Saturday, September 12, 2015

Tokoh yang Lahir 12 September, #hariinidalamsejarah

1494 - Raja François I dari Perancis
The King, via bagusseven.blogspot.com

 
1818: Richard Gatling,
Penemu Amerika yang terkenal karena senapan Gatling penemuannya, senapan mesin pertama yang sukses dan dipatenkan pada tahun 1862.
Gatling, via www.britannica.com, and his gun (insert), via www.gunsandammo.com


1897: Irène Curie,
Yang bersama suaminya Jean Frédéric Joliot, melakukan pekerjaan perintis dalam radioaktivitas dan ilmu nuklir; ia adalah putri dari Marie dan Pierre Curie, penemu radium.
Irene dan Suami, via id.wikipedia.org
Pada tahun 1926 ia menikah dengan Jean Frédéric Joliot (kedua pengantin menghubungkan kedua nama belakangnya) dan berkolaborasi pada radioaktiovitas alami dan buatan, transmutasi unsur, dan fisika nuklir. Pada tahun 1935 menerima Hadiah Nobel Kimia. Pada tahun 1938 risetnya pada aksi neutron pada unsur berat, merupakan langkah penting dalam penemuan fisi nuklir. Ia menjadi guru besar Fakultas Sains di Paris pada 1937, dan pada 1946 Direktur Institut Radium.
Merupakan aktivis perdamaian, ia mengambil perhatian tekun dalam hak wanita, menjadi anggota Comité National de l'Union des Femmes Françaises dan pada Dewan Perdamaian Dunia. Ia merupakan Ketua Fisika Nuklir di Sorbonne, dan pada 1936 pemerintah Prancis mengangkatnya sebagai Menteri Muda Negara untuk Riset Ilmiah dan akhirnya ia terpilih sebagai Petugas Legion of Honour.



1924: Amílcar Cabral, 
Cabral, via kwekudee-tripdownmemorylane.blogspot.com
Pria ini yang memimpin perjuangan bersenjata untuk merebut kemerdekaan Cape Verde dan Guinea Portugis (kemudian Guinea-Bissau) dari Portugis.


1930: Akira Suzuki, 
Auzuki, via www.nobelprize.org
Ilmuwan Jepang yang secara independen mengerjakan tiga cara baru untuk mensintesis molekul organik kompleks.



1973 - Paul Walker,
Pemeran Amerika Serikat 
Paul, via truthernews.wordpress.com
Penyuka film Fast and Forious tentu mengenal sosok aktor satu ini. Paul Walker, di film dia berperan sebagai Brian O'Connor, seorang agen Polisi. Aksi-aksinya difilm sangat hebat sehingga mengundang decak kagum para penonton. Namun pada tahun 2013, para fans diguncang dengan berita duka tentang kecelakaan yang menyebabkan kematiannya, disela-sela syuting film Forius 7.



1980 - Yao Ming, 
Pemain Basket Tiongkok
Yao Ming, via genius.com
Penggila meme tentu tau aktor yang satu ini, karena gambar ia tertawa sangat sering dijadikan meme dengan kata yang khas "bitch please". Dan jujur, itu juga gambar yang paling saya suka. :D
Yao adalah mantan pemain bola basket asal Tiongkok pertama yang bermain di kompetisi NBA. Sejak pertama kali masuk NBA pada tahun 2002 hingga pensiun, dia bermain di klub Houston Rockets. Bersama Gheorghe Muresan, Manute Bol, dan Shawn Bradley ia menjadi pemain basket tertinggi di kompetisi NBA dengan tinggi tubuh mencapai 229 cm.



sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Yao_Ming
https://id.wikipedia.org/wiki/12_September

No comments:

Post a Comment