Tuesday, September 22, 2015

Peristiwa yang Terjadi Tanggal 22 September, #hariinidalamsejarah

Deretan Peristiwa yang terjadi tanggal 22 September :


1792: Selama Revolusi Prancis, Konvensi Nasional memproklamasikan berdirinya Republik Perancis; kalender revolusioner yang diadopsi pada tahun 1793 dimulai pada tanggal ini, hari pertama dari tahun pertama republik -1 Vendemaire, Tahun I.
Revolusi Prancis, via id.wikipedia.org


1862: Otto von Bismarck menjadi menteri presiden dan menteri luar negeri raja Prusia (kemudian menjadi kaisar Jerman William I); sejak saat itu ia mendominasi urusan Jerman, mencapai penyatuan di bawah kendali Prusia, dan sebagian besar Eropa -sampai pemecatan tiba-tibanya pada tahun 1890.
Otto von Bismarck, via www.peashooter85.com


1914: Serangan kapal selam pertama dari Perang Dunia I terjadi ketika U-9 Jerman menenggelamkan tiga kapal penjelajah Inggris di lepas pantai Belanda; pada hari yang sama, kapal penjelajah Jerman, Emden, yang telah mengusik kapal-kapal Inggris di Samudera Hindia sejak Agustus, membombardir kota Madras, India.
Perang Dunia I, via koboijonggol.blogspot.com

1949 - Uni Soviet meledakkan bom atom pertamanya sebagai percobaan. 
Uji Coba Bom Atom Rusia, via www.dailymail.co.uk


1955 - Polantas didirikan
Logo Polantas, via jatim.polri.go.id
Sejarah mengenai perjalanan Polisi lalu lintas di Indonesia sudah ada saat penjajahan Belanda dahulu, kemudian berlanjut di zaman Jepang, dan zaman kemerdekaan. Hingga pada akhirnya sesuai dengan perkembangan teknologi serta kemajuan zaman dalam transportasi lalu lintas, Kepala Jawatan Kepolisian Negara mengeluarkan Order No 20/XVI/1955 tanggal 22 September 1955, tentang Pembentukan Seksi Lalu Lintas Jalan, pada tingkat pusat yang taktis langsung di bawah Kepala Kepolisian Negara. Maka saat itu dikenal istilah lalu lintas jalan untuk pertama kalinya. Tanggal itu pula ditetapkan sebagai hari jadi Polisi Lalu Lintas Indonesia.
sumber : http://tamanlalulintas.blogspot.co.id/2008/08/sejarah-polisi-lalu-lintas.html


1980 - Irak melancarkan invasi ke Iran, permulaan perang Iran-Irak. 
Peta Invasi Iraq ke Iran 1980, via www.worldology.com
Pemimpin baru Irak Saddam Hussein meluncurkan Perang Iran-Irak dengan menyerang Iran; konflik 8 tahun ini, di mana Amerika Serikat umumnya mendukung Irak, pada dasarnya tidak meyakinkan tapi sangat mahal bagi kedua negara.


2013 - Pembukaan Islamic Solidarity Games 2013, dilaksanakan di Stadion Jakabaring, Palembang.
ISG 2013, via en.wikipedia.org
ISG adalah ajang olahraga multinasional yang melibatkan para atlet dari negara-negara anggota Organisasi Kerja Sama Islam. ISG berada di bawah pengawasan Islamic Solidarity Sport Federation (ISSF). Ajang pertama Islamic Solidarity Games diadakan pada tahun 2005 di Arab Saudi yang diikuti oleh 57 anggota Organisasi Kerjasama Islam. Warga non-Muslim di negara-negara anggota juga diizinkan untuk mengambil bagian dalam ajang ini.
Pada awalnya, ajang yang kedua dijadwalkan berlangsung pada bulan Oktober 2009 di Iran, kemudian ajang tersebut dijadwalkan kembali pada April 2010, dan akhirnya dibatalkan setelah terjadi perselisihan antara Iran dan Dunia Arab atas penggunaan istilah Teluk Persia pada logo ajang Islamic Solidarity Games yang kedua, sebagai nama yang paling umum di Dunia Arab bagi daerah Teluk Arab. Perselisihan nama ini telah menjadi sumber ketidakharmonisan antara negara-negara Arab dan Iran yang telah berulang-ulang kali.


2013 - Penutupan Kejuaraan Remaja U-19 AFF 2013, dilaksanakan di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Jawa Timur. Indonesia keluar sebagai juara setelah mengalahkan Vietnam dengan skor 7-6 lewat adu penalti setelah bermain imbang 0-0 hingga perpanjangan waktu.
Pencetak Sejarah, via www.republika.co.id
INDONESIA cetak sejarah!!! 
Hari ini 2 tahun yang lalu, ribuan mata tertuju pada satu pertandingan akbar sepakbola Indonesia. Riuh Gemuruh pendukung timnas U-19 bergema, baik di Gelora Delta Sidoarjo, maupun dirumah-rumah serta kos-kosan (saya termasuk yang kos-kosan), menanti kejutan sejarah yang akan dibuat oleh punggawa-punggawa muda masa depan Indonesia di lapangan hijau, setelah momen-momen menegangkan 90 menit pertama ditambah dengan babak tambahan, momen yang lebih menegangkan terjadi dikala peluit perpanjangan waktu dibunyikan wasit. Pinalti. Seakan tak berkedip, menyaksikansatu persatu pemain mengambil posisi untuk menendang bola ke gawang, dan semua gol hingga skor menjadi 6 sama. Penendang selanjutnya dari Vietnam dengan no punggung 15 dan dengan apik digagal oleh sang kiper, Ravi Murdianto. Penendang selanjutnya adalah Ilham Udin Armaiyn, ia mengambil posisi, bernafas terengah-engah, antara letih dan tegang, suasana hening, ia mulai mengambil ancang-ancang untuk menendang, dan selanjutnya, JEBREEEEEEEEEEEET!!!!! SEJARAH TERCIPTA.
Ini merupakan penantian panjang rakyat Indonesia dalam cabang olahraga sepakbola, bertahun-tahun menantikan kemenangan, dan hari ini dua tahun yang lalu, hal itu diwujudkan oleh anak-anak asuh Indra Sjafri. Sebuah momen yang sarat dengan emosi. Akhirnya mengantarkan Indonesia menjadi juara di piala AFF 2013.





https://id.wikipedia.org/wiki/22_September
http://www.kembangpete.com/2014/09/21/peristiwa-penting-yang-terjadi-pada-tanggal-22-september/

No comments:

Post a Comment