan proyek bersama NASA dan Caltech.
sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Voyager_1

2005 - Mandala Airlines Penerbangan 91 jatuh
Mandala jatuh, via www.suaramerdeka.com
Sesaat setelah lepas landas dari Bandara Polonia, Medan, Indonesia; 99 orang tewas di udara, sedangkan 44 orang menjadi korban jiwa di darat. Kecelakaan terjadi pada sekitar pukul 09.40 WIB saat pesawat sedang lepas landas. Pesawat tersebut lepas landas dalam posisi yang tidak sempurna dan lalu menabrak tiang listrik sebelum jatuh ke jalan dan menimpa rumah warga yang terletak hanya sekitar 100 meter dari bandara.
sumber : http://medan.tribunnews.com/2014/09/05/inilah-2-tragedi-kecelakaan-pesawat-terdahsyat-di-sumatera-utara?page=2


No comments:

Post a Comment